IX INTERAKSI IX / 1 PIRANTI Interaksi Manusia & Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Advertisements

Interaksi Manusia & Komputer SUPPORTED COOPERATIVE WORK XIII / 1 XIII I. II. Tujuan Instruksional khusus Mahasiswa dapat mengerti dan memahami system pendukung.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPUTER HARDWARE.
Pertemuan ke 3 Oleh : Muh. Ary Azali. Peralatan Input (Input Device) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori.
PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
XI XI / 1 Arsitektur & Organisasi Komputer I INPUT / OUTPUT
MENGETIK DOKUMEN SEDERHANA
DASAR-DASAR MICROSOFT WORD
DASAR-DASAR MICROSOFT EXCEL
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
ALAT-ALAT INPUT.
Keyboard Cara memasang keyboard:
Interaksi Manusia dan Komputer – Slide 3
XII INPUT/OUTPUT XII / 1 Arsitektur & Organisasi Komputer I SISTEM
Kurniawan Teguh Martono, MT Kuliah 4 : Interaksi Manusia dan Komputer.
Pertemuan 7 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST.,M.Eng
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Profil Komputer.
Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 b
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Piranti Interaktif INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
PERANGKAT KERAS MASUKAN
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PERTEMUAN 6 PIRANTI INTERAKSI.
Pengantar Teknologi Informasi
Piranti Interaktif.
Piranti Interaktif.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Keras Multimedia
Haryo Nur S Ula Izdihar Azizah
H A R D W A R E K O M P U T E R.
Jhon Enstein Wairata, S.Kom Enstein17.wordpress.com.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Pert 8 PIRANTI INTERAKTIF.
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
Hardware: Input and Output
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
SI122 Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
BAB 3 PERANTI MASUKKAN.
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
Komponen Sistem Komputer: Input Output Device
Komponen perangkat input
Interaksi Manusia dan Komputer
Piranti masukan data tekstual utama. Tata letak keyboard:
Definisi hardware input
Interaction Devices and Input-Output
Kinds Of Input/Interaction Devices
Rani Susanto, M.Kom Teknik Informatika – UNIKOM 2017
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Peralatan Input (Input Device)
Piranti Interaktif.
Pengantar Teknologi Informasi
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
KEYBOARD.
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
Piranti Interaktif.
Komponen input dan output komputer
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

IX INTERAKSI IX / 1 PIRANTI Interaksi Manusia & Komputer Tujuan Instruksional khusus Mahasiswa dapat mengerti fungsi piranti yang berinteraksi dengan system komputer Daftar Materi Pembahasan Keyboard Piranti Penunjuk Pengenalan, Digitisasi, dan Penghasilan Ucapan Tayangan Gambar dan Video Printer Teknik Informatika http://www.mercubuana.ac.id FTI UMB

dihafal, beberapa sistem tidak konsisten. Interaksi Manusia & Komputer Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai. Function keys IX / 3 · Untuk fungsi-fungsi khusus. Biasa diberi label F1 ... F12 atau PF1 ... PF24, Positif: mengurangi ketukan dan kesalahan. · Negatif: letaknya jauh dari home position, fungsinya harus dihafal, beberapa sistem tidak konsisten. Tombol-tombol pergerakan kursor Tata letak yang terbaik adalah yang alami. Populer: T-terbalik (a). Biasa mempunyai typematic {auto repeat). · Pergerakan lainnya dengan tombol TAB, HOME, END, dsb. Piranti Penunjuk · Piranti penunjuk (pointing devices) digunakan untuk menunjuk dan memilih di layar pada sistem manipulasi langsung. Kelebihan: Mengurangi kesalahan ketik pada keyboard. · Dapat memusatkan perhatian pada tampilan. · Enam tugas interaksi piranti penunjuk (Foley et al.): Select: memilih dari seperangkat item, · Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih. Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur atau kurva. Quantify: menentukan nilai numerik. · Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks. · Ada dua kelompok piranti penunjuk: · Direct pointing devices: kendali langsung di permukaan layar. Indirect pointing devices kendali tak langsung, terpisah dari permukaan Teknik Informatika http://www.mercubuana.ac.id FTI UMB

·Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar Mendeteksi gerakan Interaksi Manusia & Komputer ·"Mouse terbalik". ·Tidak memakan banyak tempat. · Banyak digunakan pada laptop. IX / 5 · Joystick ·Baik untuk tracking. ·Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah. Trackpoint (pointing stick) ·Joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara tombol- tombol keyboard dan digerakkan jari tangan. Graphics tablet ·Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar Mendeteksi gerakan stylus atau puck. ·Keuntungan: -Posisi tangan nyaman. -Tidak perlu menunjuk layar. -Permukaan luas. · Touchpad ·Permukaan peka sentuh yang biasa digunakan pada laptop. ·Nyaman seperti touch screen namun tidak perlu langsung menyentuh layar. Teknik Informatika http://www.mercubuana.ac.id FTI UMB