Analisis Kelebihan E-Commerce dan Pengalaman IndonesiaInteractive oleh S. Nemba Tangkeallo Indonesia Interactive Project Manager Jakarta, Maret 2000
2 Trend Bisnis Internet: 6 C Sumber: Goldman Sachs Consumer Internet/ Online Services Connectivity Community Context Search Commerce Content Communications Connectivity & Communication AOL Context Yahoo! Content MSN Search engine dan navigation, contoh: Yahoo!, Excite Akses ke internet, contoh: Pacific, UUnet , chat, instant message, contoh: ICQ, Hotmail Transaksi online, contoh: Amazon, CD Now Komunitas pengguna di internet, contoh: Geocities, Tripod MSN, CNN, ABC News
3 Paradigma Baru: E-Commerce Source : AT Kearney World Economy Digital Economy Global Economy Industrial Economy Service Economy Agricultural Economy
4 Perkembangan E-Commerce Generasi 1: Internet sebagai media promosi perusahaan melalui situs web atau brosur elektronis. Perusahaan di Indonesia paling banyak berada pada tahapan ini. Generasi 3: Layanan informasi yang terintegrasi, secara otomatis tanpa intervensi manusia. Content juga bersifat personalized sesuai keinginan pengguna. Informasi diakses menggunakan bermacam media, misalnya seluler (handphone). Generasi 2: Pengguna telah dapat melakukan pemesanan produk melalui internet (aplikasi E-Commerce). Namun deal-nya tetap membutuhkan manusia sebagai decision maker. Contoh: I-2 Mall, Sanur Book Store, Plasa.com
5 Perkembangan E-Commerce (2) Transformasi Bisnis bergeser dari model bisnis konvensional (brick and mortar) online model. Toko Tradisional Online Stores Information Technology Digitalization
6 Jangkauan lebih luas (dunia). Penghematan sumber daya: ruang untuk toko (fisik) SDM Availabilitas: buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Skalabilitas: dapat diperluas atau diperbanyak item barang tanpa batasan. No Tax (belum jelas regulasi mengenai pajak). KELEMAHAN/KERUGIAN: Isu security berkaitan dengan sistem pembayaran dengan kartu kredit. No cash payment. Keuntungan Online Stores
7 Sumber: * Warburg Dillon Read ** APJII *** AC Nielsen Survey **** IDNIC Internet di Indonesia Populasi Indonesia: 210 juta jiwa. Populasi PC: 2 juta PC penetrasi PC = 0,95%.* Jumlah ISP: 70 lisensi, 35 operasional.** Jumlah pelanggan internet: 200 ribu pelanggan penetrasi pelanggan internet = 0,095%.* Jumlah pengguna internet: pengguna (status: Juni 1999).** Yang pernah berbelanja di Internet: pengguna <10% dari total pengguna.*** Jumlah domain: >5.400 domain.****
8 Sumber: * AC Nielsen Survey ** Survei Mars E-Commerce di Indonesia Dari seluruh total pengguna Internet, yang pernah berbelanja (transaksi di internet) < 10 %.* Alasannya: masalah keamanan dalam pembayaran (security) kekuatiran akan kualitas barang budaya “shopping as a leisure” (lebih suka berbelanja secara langsung karena sekaligus rekreasi) Jenis produk yang diminati di Indonesia: ** buku software/hardware komputer elektronik peralatan kantor/tulis peralatan olahraga pakaian
9 Sumber: Forrester Research E-Commerce di Indonesia (2) E-Commerce diperkirakan akan ‘booming’ di Indonesia pada tahun 2003 dengan total transaksi mencapai USD 1,200 juta.
10 Indonesia Interactive (I-2) adalah suatu layanan berupa content internet (portal) yang disediakan oleh Indosat. I-2: Portal Pertama di Indonesia Alamat: Diluncurkan: Juni 1997 Portal pertama di Indonesia. Rentang portal: Business, Travel, Entertaiment, Shopping, Community, News. Visi: Menyediakan informasi terlengkap mengenai Indonesia.
11 Strategi Pengembangan Tahap awal: pengembangan I-2 sebagai suatu horizontal portal, dengan modul-modul: BusinessTravelEntertainmentCommunity M a l l News Center Tahap berikutnya: pendalaman setiap modul secara vertikal, untuk menghasilkan revenue, baik dari transaksi maupun advertising.
12 Siapa Pengguna I-2? Total hit: 15 juta/bulan Total request (page view): 3,5 juta/bulan Total user: > user/bulan
13 Popularitas I-2: Jumlah Hit 1998: 2,6 juta/bulan 1999: 16,0 juta/bulan growth: > 500%
14 Popularitas I-2: Jumlah User 1998: user/bulan 1999: user/bulan growth: 164,3%
15 Pengalaman Pengembangan E-Commerce di I-2
16 I-2 Mall Virtual Mall. Pembayaran dengan Kartu Kredit dan ATM. Security dengan SSL dari Verisign. 10 merchant.
17 User requirement Bisnis Model Merchant Developing content Penyiapan data dari pihak Merchant Pelatihan operasional Evaluasi/site debugging LaunchingPromosi Metode Pengembangan Proses Pengembangan situs E-Commerce di I-2 dengan metode TAILOR- MADE (sesuai keinginan Merchant)
18 Kelebihan yang dimiliki I-2 Pembuatan situs E-Commerce dengan solusi yang lengkap dan murah tanpa ada hidden cost. Promosi di portal I-2 dengan leluasa (sinergi dengan portal I-2 yang telah lebih dahulu populer). Pembuatannya fleksibel TAILOR-MADE, spesifik sesuai keinginan merchant. I-2 akan bertanggung jawab penuh terhadap system yang berjalan dan Merchant akan bertanggung jawab penuh terhadap produk dan administrasinya. Sistem akan dibuat oleh I-2 dengan mudah sehingga tidak perlu tenaga yang advance untuk mengoperasikan situs ini dengan baik.
19 Kendala yang Ada Penyiapan data yang selalu mengalami keterlambatan dari pihak Merchant. Kurangnya edukasi pasar tentang benefit dari situs E- Commerce itu sendiri. Masih banyaknya anggapan orang bahkan dari pihak merchant sendiri bahwa site E-Commerce pada saat ini hanya sebagai media iklan yang berisi katalog produk. Kendala di sisi security yang mengakibatkan orang belum percaya terhadap teknologi ini. Banyaknya fraud yang masih ditemukan di beberapa transaksi.
20 Peluang Kerjasama dengan I-2 Pengembangan E-Commerce: kerjasama sebagai merchant dengan pola bagi hasil dari transaksi. Penentuan Business Model (skema kerjasama, revenue sharing) Development Setup Roll over and promotion Contact Person: S. Nemba Tangkeallo - I-2 Manager
21 Biaya-biaya Setup and Development Cost Biaya pengembangan sistem (one time charge). Monthly Fee Biaya bulanan untuk hosting situs dan maintenance rutin Rp 1 juta/bulan. Transaction Fee Sharing revenue berdasarkan transaksi yang terjadi (negosiable)
22 Penutup E-Commerce merupakan peluang bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional. Diperlukan upaya bersama untuk: Sosialisasi dan edukasi pasar E-Commerce Indonesia. Penyiapan infrastruktur fisik yang mendukung aplikasi E-Commerce. Penyiapan regulasi yang kondusif bagi E-Commerce. Peningkatan kualitas produk nasional agar dapat memenuhi standar internasional dalam menembus pasar global.
23 Terima kasih