Kategori Desain Grafis

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
Advertisements

BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI
PPB Media Pembelajaran & Pengelolaan Sumber Daya
MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA
Dasar-dasar Web Design
Desain Grafis Untuk Semua Orang
PROSES PERANCANGAN GRAFIS
Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS5
Desain Web R0312 – Grafik Komputer.
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
Prinsip Perancangan Multimedia
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Grafika Komputer (TIZ10)
Pengantar Content Pertemuan 1.
  TEORI DASAR GRAFIS MULAI.
Pengembangan Media Presentasi
Memahami etimologi multimedia
Modul Design & Pemrograman Web
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Pengertian Desain Grafis Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Desain permodelan grafis
MULTIMEDIA PEMBUATAN APLIKASI TATA CARA SHOLAT BERBASIS
PENGENALAN DESAIN GRAFIS
MATA PELAJARAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI) Semester 5 Pokok Bahasan is Program Grafis and Multimedia for class twelve By. H. JEpanG.
Desain Grafis & Animasi
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
Grafis Multimedia “Sebagai Kegiatan Berbasis IT untuk MENAMBAH KEMAMPUAN & POTENSI DIRI SISWA dalam menyiapkan generasi yang KREATIF, INOVATIF dan berwawasan.
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
DASAR DESAIN GRAFIK Memahami unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang.
Storyboard.
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
Pembuatan Media Presentasi
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Memahami etimologi multimedia
GRAPHIC APpLICATION PROGRAM
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Definisi Desain Grafis
Bahasa visual Untuk Media internal.
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Definisi Desain Grafis
Dosen : Moh. Salman Alfarisi
( Materi Publikasi ) Design grafis.
KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA #rahmatSetiawan rhOne15.wordpress.com.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
KOMPUTER GRAFIS.
Pengembangan Media Presentasi
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
DESAIN GRAFIS.
Cara menggambar Clean Up Dan Sisip
Memahami etimologi multimedia
PEMBUATAN CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA Nuryadin
PRAKARYA MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER /2016.
Design Grafis
PENGENALAN DESAIN GRAFIS
Desain grafis = proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar.
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
( Materi Desain Grafis )
DESAINGRAFIS PRAMANA DITA Pertemuan II.
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS.
& Pengelolaan Sumber Daya
Bahasa visual Untuk Media internal.
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
KELAS XI MULTIMEDIA SMT. 1 SMK KARYA SEMBAWA BANYUASIN 20 Oktober 2014.
Pengantar.
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam DKV untuk Multimedia
PENGENALAN DESAIN GRAFIS Oleh : KELOMPOK 4. Desain Grafis DEFINISIGRAFIS BITMAP KATEGORI PROGRAM DESAIN GRAFIS GRAFIS VECTOR.
MENGGABUNGKAN GAMBAR DAN TEKS BERBASIS VEKTOR DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN OLEH : FRESTIKA CAHYO HAKIM.
Transcript presentasi:

Kategori Desain Grafis Pendahuluan   Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Kategori Desain Grafis Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori: 1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis. 2. Web Desain: desain untuk halaman web. 3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi. 4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman. 5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

Program Pengolah Grafis/Hirarki Visual Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya. 1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout) Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). 2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. 3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.

4. Aplikasi Pengolah Film/Video Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. 5. Aplikasi Pengolah Multimedia Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. 6. Desain Halaman Web Dasar   Berdasarkan hal diatas selanjutnya kita mulai melakukan desain web dengan menterjemahkan perencanaan ke dalam software desain, keahlian yang mesti diperdalam adalah typografi (kemampuan memilih font yang tepat), tata letak halaman (menguasai kemampuan membagi ruang halaman), pewarnaan (menguasai konsep warna dan pemilihan warna berdasarkan warna perusahaan dan teori pencampuran warna). Software yang digunakan salah satunya Adobe Photoshop, dengan mempelajari pembuatan tombol/navigasi, background, bekerja dengan teks, manipulasi gambar/image, dan khususnya memperdalam teknik-teknik desain website.

7. Desain Halaman Web Lanjutan   Untuk meletakkan halaman web hasil desain photoshop di atas, diperlukan mengubah halaman web ke dalam bentuk HTML, dan diperlukan sebuah software yakni salah satunya Adobe Dreamweaver. Dreamweaver ini yang membantu pengaturan halaman-halaman desain diubah ke HTML. Selain Dreamweaver banyak software sejenis lainnya seperti Microsoft Frontpage. 8. Web dan Unsur Visualnya   Penggunaan istilah “tata bahasa” (grammar) dalam membaca unsur visual desain, awalnya terasa asing. Karena istilah tata bahasa yang dikenal selama ini lebih banyak digunakan dalam bahasa verbal. Seperti halnya tata bahasa verbal yang menjelaskan bagaimana sebuah kata membentuk suatu kalimat hingga teks yang utuh, demikian halnya pada tata bahasa visual juga menjelaskan bagaimana menggambarkan orang, tempat dan benda atau gabungan dari semua itu membentuk sebuah pernyataan visual yang utuh, baik dalam bentuk struktur yang rumit maupun sederhana. 9. Representasi Visual Desain Web   Adapun gambar teknik dan ilmu pengetahuan, seperti diagram, gambar teknik, peta dan grafik, biasanya merepresentasikan sikap objektifnya. Citra-citra ini disebut sebagai proyeksi isometris. Dimensi dari objek digambar sesuai dengan ukuran yang sebenarnya, tidak terdistorsi oleh perspektif, oleh karenanya disebut objektif.

Penutup   Dalam desain web, aspek interaksi merupakan hal yang sangat penting. Web sebagai media baru mempunyai ciri-ciri kedekatan secara personal yang lebih besar dibanding media-media lama. Kedekatan ini dapat dibangun secara antarmuka (interface). Antarmuka itu dibuat dalam rangka membina hubungan interaksi media itu dengan pemirsanya. Interaksi bukan sebatas pengertian sekumpulan tanda yang menghubungkan dengan bagian halaman lain (hyperlink), tetapi diartikan sebagai hubungan antara makna dalam representasi itu dengan pemirsanya. Pentingnya representasi interaktif suatu citra dengan pemirsanya semakin membuka kesadaran bahwa representasi visual, baik berupa foto maupun gambar memerlukan perhatian serius. Unsur-unsur penting di dalamnya, seperti: tatapan, pembingkaian dan sudut pandang, dapat dimanfaatkan sebagai kekuatan untuk menjalin dan mengikat komunikasi dan interaksi.