Kain Kafan dari Turin Pdt. Yohanes Bambang Mulyono.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono
Advertisements

LIPI.
MATERI BINA SUAMI-ISTRI GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
Copyright © 2008 Tommy's Window. All Rights Reserved ♫ Turn on your speakers ♫ Turn on your speakers CLICK TO ADVANCE SLIDES.
GERAKAN-GERAKAN SEMPALAN DALAM GEREJA MAHK
The Year New Season of Blessing 2013 Power Identity by : Pdm.Ir.Yohanes Hanakata MPM RISE in The STRENGTH of GOD RISE in The STRENGTH of GOD Winter of.
Pengujian Hipotesis.
KELUARGA MENYAMBUT YESUS DI ERA GLOBALISASI
GEREJA.
ZONA ILLAHI. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang.
Dua Saksi Allah Dan Sangkakala Ketujuh
Roma 1: Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama.
TUHAN ATAS HARI SABAT Pelajaran 7 untuk February 18, 2012.
Pendidikan Agama Kristen Fakultas Pertanian, Universitas Jambi Semester I - Tahun 2012 Jumat, 12 Oktober 2012, Ruang KFP#106 12:00 - Selesai.
ANAK DOMBA BERDIRI DI BUKIT SION Dan TUAIAN DI BUMI
Serial Tokoh Alkitab SILAS
Wahyu 12:11 Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai.
Dr. Ramlan Ginting, S.H., LL.M
PERAN LEKTOR: PEMBACA ALKITAB
VISUAL BASIC 6.0 APPLICATION SALES AT STORES SPAREPART “HAPPY” USING for further detail, please visit
MARIA MAGDALENA DAN LIDIA
Prominence # 11 th Meeting. # 11 th Meeting Prominence Prominence was defined as the feature of discourse structure which makes one part more important.
BAB 6 Kertas Kerja.
SUAMI – ISTRI MENGHADIRKAN TANDA-TANDA SEBAGAI UTUSAN ALLAH
RIGHT IN RELIGIOUS PERSPECTIVE TASYA/6B. ARTICLE Pembakaran Gereja di Temanggung - Pembakaran Gereja di Temanggung terjadi pada Selasa (8/2/2011). Dalam.
RUFUS GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI. Rufus Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu. (Rom.
KEDATANGAN YESUS Lesson 1 for April 4, 2015.
Cara penggunaan TOILET DUDUK INSECURE ACT IN USING OF TOILETS
Center of Young Scientists Mummy Method for Determination of 3D Irregular Body Surface Area Pasca Nadia Fitri, et. al. Pandapotan Harahap, M.Pd., M.P.Fis.
CHARINA AMELIA, Efektivitas Permainan Ular tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Bahaya Merokok Pada Siswa Kelas VII dan VIII SMP Maarif.
Gaya Seni Kristen & Bizantium Pertemuan 6
IMAM ZAENUDIN, Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pembelajaran Konvensional.
Research Design (Cont). Jenis Perancangan Riset Jenis perancangan mana yg akan digunakan ? Peneliti perlu memikirkan tentang apa yang mereka inginkan.
KECELAKAAN DI TOILET ACCIDENT WITH TOILET
PEMECAH SEJARAH DUNIA DANIEL 12.
IRENE, Perbedaan Debris Index dan pH Saliva Sebelum dan Sesudah Mengkonsumsi Pepaya (Carica papaya) Pada Siswa Kelas IV SDN Gayamsari 05 Kota.
MANAJEMEN LABORATORIUM
Statistik TP A Pengujian Hipotesis Satu Populasi (Mean dan Proporsi)
VERIFIKASI ALAT UKUR SMK Negeri 13 Bandung.
SITI ROHMAH LULU MUTHOHAROH CLASS B
POKOK BAHASAN Definisi Pasar Makna kegagalan pasar
Logika Fuzzy dan aplikasinya
REGRESI LINIER SEDERHANA (SIMPLE LINEAR REGRESSION)
TRADISI KREMASI DAN KEBANGKITAN TUBUH
Gunadarma University Psychology Faculty
HIDUP DALAM GOD’S NATURE
ILMU FISIKA Oleh : Mukhtar Effendi
RASUL PAULUS DI ROMA Lesson 1 for October 7, 2017.
Presentasi Statistika Dasar
PENDUGAAN PARAMETER Pertemuan 8
Pembacaan Alkitab Publik
ACCOUNTING SYSTEM SALES CREDIT APPLICATION PT MAMA IN Wayan Adhitya Dharma for further detail, please visit
YANG MENINGGAL DALAM KRISTUS
ANALISA KANDUNGAN LOGAM BERAT Pb dan Zn PADA
Memiliki Tuaian Anda Ps. Danny Hanafi.
BAB XI GEREJA DAN DUNIA.
Cara penggunaan TOILET DUDUK INSECURE ACT IN USING OF TOILETS
PENERAPAN METODE HISTORIS DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PATRIOTISME SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH CIPANAS KABUPATEN CIANJUR Ita Suwarmita,
Evidence-Based Medicine Prof. Carl Heneghan Director CEBM University of Oxford.
PERJALANAN KE ROMA Lesson 13 for September 29, 2018.
PENAHANAN DI YERUSALEM
KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU
Lima Prinsip Dasar Menginijil Perorangan
Cara penggunaan TOILET DUDUK INSECURE ACT IN USING OF TOILETS
PERSATUAN DALAM IBADAH
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
Copyright©2010 Companyname Free template by Investintech PDF SolutionsInvestintech PDF Solutions Placenta previa is placenta implantation on the uterine.
Cardinal Numbers 1 (one), 2 (two) etc. (Used mainly for counting) Cardinal Numbers 1 (one), 2 (two) etc. (Used mainly for counting) Ordinal Numbers 1st.
Mary, Our Mother Jesus Christ Course Document # TX
By Group 5. Once upon a time a lion was roaming in the jungle in search of a prey. Luckily, he saw a rabbit sleeping fast under a tree. He was delighted.
Transcript presentasi:

Kain Kafan dari Turin Pdt. Yohanes Bambang Mulyono

“Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat” (Yoh. 19:40).

