Presentation Software

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BISA ! Belajar Interaktif Bahasa Arab
Advertisements

RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN
KELOMPOK BIMTEK PROVINSI SUMATERA SELATAN 1. Laptop/PC 2. LCD 3. Koneksi internet 4. LMS Skor: 3 (memiliki semuanya)
Mendesain & Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis ICT
Proses Pembuatan Presentasi
Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet.
WELCOME TO MYPRESENTATION
Universitas Janabadra Yogyakarta
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK SD KELAS I-III
MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REPRODUKSI VIRUS
10 LANGKAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
E-Modul Pelatihan PowerPoint
Definisi Power Point.
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
Komputer untuk Pendidikan
Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
Aplikasi Instruksional
PENTINGNYA IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) PADA BIDANG PENDIDIKAN Diajukan Untuk Mengikuti Lomba Karya Ilmiah se-Provinsi Riau yang.
Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni
PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA Ibnu Hidayat,
PENERAPAN APLIKASI TUTORIAL FISIKA UNTUK SLTP DAN Ibnu Sina,
BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER GANJIL BAHAN AJAR.
TAHUN 2013 KELOMPOK DKI JAKARTA
E-Learning by : AIRA 2009.
FLASH CHART DAYA INGAT & PRESTASI BELAJAR Oleh : Drs. Toto Narsono.
BIOTEKH Bagaimana BIOTEKH dapat membantu KBM?. Apa yang saya ketahui dari buku… Informasi yang saya dapat dari Biotekh… Hal yang mengejutkan…. 1.……. 2.…….
Storyboard.
Membuat Prentasi Efektif
Dengan Menggunakan CMS Joomla 1. 5
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Media Pembelajaran OLEH : RATNASARI
WOW PRESENTATION THEME
Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
Magang DI SEKOLAH DIGITAL BANDUNG
PENGANTAR PENGEMBANGAN PROFESI
PENGAJAR: IBU NINIK KRISTIANI
CD Interaktif Panduan Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Untuk Guru
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
Pelatihan Multistudio Teknik Penyampaian Materi
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
PROFESSIONAL 8 PEMBUATAN APLIKASI CD INTERAKTIF KUMPULAN DOA SEHARIHARI UNTUK ANAK–ANAK MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH for further detail, please visit
PENDIDIKAN FISIKA PASCASARJANA KELAS A UNIVERSITAS NEGERI PADANG
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
METODE TANYA JAWAB.
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
PEMBUATAN STORYBOARD MEDIA PRESENTASI
APLIKASI PEMBELAJARAN BAGI ANAK – ANAK MENGGUNAKAN Firdhaus Shaputra
APLIKASI Agus Taufiq Sugianto,
Presentation Software
Lomba Komputer SMP Tingkat Se-Bali
SENI MENGAJAR GURU MATEMATIKA IDAMAN SISWA
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
Konsep Umum Kihajar (Kita Harus Belajar) merupakan suatu kegiatan (event) terpadu, terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang saling sinergi dan terkait.
( Materi Desain Grafis )
BAWAH DENGAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA UNTUK ANAK BERUSIA 7 TAHUN KE for further detail, please visit
KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
Membuat bahan Presentasi
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
Manajemen Presentasi Tahap I
Formal Presentation.
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK
PEMILIHAN DUTA RUMAH BELAJAR TAHUN 2018
LOMBA POSTER SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2018
Literasi Digital NAZARUDDIN 10/05/2019DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH - LPPKS1.
Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates Simulasi Komputer dan Digital (SIMKOMDIG) by Mr. Anggun Efiyanto, S.Kom. SMK BHUMI PHALA PARAKAN.
Transcript presentasi:

Presentation Software Slide 2 Slide 3 7 Langkah Membuat Multimedia Pembelajaran Slide 4 Slide 5

1. TENTUKAN JENIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN Perhatikan dengan benar, yang akan kita buat itu apakah alat bantu kita untuk mengajar (presentasi) ke siswa atau kita arahkan untuk bisa dibawa pulang siswa alias untuk belajar mandiri di rumah atau sekolah. Jenis multimedia pembelajaran menurut kegunannya ada dua: Home

