Representasi audio dan video

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEKNIK MODULASI.
Advertisements

Video Pertemuan 03 Matakuliah : L0182 / Web & Animation Design
Chapter 4 Video Video adalah kumpulan gambar yang yang ditampilkan satu-satu (kontinyu) berdasarkan satuan waktu atau sering disebut sebagai moving picture.
Universitas Islam Indonesia
Jaladri Abhirama. Dhrestantyo H.K. Pingkan Mathindas. Deny Sutrisno.
VIDEO.
Erick Kurniawan, S.Kom, M.Kom
Representasi audio dan video
VIDEO.
Tugas PTIK Kelas 06 Muhammad Resma Ridha
VIDEO.
TELEVISI Warsun Najib.
Representasi Audio dan Video. Dubuat oleh: Tio Zailindra ( )
Pertemuan 3: Aplikasi Audio dan Suara
Tech.support Kualitas Puncak Gambar Digital Geometric Interline Generation Argolithm.
Yanuar Dwi Prasetyo ( ).
FORMAT VIDEO.
SUARA DAN AUDIO.
MEKANISME PEREKAMAN SUARA Kompetensi : Memahami prinsip pembuatan master.
Video.
SUARA DAN AUDIO.
Yan Felix Monangin ( ).  JPEG adalah sebuah format gambar, sangat berguna untuk membuat gambar jenis fotografi berkualitas tinggi dalam ukuran.
Pertemuan 4 Modulasi Digital
Teknologi informasi dan multimedia
Tugas multimedia.
DIGITALISASI AUDIO.
Audio Sistem Multimedia.
Chapter 7 Kompresi Audio
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
Representasi dan Kompresi Data Multimedia (lanjutan)
Konversi Data Analog Vs Digital
Pertemuan 5 Perangkat Lunak Pendukung Multimedia
VIDEO Pertemuan VI. Video Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses,mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan.
MPEG (Motion Picture Expert Group) Disusun oleh : Ahmad Apriyanto
Soal-soal Latihan ADC.
VIDEO.
VIDEO Slamet Kurniawan, S.Kom.
Video Pertemuan 5.
Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia
A U D I O Kelompok 2 Kartikadyota K. Inge Ratna Dwi A. Anggarda Eri N.
KOMUNIKASI DATA TEMA : PHYSICAL LAYER SUBTEMA : TRANSMISI DIGITAL BAHASAN : ANALOG TO DIGITAL CONVERSION Oleh : Danny Kurnianto,S.T.,M.Eng. Sekolah Tinggi.
MEKANISME PEREKAMAN SUARA
AUDIO VISUAL APLIKASI SISTEM VIDEO DAN TELEVISI
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
Dasar Audio Processing
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
Pengertian Audio Digital
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
MASTERING.
PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
Suara dan Audio Pertemuan 5.
Kompresi Audio.
Tugas Multimedia Luqman hakim
Representasi Data Digital Video
Angga Septa S ( ).
Multimedia System Hypermedia Hypertext.
Chapter 7 Kompresi Audio
Sistem Multimedia Materi : Audio/Suara.
PERTEMUAN KE-1 Sumber :Prof. Sinisa Todorovic
Chapter 2 Audio dan Suara
Pertemuan 10 (Lanjutan) F. Menaikkan Kapasitas Penyimpanan Data
Animasi dan Suara Pertemuan 02
SINYAL TRANSMISI.
Pertemuan 2 Representasi Digital Sinyal Multimedia
PRINSIP DASAR SISTEM ISYARAT ELEKTRONIK OPERASI SINYAL DAN SISTEM
Chapter 2 Audio dan Suara
Representasi Data Digital Audio dan Suara
Oleh: Drs. Hanesman, MM. Ahmaddul Hadi, S.Pd. M.Kom. Padang
Transcript presentasi:

