U AS M ULTIMEDIA DZIKRU ROHMATUL IZA (0810633046).

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
VOIP DAN STREAMMING Oleh : Giga dan Riri.
Advertisements

Bab 6 Multimedia.
Video Pertemuan 03 Matakuliah : L0182 / Web & Animation Design
VIDEO STREAMING Kelompok 15 : Agung Widi (275386)
Kompresi JPEG,MPEG, dan Video Streaming
VIDEO.
Erick Kurniawan, S.Kom, M.Kom
VIDEO.
Representasi audio dan video
VIDEO.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Radio Streaming Kelompok 5 jarmul.
MULTIMEDIA.
Multimedia Networking: “Introduction”
FORMAT VIDEO.
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS Pengolahan Citra.
@Copyright By: Nurul Adhayanti
Pengertian dan Jenis-Jenis Kompresi
Video Compression. Kelompok 13 M Fatkhul Amin Irpan Maulana Kholid A.H Hendy W
TUGAS UAS MULTIMEDIA OLEH OLEH: RIZAL ARIF Z ( )
JPEG dan MPEG ANGGUN TRIYOGO
Yan Felix Monangin ( ).  JPEG adalah sebuah format gambar, sangat berguna untuk membuat gambar jenis fotografi berkualitas tinggi dalam ukuran.
Pengantar Teknologi Informasi
Teknologi informasi dan multimedia
KOMPRESI DAN TEKS.
Pengolahan Citra Pertemuan 14.
Sistem Informasi UNRIYO
Tugas multimedia.
Oleh : Pandu Pradito Video Streaming. Streaming adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan.
Algoritma Block Truncation Coding (BTC) pada Kompresi Citra Digital dengan Nur Hasanah H, for further detail, please visit
Format Video NURUL MUSAWATIRA P.
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
REPRESENTASI DATA MULTIMEDIA
Representasi dan Kompresi Data Multimedia (lanjutan)
VIDEO Pertemuan VI. Video Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses,mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan.
MPEG (Motion Picture Expert Group) Disusun oleh : Ahmad Apriyanto
Waktu Nyata dan Multimedia
PEMBANGUNAN CONTENT STREAMING UNTUK SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (SIRANJAJA) PADA JARINGAN PICONET MENGGUNAKAN JAVA API JSR-82 Oleh: M.H. Yusa’ G
VIDEO.
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
Kompresi Gambar Klasifikasi Kompresi Teknik Kompresi 1.
VIDEO Slamet Kurniawan, S.Kom.
Video Pertemuan 5.
Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia
TEKNIK KOMPRESI LOSSLESS TEXT
Kompresi Citra.
Materi 8 Aplikasi Multimedia VoIP dan Video Streaming
SISTEM AUDIO DAN VIDEO.
SISTEM AUDIO DAN VIDEO.
KOMPRESI DATA DAN TEKS Sindy Nova.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
Penyimpanan dan Pengambilan Data Multimedia
Lapis Presentation dan Session
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
Pengantar PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Tugas Multimedia Luqman hakim
Multimedia OS SISTEM OPERASI Slide perkuliahan
Multimedia System Hypermedia Hypertext.
KOMPRESI GAMBAR (CITRA)
13.1 ISO/IEC JPEG.
Protokol Jaringan Pada Sistem Multimedia
Animasi dan Suara Pertemuan 02
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
DISTRIBUSI MULTIMEDIA
Tugas Akhir Multimedia
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
E L E M E N MULTIMEDIA Toto Haryadi MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

U AS M ULTIMEDIA DZIKRU ROHMATUL IZA ( )

Kompresi citra : sebuah teknik kompresi dengan tujuan untuk mengurangi redudansi, sehingga dapat disimpan dalam ukuran yang lebih efisien dan dapat di transmisikan lebih cepat. Teknik kompresi JPEG bersifat lossy :  Ukuran file menjadi lebih kecil  Megubah detail warna pada file citra menjadi lebih sederhana  Sering digunakan pada citra image yang tidak terlalu memperhatikan detail

M ODEL KOMPRESI JPEG : Sequential : kompresi dilakukan secara top- down, left-right Progresif : kompresi dilakukan dengan multiple- scan secara progresif Hierarchical : super-progresif mode, dimana image akan dipecah-pecah menjadi sub image yang disebut frame

TAHAPAN KOMPRESI JPEG Sampling : adalah proses pengkonversian data pixel dari RGB ke YUV/YIQ dan dilakukan down sampling Biasanya dilakukan sampling per 8x8 Hasil proses sampling akan digunakan sebagai input dari proses DCT, dimana blok 8x8 pixels akan diubah menjadi fungsi matriks cosines. Quantization : proses membersihkan kefisien DC yang tidak pentng untuk membuat image baru Entropcoding : proses pengunaan algoritma enropy yang akan mengeliminasi nilai-nilai matriks yang bernilai 0.

ARISASI KOMPRESI VIDEO (MPEG-1) Sistem coding MPEG-1 didasarkan pada pemindaian image (gambar) secara progresif sehingga interlaced video dikonversi terlebih dahulu ke dalam format non-interlaced sebelum proses coding. Setelah proses coding, image yang telah didecode akan dikonversi balik menjadi format interlaced untuk ditampilkan. Sistem coding MPEG-2 didasarkan atas pemindaian gambar/ image secara progresif dan interlaced frame coding sehingga format interlaced video tidak perlu lagi diubah ke format non-interlaced.

S TANDARISASI KOMPRESI VIDEO (MPEG-4) MPEG-4 merupakan standar untuk kompresi video, transport, dan object oriented framework yang didesain untuk mendukung aplikasi video digital konvensional maupun interaktif yang mempunyai bit rate berkisar dari 5 Kbps hingga 4 Mbps. MPEG-4 menyediakan fungsi-fungsi baru untuk content authoring dan peningkatan fleksibilitas.

VIDEO STREAMING Streaming adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server). Pada awalnya, data dari source akan di-capture dan disimpan pada sebuah buffer yang berada pada memori komputer dan kemudian di-encode sesuai dengan format yang diinginkan

B EBRAPA HAL YANG BERKAITAN DENGAN VIDEO STREAMING. Media server : Media server. digunakan untuk mendistribusikan on-demand atau webcast suatu konten ke klien Media streaming : Streaming media merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen- komponen yang saling mendukung. Sebuah teknlogi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara real-time melalui Internet. Format streaming : Format Real Player (.rm/.ra/.ram) Windows media (.asf/.wmx/.asx) QuickTime (.mov)

Komponen dalam streaming media  Media source, yaitu sumber yang akan menampilkan suatu konten presentasi.  Media source dapat berupa sumber yang sifatnya live, seperti kamera video ataupun microphone.