Algoritma dan FlowChart

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma
Advertisements

1 MATA KULIAH : “LOGIKA DAN ALGORITMA” PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA DAN PROGRAM CREATED BY: AYU ANGGRIANI H PTIK A 2009 PRODI PENDIDIKAN TEKNIK.
PENDAHULUAN KONSEP ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Bab 1 PENDAHULUAN.
DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Pemrograman Dasar Pengantar Algoritma PTIIK - UB.
TEORI ALGORITMA.
Pengenalan Algoritma Ardian Maretta Prastiawan, Ssi
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
Introduction to Algorithm and Programming
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Pengajar : ELIYANI, S.T., M.Kom Semester : I Tahun : 2012/ 2013
LOGIKA & ALGORITMA Pengertian & Contoh Algoritma
Algoritma.
Pemrograman Komputer.
Algoritma dan Struktur Data
Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma dan pemograman
Algoritma?!? Flowchart ?!?# DASAR PEMROGRAMAN.
PERTEMUAN 2 PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA.
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Pengantar Algoritma.
MERANCANG PROGRAM DAN PSEUDOCODE 1 Metode Perancang Program.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
PEMROGRAMAN DASAR.
PERTEMUAN 1.
PENEMU ALGORITMA Perangko dari Rusia pada Gambar di samping ini bergambar seorang pria dengan nama Muhammad ibn Mūsā al- Khwārizmī. Bagi kalian yang.
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Pertemuan 1 Muhamad Haikal,S.Kom., MT
LOGIKA & ALGORITMA -Pengertian & Contoh Algoritma
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
BAHASA PEMROGRAMAN / PEMROGRAMAN KOMPUTER Bab 1 PENDAHULUAN
Metode Perancang Program
Start.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
ALGORITMA Anifuddin Azis.
Algoritma.
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Algoritma Pemrograman
Identitas dosen Suherman, ST Address : Cilegon
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
Introduction to Algorithm and Programming
OLEH : Vianney.mtb SMA SANTO PAULUS PONTIANAK
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Introduction to Algorithm and Programming
Pengantar Algoritma dan pemograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN-1
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Pertemuan 1
Pengantar Algoritma.
Algoritma.
LOGIKA & ALGORITMA -Pengertian & Contoh Algoritma
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Introduction to Algorithm and Programming
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Flowchart Algoritma dan Pemrograman 3: Flowchart dan Kode Program
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma. LOGIKA Pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles (384 – 322 SM) Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos)
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
ALGORITMA 1 Temu 1.
Flowchart (Diagram Alur)
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Algoritma dan FlowChart KONSEP PEMROGRAMAN Algoritma dan FlowChart

How To Become A Good Programmer Learn To Program Belajar cara memrogram Learn The Language Belajar bahasa komputer Learn The Tools Belajar alatnya (aplikasi dan komputernya)

Learn To Program Memiliki dasar logika yang benar Menguasai cara memecahkan suatu masalah ke dalam alur-alur kerja Mampu menuliskan alur program Mampu membaca alur program Mampu menjelaskan berbagai istilah dalam pemrograman, seperti : identifier, variable, constant, statement, loop, subroutine, dll

Learn The Language Menguasai sintaks dan semantik bahasa pemrograman yang dipakai Mampu membaca kode program Mampu menulis kode program dengan baik dan benar Mampu mengkoreksi kesalahan pada kode program

Learn The Tools Menguasai alat (software) yang dipakai untuk menuliskan program Mampu menjalankan software dengan baik Mampu mengatasi kesalahan yang timbul selama penggunaan software Mengerti arti setiap fungsi yang ditawarkan dalam software

Definisi Algoritma Kata algoritma (algorithm) diambil dari nama ilmuwan muslim Abu Ja’far Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi (780 – 846 M) Definisi Algoritma : Urutan langkah-langkah yang dinyatakan dengan jelas dan tidak rancu yang harus dijalankan atau dilakukan untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah (jika ada pemecahannya) dalam rentang waktu tertentu Pemrograman komputer merupakan penerapan algoritma ke dalam kode-kode bahasa komputer

Contoh Algoritma Urutan langkah menelepon di telepon umum : Angkat gagang telepon Masukkan koin Tekan nomor yang akan dihubungi Bicara Letakkan gagang telpon Langkah-langkah tersebut jika dalam kondisi normal

Contoh Algoritma (2) Jika dalam keadaan tidak normal Telepon dalam keadaan rusak Yang dihubungi tidak ada yang mengangkat Langkah-langkahnya menjadi : Angkat gagang telepon Jika : ada nada panggil, masukkan koin tidak ada nada panggil, ke langkah 5 Tekan nomor yang akan dihubungi ada yang mengangkat, bicara tidak ada yang mengangkat, ke langkah 5 Letakkan gagang telepon