Representasi audio dan video ALBERTUS SEPTYANTOKO 2712100014

Representasi Audio Gelombang suara analog tidak dapat langsung direpresentasikan pada komputer. Bunyi yang terjadi secara berkelanjutan dikarenakan karena adanya gelombang analog. Untuk merubah gelombang analog kedalam komputer dapat dilakukan dengan cara digitalisasi gelombang analog. Analog to Digital Converter (ADC) mengubah amplitude sebuah gelombang kedalam waktu interval (samples) sehingga menghasilkan representasi digital dari suara. „Komputer mengukur amplitudo pada satuan waktu tertentu untuk menghasilkan sejumlah angka. „Tiap satuan pengukuran ini dinamakan “SAMPLE”.

Frekuensi Tiga frekuensi yang sering digunakan dalam multimedia adalah kualitas CD : 44.1 kHz 22.05 kHz 11.025 kHz Ukuran sampelnya 8 bit dan 16 bit. Semakin besar ukuran ukuran sampel, semakin baik data yang mendeskripsikan suara. Ukuran sampel 8-bit menyediakan 256 unit untuk mendeskripsikan range dinamis atau amplitudo (level suara dalam satu waktu) dari potongan suara yang ditangkap.

Analog To Digital Conversion (ADC) Adalah proses mengubah amplitudo gelombang bunyi ke dalam waktu interval tertentu (disebut juga sampling), sehingga menghasilkan representasi digital dari suara Sampling rate : beberapa gelombang yang diambil dalam satu detik. Contoh : jika kualitas CD Audio dikatakan memiliki frekuensi sebesar 44000 Hz, berarti jumlah sample sebesar 44000 per detik

Analog To Digital Conversion (ADC)

Sampling

Sistem Pengkodean Audio Digital Gelombang audio umumnya bersifat kontinu dan diubah ke dalam bentuk diskrit. Langkah yang dilakukan adalah : Pengambilan sampling Kuantisasi Pengkodean

Contoh Sampling Ketika melakukan sampling gelombang dengan ADC, terdapat dua kendali : Sampling rate : berapa banyak sample yang diambil perdetik Sampling precision : berapa banyak perbedaan gradasi (level kuantisasi) yang mungkin ketika mengambil sample

Contoh Sampling Asumsi : Sampling rate = 1000 per detik Precision = 10

Contoh Sampling Sampling error dapat dikurangi dengan menaikkan sampling rate dan precision. Gambar berikut sample rate dan precision dinaikkan 2 kali lipat (20 gradasi pada rate 2000 sample per detik)

Format file Audio A. Format CD (Ekstensi : .cda) File dengan ekstensi .cda merupakan representasi dari track CD-audio. File dengan format .cda dapat langsung dijalankan melalui CD-ROM. B. Format Advanced Audio Coding (AAC) (Ekstensi : .m4a, .m4b, .m4p, .m4v, .m4r, .3gp, .mp4, .aac) AAC merupakan format audio menggunakan lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena ada data yang hilang).

Format file Audio C. Format Waveform Audio (WAV) (Ekstensi : .wav atau .wv) file WAV adalah file audio yang tidak terkompres sehingga seluruh sampel audio disimpan semuanya di media penyimpanan dalam bentuk digital. Karena ukurannya yang besar, file WAV jarang digunakan sebagai file audio di Internet. D. Format Audio Interchange File Format (AIFF)  Ekstensi : .aiff, .aif, .aifc File AIFF merupakan format file audio standar yang digunakan untuk menyimpan data suara untuk PC dan perangkat audio elektronik.

Format file Audio E. Format MPEG Audio Layer 3 (MP3) Ekstensi : .mp3 Prinsip yang dipergunakan oleh MP3 adalah mengurangi jumlah bit yang diperlukan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia – sehingga adapat digolongkan file audio dengan kompresi lossy. F. Format MIDI Ekstensi : .mid  Merupakan standar yang dibuat oleh perusahaan alat-alat music elektronik berupa serangkaian spesifikasi agar berbagai instrument dapat berkomunikasi.