1. Multimedia Presentasi Pembelajaran: Alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. 2. Multimedia Pembelajaran Mandiri Software pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri alias tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge (pengetahuan tertulis yang ada di buku, artikel, dsb) dan tacit knowledge (know how, rule of thumb, pengalaman guru). Home

2. TENTUKAN TEMA MATERI AJAR Ambil tema bahan ajar yang menurut kita sangat membantu  meningkatkan pemahaman ke siswa dan menarik bila kita gunakan multimedia. Ingat bahwa tujuan utama kita membuat multimedia pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa.  catt : Jangan terjebak ke memindahkan buku ke media digital, karena ini malah mempersulit siswa. Home

CONTOH Ketika guru biologi ingin menggambarkan sebuah jenis tumbuhan supaya bisa dipahami siswa, dan itu sulit ternyata dilakukan (karena guru tidak bisa nggambar di komputer, dsb), Maka ya jangan dilakukan Alangkah lebih baik apabila pohon tersebut dibawa saja langsung ke depan kelas. Ini salah satu contoh bagaimana media pembelajaran itu sebenarnya tidak harus dengan teknologi informasi. Home

3. SUSUN ALUR CERITA (STORYBOARD) Susun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akan disampaikan. Jangan beranggapan bahwa storyboard itu hal yang susah, bahkan point-point saja asalkan bisa memberi desain besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih dari cukup. Cara membuatnya juga cukup dengan software pengolah kata maupun spreadsheet yang kita kuasai, tidak perlu muluk-muluk menggunakan aplikasi pembuat storyboard professional.

CONTOH

4. MULAI BUAT SEKARANG JUGA! Jangan menunda atau mengulur waktu lagi, buat sekarang juga! Siapkan Openoffice Impress atau Microsoft PowerPoint anda. Mulai buat slide pertama, isikan bahan ajar yang ingin anda multimedia-kan. Terus masukkan bahan ajar anda di slide slide berikutnya, mulai mainkan image, link dengan gambar, suara dan video yang bisa kita peroleh dengan gampang di Internet. Kuncinya adalah tekun, sabar dan pantang menyerah. Tidak ada ilmu pengetahuan yang bisa didapat secara instan, semua melewati proses panjang.

5. GUNAKAN TEKNIK ATM Terapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Usahakan sering melihat contoh-contoh yang sudah ada untuk membangkitkan ide. Gunakan logo, icon dan image yang tersedia secara default. Apabila masih kurang puas: Cari dari berbagai sumber Buat sendiri apabila mampu

6. TETAPKAN TARGET Jaga keseriusan proses belajar dengan membuat target pribadi, misalnya untuk mengikuti lomba, memenangkan award, menyiapkan produk untuk dijual, atau deadline jadwal mengajar di kelas. Target perlu supaya proses belajar membuat multimedia pembelajaran terjaga dan bisa berjalan secara kontinyu alias tidak putus di tengah jalan. Untuk lomba dan award, paling tidak di Indonesia ada berbagai event nasional yang bisa kita jadikan target. Balai pengembangan multimedia dan dinas pendidikan nasional di berbagai daerah saat ini saya lihat mulai marak menyelenggarakan berbagai event lomba di tingkat lokal. Teacher Innovation (Microsoft): Sekitar Mei Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran (Dikmenum): Sekitar Oktober eLearning Award (Pustekkom): Sekitar September Game Technology Competition (BPKLN): Setahun 3-4 kali di berbagai universitas dsb

7. INGAT TERUS TIGA RESEP DARI SUCCESS STORY Berani mencoba dan mencoba lagi Belajar mandiri (otodidak) dari buku-buku yang ada (perlu investasi membeli buku) Tekun dan tidak menyerah meskipun peralatan terbatas CATT: Tentu tidak ada kata mudah dalam berdjoeang, paling tidak 7 hal diatas adalah langkah yang cukup mudah ditempuh dan pada kenyataannya banyak yang berhasil berkarya karena tekun dan pantang menyerah mengulang-ulang 7 hal itu.