Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Flowchart Algoritma dan Pemrograman 3: Flowchart dan Kode Program

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Flowchart Algoritma dan Pemrograman 3: Flowchart dan Kode Program"— Transcript presentasi:

1 Flowchart Algoritma dan Pemrograman 3: Flowchart dan Kode Program
Iswandi, M.Kom. / Edri Yunizal, S.Kom.

2 Flowchart Flowchart System Flowchart Dokumen Flowchart Skematik
Flowchart Program Flowchart Proses

3 Simbol-simbol dalam Flowchart
Simbol Input / Output digunakan untuk mewakili data input / output Simbol Proses digunakan untuk mewakili suatu proses Simbol Garis Alir simbol garis alir, digunakan untuk menunjukkan arus dari proses

4 Simbol-simbol dalam Flowchart:2
Simbol Penghubung (connector) digunakan untuk menunjukkan sambungan dari bagan alir yang terputus dihalaman yang sama atau yang berbeda Simbol Keputusan (decision) digunakan untuk suatu penyeleksian kondisi dalam program

5 Simbol-simbol dalam Flowchart:3
Proses terdefinisi menunjukkan suatu operasi yang rinciannya ditunjukkan ditempat lain Persiapan digunakan untuk memberi awal nilai suatu besaran Terminal digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir dari suatu proses

6 Masalah 1: Menggunakan Telepon Umum
START Angkat gagang telepon Masalah 1: Menggunakan Telepon Umum Angkat gagang telepon Masukkan koin Pencet nomor Bicara Letakkan gagang Masukkan koin Pencet nomor Bicara Letakkan gagang STOP

7 Ternyata Langkah-langkah algoritma untuk masalah 1 hanya cocok untuk menggunakan telepon dalam kondisi normal Bagaimana jika telepon tersebut rusak?

8 Pengembangan START Angkat gagang telepon
Langkah “Masukkan koin” dipecah menjadi: Jika terdengar nada panggil masukkan koin Jika tidak terdengar terus ke langkah “Letakkan gagang” Langkah “Bicara” dipecah menjadi: Jika ada yang mengangkat maka bicara Jika tidak terus ke langkah “letakkan gagang Angkat gagang telepon Nada panggil Y Masukkan koin T Pencet nomor T Y Letakkan gagang Letakkan gagang Bicara STOP

9 Menghitung luas segitiga
PANJANG=0 INPUT “MASUKKAN ALAS”;ALAS INPUT “MASUKKAN TINGGI”;TINGGI LUAS:=ALAS*TINGGI*0.5 PRINT “LUASNYA ADALAH:”;LUAS

10 Turbo Basic 6.0 Aplikasi dari flowchart dan algoritma diterapkan dalam sebuah bahasa pemrograman, untuk kuliah ini digunakan bahasa pemrograman Turbo Basic 6.0 (TB) Jalankan TB.EXE untuk memulai Aplikasi Turbo Basic

11 Variabel Digunakan untuk menyimpan data
Variabel harus diisi dengan nilai persiapan terlebih dahulu Nama variabel Harus diawali dengan huruf Hanya terdiri dari 1 kata Sebaiknya yang mudah di ingat Contoh: Panjang, lebar, luas merupakan variabel yang kita butuhkan untuk mencari luas persegi panjang

12 Perintah dalam BASIC INPUT: untuk menginputkan sintak
INPUT argumen1;argumen2 contoh: INPUT “Masukkan Panjang”;panjang argumen1: sebuah string argumen2: sebuah variabel (panjang) Perintah tersebut mencetak tullisan “Masukkan Panjang” dan menunggu input, input yang dimasukkan akan disimpan dalam variabel panjang

13 PRINT Perintah PRINT digunakan untuk mencetak sebuah output di layar
Sintak: PRINT argumen1;argumen2 argumen bisa berupa string ataupun sebuah variabel Contoh: Print “HASILNYA ADALAH:”;LUAS Akan mencetak tampilan “HASILNYA ADALAH:” ditambahkan nilai variabel luas tepat setelah tanda titik dua (:)

14 Kode Program

15 Menyimpan Data Tekan Tombol ALT+F

16 Bukti Tersimpan

17 Bagaimana Cara menghitung isi dari bak mandi?
Contoh Kasus Bagaimana Cara menghitung isi dari bak mandi? Menghitung Volume Balok : Panjang : Lebar : Tinggi : Volume :?

18 Locate Guna:Digunakan untuk menentukan posisi teks di layar Sintak:
LOCATE BARIS,KOLOM: statement

19 Perintah

20 Simpan


Download ppt "Flowchart Algoritma dan Pemrograman 3: Flowchart dan Kode Program"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google