PROPOSAL SISTEM MULTIMEDIA LAILATUL HAYANI IF18K

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMBUATAN ANIMASI IKLAN HANDPHONE NOKIA 6110, N70, N77 ANTON SURYANTORO for further detail, please visit
Advertisements

Storyboard dalam proses produksi
VIDEO.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
Animasi.
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
APLIKASI TUNTUNAN MENGERJAKAN SHALAT SUNNAH DENGAN Ahmad Fadhli
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 8. 0”, PI
Perencanaan Pembuatan Video
PENGOLAHAN VIDEO DAN GAMBAR PADA KEHIDUPAN ANAK Joko Patmono, for further detail, please visit
HURUF JEPANG DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN AKSARA-AKSARA DASAR for further detail, please visit
PERANCANGAN APLIKASI OTOMOTIF KHUSUSNYA MODIFIKASIMODIFIKASI MOBIL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8.0 Rizky Herdialam Septianto for further detail,
MACROMEDIA FLASH 8 APLIKASI MULTIMEDIA HADO DAN KRISTAL AIR MENGGUNAKAN for further detail, please visit
PEMBUATAN ANIMASI KARTUN PEMBUKA PRESENTASI HUMAN Fauzan Alfadli,
APLIKASI TATA CARA WUDHU DAN SHALAT UNTUK ANAK Muhammad Ilham A
PEMBUATAN Agung Wicaksono
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas PEMBUATAN GAME KETANGKASAN BOLA PANTUL for further detail, please visit
PEMBUATAN FILM ANIMASI MENGENAI EFEK RUMAH KACA Dian Purnama Sari,
ANAK USIA TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA APLIKASI CD INTERAKTIF MELUKIS DAN MEWARNAI UNTUK for further detail, please visit
MANFAATNYA UNTUK ANAK SD KELAS 1-4 APLIKASI MULTIMEDIA PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN for further detail, please visit
APLIKASI MULTIMEDIA AUTISME DENGAN MENGGUNAKAN Desi Fuspitasari Saiz
MULTIMEDIA PEMBUATAN APLIKASI TATA CARA SHOLAT BERBASIS
PEMBUATAN Rohmawan. Supriatna,
PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA Ibnu Hidayat,
PEMBUATAN GAME “PETUALANGAN TUX” DENGAN MENGGUNAKAN Rahmi Haditama
PEMBUATAN BREAK BUMPER DENGAN MENGGUNAKAN 3D MAX Ahmad Fauzi,
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
PEMBUATAN Andrie. Fitriansyah for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI BELAJAR HURUF-HURUF HIJAIYAH Bagus Alfiyanto
TRANSJAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECTS CS3, PEMBUATAN ANIMASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG for further detail, please visit
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, 2007 PEMBUATAN ANIMASI MOBIL FORMULA 1 DENGAN MENGGUNAKAN 3Ds MAX DAN.
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX, DAN PEMBUATAN ANIMASI INTERALTIF MENGENAI TATA SURYA for further detail, please visit
APLIKASI Amdan Ardiansyah for further detail, please visit
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
Latar Belakang Fenomena global warming yang mulai dirasakan.
APLIKASI for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI KALKULATOR SEDERHANA MENGGUNAKAN Riri Priyanti
ANIMASI IKLAN A MILD MEMANFAATKAN EFEK WALKTHROUGH M. Arief. Rachman
Penulisan Ilmiah, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika, PEMBUATAN ANIMASI 3D GEISYA BERJALAN MENGGUNAKAN OGRE for further detail, please.
Iwan Suprat Riyanto for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI PRODUK “EAT347” DISTRO Freddy Harahap
Pembuatan Karakter Modelling dan Animasi 3D Menggunakan Blender Ipang Hadianto for further detail, please visit
ANIMASI DALAM POST PRODUCTION
APLIKASI TAMPILAN HANDPHONE DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS Indra Pasga Satria for further detail, please visit
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
Storyboard.
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
Pertemuan I Multimedia (Teori)
SEMINAR BERKREASI DENGAN ANIMASI
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Storyboard Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
MEMBUAT GAME METEOR JATUH DENGAN MENGGUNAKAN Ichwal Akbar
APLIKASI ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN HEWAN UNTUK ANAK Sri Sumarni
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
APLIKASI PENGENALAN BUAH DAN SAYURAN UNTUK ANAK BALITA Nona Putri Delviana for further detail, please visit
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
JUPITER – Z DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX PEMBUATAN ANIMASI LAYANAN INFORMASI MOTOR YAMAHA for further detail, please visit
TAHAPAN PRODUKSI KONTEN E-LEARNING SMK TELKOM BANDUNG 2016.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Multimedia menurut etimologi
Bab 3 Visual Storytelling dan Storyboard
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
By : ijaa.wordpress.com.
Sekolah Jurusan Multimedia, Ngapain aja ?
APLIKASI PENGENALAN FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 7
Pembuatan Animasi 2 Dimensi SMK Negeri 11 Bandung Sutarsa, S.Pd.
Transcript presentasi:

PROPOSAL SISTEM MULTIMEDIA LAILATUL HAYANI IF18K-10109765 FILM ANIMASI 2-DIMENSI PROPOSAL SISTEM MULTIMEDIA LAILATUL HAYANI IF18K-10109765

PENDAHULUAN Dalam bisnis hiburan, animasi adalah tambang uang yang menjanjikan, tidak hanya untuk industri layar lebar tapi juga layar kaca.

