Oleh: HERMAN TOLLE, ST., MT.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
Advertisements

RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Multimedia dan Hypermedia
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Konsep e-Learning Oleh Dwi Susanto 1 1.
E-LEARNING E-LEARNING KELOMPOK III HEDI SUSANTO HERY WAHYUDI HUSMADIA
Roni Eka Sahputra,MD Orthopaedic Surgeon. Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas.
Kegunaan Web Bagi Pendidikan
Dasar-dasar multimedia
SMK PGRI 1 Kota Tangerang Alir Proses Produksi Produk Multimedia
ICT / TIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN PRODI FISIKA FKIP UHAMKA
MULTIMEDIA.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Teknologi Informasi Multimedia
Aplikasi Instruksional
PENGANTAR MULTIMEDIA.
Sistem Multimedia.
Pemrograman multimedia
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 PENGANTAR MULTIMEDIA.
E-Learning by : AIRA 2009.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
DASAR MULTIMEDIA.
Distance Learning.
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Sistem Operasi - Multimedia
Pertemuan I Multimedia (Teori)
Produksi Konten Multimedia
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Innovasi Hypermedia dan Ilmu Komputer
Pengertian Aplikasi Komputer
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Signal Processing Image Processing Audio Processing Video Processing
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
Pengenalan multimedia
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
Signal Processing Image Processing Audio Processing Video Processing
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
Universitas Islam Indonesia
Multimedia System Hypermedia Hypertext.
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
E-Learnig WEB Based Learning
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
Memahami Etimologi Multimedia
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Sistem Informasi dalam Bisnis
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT. Table of Content ICT untuk Edukasi Perangkat ICT Mengapa menggunakan ICT Karakteristik Media Belajar Berbasis ICT.
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI di DUNIA PENDIDIKAN TINGGI
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
Pengenalan Komputer dan Perangkatnya
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
Desain Materi Ajar e-Learning
Studium Generalle Fakultas Sains dan Teknologi
Transcript presentasi:

Oleh: HERMAN TOLLE, ST., MT. APLIKASI MULTIMEDIA Oleh: HERMAN TOLLE, ST., MT.

Kategori Aplikasi Multimedia Berdasarkan jalannya aplikasi: Linear Non-linear

Linear Content aplikasi ditampilkan tanpa ada kontrol navigasi dari pengguna / penonton Contoh: presentasi dalam bentuk video (cinema presentation)

Non-Linear Content Non-linear content menyediakan interaktifitas bagi pengguna untuk mengendalikan progress dari jalannya aplikasi. Non-linear content disebut juga: konten Hypermedia (media yang terkoneksi/link dengan media yang lain) Contoh: Game Komputer, Computer Based Training, Web Site

Delivering Multimedia Compact Disc Online Kiosk

Delivering: Compact Disc Murah Mudah direproduksi Mudah didistribusi Kapasitas cukup besar (~700 MB) CD-ROM player mudah didapatkan Sekarang dalam bentuk DVD (~4 GB)

Delivery: Kiosk Sistem komputer stand-alone maupun terkoneksi jaringan, untuk: Akses informasi, Melakukan transaksi, atau bermain game Cocok untuk diseminasi informasi pada area padat pengunjung, seperti: Kompleks pertokoan / mall Universitas Bandar Udara / Stasiun Kereta / Terminal Bank, dll Disadvantage: Investasi perangkat kiosk relatif mahal dan konten harus selalu diupdate secara berkala

Delivery: Online Metode penyampaian aplikasi multimedia melalui internet dalam bentuk website (www) maupun aplikasi online Metode yang paling populer saat ini Contoh penggunaan: Online Multimedia courseware Online Training Online Product Catalog Online Entertainment: TV-Live broadcast, Music Live Concert Karakteristik: akses konten sangat tergantung pada koneksi internet (bandwidth) pengguna

Klasifikasi Aplikasi Multimedia Berdasarkan market atau penggunaan: home, business, government and school Berdasarkan pengguna (user): child, adult, teacher and student Berdasarkan kategori: education, entertainment, and reference.

