KOMPONEN DASAR KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Suparno Blog : Programming Language Pengen. Pengel. Data Elektronik.
Advertisements

SISTEM KOMPUTER.
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
All sections to appear here
Algorithma Pemrograman
Pengantar Teknologi Informasi
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
STMIK AKBA MAKASSAR.
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Algoritma Pemrograman
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
PERKEMBANGAN BAHASA KOMPUTER
SOFTWARE PENDUKUNG DAN PENGOPERASIAN SISTEM INFORMASI
Algoritma & Pemrograman 1B JAVA
PENERAPAN KOMPUTER BAGIAN 1. POKOK BAHASAN 1. PENGENALAN KOMPUTER 2. BAHASA BASIC DAN DIAGRAM ALIR 3. VARIABEL DAN KONSTANTA A. STATEMEN MENAMPILKAN DATA.
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
Pengenalan Pemrograman Komputer
By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.
Sistem komputer.
PERTEMUAN 4 TAHAP PEMROGRAMAN.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Sistem komputer.
Algoritma dan Pemrograman
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Mahasiswa diharapkan dapat:
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman 1
Pengenalan Pemrograman Komputer
OPERASI DASAR KOMPUTER dan PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Bahasa Pemprograman Dasar
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
Pengantar Pemrograman
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
BAHASA PEMROGRAMAN.
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
PENDAHULUAN Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.
Pengenalan Bahasa Pemrograman
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem komputer.
YOHANA NUGRAHENI Pengantar Algoritma YOHANA NUGRAHENI
PEDOMAN PENYUSUNAN ALGORITMA
Pengantar.
Elemen Dasar Komputer BAB 3.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Keterampilan komputer 1AB
Dasar-dasar Pemrograman
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma dan pemograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
SISTEM KOMPUTER Oleh : Bambang Sriwijaya.
PEMROGRAMAN I Semester I 2017/2018
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Algoritma pemrogaman komputer
Sekilas Tentang Komputer
STRUKTUR DATA OLEH: KHAIRIL ANWAR, ST.
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
Pengantar teknologi informasi
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

KOMPONEN DASAR KOMPUTER 3 1 2

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pembelajaran A. KOMPETENSI DASAR Mengaktifkan dan Mematikan Komputer dengan Prosedur yang benar B. INDIKATOR 1.1.1. Menjelaskan sejarah perkembangan komputer 1.1.2. Menjelaskan pengertian booting 1.1.3. Memperagakan cara Warm boot dan Cold boot C. TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah proses pembelajaran siswa dapat menceritakan kembali proses atau sejarah perkembangan komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang Siswa dapat menjelaskan pengertian booting, warm boot dan coold boot Siswa dapat memperagakan cara warm boot dan cool boot Siswa dapat memperagkan cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar

Agenda Pendahuluan Sistem Komputer Komponen Komputer Program dan Bahasa Pemrograman Interpreter Pemrograman Terstruktur Tahapan Pemrograman Kualitas Program

Pendahuluan Komputer terdiri atas komponen-komponen yang saling bekerja sama untuk menjalankan fungsi-fungsi yang berkaitan dengan operasi-operasi: pembacaan data, manipulasi data, dan menghasilkan keluaran. Keluaran dapat ditampilkan, dicetak, atau disimpan dalam media penyimpanan komputer. Fungsi-fungsi dapat dilakukan dengan memberikan sekumpulan instruksi kepada komputer yang disebut program. Kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan program disebut pemrograman. Untuk dapat dimengerti dan dapat dilaksanakan oleh komputer, program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman dan perlu diterjemahkan dengan menggunakan penterjemah yang disebut kompiler atau interpreter.

Sistem Komputer Sebuah sistem komputer tersusun atas 3 (tiga) elemen, yaitu: Hardware Prosesor : ALU & CU Memory : Primary & Secondary I/O device : Input & Output device Software Sistem Operasi Utilities : Anti virus, File Management, dll Aplikasi : Sistem Informasi Paket : Office, Star Office, Corel Draw, Photoshop, dll Pemrograman : Pascal, C, JAVA, dll Brainware Analis, Programmer, Operator, Teknisi

Komponen Komputer Semua data dan program yang akan diproses oleh komputer, pertama kali dimasukkan ke dalam memory komputer melalui peralatan masukan (Input Devices). Unit kontrol (Control Unit) akan menterjemahkan program yang ada di memory dan digunakan untuk mengkoordinasikan operasi dari semua komponen komputer. Data dalam memory dimanipulasi dengan menggunakan Arithmetic Logic Unit (ALU), dan hasilnya disimpan kembali ke dalam media penyimpanan dengan menggunakan peralatan keluaran (Output Devices).

