STATEMEN READ-DATA 10 READ A10 READ A,B,C 20 DATA 2,3,420 PRINT A,B,C 30 READ B,C30 END 35 PRINT A,B,C40 DATA 2,3,4 40 ENDOk Ok STATEMEN RESTORE 10 READ.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALGORITMA 3 April Pseudocode Flowchart #3 STIKOM.
Advertisements

Flowchart (Diagram Alur)
Introduction to Algorithm evaluation Soal Matrikulasi Buka Buku
Bab 2 Struktur Dasar.
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Soal-Soal Latihan Mandiri
- PERTEMUAN 5 & 6 – PERULANGAN
Subprogram Program kecil yang melakukan tugas tertentu dan merupakan bagian dari program secara keseluruhan Keuntungan : Mudah dikodekan Mudah dipahami.
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
Konsep Pemrograman Oleh Tita Karlita
panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0
PL/SQL - LANJUTAN PERULANGAN KONDISI.
ARRAY 2 DIMENSI Array dua dimensi sering digambarkan sebagai sebuah matriks, merupakan perluasan dari array satu dimensi. Jika array satu dimensi hanya.
WEEK 6 Teknik Elektro – UIN SGD Bandung PERULANGAN - LOOPING.
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
< > <= >= = <> lebih kecil dari lebih besar dari
Struktur Dasar Algoritma
Struktur Perulangan Week 4 & 5.
PERULANGAN Perulangan (loop) merupakan bentuk yang sering ditemui di dalam suatu program aplikasi. Di dalam bahasa Pascal, dikenal tiga macam perulangan,
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Algoritma dan Dasar Pemograman
1. SISTEM OPERASI Sistem Operasi (OS) adalah software yang dipergunakan untuk mengatur bekerjanya peralatan komputer. OS harus dimasukkan dulu ke dalam.
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
ALGORITMA DEFINISI & FLOWCHART
OPERASI MASUKKAN-KELUARAN
Struktur Kontrol: Keputusan
Cakupan Graf (Lanjutan) Pertemuan 7.
ALGORITMA PSEUDOCODE Pertemuan Ke-2 Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom
PERTEMUAN KE 5 PROSES BERULANG.
Pengantar Komputer Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Gunadarma
Struktur seleksi.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Operasi Perulangan pada FORTRAN Pertemuan 6
SUBROUTINE SUBROUTINE program bagian : suatu bagian dari program yang didefinisikan secara terpisah dari program utama (umumnya diletakkan di bagian bawah.
Flowchart (Diagram Alur)
DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN 1A
PERULANGAN (LOOP) Proses yang mengerjakan satu atau lebih statemen secara berulang-ulang, yaitu semua statemen2 di antara statemen berpasangan : FOR-NEXT.
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
Flowchart (Diagram Alur)
Buatlah flowchart untuk pembagian 3 buah bilangan
Dasar Komputer & Pemrograman 2B
Algoritma.
APSI.
PERTEMUAN 5 PENYELEKSIAN KONDISI.
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alur)
Instruksi-instruksi pada 8086
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Flowchart.
STRUKTUR PERULANGAN.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
PERULANGAN.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
ARRAY ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1B.
STATEMEN GO TO DAN IF-THEN Pertemuan IX.
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alur)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
Flowchart (Diagram Alur)
Transcript presentasi:

STATEMEN READ-DATA 10 READ A10 READ A,B,C 20 DATA 2,3,420 PRINT A,B,C 30 READ B,C30 END 35 PRINT A,B,C40 DATA 2,3,4 40 ENDOk Ok STATEMEN RESTORE 10 READ A,B,C 20 PRINT A,B,C 30 RESTORE READ X,Y 50 PRINT “X=“;X 60 PRINT “Y=“;Y 70 DATA 2 80 DATA 3,4

STATEMEN INPUT 10 INPUT A 20 INPUT B 30 LET C=A*B 40 PRINT A;”KALI”;b;”ADALAH”;C Run ? 3 ? 5 3 kali 5 adalah 15 Ok 10 INPUT “Nilai dari data A”,A ‘bila tanda tanya tidak di- 20 INPUT “Nilai dari data B”,B ‘inginkan, gunakan koma(,) 30 LET C=A*B 40 PRINT A;”KALI”;B;”ADALAH”;C Run Nilai dari data A 4 Nilai dari data B 3 4 KALI 3 ADALAH 12 Ok

STATEMEN PENGERJAAN 10 LET A$=“INI”: b$=“ITU” 20 PRINT A$, B$ 30 SWAP A$, B$ 40 PRINT A$, B$ 50 END Run INIITU ITUINI Ok STATEMEN WRITE 10 A=5 : B=3 : A$=“ABC” 30 WRITE A,B,A$,”EFG”;A+B Run 5,3,”ABC”;”EFG”;8 Ok

STATEMEN END ; UNTUK MENGAKHIRI PROSES DARI PROGRAM SECARA PERMANEN STATEMEN STOP : BREAK IN (PROSES TERPUTUS) NAMUN DPT DILANJUTKAN DG COMAND CONT STATEMEN GOTO  Untuk membuat proses berulang-ulang tanpa henti, untuk menghentikannya menekan tombol CTRL dan BREAK  Untuk meloncat ke nomor baris tertentu untuk menghindari bagian program yg seharusnya tidak diproses

CONTOH SOAL : 15 PRINT ”CELCIUS”; 30 INPUT C 45 LET F = 1.8*C PRINT ”FAHRENHEIT:”; F 75 PRINT 80 GOTO END Run CELCIUS ? 0 FAHRENHEIT : 32 CELCIUS ? CTRL + BREAK