Format file Audio G. Format Monkey’s Audio Ekstensi : .ape, .apl Merupakan format file audio dengan kompresi lossless sehingga tidak mengurangi kualitas suara. Umumnya, sebuah file audio dengan format Monkey’s Audio mempunyai ukuran lebih besar 3-5 kali dibandingkan dengan format MP3 (pada bitrate 192 Kb/s).

Representasi Video Video: Teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Berkaitan dengan “penglihatan dan pendengaran” Video merupakan gabungan gambar dengan audio

Frame Rate Mendefinisikan metode untuk mengkode informasi ke dalam sinyal elektronik yang menciptakan gambar televisi. a. Progressive Scan b. Interlaced Scan

Standar Frame Rate Standar Pengguna Deskripsi NTSC Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Jepang Satu frame video terbuat dari 525 garis horizontal yang di-scan dan digambar ke dalam tabung gambar berlapis fosfor setiap 1/30 detik dengan electron yang bergerak cepat. Gerakan electron membuat dua lintasan (genap dan ganjil) ketika menggambar satu frame video. Masing-masing lintasan melukis sebuah field (dalam kecepatan 60 Hz), dan dua field dikombinasikan untuk menciptakan satu frame dengan kecepatan 30 fps (frame per second). PAL Inggris, Eropa Barat, Australia, Afrika Selatan, Cina dan Amerika Selatan Meningkatkan resolusi layar menjadi 625 garis horizontal, namun memperlambat kecepatan scan menjadi 25 frame per detik. Sama seperti NTSC, garis genap dan ganjil digabungkan, setiap field memerlukan 1/50 detik untuk menggambar (50 Hz) SECAM Perancis, Eropa Timur, USSR, dan beberapa negara lain Menggunakan system 625 garis horizontal, 50 Hz, namun berbeda dari system warna NTSC dan PAL dalam hal teknologi dan metode penyiaran.

Encoding dan Digitalisasi video analog Proses digitalisasi sinyal analog ke digital : Sampling rate, mencari nilai parameter scanning pada video, nilai resolusi horizontal, resolusi vertical, frame rate dan aspect ratio. Berdasarkan parameter tersebut diperoleh total nilai minimum sampling rate (S). Memberikan tingkatan kuantisasi, yaitu maksimum noise yang dibenarkan, toleransi kehilangan paket gambar perdetiknya antara 5 s.d 10%

Encoding dan Digitalisasi video analog Digitalisasi warna video : memberikan perwakilan 3 warna : merah, biru, hijau (RGB). Makin banyak warna yang terwakilkan makin baik (memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar). Warna direpresentasikan dalam bit (8-bit, 16-bit, 24-bit, dst). Video digital menggunakan variasi non-linier dari RGB yang dinamakan YCbCr, dimana Y mewakili luminance atau brightness, sedangkan CbCr merepresentasikan chrominance (“pure” color).

Format file Audio Þ      AVI Biasanya digunakan untuk format DVD, Dapat dibuka dengan aplikasi video seperti CyberLink PowerDVD, Windows Media Player, dan yang lainnya. Þ      FLV (File Flash Video) Dapat dibuka dengan aplikasi video flash seperti Total Video Player, FLV Player atau yang lainnya. Þ      MOV Ukuran Frame 320×24, Warna  : Million, Frequensi Sound 22Khz, Size Per menit 15250Kb

Format file Audio Þ MPEG merupakan salah satu dari format standar MPEG yang digunakan dalam pengompresan suara dan gambar dalam video CD. MPEG-1 mendukung format audio yang biasa kita ketahui dengan ekstensi mp1, mp2 dan mp3. MPEG-2 penggunaannya ditujukan pada transmisi-transmisi TV dan aplikasi-aplikasi lainnya yang memiliki kemampuan sampai 6 Mbps. Þ      Mpeg untuk SVCD Ukuran Frame 480×576, Warna  : Million , Frequensi Sound 44Khz, , Size Per menit 15MB

Thank you