CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE WORD 2003.
Advertisements

MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila sampeyan adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada)
Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
TUTORIAL MEMBUAT LOGO “K4KIK UNITED“
Tutorial Logo Carrefour
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW)
MENGGUNAKAN Program Grafis Corel Draw 11 Materi Ajar TIK
Penuntun Kelas VIII Semester 2
MICROSOFT WORD 2007 BY NUR HIDAYA BUKHARI
Microsoft PowerPoint 2007 PELATIHAN TI FH UNUD MEI 2010
Selamat Datang di Tutorial Corel DRAW ® 12 Indah Afif Khairunnisa XII IA-5 SMA Negeri 1 Depok 2010/2011.
Mengoperasikan Perangkat Lunak Presentasi
Paket Program Aplikasi
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12 MATERI SISWA KELAS XII
MENGOPERASIKAN APLIKASI PRESENTASI
P E N D A H U L U A N Word Processing
Kelas XII / 1. Kelas XII / 1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
TOOLBAR Toolbar adalah kelompok fasilitas standar yang sering digunakan pada program PowerPoint. Fasilitas yang terdapat pada toolbar PowerPoint antara.
PENGENALAN MICROSOFT POWER POINT 2007
Rama Lesmana Pendidikan Matematika
MENGAPLIKASIKAN MENU DAN IKON PADA PROGRAM PHOTOSHOP
MATERI KELAS 8 SBI.
Pertemuan Mengenal MS Word 2010 Teks Area Tab File Tombol Word Quick Access Toobar Title Bar Ribbon Min,Max,Close.
1. Elemen pada Microsoft Excel
Pengenalan Corel Draw Interface Corel Draw.
PROGRAM DESAIN GRAFIS CORELDRAW
Selamat Mengikuti Pelatihan Multimedia.
KKPI KELAS X SEMESTER 1 Standar Kompetensi : Mengoperasikan Sistem Operasi Software Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software pengolah kata.
Materi kelas XII semester 1
DESAIN GRAFIS MENU DAN ICON COREL DRAW.
Teknologi Dan Rekayasa
Pembuatan Media Presentasi
MICROSOFT EXCEL 2003 UNTUK KELAS VIII SEMESTER GENAP ( KD 1 )
Konsep sistem informasi a
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan.
Assalamu’alaikum ^^.
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH DATA
microsoft 2007 TUGAS TIK BAB 5 MAIRANI PUTRI
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH DATA
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
Efek Khusus Corel Draw.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGENAL MICROSOFT POWERPOINT 2007
Menu utama kompetensi materi latihan referensi tik.
Perangkat Lunak Pembuat Presentasi
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
BAB 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Microsoft Word 2007.
OLEH : ARIESKO GUNANDA RANGKUTI
Fungsi Menu dan Ikon pada Perangkat Lunak Pengolah Grafis
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
OLEH : FERIZKI TRI DARMA
Microsoft Power Point 2007.
Pertemuan 1 KOMPUTER APLIKASI.
Created by Nofril Zendriadi
CorelDRAW Graphics Suite X4
Program CorelDraw merupakan salah satu program aplikasi komputer yang banyak digunakan sebagai program pengolahan desain grafis. Misalnya untuk pembuatan.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
MATERI MATAKULIAH PAKET PROGRAM NIAGA (PPN) Oleh : Buyung Solihin Hasugian, S.Kom, M.Kom.
MEMPERSEMBAHKAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) STMIK WIDURI.
Transcript presentasi:

CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program Pengenalan Grafis_Nanang Kurniawan, S.Pd. CorelDraw Daftar Isi : Tujuan Pembelajaran Mengaktifkan Program Membuat Dokumen Baru Membuat Objek Grafis Menyimpan Mencetak Hasil Evaluasi

1. INDIKATOR / TUJUAN PEMBELAJARAN : Agar Siswa dan Siswi dapat : Mengaktifkan program aplikasi CorelDraw Membuat dokumen atau file baru Mempraktekkan penggunaan fungsi Toolbox, Property bar, dan Docker objects properties Memodifikasi objek grafis menggunakan efek khusus Menyimpan dokumen objek grafis Mencetak hasil pembuatan objek grafis

2. MENGAKTIFKAN CORELDRAW Memulai Program : klik Start pada taskbar Masuk ke menu Program pilih CorelDraw Graphics Suite klik Corel Draw (kemudian “Welcome Screen” dan Jendela Coreldraw ditampilkan) “Welcome Screen” Jendela Coreldraw

“Welcome Screen” Aplikasi CorelDraw X3 Aplikasi CorelDraw X3

….keterangan : - New Graphic : digunakan untuk membuka ruang kerja baru. - Open Last Edited : untuk mengaktifkan file yang sebelumnya telah dibuka. - Open Graphic : untuk membuka file yang teleh tersimpan - Template : untuk mengaktifkan desain template yang telah tersedia - Corel Tutor : untuk mengaktifkan tutorial Coreldraw interaktif yang terinstal - What’s New? : untuk mengetahui fasilitas tambahan terbaru coreldraw - Show this welcome sreen at startup : Perintah ini digunakan untuk memilih apakah menu welcome screen ini akan ditampilkan saat membuka program atau tidak.

