Workshop Project Management & Issue Tracking Menggunakan Redmine

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ICT Team Universitas Sriwijaya Palembang 2008
Advertisements

Introduction to PostgreSQL
To-Be System & Workplan Kelompok 01 – Merah Putih.
CodeIgniter By ISNARDI, M.Kom.
Google Code oleh: Agus Nur Hidayat
DAPODIK 2013 PENJELASAN APLIKASI DESKTOP
SKPL Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak STMIK AMIKOM PURWOKERTO.
Basis Data Terapan Renni Angreni, M.Kom.
Pengembangan perangkat lunak
SOFTWARE RELEASE LIFECYCLE (DAUR HIDUP PELUNCURAN PERANGKAT LUNAK) 1.
Sistem Informasi Tracer Study
Helping CRM More Reliable.  Indobrain Support System adalah sebuah sistem informasi helpdesk yang menangani gangguan atau problem yang terjadi pada sebuah.
Testing dan Implementasi Sistem
RENCANA PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (RPPL)
MANAJEMEN KONFIGURASI SOFTWARE
MANAJEMEN WAKTU PROYEK
GRUP PROSES MANAJEMEN PROYEK
Chapter 5: Manajemen Scope Proyek
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
Testing dan Implementasi Sistem
DBMS Dr. Kusrini, M.Kom.
Pemrograman Web/TI/ AK045216/2 sks Pertemuan ke 14 Content Management System  Apa itu CMS ?  Mengapa Perlu CMS ?  Content and Design  Bagan CMS Basic.
The Bug Tracking Database (1) Pertemuan 6
Pengenalan Visual Studio 2008
Extreme Programming Bagian -2
Membangun Sistem Informasi ERP
What is Bitrix24? Bitrix24 adalah solusi intranet Cloud & Self-hosted yang menangani banyak aspek operasi dan tugas sehari-hari. Bitrix24 menggantikan.
CV. Guyub Teknologi Nusantara
PBOL Dewi Kusumaningsih
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Pengelolaan Sistem Informasi
APLIKASI SENTRAL OPERASIONAL KANTOR MAYA
PriNciples That Guide Practice
System Development Life Cycle (SDLC)
Pengelolaan Sistem Informasi
Project IT Organization
MANAJEMEN PROYEK TI PERTEMUAN KE 1 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
PENGORGANISASIAN PROYEK SISTEM
SISTEM INFORMASI PENCALONAN - SILON
CARA MEMBUAT BLOG DENGAN WORDPRESS
Persiapan Implementasi
Testing dan Implementasi
Proyek perangkat lunak Mosque finder & activity
JAMINAN KUALITAS DARI KONTRIBUSI EXTERNAL PARTICIPANT
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Bug Tracking Database (2) Pertemuan 7
Software Development Life Cycle (SDLC) Concept
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 3.
Panduan PENGGUNA APLIKASI REPOSITORY BERBASIS eprints
Testing dan Implementasi SI220A
SQA Team.
MENGENAL SISTEM OPERASI MOBILE
Pengembangan Kebutuhan Bisnis
FASE PEMOGRAMAN.
PENGANTAR.
PRESENTASI KELOMPOK II
Membangun Sistem Informasi ERP
Membangun Sistem Informasi ERP
Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL)
PENGORGANISASIAN PROYEK SISTEM
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
CARA MEMBUAT BLOG DENGAN WORDPRESS
Direktorat Sistem Informasi Statistik
Pengenalan elearning universitas jambi
Impelementasi Sistem 11/22/2018.
Pengujian Perangkat Lunak
Transisi Layanan Teknologi Informasi
Membangun WebServer Linux CentOS 7
PEDOMAN PENYUSUNAN SOP DALAM MEYUSUN/MERANCANG/ SEBUAH APLIKASI DI LINGKUNGAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA DUMAI.
Transcript presentasi:

Workshop Project Management & Issue Tracking Menggunakan Redmine In-House Software Development Team Universitas Udayana I Made Agus Setiawan 23 Feb. 2012

Software Project Sumber daya terbatas Umumnya dikembangkan secara berkolaborasi Stakeholders : Client, Manager, Development team (designer, programmer, tester)

Tantangan dalam Pengelolaan Pengelolaan kebutuhan aplikasi (requirement specification) Pengelolaan Dokumen, Kode, Bug & Error Komunikasi / Koordinasi Banyak Aplikasi Banyak pengembang Keterbatasan waktu koordinator (manager) Penjadwalan dan Monitoring

Alur Pengembangan Software Initial Definition of Requirements Prototype & Architecture Selection Iteration 1 Iteration 2 Final Integration Test Deployment & Training Support Design Design Documents Code Source Repository/ Progress Report Test Bug Report Debug Change track/ Bug Close Release

Issue Tracking Mekanisme yang digunakan untuk membantu pengembang aplikasi dalam mengarsipkan berbagai macam isu yang berkaitan dengan aplikasi yang dikembangkan. Track : Sebuah fitur yang digunakan untuk mendefinisikan berbagai macam isu Bug Feature Patch Support Task, etc

Cara Konvensional Report Issue Cara Konvensional dalam melaporkan issue, semisal bug ke developer Bicara langsung ke developer Dicatat di kertas Dikirim melalui email Dikirim melalui instant messanger Cara pelaporan konvensional akan menjadikan catatan-catatan tersebut berserakan dimana-mana dan sulit untuk diarsipkan.