KLASIFIKASI APLIKASI MULTIMEDIA Menurut Jim Strain (Deakin University): Reference Education Business Training Entertainment Presentation Interactive Games

Reference Misalnya: Ensiklopedia, Yellow Pages, Atlas Digital, Direktori Jalan, Museum Virtual Tour, dll Tantangan bagi developer: Bagaimana membuat user mudah untuk menemukan informasi yang diinginkan dan Penggunaan elemen media yang efektif

Reference: GROLIER Multimedia Encyclopedia

Reference Reference: Virtual Tour of Saga Castle

Education Untuk membantu siswa memahami suatu pengetahuan, ketrampilan maupun dalam kehidupan bermasyarakat Media Edukasi berbasis multimedia dapat mengakomodasi berbagai cara belajar (association, experimental, visually oriented atau auditory) Dapat dibuat dalam bentuk konten non-linear dan Interaktif Dapat menyediakan feedback dan evaluasi

Education Information Access Teaching Tools Interactive Teaching Distance Learning Materi Kuliah Animatif (Flash/PowerPoint) Online Tutorial CD Interaktif Edukasi

Business E-Commerce Application Electronics Catalog Interactive Product Simulation Showing and forecasting trends Advertising mixed with entertainment Contoh: Pabrik mobil Nissan menyediakan aplikasi interaktif untuk test drive produk kendaraan terbaru yang dibuat berbasis web maupun dengan CD. Macromedia now present their annual report, vision statement and product overview in print, on the Internet, and in CD ROM form.

Nissan interactive test drives

Training Sejumlah perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam bentuk simulasi. Misalnya: Boeing menyediakan sistem simulasi pilot NASA menggunakan multimedia untuk training flight control bagi calon astronot

Training: Simulation

Entertainment Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik  edutainment Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment  animasi dan laser show yang terintegrasi pada konser musik Video/music Player

Entertainment:LASER SHOW as Live Entertainment Performance

Interaktif Games Multimedia adalah interaksi, dan interactive entertainment adalah GAMES Pengembang games adalah pionir dalam penggunaan multimedia Untuk menarik perhatian pengguna, multimedia menyediakan: fast action, vivid colours, 3D animations dan elaborate sound effects Dan juga menyediakan rewards, recognition and sense of accomplishment sebagai bagian dari entertainment Banyak games telah memindahkan aspek fisik (koordinasi tangan dan mata) ke aspek mental (penyelesaian misteri, kemampuan manajerial, analisis dan strategi)

APLIKASI MULTIMEDIA Computer based/assisted instruction Commerce Scientic Data Analysis Visualization of scientic data for help in analysis Simulation of complex electronic circuits before building them Interactive building of machinery 3D models of objects such as molecules and dna sequences Imagining the future (building space station) Instruction Computer-based training Computer-assisted training Encyclopedia Standardized testing

Business applications Internal training and presentations Showing and forecasting trends Advertising mixed with entertainment Entertainment Nintendo games Simulation games Movie games and alternate endings on dvd Enabling technologies Text to speech readers Large font makers Train learning-disabled adults to become independent Fine arts and humanities Multimedia and virtual tours of museums

Aplikasi Mendatang Foreseeable future multimedia systems Virtual reality Interactive television Wearable computing

Virtual Reality: Virtual Roller Coaster (Media Edu Center Japan) Click to Play

Area of Multimedia Applications Health Care Consumer Electronics Geographical IS Navigational Systems Business and Finance High Quality Communications Digital Libraries Entertainment Telecommunication Publishing Commercial Electronics Cooperation

Health Care Biomedical data acquisition, transmission, storage, interpretation Diagnosis aids Tele medicine

Collaboration Environment

Media Processing and Integration Text and Graph Compression Speech, audio, image, and video processing and coding Joint audio visual coding Hypermedia, 3D, VR processing

Multimedia System Design and Implementation Parallel DSP architecture ASIC design DSP Software and hardware design Sound and Display devices and peripherals Storage technology System integration

Application Developers Design houses Software developers Applications market systems Multimedia House

Inappropriate use of multimedia Multimedia tidak selamanya harus digunakan, pada kondisi tertentu kita tidak perlu menggunakan aplikasi multimedia. Pertimbangan tidak perlu menggunakan multimedia interaktif, jika: Text intensive content:konten yang banyak berisi teks, misalnya buku. Linear content: video digital dari awal hingga akhir tanpa ada interaktifitas bukanlan multimedia Cost effective alternatives: mempertimbangkan aspek ketersediaan biaya, waktu dan tenaga ahli