Tugas Kelompok MAKALAH Pengantar Teknologi Informatika Dosen: Nahot Frastian, S.Kom Kelompok -3 X-1-E Ari Prihatin _201243500403 Asep Ahmad Zaelani_201243500432 Zulha Malik Baskoro_201243500431
Dari Wordprocessing Hingga Paperless Publishing Proses pengolah kata Peralatan kerja dengan words Sejarah desktop publishing Alat pengolah masa datang Spreadsheet Software statistik Statistik dan data analisis Visualisasi ilmiah Penghitungan Resiko
Graphics, Hypermedia dan Multimedia Focus pada komputer garfik Media yang dinamis Multimedia interaktif Data yang dipadatkan
Dari Wordprocessing Hingga Paperless Publishing
Pengolah Kata adalah suatu program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer. Dahulu pengolah kata yang dikenal dan banyak digunakan adalah “Wordstar” dan “WordPerfect”. Saat ini, pengolah kata yang banyak digunakan adalah “Microsoft Word” Sehingga dengan Microsoft Word dapat menghemat penggunaan kertas (paperless) dengan tujuan terjadinya peningkatan kecepatan, ketepatan, keamanan kerja di kantor dan meningkatkan produktivitas kerja
Peralatan Kerja dengan Word Peralatan kerja saat ini biasanya dengan menggunakan Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Bagian-bagian dari Microsoft Word Tittle Bar ( Minimize, Maximize, Restore, Close ) Menu Bar ( File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help) Tool Bar ( Sekumpulan ikon-ikon dibawah menu bar ) Ruler ( Mistar untuk pengukuran ) Scroll Bar ( untuk menggeser lembar kerja ) Status Bar ( informasi mengenai halaman yang sedang kita sunting ) Kursor ( garis vertikal yang senantiasa berkedip – kedip )
Sejarah Desktop Publishing Desktop publishing (juga dikenal sebagai DTP) menggabungkan komputer dan perangkat lunak untuk tata letak halaman WYSIWYG yang berfungsi untuk membuat dokumen publikasi pada komputer dan penerbitan baik skala besar atau kecil skala output perangkat multi fungsi lokal maupun distribus. WYSIWG adalah singkatan dari What You See Is What You Get (Arti : Apa Yang Anda Lihat Adalah Apa Yang Anda Dapatkan) Istilah ini digunakan dalam perkomputasian untuk menggambarkan suatu sistem Desktop publishing dimulai pada tahun 1985 dengan diperkenalkannya MacPublisher, tata letak program WYSIWYG pertama.
yang berjalan pada komputer Macintosh 128K asli yang berjalan pada komputer Macintosh 128K asli. (Typesetting Desktop, dengan hanya fasilitas makeup Halaman yang terbatas, pada tahun 1978-9 dengan pengenalan TeX, dan telah diperpanjang pada awal tahun 1980 oleh LaTeX) Pasar DTP. Meledak di tahun 1985 dengan pengenalan pada Januari printer LaserWriter Apple , dan kemudian pada bulan Juli dengan pengenalan perangkat lunak dari Aldus PageMaker yang dengan cepat menjadi standar industri perangkat lunak DTP. Kemampuan untuk membuat WYSIWYG layout halaman di layar dan kemudian halaman cetak pada resolusi 300 dpi sangat revolusioner untuk kedua industri grafis. Istilah "desktop publishing" ini dihubungkan dengan pendiri Aldus Corporation Paulus Brainerd , yang menangkap-frase untuk menggambarkan ukuran kecil dan keterjangkauan suite produk dalam kontras dengan peralatan mahal komersial phototypesetting .
Sebagai contoh : Majalah info menjadi desktop pertama yang diterbitkan, penuh warna, kios majalah di kuartal terakhir tahun 1986 Tingkat keterampilan DTP berkisar dari apa yang mungkin bisa dipelajari dalam beberapa jam (misalnya belajar bagaimana memasukkan clip art dalam pengolah kata) untuk apa yang memerlukan pendidikan perguruan tinggi dan tahun pengalaman (misalnya posisi biro iklan) Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan perangkat lunak untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi. Dokumen desktop publishing mungkin untuk pencetakan desktop atau komersial atau distribusi elektronik termasuk PDF, slide show, newsletter email, dan Web.
Alat Pengolah Masa Datang Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna
Komputer tanpa program ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang. Mungkin ini beberapa contoh Alat masa depan :
Spreadsheet Spreadsheet adalah aplikasi program komputer interaktif untuk organisasi dan analisis informasi dalam bentuk tabel. Spreadsheet dikembangkan sebagai simulasi komputerisasi akuntansi worksheet kertas. Program ini beroperasi pada data yang direpresentasikan sebagai sel dari array, diselenggarakan dalam baris dan kolom. program spreadsheet adalah salah satu komponen utama dari suite produktivitas kantor, yang biasanya juga mengandung pengolah kata, program presentasi, dan sistem manajemen database.
Salah contohnya adalah Microsoft Excel
Software Statistik adalah sebuah perangkat Lunak Pengertian dalam arti luas statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan atau pengelompokkan, penyajian,dan analisis data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang tidak menyeluruh. Berikut contoh- contoh Softwarte Statistik : SPSS. Statistical Package for the Social Sciences Minitab Software statistik R
SPSS adalah program komputer yang dipakai untuk analisa statistika. Sejak tanggal 28 Juli 2009, "SPSS" disebut sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare) Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks.