Manfaat Issue Tracking Menghindari catatan issue yang hilang Menghindari issue yang terlewatkan Mengurangi kemungkinan duplikasi issue mengingatkan developer untuk menyelesaikan issue

Redmine ? Merupakan aplikasi manajemen proyek dan issue tracking berbasis web dan bersifat Open Source. Redmine dibuat menggunakan Ruby on Rail dan support di banyak database (contoh: MySQL, PostgreSQL) dan berbagai Operating System (Linux, Windows)

Fasilitas Redmine Issue Management (Issue Tracking) Document Management Wiki Forum SCM Integration News Calender & Gantt Chart Time spent log Activity timeline

Redmine UNUD http://devserver1.unud.ac.id/redmine

Redmine Home

Redmine Login

Redmine Project

Tracker Type Terdapat beberapa type isu (tracker) yang digunakan dalam pengembangan aplikasi Bug : suatu kesalahan pada aplikasi yang menyebabkan aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya Isu ini mengarah ke perbaikan kode aplikasi Ex: Tombol OK disable, padahal seharusnya tidak Feature : suatu fitur yang dimiliki oleh aplikasi yang dikembangkan. Isu ini akan menjadi suatu item pekerjaan bagi developer Ex: Tambahkan fungsi export-to-pdf untuk setiap laporan yang dibuat.

Issue Status Status isu dapat dikelompokan menjadi 2 Isu Open : Isu masih terbuka, belum selesai dikerjakan (new, assigned, InProgress, resolved, reOpen) Isu Closed : isu ditutup, sudah selesai dikerjakan (closed), atau ditolak (rejected)

Issue Status New : Isu baru dibuat Assigned : Isu di tugaskan kepada developer InProgress : Isu sedang dikerjakan developer Resolved : Isu selesai dikerjakan, siap untuk direview coordinator/tester Closed : Isu selesai dan pekerjaan komplit ReOpened : Isu diaktifkan kembali Rejected : Isu ditolak untuk dikerjakan

% Done

Issue Workflow

Role Role : pembagian otoritas /peran dalam suatu project User  Role Manager  Coordinator Developer  Programmer Reporter  Tester

Assign User to Project Melibatkan user ke dalam project Made Agus berperan/role sebagai Manager Ngurah Lanang berperan/role sebagai Developer

Role – Issue Status Programmer / Developer Mengambil suatu isu (Assigned) Men-set suatu isu sedang dikerjakan (InProgress) Men-set suatu isu selesai dikerjakan (Resolved) Membuka kembali Issue (ReOpen) dari status Resolved Coordinator / Manager, yang paling utama menutup suatu isu (Closed) Menolak isu (Rejected) Membuka kembali isu (ReOpen)

Membuat Issue Contoh seorang manager menambahkan fitur baru Manager login terlebih dahulu

Membuat Issue Memilih project, kemudian pilih new Issue

Membuat Issue Tracker : berisikan pilihan berbagaimacam isu (bug, feature) Status : berisikan pilihan status isu (new, assigned, inprogress etc) Assigned : berisikan pilihan user yang akan mengerjakan issue (bug, feature) Target Version : berisikan pilihan kelompok versi sofware, roadmap

Membuat Issue Akan tampak sebuah grid yang berisikan daftar isu berikut dengan Status, Assigned to dan sebagainya.

Menanggapi issue Untuk menanggapi issue yang telah dibuat, misal fitur, maka programmer login terlebih dahulu

Menanggapi Issue Jika programmer ditugaskan suatu pekerjaan oleh coordinator, maka akan terlihat di bagian dashboard masing-masing user Dapat juga dilihat di daftar Issue di project tsb.

Menanggapi Issue Programmer menanggapi issue tersebut, dengan memilih issue  update

Menanggapi Issue Programmer Menanggapi Isu (bug, error) tersebut, misalkan. Status : Resolved Spent Time : misal menghabiskan waktu 5 jam

Version / Roadmap Sebuah Software dapat memiliki banyak versi Untuk mengelompokan bug/feature yang dimiliki berdasarkan Versi Software

Version / Roadmap Roadmap adalah acuan untuk mencapai sesuatu, apabila didalam software adalah untuk rilis sebuah sebuah versi software

Source Code Management Subversion Panduan http://devserver1.unud.ac.id/redmine/projects/h ow-to-project/wiki/Svn-guide SvnClient Windows : TortoiseSVN

Workflow

3 langkah Lakukan proses 0: checkout hanya sekali, ketika awal membuat local copy svn co http://devserver1.unud.ac.id/svn/how-to-project/trunk Selalu melakukan proses 1:update sebelum anda melakukan proses 2:commit Selalu menuliskan message ketika melakukan proses commit svn update svn commit -m "message"

Terima Kasih