BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
VEKTOR BITMAP DESAIN GRAFIS HOME VIDEO TRUTORIAL VEKTOR
Advertisements

Perbedaan vector dan bitmap
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Kategori Desain Grafis
R. Arum, SP, Ssi, MT. FISIP UM Lampung
MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA
YUU..AHHH SATU DUA LIMA EMPAT TIGA.
Dasar-dasar Web Design
Pengantar Aplikasi Grafis – Photoshop CS5
PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS
TEKNOLOGI INFORMASI DANKOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Bitmap Vs Vector Iwan Sonjaya, ST.MMT.MT.
PERTEMUAN 2 Dosen: Putri Anggraeni Widyastuti, S.Sn., M.Des.
  TEORI DASAR GRAFIS MULAI.
Memahami etimologi multimedia
Pengertian Desain Grafis Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING
PENGENALAN DESAIN GRAFIS
MATA PELAJARAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI) Semester 5 Pokok Bahasan is Program Grafis and Multimedia for class twelve By. H. JEpanG.
Desain Grafis & Animasi
Pengolahan Citra Pertemuan 14.
Image Raden Budiarto.
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
DASAR DESAIN GRAFIK Memahami unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang.
PRINTING PROSES VCD 0018.
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Memahami etimologi multimedia
SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan.
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
GRAPHIC APpLICATION PROGRAM
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Definisi Desain Grafis
MENGENAL GAMBAR DIGITAL
Definisi Desain Grafis
Dosen : Moh. Salman Alfarisi
( Materi Publikasi ) Design grafis.
KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA #rahmatSetiawan rhOne15.wordpress.com.
Gambar Bitmap Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster terdiri atas sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri.
DASAR DASAR MULTIMEDIA
KOMPUTER GRAFIS.
Tren PTIK (Pengantar Teknologi, Informasi dan Komunikasi) Masa Kini
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
Perangkat Lunak (Software) Komputer
Grafika komputer 1.
DESAIN GRAFIS.
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Cara menggambar Clean Up Dan Sisip
Memahami etimologi multimedia
PRAKARYA MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER /2016.
Design Grafis
PENGENALAN DESAIN GRAFIS
Desain grafis = proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar.
DASAR-DASAR DESAIN GRAFIS
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
( Materi Desain Grafis )
DESAINGRAFIS PRAMANA DITA Pertemuan II.
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS.
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
DASAR DESAIN GRAFIS MEMAHAMI UNSUR-UNSUR TATA LETAK BERUPA GARIS, ILUSTRASI, TIPOGRAFI, WARNA, GELAP-TERANG, TEKSTUR, DAN RUANG.
KELAS XI MULTIMEDIA SMT. 1 SMK KARYA SEMBAWA BANYUASIN 20 Oktober 2014.
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. URAIAN MATERI PCD Pemberian Evek Pada Gambar Vektor dan Bitmap Penggabungan Teks & Citra Bitmap Penggabungan Teks & Citra Vektor.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
1 HELLO! Angga Firman Setiawan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Jember
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam DKV untuk Multimedia
Perangkat Lunak Komputer
PENGENALAN DESAIN GRAFIS Oleh : KELOMPOK 4. Desain Grafis DEFINISIGRAFIS BITMAP KATEGORI PROGRAM DESAIN GRAFIS GRAFIS VECTOR.
MENGGABUNGKAN GAMBAR DAN TEKS BERBASIS VEKTOR DESAIN GRAFIS PERCETAKAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN OLEH : FRESTIKA CAHYO HAKIM.
Transcript presentasi:

BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI KELAS XII / UMUM Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010 Standar Kompetensi : Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafik SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA

Bagaimana Memulai Belajar Desain Grafis…? Memang itu sebuah pertanyaan yang sangat mendasar bagi seorang desiner pemula..

Definisi Desain Grafis… Rancangan Sketsa Pola Model/Prototype Bagan Solusi/Pemecah masalah

Definisi Grafis…? Gambar Ilustrasi Fotografi Typografi/Huruf Angka Simbol Grafik/Chart

Menurut Suyanto : Jessica Helfand : “desain grafis didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri". Jessica Helfand : http://www.aiga.com/ “Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat".

Danton Sihombing : Michael Kroeger: “desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi". Michael Kroeger: “visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition)i".

Blanchard : “desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.”

Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Desain grafis memiliki beberapa macam basis karya dengan melihat komposisi elemen-elemen yang terdapat dalam karya tersebut, diantaranya adalah :

1. Desain berbasis Image

2. Desain berbasis Type

3. Desain berbasis Image dan Type

4. Desain berbasis Simbol, Logo dan Logotype

Kategori Desain Grafis Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori: Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis. Web Desain: desain untuk halaman web. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya

PROGRAM PENGOLAH GRAFIK/GRAFIS Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.

1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout) Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah: Adobe FrameMaker Adobe In Design Adobe PageMaker Corel Ventura Microsoft Publisher Quark Xpress

2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah: Adobe Illustrator Beneba Canvas CorelDraw Macromedia Freehand Metacreations Expression Micrografx Designer Back to link

3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah: Adobe Photoshop Corel Photo Paint Macromedia Xres Metacreations Painter Metacreations Live Picture Micrografx Picture Publisher Microsoft Photo Editor QFX Wright Image Back to link

4. Aplikasi Pengolah Film/Video Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah: Adobe After Effect Power Director Show Biz DVD Ulead Video Studio Element Premier Easy Media Creator Pinnacle Studio Plus WinDVD Creater Nero Ultra Edition

5. Aplikasi Pengolah Multimedia Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah: Macromedia Macromedia Authorware Macromedia Director Macromedia Flash Multimedia Builder Ezedia Hyper Studio Ovation Studio Pro Macromedia Director Macromedia Flash Multimedia Builder Ezedia Hyper Studio

Perbedaan Grafis berbasis vektor dan Grafis Bitmap Grafis yang berbasis Vektor merupakan gambar yang dibentuk oleh objek yang berupa garis dan kurva. (garis tersusun dari satu titik) Grafis berbasis Bitmap : objek/gambar yang tersusun oleh kumpulan titik warna (raster/pixel).

Grafik Vektor Terdiri atas kurva dan garis berdasarkan rumus matematis Resolution Independent Memerlukan penyimpanan yang relatif lebih kecil Cocok untuk gambar dengan warna sederhana (tidak rumit) Grafik Bitmap Terdiri atas kumpulan pixel dengan warna tertentu Resolution Dependent Memerlukan ruang penyimpanan yang relatif besar Cocok untuk gambar yang detail dengan gradasi warna yang rumit

Contoh Program Aplikasi Grafis Berbasis Vektor Contoh Program Aplikasi Grafis Berbasis Bitmap Tutorial corel draw