PENYELEKSIAN KONDISI Bila kondisi Benar maka akan dilanjutkan ke nomor baris tertentu (kondisi terpenuhi) Bila kondisi salah maka melanjutkan nomor baris berikutnya  IF (ungkapan logika) GOTO m  IF (ungkapan logika) THEN m  IF (ungkapan logika) THEN (pernyataan) 10 INPUT ”NILAI KOMPUTER”; NILAI 20 IF NILAI >= 60 THEN PRINT ”TIDAK LULUS” 40 GOTO PRINT “LULUS” 60 END Run NILAI KOMPUTER ? 40 TIDAK LULUS Ok

 IF-THEN-ELSE 10 INPUT “NILAI KOMPUTER”; NILAI 20 IF NILAI >= 60 THEN PRINT “LULUS” ELSE PRINT “TIDAK LULUS” Run NILAI KOMPUTER ? 75 LULUS Ok 10 INPUT “NILAI KOMPUTER”; NILAI 20 LULUS = NILAI >= IF LULUS THEN PRINT ”LULUS” ELSE PRINT ”TIDAK LULUS” Run NILAI KOMPUTER ? 75 LULUS Ok

Contoh Soal : Sebuah bahan A dimasukkan ke dalam sebuah pabrik. Pabrik menentukan syarat mutu bahan A sebagai berikut : MutuTindakan Baik Sedang Jelek Langsung diolah Dimurnikan dulu Ditolak 10 PRINT “MUTU BAHAN BAKU” 15 INPUT M$ 20 IF M$=”BAIK” THEN IF M$=”SEDANG” THEN PRINT “DITOLAK” 50 GOTO PRINT”MURNIKAN DULU” 70 GOTO PRINT “LANGSUNG OLAH” 90 END

START INPUT”MUTU” Y BAIK Y T SEDANG T PRINT “DITOLAK” PRINT “MURNIKAN DULU” PRINT “LANGSUNG OLAH” END

Contoh Pernyataan Hitungan B = C+DX$ = “UMAR” Y = B^2-4*A*C Y$ = “BAKRI” K(3) = 25Z$ = X$ +Y$ P$ =“564”+”6459”Z$ = “UMARBAKRI” R$(4) =“REWEL” I = I + 1 (artinya I baru = I lama +1)

VARIABEL TATAAN Variable yang mempunyai susunan beberapa nilai didalam 1 nama variabel Nilai-nilai dalam variabel tataan ditunjukkan dengan subscript/indeks Dapat berdimensi 1 sampai 255 X (I) X (I,J) baris ke I, kolom ke J X (I,J,K) STATEMEN DIM Memberitahu komputer bahwa ada variabel tataan dan jumlah subscriptnya Untuk variabel tataan yang mempunyai > 10 elemen (subscript) Banyaknya ”kotak memori” yang diminta boleh lebih dari yang diperlukan tapi tidak boleh kurang

MANFAAT VARIABEL TATAAN : DAPAT MEMBUAAT JUMLAH ELEMEN2 DATA YANG BANYAK OTOMATIS DENGAN HANYA MENGGUNAKAN 1 NAMA VARIABEL TATAAN SAJA NILAI-NILAI DATA TERSEBUT MASIH TERUS TERSIMPAN UNTUK DAPAT DIPERGUNAKAN SELANJUTNYA e.g. 10 REM *CONTOH PROGRAM SEDERHANA* 20 REM *PENGGUNAAN STATEMEN DIM DUA DIMENSI* 30 DATA 1,7,3,4,6,8,4,0,6,3 40 DATA 3,6,5,8,6,9,1,2,4,7 50 DIM X(10,10) 60 FOR J = 1 TO 5 70 FOR K = 1 TO 4 80 READ X(J,K) 90 PRINT X(J,K), 100 NEXT K 110 PRINT 120 NEXT J 130 END

Misal : 15 DIM X(15,15) akan disediakan ”kotak memori” 15 x 15 buah e.g. 10 FOR I=1 TO 4 20 READ NILAI (I) 30 TOTAL = TOTAL + NILAI (I) 40 NEXT I 50 RATA = TOTAL/4 60 PRINT ”RATA-RATA” ; RATA 70 DATA 6,8,9,3 80 PRINT NILAI(1); NILAI(2); NILAI(3); NILAI(4) RUN RATA-RATA = X(1,1) X(2,1). X(15,1) X(1,2) X(2,2). X(15,2)... X(1,15) X(2,15). X(15,15)

FLOWCHART (BAGAN ALIR) TERMINAL/INTERUPT (mulai/berhenti) PROCESS (proses operasi/perhitungan /pemberian harga awal) INPUT/OUTPUT DECISION (kondisi pilihan/keputusan) PREDEFINED (subprogram/subroutine) CONNECTOR (menyambung pada halaman berikutnya) FLOW LINES (garis-garis yg menghubungkan simbol2 flowchart)

JENIS-JENIS KESALAHAN 1. Lupa memberi no baris 2. Lupa memberi tanda * (perkalian) 3. Penggunaan tanda kurung / tanda kurung kurang 4. Statemen READ tanpa DATA / DATA kurang 5. Keterangan program tanpa statemen REM atau ’ 6. Statemen FOR tanpa NEXT / sebaliknya 7. Lupa menyertakan statemen DIM 8. Statemen GOSUB tanpa RETURN 9. Statemen GO / GOSUB ke nomor baris yang salah 10. Statemen GO yang tidak ada selesainya CTRL + BREAK 11. dll

STATEMEN : BAGIAN DARI PROGRAM YG DIMAKSUDKAN SBG PERINTAH PENGERJAAN UTK KOMPUTER Statemen kendali (Control Statement) 1. statemen END, STOP 2. statemen GOTO 3. statemen FOR-NEXT, WHILE-WEND 4. statemen IF-THEN, IF-GOTO 5. statemen GOSUB-RETURN