MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEKNIK BERMAIN PERAN (DRAMA)
Advertisements

Pembuatan Video Tri Suratno,S.Kom.,M.Kom.
PERKENALKAN, saya : Deddy Setyawan, S.Sn.,M.Sn.
IKLAN TELEVISI Ramakertamukti.wordpress.com.
Pembuatan Proyek Video Media Komunikasi Gizi
PEREKAMAN DAN EDITING PROGRAM VIDEO INSTRUKSIONAL
PENULISAN NASKAH.
Penulisan Naskah.
VIDEO.
BROADCASTING TV REMIDIAL.
Teknik Pengambilan Gambar Produksi
MERANCANG NASKAH DAN STORYBOARD
Script Writing MOVIE.
JENIS BAHAN AJAR Season-4 Bahan Ajar Cetak (BAC) PRINTED MATERIAL.
Dasar-dasar produksi documentary
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 7 TEKNIK PEMBUATAN STORYBOARD
Penulisan Skenario Film dan Televisi
MENENTUKAN KRU FILM.
PERTEMUAN VIII (KE DELAPAN) MATA KULIAH : PENULISAN NASKAH SEMESTER : GANJIL DOSEN : BAMBANG SUDJATI TAHUN : 2011.
PERTEMUAN XI (SEBELAS)
Video Recording NURUL MUSAWATIRA P.
PROSEDUR PENULISAN NASKAH TELEVISI.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
Story Board Media Instruksional 006 Oleh Drs Zamris Habib, M.Si
Oleh : Aris Sarwo Nugroho, M. Kom
Story Board.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PASCA PRODUKSI Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
EDUCATION PROGRAM.
Storyboard.
MEDIA ELEKTRONIK (VIDEO ON SOUND)
MERANCANG NASKAH DAN STORYBOARD
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
PROSEDUR PENULISAN NASKAH TELEVISI.
EDUCATION PROGRAM (lanjutan praktek sederhana)
Naskah Iklan Radio Semester Genap (2013/2014) Fakultas Ilmu Komputer
MEDIUM AUDIO.
Storyboard Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
PASCA PRODUKSI TOPIK 3 PROSES PRODUKSI KARYA AUDIO VISUAL
SENI MULTIMEDIA Wisnu Adisukma, M.Sn..
[deskripsi] Elemen Naskah AUDIO VISUAL.
WELCOME TO OUR PRESENTATION
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
SEQUENTIAL ART.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Teknik Produksi Kamera.
RISET – OBSERVASI Pertemuan 5
TV COMMERCIAL D A N FILM PENDEK (lanjutan)
Dokumenter Episode ke 4 Tahap Pra Produksi.
TAKTIK KREATIF IKLAN MEDIA CETAK
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
TEKNIK EDITING, ANIMASI DAN MULTIMEDIA 8
PRODUKSI ACARA TELEVISI
REVIEW MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN PAI
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
DESAIN PRODUKSI (Produksi Berita TV)
Story Board.
FORMAT PROPOSAL PENYIARAN
Produksi berita televisi Pertemuan 4
PRODUKSI PROGRAM AUDIO-VISUAL / TV
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Narrative Strategies.
PRODUKSI PROGRAM AUDIO-VISUAL / TV
Creative Feature Documenter
TAHAP PRA-PRODUKSI NADIA RIZKY N. S.Pd., Gr.. VISUALISASI KONSEP Manusia adalah makhluk bernalar dan bermoral, yang menyukai segala sesuai gagasan dalam.
DASAR MEMBUAT DAN MENGEDIT VIDEO
Transcript presentasi:

MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI PENULISAN NASKAH

Tujuan penulisan naskah Sebagai penuntun dalam memproduksi media, artinya menjadi penuntun dalam penulisan tek/materi, mengambil gambar dan grafis, merekam suara, membuat animasi.

Pengertian Penulisan Naskah Supaya materi dapat disampaikan melalui media, materi perlu dituangkan dalam tulisan atau gambar yang kita sebut naskah program media.

Macam – macam naskah program media Naskah Audio (radio dan kaset) Naskah Film dan Video Naskah Program Interaktif

Langkah – langkah dalam penulisan naskah Audio dan Video Menulis Treatment atau Peta Konsep Treatment adalah uraian berbentuk esai yang menggambarkan alur penyajian program dalam naskah audio atau video, sedangkan dalam naskah program interaktif disebut peta konsep.

Beberapa Petunjuk Penulisan Naskah Program Audio Bahasa : Bahasa yang digunakan adalah bahasa percakapan, bukan bahasa tulis. Musik : fungsinya menciptakan suasana sesuai dengan nuansanya.

