Pemrograman Berorientasi Objek Chapter 03 Meizano Ardhi M., S.T.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Membuat class sendiri.
Introduction to Object in BlueJ
Kelas & Objek.
PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.
Abstract Class & Interface
CLASS DIAGRAM.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
KelompoK 4 Agus Dwi Prayogo / 2928 Rian Chikita / 2942
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
MINGGU 5 Java Programming (MKB614C)
Desain Berorientasi Obyek dan UML
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
PEMODELAN SISTEM INFORMASI
Hubungan Antar Kelas.
07 Advanced Class Features
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
1 Pertemuan 3 Unified Modeling language (UML) Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
CLASS DIAGRAM.
PHP - Pemrograman Berorientasi Obyek
11. Konsep Berbasis Object (Object-Oriented Concept)
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
OBJEK dan KELAS Sutrisno PTIIK-UB.
Inheritance dan Kata Kunci static
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
DASAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Pemrograman Berorientasi Object
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Constructor dan Overloading
Pemrograman Berorientasi Object
Inheritance Pertemuan 8
Outline: Abstract Class Interface Boxing dan Unboxing
MODIFIER JAVA.
Pertemuan 4 Class, object & Variable
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Constructor overloading
Association, Composition dan Inheritance
KONSEP OOP INHERITANCE (PEWARISAN) Encapsulation (enkapsulasi)
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
CLASS DIAGRAM Pertemuan 6.
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Kelas & Objek.
PEMODELAN SISTEM INFORMASI
KELAS & OBJEK SUSSI.
Membuat Kelas.
1.3 Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.
UML Class Diagram.
Objects in Java U Abd. Rohim, MT mailto:
Konsep Object Oriented
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
Membuat Class Sendiri.
Algoritma dan Struktur Data
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
KelompoK 4 Agus Dwi Prayogo / 2928 Rian Chikita / 2942
Pertemuan 1 Class dan Objek.
- PERTEMUAN 1- CLASS Mustazzihim Suhaidi,M.Kom
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
- PERTEMUAN 2- CONSTRUCTOR
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Pemrograman Berorientasi Objek Chapter 03 Meizano Ardhi M., S.T.

Membuat Objek • Views of a Class • Mendefinisikan Class sendiri • Mendeklarasikan Instance Variables • Mendeklarasikan Methods • Mengirim pesan (Sending Messages)

Membuat objek • Kita akan mendesain sebuah mobilPBO. • Sebagai orang yang berorientasi objek, kita menganggap mobilPBO sebagai objek yang memiliki properties & capabilities. • Kita akan membuat kelas untuk memodelkan mobilPBO dan membuat instances dari class tersebut.

mobilPBO • Spesifikasi dasar dari mobilPBO ini adalah: – Mempunyai mesin dan ban untuk bergerak – Mempunyai pintu sehingga orang bisa keluar dan masuk – Dapat bergerak maju dan mundur – Dapat berbelok ke kanan dan ke kiri – Apa properties mobilPBO tersebut? – Apa capabilities (kemampuan) mobilPBO tersebut?

– Apa properties mobilPBO tersebut? – Mesin, roda, dan pintu – Apa capabilities (kemampuan) mobilPBO tersebut? – Bergerak maju, bergerak mundur, belok kanan, belok kiri – Kemampuan untuk mengkonstruksi (constructor), semua objek memiliki kemampuan untuk membuat konstruksi dirinya sendiri (ketika ada message dari objek lain) – Bagaimana ini akan terlihat di dalam java? – Properties direpresentasikan oleh instance variables – Capabilities direpresentasikan oleh methods

package Demos.Mobil; /* class ini memodelkan kendaraan yang bisa bergerak dan berbelok */ public class mobilPBO { // deklarasi class // memulai definisi class awal dengan mendeklarasikan instance variable private Mesin _mesin; private Pintu _pintuSupir, _pintuPenumpang; private Roda _rodaSupirDepan, _rodaSupirBelakang, _rodaPenumpangDepan, _rodaPenumpangBelakang; public mobilPBO() { // mendeklarasikan constructor // konstruksi komponen objek _mesin = new Mesin(); _pintuSupir = new Pintu(); _pintuPenumpang = new Pintu(); _rodaSupirDepan = new Roda(); _rodaSupirBelakang = new Roda(); _rodaPenumpangDepan = new Roda(); _rodaPenumpangBelakang = new Roda(); } // akhir construksi untuk mobilPBO