JENDELA CORELDRAW 1 2 3 4 5 6 8 7 1. Title Bar 2. Menu Bar 3. Toolbar 4. Property Bar 5. Tool Box 6. Docker 7. Palette Color 8. Print Area

TITLE BAR Bagian teratas dari jendela COrelDraw yang berisi informasi mengenai Program aplikasi dan nama dokumen yang sedang aktif. Terdapat pula Size button yang berfungsi untuk Size Button Title Bar mengatur ukuran jendela CorelDraw (minimize, maximize/restore, dan Close ) Minimize, menutup / mengecilkan jendela Close, menutup jendela / program aplikasi Restore, mengembalikan tampilan ke ukuran semula Maximize, memperbesar tampilan jendela

Pada Menu Bar atau Baris Menu terdapat beberapa menu yaitu : File Edit View Layout Arrange Effect Bitmaps Text Tools Window help Setiap menu bar memiliki sub menu yang berbentuk Pulldown menu, jika menu di klik maka akan muncul deret menu berderet ke bawah.

Toolbar Standard terdapat menu yang divisualkan dalam bentuk ikon : New Open Save Print Cut Copy Paste Undo - Redo Import - Export App. Launcher Corel Online Zoom Levels

PROPERTY BAR Berisi menu-menu untuk pengaturan dan pengeditan dokumen atau objek gambar. Property bar tampilannya selalu berubah tergantung pada Toolbox yang aktif berdasarkan objek citra grafis yang sedang dipilih dan dijalankan Misalkan sedang mengaktifkan Toolbox : Text Tool 2. Zoom Tool 3. Ellipse Tool

TOOLBOX Berisi kumpulan yang memiliki berbagai perintah untuk pembuatan objek grafis dasar, manipulasi objek grafis dasar, efek-efek objek grafis dasar dan lain-lain. Toolbox Induk : Pick tool 9. Polygon Shape tool 10. Basic shape tool Crop tool 11. Text tool Zoom tool 12. Interactive blend tool Freehand tool 13. Eye dropper tool Smart Fill tool 14. Outline tool Rectangle tool 15. Fill tool Ellipse tool 16. Interactive fill tool F ly ou t. . . . .

FLYOUT Pada setiap Toolbox induk terdapat ikon-ikon tool yang berkaitan dengan tool induknya (jika diklik pada penunjuk kecil atau klik kanan mouse) yang diebut dengan Flyout. Berikut contohnya : 1. Flyout Rectangle tool…… 2. Flyout Basic Shape tool... 3. Flyout Outline too………..

DOCKER Merupakan ekspansi dari beberapa fungsi-fungsi yang ada pada corel draw. Untuk menampilkan docker apa saja yang muncul, bisa dari menu Window > dockers, trus pilih docker mana yang ingin ditampilkan atau disembunyikan. Docker ini juga bisa di minimize, atau di tutup Diantaranya : 1. Docker Objects Properties 2. Docker Objects Manager 3. Docker Artistic Media 4. Docker Artistic Media

PALETTE COLOR Berisi pilihan warna yang bisa kita gunakan untuk mewarnai objek gambar yang kita buat. Baik warna isi maupun warna outline. Warna yang ada pada daftar color bar ini bisa kita customize sendiri Klik pojok palette untuk melakukan setting terhadap warna palette

Berbasis Bitmap PRINT AREA Print Area disebut juga Drawing Area merupakan halaman yang digunakan untuk membuat dan mengedit serta mencetak (print- out ) objek untuk kebutuhan desain grafis

3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Pertama - Klik New pada Menu Bar File atau Klik ikon New pada Toolbar standard - Beri nama dokumen tersebut dengan klik tombol Save dan isikan nama filenya, kemudian klik OK - Dokumen baru yang telah diberi nama siap untuk diolah

3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Kedua Lakukan Setting Dokumen : Property Bar - klik pick tool kemudian lihat ke panel property, atur berbagai ukuran halaman, baik yang dilakukan secara otomatis dengan settingan yang telah ada di property corel maupun setiingan menurut ukuran sendiri melalui Paper Width and Height

3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Kedua Lakukan Setting Dokumen : Menu Layout - klik menu layout - klik sub menu page setup kemudian akan muncul panel option yang berisi tentang setting dari halaman yang ingin diatur.