Contoh naskah audio Musik : IN-UP-DOWN-OUT Poyo : Hem… panas benar hari ini. Sebaiknya ku buka bajuku. Sur …. Surti ………….. 3. Surti : (OFF MIKE). Ada apa sih? (FADE IN) Datang-datang, teriak- teriak, kayak memanggil orang tuli saja? Dst

Istilah-istilah dalam naskah audio Announcer (ANN) : Penyiar yang tugasnya memberitahukan bahwa suatu acara atau suatu program akan disampaikan. Narrator (NAR) : Hampir sama dengan penyiar, bedanya apa yang dibaca narrator sudah memasuki materi program

Istilah-istilah dalam naskah audio Musik : Menunjukkan kepada sutradara bahwa di baris itu harus diselipkan musik. Sound Effect (FX) : Suara-suara pendukung untuk menciptakan suasana tertentu. Fade In : Petunjuk bagi sutradara atau pelaku bahwa harus diciptakan situasi seolah-olah ada orang mendekat.

Istilah-istilah dalam naskah audio Fade Out : Kebalikan dari fade in. Harus diciptakan situasi seolah-olah ada orang yang pergi menjauh. Off Mike : Harus diciptakan situasi seolah-olah ada orang berbicara dari jauh. Cross Fade : Dua bunyi yang berpapasan Musik : IN-UP-DOWN-OUT Musik : IN-UP-DOWN-UNDER Musik : Background, Smash, Tema, Transisi, Jembatan

Penulisan Naskah Film dan Video Penulisan naskah film maupun video juga dimulai dengan identifikasi topik atau gagasan. Rangkaian kegiatan untuk mewujudkan gagasan menjadi program film atau video secara bertahap dilakukan melalui pembuatan sinopsis, treatment, storyboard atau perangkat gambar cerita, skrip atau naskah program dan skenario atau naskah produksi.

Pengertian istilah-istilah dalam pembuatan naskah Film dan Video Sinopsis : memberikan gambaran secara ringkas dan padat tentang tema atau pokok materi yang akan digarap. Treatment : memberikan uraian ringkas secara deskriptif tentang suatu episode. Storyboard : visualisasi dari treatment dengan perangkat gambar atau sketsa sederhana.

Pengertian istilah-istilah dalam pembuatan naskah Film dan Video Skrip atau naskah program : daftar rangkaian peristiwa yang akan dipaparkan. Format penulisan skrip dalam bentuk skontro atau halaman berkolom dua ; sebelah kiri untuk menampilkan bentuk visualisasinya dan sebelah kanan segala sesuatu yang berhubungan dengan suara.

Pengertian istilah-istilah dalam pembuatan naskah Film dan Video Skenario : merupakan petunjuk operasional dalam pelaksanaan produksi atau pembuatan program. Dalam skenario inilah beda antara film dan video akan tampak karena video mempunyao efek visual tertentu yang tidak dimiliki oleh media film, misalnya dissolve, wipe, superimpose, split image dsb.

Petunjuk Pengambilan dasar gambar ada tiga : Long Shot (LS) : pengambilan yang memperlihatkan latar secara keseluruhan dalam segala dimensi dan perbandingannya, Medium Shot (MS) : pengambilan yang memperlihatkan pokok sasarannya secara lebih dekat dengan mengesampingkan latar belakang maupun detail yang kurang perlu Close Up : pengambilan yang memfokuskan pada subyeknya atau bagian tertentu.

Petunjuk-petunjuk gerakan kamera : Pan right, menggerakkan kamera ke kanan Pan left,menggerakkan kamera ke kiri Tilt up, menggerakkan kamera ke atas Tilt down, menggerakkan kamera ke bawah Zoom in,mengatur pengambilan ke arah CU Zoom out, mengatur pengambilan ke arah LS Dolly in (track in), mendorong kamera ke arah subyek Dolly out (track out),menarik kamera menjauhi subyek Camera follow, kamera mengikuti ke mana perginya subyek

Petunjuk Penggunaan Efek Visual Fade in, pengambilan oleh kamera tertentu mulai masuk perlahan – lahan Fade out, pengambilan oleh kamera tertentu mulai memudar perlahan – lahan Super atau superimpose, penampilan sesuatu ke atas pengambilan yang ada Dissolve, pembauran secara perlahan menggantikan yang sebelumya Wipe, mengganti pengambilan yang sebelumnya dengan efek penghapusan.

Fiksi Non Fiksi Program Audio Visual Dasar penciptaanya adalah ide / gagasan Non Fiksi Dasar penciptaannya Fakta

Format Program Audio Visual Drama/Sinetron Film Music Show Video Klip Dokumenter Feature Dokumenter Magazine Infotainment Talk Show Spot Iklan dll

Durasi Program Secara umum semua program audio visual dalam penyampaian informasi atau pesan akan dibatasi oleh waktu atau durasi.

