TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang!

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengendalian Proses : Seleksi (Conditional)
Advertisements

Bab 2 Struktur Dasar.
Dasar Pemrograman Komputer
Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.
STATEMENT KONDISI Adalah perintah yang memungkinkan
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
Pengambilan Keputusan
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
WEEK 6 Teknik Elektro – UIN SGD Bandung PERULANGAN - LOOPING.
Flow Control & Exception Handling
PENYELEKSIAN KONDISI (PEMILIHAN)
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
REVIEW Buatlah Flowchart program untuk menampilkan bilangan 100 s.d 1
Modul 1- Review Java.
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Struktur Kendali Proses (Seleksi)
Struktur Kontrol: Keputusan
Pemrogramman Terstruktur
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK Issa Arwani, S.kom, M.sc.
Struktur Dasar Java Percabangan & Perulangan
Nested If = if bersarang = if bertingkat Operator logika
III. STRUKTUR KONTROL.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Struktur Kendali dan Repetisi
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK Pertemuan -- Issa Arwani, S.kom, M.sc. PROGRAM STUDI.
Object-oriented Programming (OOP) with JAVA 2011/2012
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
Struktur Kontrol Keputusan
Chapter 3 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
Bahasa Pemrograman Dasar Pertemuan 6
PERCABANGAN (DECISION)
Statement Control (if dan switch)
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
Buatlah flowchart untuk pembagian 3 buah bilangan
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
PRAKTIKUM KONSEP PEMROGRAMAN
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Percabangan/Pemilihan (Branching/Selection)
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur Seleksi (Percabangan)
Struktur Kontrol Keputusan
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
Aliran Kendali (Flow Control)
STRUKTUR DASAR PROGRAM
PERCABANGAN Siti Mukaromah, S.Kom.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma & Pemrograman 3
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Struktur Algoritma
Pemrograman Terstruktur
PERCABANGAN (DECISION)
Percabangan/Seleksi.
Algoritma & Pemrograman 1
Pengendalian Proses : Perulangan /Looping
Seleksi Kondisi/Pencabangan
Seleksi.
Flow Control & Exception Handling
Castaka Agus Sugianto, M.Kom., M.CS
Latihan Pertemuan Operasi Seleksi
Pertemuan 4 Pemrograman Terstruktur
KONDISI PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
Penggunaan Decission (keputusan ) pada C
Algoritma dan Struktur Data
Struktur dan Arsitektur Pemrograman
Dasar Pemrograman Pertemuan 7 Percabangan dalam bahasa C
Struktur percabangan.
Dasar Pemrograman Percabangan Nurul Anisa Sri Winarsih, M. CS
Transcript presentasi:

TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang! Buatlah program menghitung luas lingkaran dengan jari-jari dimasukkan user. Hitung jarak tempuh S, dengan kec v, dan waktu t (detik), dengan rumus S = v * t. Buatlah program konversi detik ke hari, jam, menit! Rumus : 1 hari = 86400 detik; 1 jam = 3600 detik dan 1 menit = 60 detik.

PENGAMBILAN KEPUTUSAN ~PERCABANGAN~ Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Setelah ini, mahasiswa : Menjelaskan tentang operator kondisi (operator relasi dan logika) Menjelaskan penggunaan pernyataan if Menjelaskan penggunaan pernyataan if-else Menjelaskan penggunaan pernyataan if dalam if Menjelaskan penggunaan pernyataan switch

Topik Percabangan if Percabangan if-else Percabangan if-else if-else Percabangan switch

PERCABANGAN/PENGAMBILAN KEPUTUSAN Percabangan (branch) di dalam pemrograman digunakan oleh komputer untuk menentukan langkah kerja Percabangan menggunakan operator kondisional yang akan menghasilkan nilai benar/true/1 atau salah/false/0. Jika nilai yang dihasilkan benar, maka perintah akan dilaksanakan, sedangkan jika salah, maka perintah tidak akan dilaksanakan.

Pengambilan Keputusan/percabangan Pernyataan-pernyataan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan/percabangan: Pernyataan if Pernyataan if-else Pernyataan switch Pernyataan-pernyataan diatas memerlukan suatu kondisi -> dibentuk dengan operator relasi dan/atau operator logika.

