REPRESENTASI PENGETAHUAN - 2

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BASIS DATA RELATIONAL.
Advertisements

REPRESENTASI PENGETAHUAN – JARINGAN SEMANTIK DAN SKEMA
MODEL ENTITY RELATIONSHIP
Referensi : Kusumadewi, Sri. Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya, Yogayakarta, Graha Ilmu, 2003 Pandjaitan, Lanny. Dasar – Dasar Komputasi Cerdas,
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan
Model Relasional Part-1
CLASS DIAGRAM.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Lebih Lanjut Tentang UML
REPRESENTASI PENGETAHUAN
VISKA ARMALINA S.T.,M.ENG REPRESENTASI PENGETAHUAN-3.
MODEL EER (Enhanced Entity Relationship)
Pertemuan 4.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Interaksi Objek.
BAB VI Model Data.
REPRESENTASI PENGETAHUAN.
Pengantar basis data Mata Kuliah
Representasi Pengetahuan (I)
Course MMS 2901 Departement of Computer Science Gadjah Mada University © Aina Musdholifah & Sri Mulyana.
SISTEM BASIS DATA Dr. Kusrini, M.Kom.
KONSEP MODEL ERD (Entity-relationship diagram)
JARINGAN SEMANTIK PERTEMUAN MINGGU KE-7.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN
Respresentasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN
CLASS DIAGRAM.
CLASS DIAGRAM Kelompok 2 Moch Riesdyan mulya ( )
Lebih Lanjut Tentang UML
Entity Relationship Diagram
Representasi Pengetahuan II.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
JARINGAN SEMANTIK.
BINGKAI (FRAME).
KNOWLEDGE REPRESENTATION
MODEL RELASIONAL.
Representasi Pengetahuan lanjut
Entity Relationship Model
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
RP-Script Mirip dengan frame, merepresentasikan pengetahuan berdasarkan pengalaman-pengalaman Frame menggambarkan obyek, sedangkan script menggambarkan.
POLYMORPHISM.
Pengenalan Analisa Desain
Ada beberapa sifat yang melekat pada suatu tabel :
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Entity Relationship Model
Pengenalan UML.
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Representasi Pengetahuan
Pertemuan 2 Database Environment
REPRESENTASI PENGETAHUAN – JARINGAN SEMANTIK DAN SKEMA
Representasi Pengetahuan
Entity Relationship Diagram
Sistem Berbasis Pengetahuan
Model Data Presentation
RP-Script Mirip dengan frame, merepresentasikan pengetahuan berdasarkan pengalaman-pengalaman Frame menggambarkan obyek, sedangkan script menggambarkan.
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Representasi Pengetahuan II
Entity Relationship Diagram
PERTEMUAN II PENGANTAR
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Teknik Representasi Pengetahuan pada Game “Block Breaker” Arly Puja Nugraha Deriza Muhammad Alfarizi Hagi Hadiansyah Muhammad Luthfi Naufal Rivan Mulyana.
Representasi Pengetahuan
Kecerdasan Buatan Pertemuan 02 Reperentasi Pengetahuan.
JARINGAN SEMANTIK.
Tahapan pengembangan sistem basis data
Tim Dosen Basis Data Fakultas Ilmu Komputer UDINUS
Transcript presentasi:

REPRESENTASI PENGETAHUAN - 2 VISKA ARMALINA, S.T., M.Eng.

4 Teknik Representasi Pengetahuan Jaringan Semantik Frame Script Aturan Produksi atau Sistem Produksi

FRAME

Pendahuluan (1) Frame berupa kumpulan slot yang merupakan atribut untuk mendeskripsikan pengetahuan. Pengetahuan yang termuat dalam slot tersebut dapat berupa kejadian, lokasi, situasi, ataupun elemen-elemen lain. Frame digunakan untuk representasi pengetahuan deklaratif.

Pendahuluan (2) Frame memuat deskripsi sebuah objek dengan menggunakan tabulasi yang berhubungan dengan objek sehingga frame akan mengelompokkan atribut sebuah objek. Dengan demikian, frame dapat menirukan cara mengorganisasikan informasi sebuah objek menjadi kumpulan data.

Konsep Frame (1) Menurut Minsky, frame digambarkan sebagai suatu jaringan dari node dan relasi. Level paling atas dari frame menunjukkan atribut yang selalu bernilai BENAR tentang situasi dan sisa menentukan. Level paling bawah dari frame mempunyai terminal atau slot yang harus diisi dengan contoh atau data yang spesifik. Setiap terminal dapat mengkhususkan kondisi yang dibutuhkan dengan subframe yang paling kecil.