// mendefinisikan dan mendeklarasikan methods public void gerakMaju() { // kode untuk menggerakkan mobilPBO ke depan } public void gerakMundur() { // kode untuk menggerakkan mobilPBO ke belakang } public void belokKiri() { // kode untuk membelokkan mobilPBO ke kiri } public void belokKanan() { // kode untuk menggerakkan mobilPBO ke kanan } } // akhir kelas mobilPBO

• Begitulah bentuk dasar dari kelas mobilPBO. • Sekarang kita tahu bagaimana menulis kelas dengan properties (variables) dan capabilities (methods).

Properties • Kita akan melihat representasi dari objek mengenai tiga tipe properties. Yaitu: • Komponen (components) • Asosiasi dengan objek lain (associations with other objects) • Atribut (attributes)

• Pada sebelumnya, mobilPBO memiliki mesin, pintu dan roda, ini disebut komponen • Bisa dikatakan bahwa mobilPBO dibentuk (composed of) dari mesin, pintu dan roda • Containment adalah ketika satu kelas adalah komponen dari yang lain

• Bagaimana menentukan containment? • Class mobilPBO memiliki instance variable bertipe Mesin • Class mobilPBO membuat instance bertipe Mesin • Maka mobilPBO mengandung (contain) Mesin • Bagaimana menggambar containment? Demos.Mobil.Mesin Demos.Mobil.mobilPBO _mesin

• Kita andaikan kita memiliki objek Kota • Maka kota akan mengandung – Taman – Sekolah – Jalan – mobilPBO – dll

• MakaKota akan bisa memanggil method: – Sekolah – Taman – Jalan – mobilPBO • Ada relasi antara Kota dan mobilPBO, tapi ini tidak simetris!

• Taman, sekolah, jalan dan mobilPBO tidak secara otomatis memiliki akses ke Kota. Mereka tidak bisa memanggil method ke Kota • Kita akan membuat asosiasi dengan objek.

• Bagaimana menentukan relasi asosiasi? – Kita akan menambahkan class mobilPBO sebuah instance variable bertipe Kota – Karena class mobilPBO tidak membuat instance bertipe Kota, maka Kota tidak akan di-contain oleh mobilPBO – Sederhananya: class mobilPBO “tahu tentang” Kota • Bagaimana gambar diagramnya? Demos.Mobil.mobilPBO _kota Demos.Mobil.Kota

Attributes • mobilPBO memiliki attributes tertentu: • Warna • Ukuran • Posisi • Dll • Bagaimana gambar diagramnya? Demos.Mobil.mobilPBO Warna _warna

mobilPBO Class Box Mesin _mesin Pintu _pintuSupir, _pintuPenumpang Roda _rodaSupirDepan, _rodaSupirBelakang, _rodaPenumpangDepan, _rodaPenumpangBelakang Kota _kota Warna _warna gerakMaju gerakMundur gerakKiri gerakKanan

Class Diagrams • Diagram class menunjukkan bagaimana class berhubungan dengan kelas lain • Kotak mepresentasikan class • Hubungan antar kelas ditunjukkan dengan garis • Properties penting memiliki nama dan referensi ke kotak class yang merepresentasikan tipenya • Atribyt memiliki tipe dan identifier (tapi tidak menunjukkan referensi) mobilPBO _kota _mesin Warna _warna gerakMaju gerakMundur belokKiri belokKanan Kota Tahu tentang Mesin Mengandung Pesan: Properties dan Capabilities dari Kota dan Mesin dihilangkan untuk kemudahan Catatan:Pintu dan Roda dihilangkan untuk kemudahan