TEKNIK EDITING.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
Advertisements

CREATE A MOVIE Ika Arfiani, S.T..
PRODUKSI ANIMASI Anwari.,S.Sos.,M.Si
Storyboard dalam proses produksi
Teknik Multimedia Minggu Ke 3.
Jaladri Abhirama. Dhrestantyo H.K. Pingkan Mathindas. Deny Sutrisno.
PEREKAMAN DAN EDITING PROGRAM VIDEO INSTRUKSIONAL
ULEAD VIDEO STUDIO Direktorat e-Business
PENULISAN NASKAH.
Shooting Editing Sadino, S.Kom..
Langkah langkah Penyuntingan Video Klip
BROADCASTING TV REMIDIAL.
Ridha Asrida Ramadani A XI Broadcasting Smk hutama
MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN
Recording dan Editing Berita di Televisi
Dialog, Musik dan Sound Effect
Pengertian Editing Editing adalah proses penyambungan gambar dari banyak shot tunggal sehingga menjadi kesatuan cerita yang utuh. Ibarat menulis sebuah.
MELAKUKAN EDITING GAMBAR
EDITING PROGRAM RADIO.
PERALATAN YANG MENDUKUNG
MODUL II SEJARAH EDITING
Directing Rehearsal Script reading Dry run / blocking rehearsal
APLIKASI KAJIAN REALITA, PERAN DAN FUNGSI KEBERADAAN PEMULUNG SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH BENOWO MELALUI VIDEO DOKUMENTER ACHMAD ABIDIN.
Produksi Audio Visual Definisi:
PERTEMUAN XI (SEBELAS)
Cyber Movie Cyber Competition 6. Konsep Lomba Movie dikumpulkan paling lambat H-2 pelaksanaan Cyber Movie Movie dikumpulkan dalam bentuk DVD atau Flashdisk.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
AUDIO VISUAL APLIKASI Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TELEVISI
ALUR PEMBUATAN VIDEO PEMBUATAN STORY BOARD PENGAMBILAN GAMBAR
Dasar-dasar Penyambungan
TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TV
POST PRODUCTION.
APLIKASI MULTIMEDIA VIDEO EDITING
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PASCA PRODUKSI Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
Proses Pembuatan video
TAHAPAN PRODUKSI (LANJUTAN) Pertemuan 10 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL TOPIK 5 JENIS MEDIA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SERTA KARAKTERISTIKNYA (LANJUTAN) TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN.
POST PRODUCTION (lanjutan)
Storyboard.
Tahapan Produksi Film Pra Produksi (Pre Production)
Sarana, Prasarana dan Pendukung (Biro Iklan, PH)
KOMPUTER GRAFIS VIDEO Kode : BCT 237 Bobot : 3 SKS
KULIAH 6 Kerabat Kerja Produksi/Siaran Televisi
MULOK EDITING VIDEO TAHUN AJARAN 2010/2011
PASCA PRODUKSI TOPIK 3 PROSES PRODUKSI KARYA AUDIO VISUAL
MELAKUKAN EDITING GAMBAR
Proses Pembuatan Iklan TV
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
Tutorial Adobe Premiere Pro.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Proses Pembuatan video
Audio Dubbing Ulead Video Studio
Adobe Audition NURUL MUSAWATIRA P.
ML2 - Komputer Materi: Aplikasi Pembuatan Video
Proses Pembuatan Iklan TV
peralatan studio radio
STIESS BATANG.
“GARIS IMAJINER “ PEREKAMAN GAMBAR PART 3 XII BROADCAST
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
DESAIN PRODUKSI (Produksi Berita TV)
PERSIAPAN CREW DAN ALAT
Produksi Berita TV syaiful HALIM.
Dua Pendekatan dalam Editing: Kontinuitas dan Diskontinuitas
PENGERTIAN EDITING.
Narrative Strategies.
Dua Pendekatan dalam Editing: Kontinuitas dan Diskontinuitas
Creative Feature Documenter
DASAR MEMBUAT DAN MENGEDIT VIDEO
Transcript presentasi:

TEKNIK EDITING

EDITING Menggabungkan beberapa hasil pengambilan gambar dan suara dengan urutan – urutan yang benar sesuai dengan naskah / script, dan juga menurut panjang dan irama tertentu yang tepat dengan keadaan ceritera atau irama musik

EDITOR ORANG YANG TERLATIH DAN TERDIDIK UNTUK MENGEDIT FILM DAN REKAMAN VIDEO

ADA DUA MACAM EDITING LINEAR EDITING Proses pasca produksi yang masih menggunakan banyak peralatan editing profesional, player, recorder, monitor, ECU ( editing control unit. Ada 2 system kerja : OFF LINE EDITING ON LINE EDITING

