Pemograman DEBUG.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
JWASM Input Keyboard.
Advertisements

Program Bahasa Rakitan Tanpa DEBUG.COM
Flags.
OPERASI ARITMATIKA OPERASI PENAMBAHAN 1. ADD
Turbo Assembly Operasi Aritmatika.
BAB IV MODE PENGALAMATAN
Bahasa Assembley & Program COM
POINTER A. PENDAHULUAN Tanpa pointer untuk memindahkan data dari suatu variabel ke register 8 bit, maka variabel tersebut haruslah 8 bit juga yang dapat.
Bhakti Yudho Suprapto, MT
Procedure. Procedure???? Procedure merupakan suatu alat bantu yang sangat berguna. Dengan procedure, suatu program yang besar dapat disusun secara terstruktur.
JWASM Macro.
Macro. Macro ???? Macro hampir sama dengan procedure, yang dapat membantu anda dalam membuat program yang besar. Dengan Macro anda tidak perlu menggunakan.
Turbo Assembly Stack.
Bahasa Pemograman.
Turbo Assembly Membuat Program .EXE.
Turbo Assembly Mencetak Kalimat.
Turbo Assembly Masukan dari Keyboard.
REGISTER Oleh : Oman Somantri, S.Kom
Struktur Register dan Metode Pengalamatan Memori
DEBUG.
Dasar pemrograman Mikroprosesor 8086
Mikroprosesor 8086 dan 8088.
Pemrograman Mikroprosesor
Turbo Assembler TASM.
Mode Pengalamatan Mengatasi keterbatasan format instruksi
Procedure. Procedure???? Procedure merupakan suatu alat bantu yang sangat berguna. Dengan procedure suatu program yang besar bisa diselesaikan dengan.
JWASM Mencetak angka.
BAHASA RAKITAN BAGIAN 3.
REGISTER.
Operasi Layar.
Bahasa RakitanABM 1 Kuliah 3: 3.1. Debugging dan TASM 3.2. Interrupt Kuliah 3: 3.1. Debugging dan TASM 3.2. Interrupt.
Mode Pengalamatan.
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Pertemuan 1 Mengapa Belajar Bahasa Rakitan ??
EE-2623 Mikroprosesor & Antarmuka
SISTEM BILANGAN DAN REGISTER
OPERASI ARITMATIKA.
Program Bahasa Rakitan dengan DEBUG.COM
Arsitektur Perangkat Lunak 8086
BAHASA RAKITAN BAGIAN 1.
BAHASA RAKITAN BAGIAN 2.
1 Pertemuan 11 Akses langsung ke memori Video Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Praktikum 6.
Arsitektur Mikroprosessor 8086
1 Pertemuan 3 Komponen Sistem Komputer dan Register pada prosesor 8088 Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: versi 1.0 / revisi 1.0.
Pengenalan Assembler.
Program Bahasa Rakitan dengan DEBUG.COM
BIOS, DOS, dan String.
Mode Pengalamatan Mengatasi keterbatasan format instruksi
EE-2623 Mikroprosesor & Antarmuka
Stack dan Procedure.
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
ARSITEKTUR INTERNAL MIKROPROSESOR 8086
ARSITEKTUR INTERNAL MIKROPROSESOR 8086
Struktur Register dan Metode Pengalamatan
REGISTER.
Mikroprosesor 8086 dan 8088.
Pengenalan Assembler.
Instruksi-instruksi pada 8086
BAB III REGISTER 8088 Mikroprosesor 8088 berorientasi pada register
OPERASI PADA LAYAR.
Pertemuan 6 Instruksi Bahasa Rakitan 8088
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
BAHASA RAKITAN BAGIAN 1.
Mode Pengalamatan Mulyono.
Pertemuan 4 Central Processing Unit
Struktur Register dan Metode Pengalamatan Memori
ARSITEKTUR INTERNAL MIKROPROSESOR 8086
CHAP 6 SET INSTRUKSI MEMORI
Karakteristik Set Instruksi 14 JP. Karakteristik Set Instruksi Pengertian Set Instruksi Set instruksi adalah kumpulan dari instruksi yang dapat dijalankan.
Transcript presentasi:

Pemograman DEBUG

Pengertian DeBUG berasal dari kata The BUG yg berarti KUTU Program yg digunakan utk pelacakan sistem Komputer Menggunakan Bahasa Mesin (Assembler) utk pemogramannya Ditujukan langsung ke sistem Register Komputer (Memory Komputer)

Sistem Register Komputer Ada 8 macam register Register A (AH dan AL  AX) Register B (BH dan BL  BX) Register C (CH dan CL  CX) Register D (DH dan DL  DX) Register ES dan CS Register DS (Data Segment) Register SP (Stack Pointer) Register F (Flag)

Register yang paling umum digunakan dan terlibat langsung dalam operasi Prosesor antara lain : A (Accumulator) : digunakan untuk penampungan data umum B (Base) : digunakan untuk nilai dasar C (Counter) : digunakan untuk nilai pengulangan D (Data) : digunakan utk penyimpanan data pengolahan

Memulai DEBUG Dapat dimulai dari prompt Windows, dengan langkah : Masuk ke sistem DOS (Command) - Klik Star  Run  ketikkan CMD lalu Enter Pindah Directory : CD\ lalu enter Dari C:\> (prompt C) ketikkan DEBUG lalu Enter Dengan tanda hypenation ( _ ) maka debug siap dioperasikan