Contoh Algoritma (3) Algoritma menelepon seseorang dari HP: Ambil dan Pegang HP Jika Pulsa habis, selesai Jika HP tidak OK, selesai Jika tombol HP terkunci, buka dulu Mencari nomor di daftar panggilan Jika tidak ada, cari di kontak (phone book) Jika tidak ada juga, Jika tahu nomernya, ketik langsung Jika tidak tahu, selesai Tekan Ok/Yes dan tempelkan HP di telinga Jika tidak ada nada sambung, ulangi dari no 5 Jika ada yang mengangkat, mulai bicara Selesai

Karakteristik atau Syarat Algoritma Algoritma tidak boleh ambigu (unambiguous) Deskripsi langkah-langkah dalam algoritma harus dan hanya memiliki tafsiran tunggal Algoritma harus tepat (precise) Urutan langkah harus dinyatakan dengan jelas Algoritma harus pasti (definite) Jika serangkaian langkah yang sama dilakukan dua kali maka hasilnya harus sama Algoritma harus berhingga (finite) Harus ada batasan atau rentang waktunya

Top-Down Design Dekomposisi (memecah) suatu masalah menjadi masalah-masalah yang lebih sederhana (subproblem) dan memeriksa hubungan antara masalah-masalah tersebut sebelum dikembangkan dalam spesifikasi yang lebih rinci Submasalah-submasalah hasil dekomposisi tersebut dinamakan modul Karakteristik modul : harus mengerjakan tugas-tugas spesifik harus tidak terlalu panjang

Cara Penulisan Algoritma Uraian Deskriptif Menggunakan bahasa yang biasa dipakai sehari-hari Pseudocode Dituliskan menggunakan kode-kode yang disepakati dan memiliki arti tertentu Bagan / diagram alir (flow chart) Dituliskan menggunakan notasi grafik yang mempunyai arti tertentu

Uraian Deskriptif Contoh : diberikan bilangan bulat non negatif b, jumlahkan semua bilangan genap mulai dari 0 sampai dengan b Algoritma : Baca nilai batas, b Isi i dan j dengan 0 Jika i<b Tambahkan i pada j jika i genap Naikkan harga i Ulangi langkah 3 Tampilkan nilai j

Pseudocode Dari contoh yang sama : masukkan(b) i  0 j  0 selama (i <= b) lakukan jika (i mod 2 = 0) maka j  j + i i  i + 1 tampilkan(j)

Flow Chart Notasi yang sering dipakai : Mulai atau Selesai Input atau Output Data Proses Percabangan/Seleksi

Struktur di Flowchart Macamnya: Struktur Sekuensial Struktur Seleksi Struktur Pengulangan Sebuah Struktur dapat berada di dalam struktur lain yang relatif lebih besar

Struktur Sekuensial

Struktur Seleksi

Struktur Pengulangan

Jenis Struktur Seleksi Struktur Seleksi Satu Alternatif Struktur Seleksi Dua Alternatif Struktur Seleksi Multi Alternatif

Struktur Seleksi Satu Alternatif

Struktur Seleksi Dua Alternatif

Struktur Seleksi Multi Alternatif

Contoh Flow Chart START i mod 2 = 0 ? Y INPUT b j  j + i T i  0 i  i + 1 i <= b ? Y T OUTPUT j END

Keterbatasan Flow Chart Hanya cocok untuk masalah yang kecil. Untuk masalah yang besar penggunaannya menjadi tidak efisien Memerlukan kemampuan menggambar yang baik sehingga modifikasi juga lebih sulit Hanya dipakai untuk pengajaran

Langkah-Langkah Pemrograman Mendefinisikan masalah Memilih garis besar (outline) pemecahan Menerjemahkan outline menjadi langkah-langkah yang lebih rinci, hasilnya adalah algoritma Menerjemahkan algoritma ke dalam bahasa pemrograman yang dipilih, disebut sebagai pengkodean (coding) Menguji program yang telah dibuat untuk menemukan kesalahan, dinamakan debugging atau proses pencarian bug (kesalahan logika)

Kriteria Program yang Baik Benar (correct) Kebenaran program harus dipenuhi agar output yang dihasilkan benar Jelas (clear) Kejelasan untuk dibaca menjadi suatu keharusan agar program mudah diteliti ulang dan dimodifikasi Efisien (efficient) Efisiensi program terkait dengan waktu eksekusi dan ruang penyimpanan yang dibutuhkan