CONTOH – CONTOH ALAT LINEAR EDITING Player / VTR ECU KASET Monitor

Bagan Editing Linear Monitor Monitor Player Recorder E C U

Non Linear Editing Proses pasca produksi yang telah menggunakan seperangkat alat digital sebagai alat perekam, pemotong sekaligus untuk menggabuungkan audio video hingga hasil akhir. Seperti Komputer Editing

Bagan Editing Non Linear Komputer Editing Player / Kamera Recorder

Dua system Linear editing Off Line Editing Pengerjaan editing secara sekunder atau editing yang dilakukan untuk memperoleh hasil yang masih kasar (Rough cut). Menyusun gambar yang dipakai dan membuang yang salah. Cara ini biasanya dilakukan dengan menggunakan workpoint atau hasil duplikat dari bahan – bahan siaran yang asli dan khusus digunakan untuk editing.

B. On Line Editing Kegiatan pasca produksi yang melalui tahapan editing (pemotongan + penyambungan) kemudian dilanjutkan tahap mixing / langsung melalui proses pasca produksi. Sistem ini dilakukan dengan cara langsung mencari edit point pada pita original / Assamble, oleh karena itu pemakaian editing dan mixing akan lama prosesnya dan bertumpu pada seluruh peralatan profesional broadcast.

Ada 3 cara dalam ON Line Editing Cut Editing ( A Roll ) + Mixing AB Roll Editing + mixing Pasca Produksi ( Edit + mixing)

Cut Editing / A Roll Biasanya digunakan untuk editing news. Yaitu sistem editing yang menggunakan peralatan editing terdiri : 1 Buah Player, 1 buah recorder, dan ECU (editing control unit) Cut editing ini dapat digunakan untuk menyunting / memadukan gambar hasil liputan berita, acara barita actual harian / daily news yang biasanya berdurasi max 2 menit / 1 item kerja.

A Roll

A ROLL Terbaru

Suatu sistem pasca produksi yang terdiri dari: 2. AB Roll Suatu sistem pasca produksi yang terdiri dari: 2 buah player (VTR) 1 Buah Recorder 1 buah Video mixer 1 buah Audio Mixer 1 buah ECU Beberapa monitor dan kabel Dapat digunakan untuk menyunting gambar dan suara dengan hasil transisi berupa Cutting, disolve, fade in – out, wipe

AB ROLL Editing Player I V. Mixer VTR / Rec Player II Audio Mixer ECU

3. EDITING PASCA PRODUKSI Sistem pasca produksi yang digunakan dalam studio televisi untuk penyiaran. Yaitu dengan menggunakan alat dan berbagai sumber gambar : Video mixer, audio mixer, Camera, microphone, VTR, ECU, dsb.

Pemancar Video Mixer ECU MCR Audio Mixer VTR Chargen / comp grafis Cam I Video Mixer MCR Cam.II ECU Cam III Audio Mixer VTR

Peran dan Tanggung jawab Editor Pra Produksi > Seorang editor merencanakan sistem kerja yang akan diterapkan pada proses pembuatan Acara Televisi ini. > Menganalisa atau memahami skenario. > Memberi masukan kepada sutradara dalam suatu gaya pengemasan paket yang akan dibuat.

Produksi > Seorang editor berperan untuk mengingatkan sutradara apabila ada shot yang terlewatkan di dalam pengambilan gambar. > Memberikan saran kepada sutradara untuk membuat shot tambahan jika materi yang telah ada masih dinilai kurang baik. > Membuat laporan time code pada proses shooting.

Pasca Produksi Dalam hal ini peranan seorang editor dibutuhkan untuk menggabungkan shot hingga menjadi sebuah scene atau adegan. Peranan editor di sini juga merupakan proses paling akhir dalam pembuatan suatu karya audio visual. Dalam proses ini editor memegang peranan penting dalam penyusunan gambar hingga menjadi satu kesatuan cerita yang utuh dan sesuai dengan cerita yang diinginkan.

TAHAP – TAHAP EDITING 1) Preview Screening Pada tahap ini editor telah menerima keseluruhan bahan mentah / materi shooting berupa kaset yang kemudian ditonton bersama dengan rekan satu tim. Dan hal ini juga dimaksudkan agar seorang editor mengenali semua bahan baku yang didapat dari hasil kerja satu tim di dalam proses produksi.

2) Capture Di tahap ini editor melakukan pemindahan gambar atau transfer video hasil rekaman yang masih berbentuk pita kaset ke dalam komputer sehingga menjadi bentuk digital dengan format video AVI 720x576 pixels, untuk masuk ke dalam tahap proses penyuntingan gambar atau editing.