Tampilan…

Perintah-perintah DEBUG Secara umum perintah DEBUG dapat dilihat dengan cara : Ketikkan tanda tanya (?) pada hypenation DEBUG _? (enter) Perintah DEBUG dapat dimulai dengan mengetikkan huruf awal perintah sbb: A C D E F G H I L M N O P Q R S T U W

Perintah Debug A (Assembler) C (Compare) D (Dump) E (enter) F (Fill) G (Go) H (Hex) I (Input) L (Load) M (Move) N (Name) O (Output) P (Process) Q (Quit) R (Register) S (Search) T (Trace) U (UnAssemble) W (Write)

Register Komputer AX (AH dan AL) BX (BH dan BL) CX (CH dan CL) DX (DH dan DL) Flag ES IP

Dasar Pemograman Assembler Memulai Assembler dengan Debug _ A100 (A= Assembler, 100=lokasi memori awal tempat program assembler dibuat) xxxx:0100 _

Perintah-perintah Dasar Assembler MOV : memindahkan data dari regiter  register atau Register  Memory Sintaxnya : MOV [register,nilai] Misalnya MOV AX,02 atau MOV [register,register] misalnya MOV AX,DX ADD : menambahkan isi register dengan Nilai register lainnya Sintaxnya : ADD [register] misalnya ADD AX

INC DEC INT LOOP Interupsi 10 (service 02 dan service 09) Service untuk pengaturan tampilan ke layar Interupsi 20 ; mengakhiri program Interupsi 21 ; layanan Sistem Operasi LOOP

Program Aplikasi dengan DEBUG/Assembler

Menampilkan Informasi ke Layar Interupsi 10 Service 9 Menampilkan karakter ke layar Data Service diisikan pada register AH Data huruf diisikan pada register AL Halaman Layar dibuat 0 pada Register BH Warna pada layar diisikan pada register BL dengan ketentuan bit MSB background dan LSB foreground, misalnya 17 berarti warna Background 1 (blue) dan foreground 7 (putih) nilai dikategorika pada warna RGB Banyak karakter yang ditampilkan diatur dengan nilai CX

Misalnya MOV AH,9 MOV AL,43 MOV BH,0 MOV BL,17 MOV CX,1 INT 10 INT 20

Latihan Tampilkan lah 10 huruf A Penyelsaian : MOV AH,9 //mengisikan nilai service int10 MOV AL,41 //mengisikan karakter ASCII A MOV BH,0 //mengatur mode halaman layar MOV BL,17 //mengatur warna tampilan MOV CX,A //mengatur nilai pengulangan INT 10 //interupsi berhbgn layar INT 20 //mengakhiri program

Mengatur Posisi Kursor Interupsi 10 service 2 Data service diisikan pada register AH Posisi Baris kursor diisikan pada register DH Posisi Kolom Kursor diisikan pada register DL Posisi halaman layar dibuat 0 dan diisikan pada register BH

Misalnya MOV AH,2 MOV DH,C //nilai C = 12 MOV DL,24 MOV BH,0 INT 10

Latihan Tampilkanlah satu huruf A berwarna merah berlatar putih ditengah layar Asumsi : layar komputer mode text berukuran resolusi 80x25 (kolomxbaris)

MOV AH,2 MOV DH,C //nilai C = 12  baris MOV DL,24 //nilai 24= 36  kolom MOV BH,0 INT 10 MOV AH,9 //mengisikan nilai service int10 MOV AL,41 //mengisikan karakter ASCII A MOV BH,0 //mengatur mode halaman layar MOV BL,47 //mengatur warna tampilan MOV CX,1 //mengatur nilai pengulangan INT 10 //interupsi berhbgn layar INT 20 //mengakhiri program

Tugas dan Latihan Buatlah tampilan Bendera Merah Putih di Sudut Kanan Atas, panjang bendera 10 karakter. (ASCII karakter kosong/spasi adalah 20)

Analisa Logika Program MOV AH,2 MOV DH,1 // 1=baris 2=baris 2 MOV DL,46 //nilai 46= 70  kolom MOV BH,0 INT 10 MOV AH,9 //mengisikan nilai service int10 MOV AL,20 //mengisikan karakter ASCII Spasi MOV BH,0 //mengatur mode halaman layar MOV BL,44 //44=merah 77=putih MOV CX,A //panjang karakter bendera INT 10 //interupsi berhbgn layar INT 20 //mengakhiri program

Fungsi / Prosedure Adalah suatu rutin program yg dilakukan utk mengerjakan suatu modul tertentu yang merupakan bagian dari program induk. Program Induk ….. ……. Fungsi

Implementasi Fungsi dalam DEBUG Perintah CALL … RET Digunakan utk menjalankan suatu fungsi Perintah PUSH … POP Digunakan utk menyimpan nilai Register ke StackPointer dengan tujuan agar Nilai ini dapat di pakai kembali jika proses selesai. Push…Pop menganut sistem FILO (First IN Last OUT)

Implementasi Call Ret pada Aplikasi Bendera

Aplikasi Animasi dengan Debug Membuat Suatu karakter (huruf O=4F) bergerak dari pinggir kiri layar ke kanan layar di posisi tengah layar

Tugas