Research Methodology 2. Tahapan Penelitian romi@romisatriawahono.net Research Methodology 2. Tahapan Penelitian Romi Satria Wahono romi@romisatriawahono.net http://romisatriawahono.net WA/SMS: +6281586220090 http://romisatriawahono.net
Romi Satria Wahono SD Sompok Semarang (1987) SMPN 8 Semarang (1990) SMA Taruna Nusantara Magelang (1993) B.Eng, M.Eng and Dr.Eng (on-leave) Department of Computer Science Saitama University, Japan (1994-2004) Research Interests: Software Engineering and Intelligent Systems Founder IlmuKomputer.Com LIPI Researcher (2004-2007) Founder and CEO PT Brainmatics Cipta Informatika
Course Outline Pengantar Penelitian Tahapan Penelitian romi@romisatriawahono.net Course Outline Pengantar Penelitian Tahapan Penelitian Masalah Penelitian Literature Review Struktur Penulisan Tesis Kesalahan Penulisan Tesis Metode Eksperimen Pengujian Tesis Publikasi Penelitian http://romisatriawahono.net
2. Tahapan Penelitian
2.1 Tahapan Penelitian Dasar
Tahapan Penelitian Dasar 1. Identifikasi Masalah 2. Perumusan Hipotesis 3. Pengujian Hipotesis dan Analisis 4. Kesimpulan
Tahapan Penelitian Dasar vs Tesis romi@romisatriawahono.net Tahapan Penelitian Dasar vs Tesis Susunan Tesis Tahapan Penelitian 1. Pendahuluan: - Latar Belakang - Rumusan Masalah - Tujuan Penelitian - Manfaat Penelitian Identifikasi Masalah 2. Landasan Teori: - Penelitian yang Berhubungan - Landasan Teori - Kerangka Pemikiran Perumusan Hipotesis 3.Metodologi Penelitian: - Metode Penelitian - Metode Pengumpulan Data - Metode Analisis Data - Metode Pengukuran Penelitian Pengujian Hipotesis dan Analisis Hasil 4. Analisis Hasil dan Pembahasan 5. Kesimpulan dan Saran Kesimpulan http://romisatriawahono.net
2.2 Tahapan Penelitian Computing
Tahapan Penelitian Computing* 1. Tentukan Bidang dan Topik Penelitian 2. Tentukan Masalah Penelitian 3. Pahami Metode yang Ada untuk Memecahkan Masalah Penelitian 4. Pilih Metode dan Lakukan Perbaikan Metode 5. Evaluasi Perbaikan Metode *http://romisatriawahono.net/2013/01/23/tahapan-memulai-penelitian-untuk-mahasiswa-galau/
2.3 Bidang dan Topik Penelitian
Bidang Penelitian Computing Ingat kembali seluruh mata kuliah yang kita pelajari di S1 dan S2: Data mining, Machine Learning, Sofware Engineering, Image Processing, Computer Vision, Information Retrieval, dsb Secara umum nama mata kuliah itu menunjukkan satu bidang ilmu (field) computing
Bidang Penelitian Computing Software Engineering Data Mining (Knowledge Discovery in Database) Image Processing Information Retrieval Networking Human Computer Interaction Soft Computing etc
Method/Teori Itu Makhluk Apa? Bila mata kuliah itu menunjukkan satu bidang ilmu (field) computing Maka computing methods adalah teori, model, atau metode yang terdapat di dalam mata kuliah Computing methods berisi tahapan/urutan yang sistematis untuk menyelesaikan masalah (algoritmik)
Method Itu Bukan ... Disiplin ilmu atau nama mata kuliah Terminologi computing yang sifatnya terlalu global Sistem berbasis web/internet (web/internet bukan approach) Bahasa pemrograman (kecuali research kita tentang optimisasi bahasa pemrograman) Jenis database (kecuali research kita tentang optimisasi database)
Data Mining Estimasi (Estimation) Prediksi (Prediction): Neural Network, Multiple Linear Regression, dsb Prediksi (Prediction): Neural Network, Multiple Linear Regression, SVM, dsb Klasifikasi (Classification): CART, K-NN, ID3, C4.5, dsb Pengelompokan (Clustering): K-Means, Fuzzy C-Means, SOM, K-Medoids, dsb Asosiasi (Association): Apriori, FP-Growth, dsb
Soft Computing Fuzzy Logic Fuzzy Inference System Neural Network Neuro-Fuzzy Genetic Algorithm
Image Processing Image Restoration Image Compression Biometrics: Face/Fingerprint/Iris Identification Real Application: Car Plate Identification Vehicle Motion Detection
Software Engineering Software Process Improvement Software Quality Prediction Service Oriented Architecture Autonomic Computing Soft Computing and its Applications in Software Engineering
The State-of-the-Art Method The highest level of development, as of a device, technique, or scientific field, achieved at a particular time The level of development (as of a device, procedure, process, technique, or science) reached at any particular time usually as a result of modern methods (Merriam Webster Dictionary) This machine is an example of state-of-the-art technology The state of the art in this field is mostly related to the ABC technology A concept used in the process of assessing and asserting novelty and inventive step (European Patent Convention (EPC))
Tugas Menentukan Bidang Penelitian Analisis kembali berbagai mata kuliah yang telah diajarkan, serta paper dan buku yang telah dibaca Tentukan bidang dan sub bidang (field dan subfield) penelitian yang kita tertarik untuk melakukannya Baca artikel tentang tahapan memulai penelitian utk mahasiswa galau di http://romisatriawahono.net
Tugas Menentukan Topik Penelitian Tentukan topik penelitian dari bidang penelitian Studi literatur tentang topik tersebut (state- of-the-art, research direction/challenge) dari paper journal (review paper) Rangkumkan topic penelitian yang kita pilih secara mendetail dalam bentuk mindmap dengan software XMind Ikuti artikel di http://romisatriawahono.net/2014/02/28/mind-map-untuk-memahami-topik- penelitian/
Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction”
Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction”
Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction”
Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction”
Referensi Christian W. Dawson, Project in Computing and Information System a Student Guide 2nd Edition, Addison-Wesley, 2009 Mikael Berndtsson, Jörgen Hansson, Björn Olsson, Björn Lundell, Thesis Projects - A Guide for Students in Computer Science and Information System 2nd Edition, Springer-Verlag London Limited, 2008 C.R. Kothari, Research Methodology, New Age International, 2004 David E Gray, Doing Research in the Real World Second Edition, Sage Publications, 2009 Mary Shaw, Writing Good Software Engineering Research Papers, Proceedings of the 25th International Conference on Software Engineering, 2003 Geoffrey Marczyk, David DeMatteo, David Festinger, Essentials of Research Design and Methodology, John Wiley & Sons, Inc., 2005