Konsep Frame (2) Kumpulan dari frame-frame boleh di-link-kan untuk membentuk sistem frame. Transformasi antara bermacam frame boleh dicetuskan, tergantung pada informasi yang ada pada slot. Peningkatan efisiensi dimungkinkan dengan penetapan nilai default untuk slot dalam situasi yang khas. Nilai default ini bisa dimodifikasi dengan proses pembatalan.

Contoh Frame (1)

Contoh Frame (2)

Contoh Bagian Deskripsi Frame Untuk Kamar Hotel

Penjelasan Deskripsi Frame untuk Kamar Hotel Pada gambar di slide 10, dijelaskan bagian-bagian atau komponen dari kamar hotel yang digambarkan oleh jumlah frame individualnya. Frame pertama dapat merepresentasikan kursi  tinggi yang diharapkan = 20-40 cm, kaki = 4, nilai default, dirancang untuk tempat duduk. Frame selanjutnya dapat merepresentasikan telepon hotel dengan keterangan : Ini merupakan spesifikasi dari telepon biasa, penagihan melalui kamar,kecuali kalau melalui operator hotel (default), dan orang bisa menggunakan telepon hotel untuk mendapat memesan makanan untuk diantar ke kamar , menelpon ke luar, atau untuk pelayanan lainnya.

PENJELASAN FRAME (1) Setiap frame individual dapat dipandang sebagai sebuah struktur data yang dalam banyak hal mirip dengan record, yang berisi informasi yang relevan dengan entitas-entitas stereotip. Slot-slot dalam frame tersebut berisi informasi sbb: Informasi identifikasi frame Hubungan frame dengan frame yang lain Penggambaran persyaratan yang dibutuhkan frame Informasi prosedural untuk menggunakan struktur yang digambarkan Informasi default frame Informasi baru.

PENJELASAN FRAME (2) Frame memperluas jaringan semantik dalam beberapa hal penting. Jika diamati, dalam jaringan semantik hanya terdapat sekelompok Node (simpul) dan apa yang akan dilakukan itu tergantung pada interpretasi kita tentang suatu struktur yang mungkin ditafsirkan sebagai objek utama yang digambarkan. Kemampuan pengorganisasian pengetahuan kita menjadi struktur-struktur yang merupakan atribut penting dari basis pengetahuan sehingga frame mempermudah kita untuk mengatur pengetahuan secara hierarki.

STRUKTUR SEBUAH FRAME

PENJELASAN STRUKTUR FRAME (1) Frame tersebut memiliki field tambahan yang disebut CLASS yang dapat diisi dengan sebuah nilai. Misalnya pada gambar tersebut adalah “object2” yang merupakan nama dari frame lain yang berhubungan dengan object1. IS-A menjelaskan bahwa Object1 IS-A Object2. Pada gambar slide 14, secara umum frame memiliki 2 elemen dasar yaitu SLOT dan FACET atau SUBSLOT.

PENJELASAN STRUKTUR FRAME (2) Slot  kumpulan atribut atau properti yang menjelaskan objek yang direpresentasi oleh frame. Subslot  menjelaskan pengetahuan atau prosedur dari atribut pada slot.

PENJELASAN STRUKTUR FRAME (3) Subslot dapat berbentuk : Value : menjelaskan tentang nilai suatu atribut Default : nilai yang digunakan jika suatu slot kosong atau tidak dideskripsikan pada frame instansiasi. Range : menandakan jenis informasi yang dapat muncul pada slot tersebut (misal 0 sampai 100). If Added : berisi informasi prosedural yang berupa suatu tindakan yang akan dikerjakan jika nilai slot diisi atau berubah. If Needed : Subslot ini digunakan pada kasus yang tidak ada value pada slot. Suatu prosedur akan dikerjakan untuk memperoleh atau menghitung sebuah value. Other : Slot bisa berisi frame, rule, jaringan semantik atau tipe lain dari informasi.

FRAME CLASS Frame Class  merepresentasikan karakteristik umum dari suatu objek dimana dalam setiap frame tersebut dapat didefinisikan properti-properti umum yang biasanya dimiliki oleh semua objek dalam kelas tersebut. Terdapat 2 jenis properti: Properti Statis : fitur dari objek yang tidak dapat berubah. Properti Dinamis : fitur yang dapat berubah selama sistem berjalan.

CONTOH STRUKTUR FRAME CLASS – FRAME KELAS dari BIRD

PENJELASAN CONTOH FRAME CLASS dari BIRD Pada gambar di slide 19, terlihat bahwa properti berisi sifat- sifat umum dari objek BIRD. Properti lain seperti Color dan No Wings adalah STATIS, karena merupakan ciri-ciri/fitur yang nilainya tidak berubah. Sedangkan properti dinamis contohnya : properti Hungry dan Activity, karena selama sistem berjalan, value nya bisa berubah. Value “unknown” berarti kita tidak dapat mengisi sebuah nilai pada properti tersebut sebelum kita merepresentasi objek khusus dari kelas tersebut.