Program dan bahasa Pemrograman Komputer tidaklah dapat melaksanakan fungsinya tanpa mendapatkan instruksi atau perintah mengenai apa yang harus dikerjakan, yaitu yang disebut program. Program ditulis secara terinci, sistematis, logis, dapat dimengerti dan dapat dilaksanakan oleh komputer. Baris program disebut dengan pernyataan (statement), dan masing-masing pernyataan mengerjakan tugas tertentu. Proses pembuatan program komputer sampai diperolehnya hasil yang dikehendaki disebut dengan pemrograman komputer, dan dilaksanakan oleh programmer Bahasa yang digunakan sebagai komunikasi diantara orang dengan komputer (untuk penulisan program) disebut bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman mencakup notasi, simbol, pernyataan, tata bahasa, dan lain-lain aspek bahasa.

Penulisan program harus memenuhi aturan sintak (syntatic rule) dari bahasa pemrograman. Perbedaan mendasar diantara bahasa pemrograman dengan bahasa sehari-hari yang digunakan manusia ialah bahwa bahasa pemrograman digunakan sangat tepat dan tidak ada arti ganda (ambiguities). Komputer tidak dapat berfikir dan menimbang-nimbang sebagaimana dapat dilakukan oleh manusia. Komputer hanya akan mengikuti perintah persis sebagaimana yang diberikan. Komputer tidak dapat menafsirkan perintah untuk memahami apa yang diinginkan oleh pembuat program. Sehingga kesalahan dalam penulisan akan mengubah maksud dari suatu program dan menyebabkan komputer mengerjakan aksi yang salah.

Dilihat kedekatannya kepada “bahasa manusia”, maka bahasa pemrograman dikelompokkan menjadi dua, yaitu: 1. Low Level Language Bahasa pemrograman tingkat rendah merupakan “bahasa ibu” dari komputer, yaitu bahasa yang tidak memerlukan penterjemah untuk dapat dipahami dan dimengerti oleh komputer. Contoh dari bahasa pemrograman tingkat rendah ialah bahasa mesin (machine language). 2. High Level Language Bahasa pemrograman tingkat tinggi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: Penulisannya mirip dengan bahasa sehari-hari (bahasa Inggris) Tergantung pada mesin komputer yang digunakan Bahasa pemrograman tingkat tinggi disebut juga dengan bahasa generasi ketiga. Program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi tidak dapat langsung dimengerti oleh komputer, dan harus diterjemahkan dahulu oleh sebuah “penterjemah” ke dalam bahasa mesin untuk dapat dilaksanakan atau dieksekusi oleh Unit Pemroses Pusat. Contoh : Pascal, BASIC, COBOL, FORTRAN, C

Interpreter dan Kompiler Kompiler (compiler), merupakan program yang menterjemahkan program yang ditulis di dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi menjadi suatu himpunan instruksi mesin spesifik yang disimpan dalam bentuk file. Interpreter, digunakan untuk menterjemahkan program yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin, dan menjalankannya baris demi baris.

Pemrograman Terstruktur Ide pertama kali oleh Prof. Edsger Djikstra dari Universitas Eidenhower tahun 1965. Djikstra mengusulkan tidak dipergunakannya pernyataan GOTO yang dapat menyebabkan timbulnya “spaghetti logic”, yang akan menjadikan sulitnya dilakukan perbaikan ataupun pengembangan program. HD Millis menanggapi dengan mengemukakan bahwa struktur program yang akan menentukan program yang terstruktur menggunakan pernyataan GOTO atau tidak. Prinsip utama dari pemrograman terstruktur ialah bahwa jika suatu proses telah sampai pada suatu titik tertentu, maka proses selanjutnya tidak boleh melompat ke baris sebelumnya, kecuali untuk proses berulang. Pemrograman terstruktur dimaksud untuk mendapatkan program yang didefinikan dengan baik, jelas, mudah dipahami, mudah ditelusuri, dan mudah dimodifikasi.

Tahapan Pemrograman Analisis masalah Pembuatan algoritma Pembuatan program Uji Logika Pembuatan dokumentasi

Kualitas Program Memenuhi kebutuhan pengguna Sesuai dengan waktu dan biaya Bebas kesalahan program dan logika Mudah dirawat Portable

Akhir Bab I Ada pertanyaan ? Next week : Dasar-dasar dan aturan penulisan algoritma Baca/pelajari : program flowchart

Buat algoritma dan Flowchart untuk Menghitung: Latihan : Buat algoritma dan Flowchart untuk Menghitung: 1. Luas Segitiga 2. Luas Lingkaran

EVALUASI