Alat-alat yang digunakan untuk membuat website, dalam hal ini software yang digunakan, misalnya menggunakan Adobe Photoshop sebagai alat desainnya, Macromedia.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Perbedaan vector dan bitmap
© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website:
Membuat Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web dengan PHP & MySQL
Belajar Adobe Photoshop CS
Kategori Desain Grafis
Dasar-dasar Web Design
Agung Anugrah Prahara
Membuat Template Web Website yang baik adalah website yang konsisten. Konsisten di sini berarti memiliki bentuk, layout dan navigasi yang sama antar satu.
Desain Web Nanik Triana, M.Kom
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PASURUAN
Microsoft ® Office FrontPage ® 2003 Training Membuat Website Dengan FrontPage 2003.
TEKNOLOGI INFORMASI DANKOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Pengantar Operasional Aplikasi Berbasis web
PERTEMUAN 2 Dosen: Putri Anggraeni Widyastuti, S.Sn., M.Des.
Langkah Upload File di Server Free Hosting
Proses Pengembangan Website
  TEORI DASAR GRAFIS MULAI.
Membangun Proyek Websiete
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS Pengolahan Citra.
Chapter 8 Desain Web.
Adobe photoshop.
Dibimbing oleh: Dr. Lintang Yuniar Banowosari, S.Kom,. M.Sc
Modul Design & Pemrograman Web
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS
MATA PELAJARAN TIK (TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI) Semester 5 Pokok Bahasan is Program Grafis and Multimedia for class twelve By. H. JEpanG.
ADOBE PHOTOSHOP MENGENAL PHOTOSHOP Dirangkum dari beberapa sumber
INTERNET Internet adalah jaringan antara komputer di seluruh dunia.
Bab 10 - Template Dreamweaver
Gambar Mari kita coba menambahkan gambar di halaman yang kita buat. Kita akan menggunakan gambar di bawah ini. Sekali lagi, klik kanan dan simpan gambar.
Pengolahan Citra Pertemuan 14.
Usability: Disain Web yang Brilian
Tentang Website FrontPage
PRINTING PROSES VCD 0018.
Membuat Prentasi Efektif
Proses Pengembangan Website
CMS dan Blog.
PRINTING PROSES VCD 0018.
MANAJEMEN BLOG.
Contoh Penggunaan Aplikasi Jaringan Berbasis WEB
Modul Design & Pemrograman Web
BRIEFING DESIGN MAP COMPANY PROFILE
Memahami format teks pada halaman web Menyajikan teks dalam format tertentu pada halaman web Create By Widiyono.
Macromedia Dreamweaver
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Php, dan MysQL Pembuatan Website Showroom Tambra Mobil Menggunakan Dreamweaver 8, for further detail, please visit
MENGENAL GAMBAR DIGITAL
SYSTEM GRID BOOTSTRAP 3 TEKNOLOGI WEB.
WEB MENDESAIN for further detail, please visit
Web-Based User Interface
Web-Based User Interface
Desain dengan Adobe InDesign
CSS - Cascading Style Sheets
Pertemuan 2 JAVA 2 KA.
Gambar Bitmap Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster terdiri atas sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri.
Area Kerja Dreamweaver
Pertemuan ke 5 Ahmadi Sistem Informasi STMIK “BINA NUSANTARA JAYA”
Hanito Wahyudi for further detail, please visit
REKAYASA WEB Development Process
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
Metode untuk Menciptakan Komposisi Desain yang Harmonis
Cara Merancang Halaman Web
APLIKASI KOMPUTER “WEBSITE”
Pengenalan Web Design.
LESSON 1 PENGENALAN.
DREAMWEAVER.
LA 02 : rekabentuk sistem berasaskan web
Transcript presentasi:

Alat-alat yang digunakan untuk membuat website, dalam hal ini software yang digunakan, misalnya menggunakan Adobe Photoshop sebagai alat desainnya, Macromedia Dreamweaver sedagai alat untuk coding, dan sebagainya. - Bahan-bahan untuk website tersebut, dalam hal ini adalah materi atau informasi yang akan ditampilkan pada website yang kita buat, misalnya: biodata, curiculum vitae, list barang dagangan, profile perusahaan, dan banyak lagi yang lainnya. - Setelah software tersedia di komputer kita, dan materi sudah ada, baru kita dapat memulainya dengan mendesain layout, programnya sampai dengan selesai. - Setelah semua selesai, kemudian kita tes. - Seletah tes sukses, baru kita bisa upload ke server, baik itu yang gratisan atau yang beli.

1. Tujuan / Goal Website Setiap desain harus mempunyai tujuan yang jelas dan goal apa yang ingin di raih melalui website tersebut. Jika itu website portfolio, tentukan tujuan nya, apakah untuk mendapatkan projek baru? , melakukan personal branding atau untuk menjadi semacam katalog online hasil kerja kita?

2. Sitemap Sitemap merupakan bagian yang sangat vital,  karena akan menjadi gambaran alur informasi yang jelas mengenai website yang akan kita buat. Tentukan navigasi dan fitur yang di perlukan di tahap ini dan buang fitur yang tidak efektif.

3. Sketsa / Wireframe Supaya tidak tersesat di kanvas kosong Photoshop, lebih baik kita merancang terlebih dulu di atas kertas. Langkah ini perlu untuk menghindari kerja dua kali di Photoshop. Bisa di bayangkan waktu yang terbuang ketika membuat background atau tombol terlihat bercahaya dan web 2.0 banget!, tapi ternyata letak dan ukurannya kurang tepat.

4. Resolusi 72 Dpi & Warna RGB 72 Dpi adalah resolusi standar untuk tampilan di monitor (jangan pernah membuat desain website di resolusi 100 dpi sekalipun, karena ukuran asli nya akan menjadi besar juga). Dan gunakan warna RGB yang memang di khususkan untuk monitor.

5. Lebar Konten Website Maksimal 960 Pixel Seheboh apapun desain yang kamu buat, jaga area konten (teks, foto dll) agar jangan melebihi lebar 960 Pixel. Ini karena standar monitor orang awam masih berkisar di resolusi 1024 x 768. Untuk bagian background image mungkin perlu untuk melebihi lebar 960 pixel ini dengan tujuan supaya background terlihat rapih dan tidak terpotong jika di buka di monitor yang lebar seperti 1360 x 768 pixel atau lebih.

6. Gunakan Grid System Grid bukanlah suatu pembatasan kreatifitas terhadap desain. Grid di ciptakan untuk mempermudah kita menjaga konsistensi layout dari halaman satu ke halaman yang lain. Selain itu gird juga membantu programmer yang akan menslicing desain kita di photoshop.

7. Manajemen Folder & Layer di Photoshop Biasakan untuk membuat folder di bagian-bagian penting sebuah website, misalnya, folder header, folder body, folder sidebar, folder footer. Sebenarnya nama folder nya bisa terserah kamu, yang penting di namakan dan masing-masing layer yang termasuk ke dalam satu bagian/section di satukan ke dalam satu folder.

Kesimpulan 7 langkah di atas adalah langkah awal supaya kita terbiasa mendesain dalam keadaan yang terorganisir (khususnya desain website). Karena kita tahu terkadang kita tidak bisa menyelesaikan suatu projek sendirian, dalam hal ini mungkin kita butuh teman programmer, jadi supaya code yang di hasilkan juga rapih, kita sebagai desainer juga harus memberikan “file mentah” yang rapih.