Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

Kategori Desain Grafis
BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Prinsip-prinsip Dasar Grafik Komputer & Multimedia Interaktif
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
Fakultas Seni Rupa dan Desain Tahun Akademik 2007/2008
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
TEKNOLOGI INFORMASI DANKOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
  TEORI DASAR GRAFIS MULAI.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
KOMPUTER GRAFIK KONSEP DASAR KOMPUTER GRAFIK
Grafika & Pengolahan Citra (CS3214) 12 – Rendering
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
ANIMASI 24/02/10 01:Introduction TEKNOLOGI IF.UB.
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pengenalan Grafika Komputer
01 Deskripsi Animasi dan Materialnya Matakuliah: U0623/Desain Karakter Tahun: 2007.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Pengantar Grafika Komputer
19 Januari 2011 Grafika komputer.
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Prinsip-prinsip Dasar Grafik Komputer & Multimedia Interaktif
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
Computer Aided Design Gambar Listrik.
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
GRAPHIC APpLICATION PROGRAM
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
MENGENAL GAMBAR DIGITAL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Pengantar Design Grafis
Tujuan Pembelajaran Mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar dalam kegiatan mendesain berbasis vector yang dapat diterapkan di dunia kerja Mahasiswa.
Pengantar Grafika Komputer
Vektor dan Raster Grafika Komputer 9.
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Grafika komputer 1.
Cara menggambar Clean Up Dan Sisip
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
PRAKARYA MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER /2016.
Design Grafis
Desain grafis = proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Sketch Up 2014 Juan Timothy.
BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. URAIAN MATERI PCD Pemberian Evek Pada Gambar Vektor dan Bitmap Penggabungan Teks & Citra Bitmap Penggabungan Teks & Citra Vektor.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Applying the principles of art and graphic design in visual communication for multimedia Explain the rules of ethics and aesthetics art graphics (“nirmana”)
Perangkat lunak aplikasi (application software)
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Transcript presentasi:

Usulan Liputan Materi

Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan citra pada layar atau perangkat cetak  Pengolahan citra  dll

Pendorong Komputer Grafis  Industri perfilman (Movie Industries)  Industri Permainan Komputer (Game Industries)

Pendorong Komputer Grafis  Pencitraan Medis (Medical Imaging) dan Visualisasi Saintifik (Scientific Visualization)

Pendorong Komputer Grafis  Perancangan Berbantuan Komputer (Computer Aided Design, CAD)  Antarmuka Pengguna Grafis (Graphics User Interface, GUI)

Komputer Grafis dan Seni  Komputer grafis bidang seni berkembang terkait bidang industri  Perfilman  Permainan (games)  Komunikasi Visual: iklan dan publishing dll.  Desain produk  Desain interior  Dll.

Contoh Kesempatan Karir  Broadcast motion design artists create the graphics used in multimedia or television broadcasting to display sports statistics, animated logos, and advertising.  CG programmers create the coding instructions that bring the characters to life.  Character animators analyze the way people and creatures move and use specialized software to create a simulation of that movement on the screen.  Digital painters use traditional and digital painting techniques to create textures, flats, character patterns, and colors as well as retouching and enhancing computer renderings.

Contoh Kesempatan Karir  Lighting specialists create the effects of light and shade that make animation look real.  Render wranglers manage the computer process that takes the work created by animators and artists and creates the final images suitable for scan out to film.  Special effects animators produce special effects, such as tornadoes, or exploding asteroids

Apa yang perlu diperkenalkan • Penggunaan komputer, perangkat lunak, kamera digital, pemindai, digital tablet, dan printer untuk menciptakan citra digital 2D dan 3D. • Langkah untuk menghasilkan karya seni citra obyek dan nonobyek langsung dari komputer dengan atau tanpa pemindai: • Vector Graphic, misalnya dengan Adobe Illustrator, Corel Draw • Bit Mapped atau Raster Graphic, misalnya dengan Adobe Photoshop, Paintshop Pro, Painter 9, Gimp • Pemodelan 3D, misalnya dengan Amorphium Pro, Carrara 3d Basics 2

Perangkat Lunak Gratis Berikut informasi beberapa perangkat lunak gratis  Animasi 2 D  Project Dogwaffle Win  Vector Graphics:  Inkscape Draw Freely :  Perangkat Lunak 3D  Google sketch up :  Free Seriff Software Win G400&kwd=animation_software G400&kwd=animation_software

Contoh Langkah/ Proses Scene yang ingin ditampilkan

Persiapan Bentuk Model Perancangan dengan poligon, kurva atau permukaan parametris, permukaan eksplisit, dll. Definisi sistem koordinat

Transformasi Model  Penempatan obyek pada scene dengan translasi, scaling, dan rotasi.

Proyeksi Perspektif Menciptakan gambar scene seperti tampak oleh kamera dengan transformasi 3D ke 2D

Penghilangan Permukaan Tersembunyi  Obyek tertutup obyek lain dihilangkan

Shading Menentukan warna setiap pixel berdasarkan warna obyek, cahaya lingkungan, posisi sumber cahaya dan posisi kamera Obyek Letak sumber cahaya

Constant Shading - Ambient  Obyek dengan warnanya sendiri

Flat Shading Obyek diwarnai oleh warnanya sendiri dan kondisi pencahayaan

Gouraud shading  Perhitungan pencahayaan tiap vertex

Bentuk dengan Permukaan Polinomial

Penambahan Specular Highlights  Cahaya dipantulkan seperti pada cermin

Phong shading