Harus selalu dilandasi oleh adanya Naskah Program Apapun jenisnya program audio visual yang akan diciptakan atau diproduksi Harus selalu dilandasi oleh adanya NASKAH terlebih dahulu

Fungsi Naskah Dalam produksi program audio visual, NASKAH, memiliki fungsi penting Sebagai pedoman utama dalam pelaksanaan produksi Sebagai dasar penentuan peralatan yang akan dipergunakan Sebagai dasar penghitungan anggaran Sebagai dasar penentuan pemeran Sebagai dasar penentuan kerabat kerja yang diperlukan Sebagai dasar penentuan kostum Sebagai dasar penentuan lokasi/dekorasi Sebagai dasar pedoman pengambilan gambar/shooting Dan lain-yang terkait dengan proses produksi program

Konsep Dasar Naskah APA LATAR BELAKANG DIBUATNYA PROGRAM ? APA TUJUAN DIBUATNYA PROGRAM PESAN APA YANG AKAN DISAMPAIKAN UNTUK SIAPA PROGRAM TERSEBUT DICIPTAKAN DIMANA DAN KAPAN PROGRAM TERSEBUT AKAN DISAMPAIKAN

Tahapan Penulisan Naskah MENENTUKAN TEMA MENGUMPULKAN DATA ANALISIS DATA SELEKSI DATA SINOPSIS

DISUSUN SESUAI DENGAN FORMAT YANG DIINGINKAN SINOPSIS TREATMENT NASKAH DISUSUN SESUAI DENGAN FORMAT YANG DIINGINKAN DOKUMENTER FEATURE CERITA/DRAMA DLL SPOT IKLAN VIDEO KLIP VARIETY

Tiap-tiap SEQUENCE memuat pokok-pokok pesan TREATMENT OPENING SEQUENCE 1 SEQUENCE 2 SEQUENCE 3 LINK PENGHUBUNG SEQUENCE 4 SEQUENCE 5 CLOSING SEQUENCE 6 Tiap-tiap SEQUENCE memuat pokok-pokok pesan

Production Book Sampul Luar : Memuat : Universitas Respati Yogyakarta Program Studi Ilmu Gizi Logo Format Program : Spot Iklan, Dokumenter, Sinetron/dll Judul Program Durasi Penulis/ Nama Mahasiswa/i Nomor Mahasiswa Dilengkapi illustrasi : Gambar atau foto yang relevan dengan isi program

ISI Latar Belakang : Mengapa Program tersebut akan dibuat Tema Memuat : Latar Belakang : Mengapa Program tersebut akan dibuat Tema Pesan : Pesan apa yang akan disampaikan kepada khlayak Judul Program Durasi Sasaran Sinopsis Treatment Naskah Nama Pemeran Karakteristik Tokoh Shooting Script Story Board Desain Dekorasi / Lokasi Property Pokok Desain Kostum Peralatan Teknik

ISI(lanjutan) 18. Kerabat Kerja 19. Anggaran 20. Jadwal Kegiatan

Contoh Penulisan Naskah Video UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA PROGRAM STUDI ILMU GIZI Logo UNRIYO Format Program : Dokumenter Foto Judul Program: SENYUM DAN TAWA MESTINYA MILIK SETIAP ANAK Durasi : 4 menit 51 detik Penulis Nama Mahasiswa : Den Baguse Respati No Mahasiswa: 09220002 Dilengkapi illustrasi : Gambar atau foto yang relevan dengan isi program

ISI Memuat : Latar Belakang : Program ini dibuat untuk memberikan Gambaran tentang Potret Gizi Buruk di Indonesia Tema : Anak Indonesia Masih Ada yang Kekurangan Gizi Pesan : Pesan apa yang akan disampaikan kepada khlayak Judul Program : SENYUM DAN TAWA MESTINYA MILIK SETIAP ANAK Durasi : 4 menit 51 detik Sasaran : Masysrakat Umum Sinopsis : Pada Video ini ditampilkan Keadaan Anak Indonesia yang mengalami Gizi Buruk dengan Ilustrasi Foto dan Selingan Kata-Kata Treatment : Potret Gizi Buruk di Indonesia Naskah : (Sesuai Cerita Penulis) Nama Pemeran : anak-Anak Indonesia Yang Kekurangan Gizi Karakteristik Tokoh : Chairul, Anisa Shooting Script (Sesuai Ilustrasi) Story Board: Tampilan Foto-Foto diberi Tulisan dan Backgroud Music Desain Dekorasi / Lokasi : Indonesia Property Pokok : Foto, Musik dan Text Desain Kostum : Alami Peralatan Teknik : Kamera