3) Logging Dalam tahap ini seorang editor melihat catatan atau menyesuaikan shot-shot berdasarkan laporan time code agar nantinya juga dapat memudahkan seorang editor untuk memilah dan memilih shot-shot yang menurut laporan time code baik dan sesuai dengan kebutuhan skenario. Walaupun tidak menutup kemungkinan shot-shot yang menurut laporan time code kurang baik juga akan digunakan nantinya.

4) Assembling Pada tahap ini, editor mulai menyusun dan menyambung setiap shot berdasarkan urutan scene pada skenario. Tapi penyambungan yang dilakukan masih sangat kasar dan masih menggunakan durasi yang sebenarnya (menurut laporan time code). ATAU MASIH KASAR DAN BELUM ADA TRANSISI

5) Rough Cut Editor memotong & membuang adegan-adegan yang tidak dipakai dan merangkumnya menjadi satu alur cerita. Lalu memilih shot-shot yang dianggap sudah mewakili skenario. Editor melakukan penyusunan pertama berdasarkan inti cerita yang ingin dicapai. Dalam tahap ini editor banyak melakukan diskusi terutama dengan sutradara.

6) Fine Cut & Triming Pada tahap ini editor mulai melakukan pemotongan dan penghalusan gambar yang sudah tersusun baik. Editor kemudian merapikan setiap potongan antar shot yang masih kurang baik atau mengganggu. Dalam tahap ini editor juga memberikan efek-efek atau transisi sebagai penyambungan/ perpindahan shot dan scene. Tujuan dari tahap ini adalah agar alur cerita tersusun baik dengan insert shot yang tepat.

PROSES MASTERING 1 ) Colour Grading Setiap gambar yang telah selesai di edit perlu dikoreksi warnanya agar didapat persamaan warna, karena bukan tidak mungkin pada saat produksi berlangsung ada kendala pencahayaan yang akhirnya mempengaruhi warna dalam gambar. Yaitu dengan cara memakai video efect, seperti image control, color balance, color corection atau memakai software terpisah seperti Adobe After Effect dan Magig Bullet

2) Titling Pada tahap pemberian title ini, editor biasanya menggunakan software pendukung antara lain yaitu Adobe After Effect 6.5 dan Adobe Photoshop 7.0 untuk membuat counting leader, bumper in / bumper out. Sedangkan untuk nama kru pada opening scene editor cukup menggunakan Title design dan efek fade out yang sudah tersedia pada media editing yang digunakan yaitu Adobe Premiere 6.5 . Kemudian untuk credit title editor membuat tulisan muncul secara roll berjalan dari bawah ke atas.

3) Audio Mixing Setelah melalui proses penyuntingan gambar atau editing, maka proses yang harus dilalui selanjutnya adalah Audio Mixing, yaitu menyatukan dan menyelaraskan suara sekaligus memberikan tambahan seperti musik instrument, musik ilustrasi atau sound effect yang dapat mendukung penceritaan. Biasanya menggunakan Audio effect yang tersedia di adobe premiere, atau menggunakan software sendiri seperti Adobe Audition, CoolEdit Pro, Wavelab, dll.

4. Release Master Tahapan ini proses editing telah selesai dilakukan. Lalu hasil akhir dieksport ke dalam bentuk movie dengan frame rate 720x576, kemudian diubah kedalam bentuk MPEG II (DVD) atau MPEG I (VCD) dengan menggunakan software WinAvi, Canopus Procorder, TMPEG gen, Movie Factory 4, dll.

MENGENAL BERBAGAI TRANSISI VIDEO CUTTING Yaitu dengan memotong gambar – gambar yang diperlukan sesuia dengan waktu atau kebutuhan, kemudian disambung atau digabung begitu saja. Sehingga terjalin gabungan darri berbagai potongan gambar. CROSS FADE Suatu bentuk video dimana satu atau beberapa sumber video pelan – pelan hilang (FADE OUT), dan pada saat bersamaan secara pelan – pelan dimunculkan gambar baru (FADE IN)

3. DISSOLVE (MIX) Pergantinaan dua buah gambar secara bersamaan gambar pertama atau sebelumnya pelan – pelan meredup dan menghilang kemudian secara bersamaan dan menumpuk, gambar berikutnya muncul dari redup kemudian menjadi jelas. Atau sering disebut dengan pergantian gambar secara Mix. 4. WIPE Perpindahan gambar dimana gambar kedua muncul dengan memindahkan gambar kedua.

5. IRIS Yaitu bentuk perpindahan gambar dimana gambar kedua muncul dari gambar pertama dengan bentukkan dari berbagai bidang atau kurve. Seperti ; kotak, lingkaran, segitiga, bintang, dsb 6. PAGE PEEL Yaitu perpindahan gambar dimana bentuk perpidahannya dari gambar pertama ke gambar kedua dengan cara menggulung atau roll. Seperti ; center, turn, roll away, dsb