Sampai saat ini, ada beberapa film animasi yang memiliki keuntungan yang sangat besar, sebut saja Shrek 2 yang diproduksi oleh DreamWorks SKG atau Finding Nemo yang diproduksi oleh Disney/Pixar yang telah meraup keuntungan diatas 800 juta US Dollar di tahun 2003 dan 2004.

Selain itu masih ada Warner Bros dengan Pokemon, Fox dengan Ice Age dan kekuatan tradisional di luar AS seperti Eropa dan Jepang. Dan kekuatan baru seperti China, Korea dan India. Lalu bagaimana dengan Indonesia sendiri yang sejak lama hanya terkenal sebagai gudang tukang di industri film animasi Jepang dan AS?

Dengan fenomena ini memacu saya untuk ikut memproduksi animasi yang lebih berkualitas yang tidak hanya menjadi tukang pembuat untuk industri luar, namun juga dapat menghasilkan karya sendiri yang bernilai jual, baik di indonesia sendiri maupun di mancanegara.

PROSES PENGEMBANGAN Film animasi 2-Dimensi ini dibuat dengan proses sebagai berikut: 1. Menentukan Ide Cerita 2. Membuat Karakter 3. Membuat Model 4. Membuat Animasi 5. Audio-Video 6. Editing

SDM (Sumber Daya Manusia) Adapun SDM yang terlibatkan dalam pembuatan film animasi 2-Dimensi Buyung ini adalah: 1. Conten Writer (Storyboarder/skripting) 2. Modelling Karakter-Ilustrator 3. Colouring-Ilustrator 4. Key-Animator 5. InBetween-Animator 6. Background-Animator 7. Editor-Animator 8. Dubbing Sound-Dubber 9. Sound/Audio-Programmer

1. Conten Writer (Storyboarder/skripting) Conten writer bertugas untuk membuat runtutan cerita yang ditampilkan dalam serangkaian ilustrasi atau gambar yang ditampilkan dalam urutan untuk tujuan pra- memvisualisasikan gerakan gambar, animasi, gerak urutan media grafis atau interaktif.

2. Modelling Karakter-Ilustrator  Membuat semua Model yang akan di tampilkan di Dalam Animasi (ex:Tokoh-tokoh yang ada di Animasi, Environment, dll)

3. Colouring-Ilustrator  Pewarnaan Animasi secara keseluruhan agar tampilan Animasi lebih Hidup.  Dengan colouring yang bagus akan membuat gambar seolah-olah menjadi 3-Dimensi.

4. Key-animator Mengembangkan karakter utama dalam Animasi. Memerlukan pengamatan yang sangat baik, bertindak dan terampil dalam penggunaan waktu dan harus siap untuk bekerja di dalam Tim. Menentukan kepadatan Gambar yang pada animasi akan berpengaruh pada kecepatan gerak.

5. InBetween-Animator (tweening)  Proses menghasilkan frame penengah antara dua gambar untuk memberikan kesan bahwa gambar pertama berkembang dengan lancar ke dalam gambar kedua.  Gambar antara frame kunci yang membantu untuk menciptakan ilusi gerak.  Kunci proses di semua jenis animasi.

6.Background-Animator  Gambar Latar dari Sebuah Animasi

7. Editor-Animator  Penyempurnaan Animasi yang telah dibuat.  Memastikan Animasi layak untuk di isi suara.

8. Dubbing Sound-Dubber  Membuat suara untuk semua tokoh yang terlibat di dalam animasi.

9. Sound/Audio-Programmer  Menginputkan Suara yang telah di dubbing ke dalam animasi yang telah dibuat.  Menginputkan Sound Efek agar animasi lebih menarik.

Infrastruktur Teknology Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat Film Animasi ini di sesuaikan dengan SDM yang terlibat di Dalam nya, rincian nya sebagai berikut: 1. Ilustrator 2. Animator 3. Audio-Dubber 4. Programmer

1. Ilustrator  Perangkat Komputer  Pen-Tablet Mempermudah Animator untuk menggambar karakter langsung di komputer.  Software Banyak alternatif software yang dapat digunakan, seperti: Adobe Ilustrator, Photoshop, Adobe Flash dll.

2. Animator  Perangkat Komputer  Software Banyak alternatif software yang dapat digunakan, seperti: Adobe Flash, Blender, dll.

3. Audio-Dubber Peralatan Audio Perangkat Komputer

4. Programmer  Perangkat Komputer

Desain Contoh Desain Storyboard

Contoh Desain Karakter dan Background

Contoh Desain Animasi

REFERENSI http://id.wikipedia.org/wiki/Animasi http://dkv.binus.ac.id/12-prinsip-animasi/ Pt.Meta Informatika Telekomindo/Divisi Produksi/Animasi http://kartu.kapanlagi.com/sedia-payung- sebelum-hujan.html http://cartoonsnap.blogspot.com/2009/01/how-to- draw-and-understand-folds-and.html http://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=ii