Statistik dan Data Analisa Statistik Dalam arti sempit, statistik berarti data ringkasan berbentuk angka (kuatitatif). Dalam arti luas, statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan atau pengelompokkan, penyajian,dan analisis data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang tidak menyeluruh. Jenis-jenis Statistik dibedakan menjadi 2 : Statistik deskriptif Statistik inferensial
Statistik deskriptif adalah statistik yang berkenaan dengan metode atau cara mendeskripsikan, menggambarkan, menjabarkan, atau menguraikan data. Statistik inferensial adalah statistik yang berkenaan dengan cara penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakterisktik atau ciri dari suatu populasi.
Beberapa contoh statistika :
Data Analisa Analisis data diartikan sebagai upaya mengolah data menjadi informasi, sehingga karakteristik atau sifat-sifat data tersebut dapat dengan mudah dipahami dan bermanfaat untuk menjawab masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan penelitian. Tujuan Analisis Data : -Mendeskripsikan data -Membuat induksi atau menarik kesimpulan
Langkah dan Prosedur Analisis Data Tahap mengumpulkan data Tahap editing Tahap koding Tahap tabulasi data Tahap pengujian kualitas data Tahap mendeskripsikan data karakteristik data sampel penelitian. Tahap pengujian hipotesis
Langkah dan Prosedur Analisis Data Macam Analisis Data teknik analisis data diskriptif digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat generalisasi hasil penelitian teknik analisis data inferensial
Visualisasi Ilmiah Pengertian Visualisasii adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia. Visualisasi Informasi memiliki tujuan yaitu : -Mengeksplor -Menghitung -Menyampaikan
Dukungan Komputer Dalam Proses Visualisasi Informasi Menyimpan Data Komputer. Komputer memungkinan teknik penyimpnan data yang lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional (menggunakan kertas). Data-data bisa disimpan dalam bentuk digital Proses Komputasi. Komputer dapat meningkatkan kecepatan akses pada data digital yang tersimpan untuk keperluan eksplorasi. Penyajian Informasi. Komputer memungkinkan penyajian informasi ke dalam berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan keinginan.
Perhitungan Resiko analisis resiko atau risk analysis dapat diartikan sebagai sebuah prosedur untuk mengenali satu ancaman dan kerentanan, kemudian menganalisanya untuk memastikan hasil pembongkaran, dan menyoroti bagaimana dampak-dampak yang ditimbulkan dapat dihilangkan atau dikurangi. Analisis resiko juga dipahami sebagai sebuah proses untuk menentukan pengamanan macam apa yang cocok atau layak untuk sebuah sistem atau lingkungan Tipe Analisis : Metode analisis yang digunakan bisa bersifat kualitatif, semi kuantitatif, atau kuantitatif bahkan kombinasi dari ketiganya tergantung dari situasi dan kondisinya.
Urutan kompleksitas serta besarnya biaya analisis (dari kecil hingga besar) adalah: kualitatif, semi kuantitatif, dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang level risiko. Setelah itu dapat dilakukan analisis semi kuantitatif ataupun kuantitatif untuk lebih merinci level risiko yang ada.
Graphics Hypermedia dan Multimedia
Graphics Grafik sering juga disebut sebagai diagram, bagan, mauoun chart. Pada dasarnya grafik berfungsi memberikan penjelasan kepada para pembaca grafik atau orang yang membutuhkan data. Grafik itu sendiri bisa memudahkan pembaca untuk mengetahui dan membaca data tanpa menggunakan kata - kata yang bertele-tele karena grafik menyajikan data dam bentuk angka dalam sebuah lembar kerja dalam bentuk visualisasi grafik.
Hypermedia Hypermedia adalah komputer berbasis sistem temu kembali informasi yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh atau menyediakan akses ke rekaman teks, audio dan video, foto, dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu. Hypermedia adalah istilah yang diciptakan oleh Ted Nelson World Wide Web adalah contoh klasik dari hypermedia, sedangkan presentasi bioskop non-interaktif adalah contoh dari multimedia standar karena tidak adanya hyperlink.
Multimedia Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.
Fokus Pada Komputer Grafik Realisme adalah perilaku atau perbuatan atau efek-efek yang ada di dalam animasi, ikan dll contohnya : pergerakan objek, Fenomena alam seperti awan angin dll, Efek Fisika seperti ledakan, gerakan gatuh dll. Istilah yang dikenal dalam grafik komputer : Geometri dan modelling Rendering Behaviour Interaction
Media Yang Dinamis Dalam kehidupan sehari-hari seiring dengan percepatan kemajuaan teknologi kita semakin dimudahkan dalam menjalankan dan mengerjakan pekerjaan sehari-hari, terutama dibidang komputer. Dimana-mana sekarang menggunakan komputer sehingga tak sedikit yang menciptakan software-software yang tentunya untuk memudahkan dan melengkapi komputer tersebut. Dan lagi seperti Multimedia yang semakin semarak. Sehingga kita dan berkomunikasi dan mendapat informasi dari berbagai media.
Multimedia Interaktif Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, internet, dll.
Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: Teks, Grafik, Audio dan Interaktivitas Ada beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu: Berbasis kertas (Paper-based) : buku, majalah, brosur. Berbasis cahaya (Light-based): slide shows, transparasi. Berbasis suara (Audio-based) : CD Players, tape recorder, radio. Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), televisi, film. Berbasiskan digital (Digitally-based) : komputer.
Data Yang Dipadatkan adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut Pemadatan data tanpa kehilangan Teknik ini mampu memadatkan data dan mengembalikannya sama persis seperti semula. Pemadatan data berkehilangan Dengan teknik ini, kehilangan data yang kecil masih dapat diterima. Dengan algoritma tertentu, detil berkas dipangkas supaya ukuran data bisa dikecilkan.
Beberapa contoh software yang biasa untuk memadatkan file :
THE END