PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK Pertemuan 3.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Advertisements

DASAR-DASAR PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
Madhata,S.KomRekayasa Perangkat Lunak 1. Madhata,S.KomRekayasa Perangkat Lunak 2 COCOMO merupakan salah satu model penilaian perangkat lunak yang ddigunakan.
Muhammad Taufik Syastra
KONSEP MANAJEMEN PROYEK
BAB I DASAR – DASAR TEKNIK PERANGKAT LUNAK
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN KASUS UJI.
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 4 Manajemen Proyek (2)
GRUP PROSES MANAJEMEN PROYEK
RE-ENGINEERING.
Perencanaan Proyek Sistem Informasi
PROSES PERANGKAT LUNAK DAN METRIK PROYEK
Perencanaan Rekayasa Perangkat Lunak
Testing dan Implementasi Sistem
Constructive Cost Model
© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website:
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Perencanaan Proyek Software
Proses Software & Project Metrics
Masalah Perangkat Lunak
SESI 3. KONSEP MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
SESI 4. PERENCANAAN PROYEK PL
Perencanaan proyek perangkat lunak
Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
BUSINESS PROCESS REENGINEERING
Rekayasa Perangkat Lunak Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
Spesifikasi Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
PERKIRAAN BIAYA PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY
Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Apakah “Praktek”? Praktek adalah sejumlah konsep, prinsip, metode dan tools that yang harus dimiliki ketika software direncanakan dan dikembangkan. Dia.
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
6. Perenc. Proyek Perangkat Lunak (Software Project Planning)
Manajemen Proyek.
5. Proses Perangkat Lunak dan Metrik Proyek
PERENCANAAN PROYEK LANJUT
Tutorial Ke-8 Manajemen Proyek Sistem Informasi
Mengukur produktivitas dalam pengembangan perangkat lunak
4 Rekayasa Sistem 3 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
KONSEP MANAJEMEN PROYEK
R.S. Pressman & Associates, Inc
Software Engineering by Pressman
RPL & Analisis Sistem Oleh : Tim Pembina MK Rekayasa Perangkat Lunak
PERENCANAAN (PROYEK) PERANGKAT LUNAK
Pengelolaan Proyek.
Materi Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Perencanaan Proyek Software
MANPRO-M4 : PERENCANAAN PROYEK
PARADIGMA REKAYASA PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
Sesi -2 Perencanaan proyek
Rekayasa Perangkat Lunak
Manajemen Risiko Proyek perangkat lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
PRAKTEK RPL.
Pengenalan Perangkat lunaK
PERENCANAAN PROJEK PERANGKAT LUNAK
KONSEP MANAJEMEN PROYEK
Transcript presentasi:

PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK Pertemuan 3

(ketidakpastian struktural). OBSERVASI PADA ESTIMASI Proses manajemen proyek perangkat lunak dimulai dengan planning dan perkiraan (estimasi). Yang mempengaruhi estimasi : ¢Project Complexity (kompleksitas proyek). ¢Project Size (ukuran proyek). ¢Structural Uncertainty Tim RPL 1 (ketidakpastian struktural). 2

PROYEK PERANGKAT LUNAK TUJUAN PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK Menyediakan sebuah kerangka kerja yang memungkinkan manajer membuat estimasi yang dapat Tim RPL 1 dipertanggungjawabkan terhadap sumber daya, biaya dan jadual pada awal proyek yang dibatasi oleh waktu. 3

Aktifitas Perencanaan Proyek Perangkat Lunak : Tim RPL 1 ¢Menentukan Ruang Lingkup Perangkat Lunak. ¢Mengestimasi Sumber Daya yang Dibutuhkan. 4

Ruang lingkup PL menggambarkan : RUANG LINGKUP PERANGKAT LUNAK Ruang lingkup PL menggambarkan : ¢Fungsi untuk memberikan awalan yang lebih detail pada saat dimulai estimasi. ¢Kinerja melingkupi pemrosesan dan kebutuhan waktu respon. ¢Batasan mengidentifikasi batas yang ditempatkan pada PL oleh hardware Tim RPL 1 eksternal, memori dan sistem lain. 5

diinterpretasi untuk menentukan : ¢Konsep sebuah interface diinterpretasi untuk menentukan : — Hardware yang mengeksekusi PL dan device yang dikontrol secara langsung oleh PL. — Software yang sudah ada dan harus dihubungkan dengan PL yang baru. — Manusia yang menggunakan PL melalui perangkat I/O. Tim RPL 1 — Prosedur. 6

Memiliki kategori yang diusulkan oleh BEUNATAN : SUMBER DAYA ¢Manusia. ¢Perangkat Lunak. Memiliki kategori yang diusulkan oleh BEUNATAN : Tim RPL 1 Komponen Off-the self. — — Komponen ¢Lingkungan Full-Experience. Partial-Experience. Baru. (Software Engineering Environment SEE), menggabungkan 7 PL dan hardware.

Akurasi estimasi proyek PL didasarkan pada : PERANGKAT LUNAK Akurasi estimasi proyek PL didasarkan pada : ¢Tingkat dimana perencana telah dengan tepat mengestimasi ukuran produk yang akan dibuat. ¢Kemampuan mengestimasi ukuran ke dalam kerja manusia, waktu kalender,dan dolar. ¢Tingkat dimana rencana proyek mencerminkan kemampuan tim PL. Tim RPL 1 ¢Stabilitas syarat produk serta lingkungan yang mendukung usaha pengembangan PL. 8

Putnam dan Myers mengusulkan 4 masalah penentuan ukuran : ¢Fuzzy-logic sizing (logika kabur). ¢Function point sizing. Tim RPL 1 ¢Standard component sizing. ¢Change sizing. 9

¢Model COCOMO Intermediate. ¢Model COCOMO Advance. Barry Boehm memperkenalkan hirarki model estimasi PL dengan nama COCOMO (COnstructive COst MOdel = Model Biaya Konstruktif) : ¢Model COCOMO Dasar. ¢Model COCOMO Intermediate. ¢Model COCOMO Advance. Model COCOMO mengidentifikasi 3 kelas proyek PL : ¢Model Organik. Tim RPL 1 ¢Model Semi Detached. ¢Model Embedded. 10

kontraktor luar. ¢PL dapat dibeli (atau lisensi) off-the- Pada aplikasi PL, dari segi biaya sering lebih efektif membeli daripada mengembangkan sendiri. Pada keputusan make-buy dengan pilihan : ¢PL dapat dibeli (atau lisensi) off-the- self. ¢Komponen PL full-experiencedan partial-experience. ¢PL dapat dibuat custom-built oleh Tim RPL 1 kontraktor luar. 11