Contoh Kondisional bernilai benar (TRUE) 5 > 3 bernilai salah (FALSE) bernilai (FALSE) 5 > 3 6 < 2 45 != 34 (5 + 4) <= (3x3) 6/7 >= 12/17 1 == 2 1

Operator Relasional Operator relasi menghasilkan kondisi BENAR atau SALAH

Contoh operator relasional

Operator Logika

Operator Logika

Prioritas Operator Relasional

Perintah If Perintah if dibedakan menjadi 3 bentuk : If sederhana If-else Nested-if

If Sederhana if (kondisi) statement if sederhana adalah bentuk if dengan 1 cabang. Pola : Aturan: Jika kondisi bernilai 1 maka statement akan dikerjakan. if (kondisi) statement

Flowchart If Sederhana

if sederhana : contoh 1 Program untuk menentukan kelulusan. Dinyatakan lulus apabila nilai >= 60.

if sederhana : contoh 2 Program menentukan cuaca. Apabila suhu > 27 maka cuaca panas.

if sederhana : contoh 3 Program untuk memeriksa jawaban. Jika jawab = 0 berarti benar.

if sederhana : contoh 4

If-else if (kondisi) statement-1 else statement-2 If-else adalah Bentuk if dengan 2 cabang. Pola : ATURAN : Jika kondisi bernilai 1, maka Statement-1 yang dikerjakan. Jika kondisi bernilai 0, maka Statement-2 yang akan dikerjakan. if (kondisi) statement-1 else statement-2

Flowchart If-else

If-else: contoh 1 Program menentukan lulus/gagal.

If-else: contoh 2 Program menentukan jawaban.

If-else: contoh 3 Program menentukan vokal/konsonan

Percabangan if-else if-else adalah bentuk if dengan banyak cabang. Pola : if (kondisi-1) statement-1 else if (kondisi-2) statement-2 ........ else if (kondisi-n) statement-n else statement

Percabangan if-else if-else Aturan Jika kondisi-1 bernilai 1, maka statement-1 akan dikerjakan Jika kondisi-1 bernilai 0, maka akan mengecek kondisi-2 Jika kondisi-2 bernilai 1, maka akan mengerjakan statement-2 Jika kondisi-2 bernilai 0, maka akan mengerjakan kondisi yang ada dbawahnya (begitu seterusnya sampai percabangan ke-n) Dan jika pada kondisi-n bernilai 0 maka statement didalam else yang akan dikerjakan

Flowchart Percabangan if-else if-else Logical expression Logical expression N N Statements 3 Y Y Statements 1 Statements 2 .....

Percabangan if-else if-else: contoh 1 Program menentukan cuaca.

Percabangan dengan switch Perintah ini digunakan sebagai alternatif pengganti dari sintaks if … else secara sederhana dimana alternatif pilihan bisa lebih dari satu. Namun switch tidak bisa digunakan untuk pilihan yang mengandung suatu kondisi tertentu. Dengan perintah ini program percabangan akan semakin mudah dibuat dan dipelajari

Statement switch switch (ekspresi) { case item-1 : statement-1; break; statement-n; default : statement;

Evaluasi switch Ekspresi akan dievaluasi, kemudian akan dicari item yang nilainya sama dengan nilai ekspresi. Jika ditemukan item yang cocok, maka statement item tsb dieksekusi. Jika tidak ada item yang cocok, maka statement default yang dieksekusi. Item hanya boleh berupa konstanta.

Flowchart Switch

Contoh switch

Contoh switch 2

Nested IF Pernyataan if di dalam if Di dalam suatu pernyataan if (atau if-else) bisa saja terdapat pernyataan if (atau if else) yang lain. Bentuk seperti ini dinamakan sebagai nested if.

Nested If (IF bersarang)

Jangan hanya membayangkan kodingnya....... Lets Practice.... Jangan hanya membayangkan kodingnya....... Latihan.... Mencoba

Latihan 1. Buatlah program yang akan menerima 2 buah angka integer dan menentukan bilangan terbesar dari kedua angka tsb. 2. Buatlah program yang akan menentukan posisi saklar lampu (ON/OFF). Apabila user memasukkan nol berarti kondisi OFF, sedangkan jika memasukkan satu berarti ON.

5. Buatlah program yang akan meminta user memasukkan 3 harga barang 5. Buatlah program yang akan meminta user memasukkan 3 harga barang. Apabila jumlah ketiga barang tersebut > 100000, maka akan diberikan potongan 10% dari total harga. Setelah itu, tuliskan ke layar total harga yang harus dibayar user.

6. Buatlah program untuk memeriksa sebuah angka masukan user (tidak nol), termasuk negatif/positif dan genap/ganjil

Tugas Buatlah program untuk mengecek apakah suatu segitiga sama sisi atau bukan, dengan input sisi dari user! Buatlah program untuk mengetahui kuadran dari inputan koordinat x dan y! Buatlah sebuah program untuk menentukan kondisi pintu air. User akan memasukkan sebuah nilai pecahan yaitu tinggi air (dalam meter). Apabila tinggi air <= 500.0 m, status AMAN, tinggi air antara 500.1-600.0 m status WASPADA, tinggi air antara 600.1-650.0 m status SIAGA 2, tinggi air >650m status SIAGA 1. Buatlah algoritma dan flowchart untuk 3 soal di atas. (Ditulis tangan)

No 1- 3 di demokan pada saat pertemuan selanjutnya. No 4 dikumpulkan

Next Week Perulangan (Looping)