3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Ketiga Lakukan Setting Background (pilihan) - klik menu layout - klik page background - atur background sesuai dengan selera 3 model background yaitu : 3 model background yaitu :

3. MEMBUAT DOKUMEN BARU Langkah Ketiga - no background, untuk bacground tak berwarna - solid, untuk background dengan warna polos bertipe vektor - bitmap, untuk background dengan jenis vektor misalnya foto

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Garis 1. Menggunakan Freehand Tool Untuk membuat garis lurus dengan melakukan klik pada awal garis, kemudian geser mouse ke titik akhir garis kemudian klik pada titik akhir garis. Untuk membuat garis berbentuk kurva dengan melakukan (tekan) klik kemudian geser mouse sesuai dengan garis kurva yang ingin dibuat kemudian (lepas) klik pada mouse.

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Garis 2. Menggunakan Artistic Media Tool Tool ini memberikan beberapa pilihan bentuk yang bisa kita gunakan, diantaranya Preset, Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure.

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk Menggunakan Beberapa Toolbox, diantaranya outline tool

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk 1. Membuat Bintang : Menggunakan Polygon Tool - Star Aktifkan Polygon tool Pilih Ikon star Lalu posisikan mouse di area kanvas Kemudian drag hingga membentuk bintang Lepaskan mouse

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk 2. Mewarnai Bintang : Menggunakan Fill Tool Aktifkan Fill tool Pilih objek bintang yang akan kita rubah warnanya klik fill tool yang ada pada toolbox, pilih bentuk warna yang diinginkan dengan memilih salah satu option tool yang ada pada fill tool

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk 3. Menyeleksi Objek : Menggunakan property bar Multiple Objects Buat dua objek yang berbeda Buat dua objek tersebut bersinggungan Klik atau pilih/seleksi kedua buah objek tersebut (blok) - Lihat ke panel property Pilih model penyeleksian (weld, trim, intersect, simplify, font minus back dan back minus font)

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk 4. Membuat Tulisan : Menggunakan Text Tool - Panel Property Text Aktifkan Text tool Posisikan kursor di area kerja dan ketik kata yang diinginkan Lakukan edit / pengaturan melalui Panel Property (karakter huruf, tebal huruf, miring, garis bawah, dll

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk 5. Memformat Tulisan : Menggunakan Menu Text – Format text Klik / seleksi Tulisan menggunakan Pick tool Klik Menu bat Text Klik sub menu Format text (kotak dialog format text ditampilkan) Lakukan setting / pengaturan

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk 6. Mewarnai Tulisan : Menggunakan Palette color Klik / seleksi Tulisan menggunakan Pick tool Aktifkan Palette Color melalui Window – Docker – Palette Color Pilih warna yang sesuai Palette Color

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk 7. Memerikan efek khusus : menggunakan Interactive Blend Tool Buat dua objek berbeda, posisikan berjauhan Aktifkan Interactive blend tool Arahkan mouse pada objek pertama, lalu drag ke objek kedua dan lepaskan. Lakukan pengaturan menggunakan panel property Blend

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk ….efek khusus lainnya > Drop Shadow > Countour

4. MEMBUAT OBJEK GRAFIS Membuat dan Mewarnai Bentuk 8. Contoh Hasil kreasi Coreldraw

5. MENYIMPAN DOKUMEN klik menu File pilih dan klik Save As pilih lokasi penyimpanan pada kotak pilihan Save In berilah nama file kllik Save Format Ekstensi CorelDraw : CDR

6. MENCETAK HASIL klik menu File pilih dan klik Print, sehingga muncul kotak dialog Print terdapat beberapa tab, antara lain : General, mengatur jenis printer yang digunakan, dokumen dan banyaknya dokumen yang harus dicetak. 2. Layout, berguna untuk mengatur tata letak pencetakan. 3. Separations, berguna untuk mengatur pemisahan warna

TES 2 Uji Kompetensi : Sebelum melanjutkan ke Materi soal atau pertanyaan, apakah Anda yakin telah membaca dan menyelesaikan pembahasan Teori tentang : “APLIKASI CORELDRAW” ? Jika sudah silakan tekan Tombol Lanjut dan Jika belum silakan tekan Tombol Kembali Kembali Lanjut

TES 1 TES 2 TES 3 TES 4 TES 5 TES 6