Catatan Latar-Belakang Kain Kafan: Th. 348: Sirilus, uskup Yerusalem menunjukkan kain kain yang diyakini kain kafan Yesus. Th. 670: uskup Arkulfus dari Britania Perancis menulis dalam buku hariannya tentang ziarahnya ke Yerusalem. Ia sempat mencium dan mengukur panjang kain kafan Yesus.

Th. 1147: raja Louis VII dari Perancis datang ke Konstantinopel dan menghormati kain kafan. Th. 1353: kain kafan berada di keluarga Geoffrey de Charny dari Perancis, di kota Lirey. Th. 1357: kain kafan itu dipamerkan di gereja. Th. 1452: kain kafan itu ditukar dengan puri dan tanah yang mengelilinginya. Pemilik yang baru adalah: Pangeran Louis Savoie. Kain kafan itu ditempatkan dalam sebuah kapel dan disimpan dalam peti perak. Th. 1532: terjadi kebakaran di kapel, sehingga tutup peti perak itu terbakar. Lelehan perak itu menodai kain kafan dan menghanguskan lipatan-lipatannya.

Th. 1578: raja Savoie, Emmanuele Filivert II memindah kain kafan ke Turin. Th. 1649: kain kafan dipindahkan ke kapel yang dirancang dan dibangun oleh Guarino Guarini di dekat katedral Turin. Selama PD II kain kafan sempat diamankan ke kota Napels. Th. 1946: kain kafan dibawa kembali ke Turin dan disimpan hingga sekarang. Sehingga secara yuridis, kain kafan tersebut dimiliki oleh keluarga Savoie. Tiga instansi pemegang kain kafan: keturunan keluarga Savoie, Uskup Agung Savoie, dan pemerintah di Turin.

Semula tidak ada yang tahu dalam kain kafan itu terdapat gambar jenasah. Pada th. 1898, seorang fotografer bernama Secondo Pia mengambil foto. Ketika diperbesar negatifnya, Secondo terkejut karena dia menemukan gambar positif dari gambar kain kain kafan tersebut.

Th. 1931: Joseph Enrie membuat foto lagi dengan hasil yang lebih lengkap dan jelas. Th. 1969: Uskup Agung Turin membentuk suatu komisi penelitian untuk mempelajari secara lebih mendalam lagi kain kafan. Th. 1973: kain kafan itu dipertunjukkan di layar televisi untuk pertama kalinya. Th. 1978: dibentuk suatu kelompok ilmuwan dari USA, yaitu: Proyek Penelitian Kain Kafan Turin.

The Shroud of Turin - Carbon Dating: In October of 1987, Cardinal Anastasio Ballestrero, of Turin, Italy, approved a list of three radiocarbon laboratories that would be allowed enough samples of the Shroud to carry out the test. These labs were: The Research Laboratory for Archaeology and the History of Art, Oxford, the Swiss Federal Institute of Technology’s radiocarbon-dating facility at Zurich, and the University of Arizona’s facility at Tucson. The results was performed, and on October 13, 1988 in the British Museum’s Press Room, it was announced that the carbon dating had dated the Shroud to somewhere between the years 1260-1390. The conclusion was that the Shroud was a fake.

Invalid Dating Result Current modern research shows the sample taken for the dating was not a part of the original cloth, but a rewoven area of the cloth. Thus the dating is invalid.

The Shroud of Turin - Ray Rogers' Recent Paper : On January 20th 2005 Raymond N Rogers had an article published in the chemistry journal "Thermochimica Acta", Volume 425, Issues 1-2, pages 189 - 194. The paper was titled "Studies on the radiocarbon sample from the shroud of Turin". In the abstract for the paper Roger made the bold statement:

"The radiocarbon sampling area was uniquely covered with a yellow-brown plant gum containing dye lakes. Prolysis-mass-spectrometry results from the sample area couple with microscopic and microchemical observations prove that the radiocarbon sample was not part of the original cloth of the Shroud of Turin. The radiocarbon date was thus not valid for determining the age of the shroud."

Hasil Proyek Penelitian Kain Kafan Turin: Tidak terdapat pembusukan mayat pada kain kafan. Dalam kain kafan itu kita dapat menemukan bekas lumuran darah yang pekat dan utuh. Dalam hal ini bekuan darah tidak retak atau rusak. Gambar tubuh terbentuk karena kilatan cahayadan enersi yang kuat. Kain kafan itu menguatkan kisah yang disaksikan oleh Injil tentang kebangkitan Kristus.

Kesimpulan: Gambar di kain kafan tercipta karena proses pancaran cahaya termonuklir, yaitu fotolisis dalam kilatan cahaya sekejap, atau ledakan sinar yang sangat terang dalam sekilas.