BAB V MANIPULASI LANGSUNG.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

Perancangan Tampilan.
MENGETIK DOKUMEN SEDERHANA
DASAR-DASAR MICROSOFT WORD
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
KERANGKA KERJA DAN PARADIGMA INTERAKSI
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
SISTEM OPERASI WINDOWS
Ragam Dialog.
Interaksi Manusia dan Komputer
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
Dialog berbasis text dan pengisian borang
Ragam Dialog Interaksi
Komponen Antarmuka Grafis
Sistem Penjendelaan.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
DESIGN INTERFACE.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Komponen Antarmuka Grafis
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dengan Komputer
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
Dialog Teks dan Pengisian Borang
komponen antarmuka pengguna
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan antarmuka (design interface)
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
KONSEP INTERFACE
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pendahuluan.
Interaksi Manusia & Komputer
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
APLIKASI KOMPUTER Microsoft Word 2007 I.
Microsoft Power Point.
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Interfase design Pertemuan 4.
Perancangan Tampilan.
DIALOG.
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
Perancangan Tampilan.
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Interfase design Pertemuan 4.
Ikan Sepat Ikan Gabus.
BAB IV KEBERGUNAAN (usebility)
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Materi 2 - Komputer Multimedia
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Transcript presentasi:

BAB V MANIPULASI LANGSUNG

Definisi : - Manipulasi langsung adalah mengklik dan menggeser objek pada layar tampilan - Manipulasi visual karena pentingnya sesuatu yang kita lihat selama prosesberlangung (Cooper dan Raiman,2003) Contoh : - Game Mobil - menggeser sebuah berkas dan menjatuhkannya dalam kotak sampah

Sifatnya : - sederhana - langsung - mudah digunakandan - mudah diingat Ide utama dari manipuasi langsung antara lain adalah ((Preece 1994): Kenampakan objekdan tindakanyang dilakukanpengguna cepat, dapat dibalik / dibatalkan, tindakan meningkat dan 3. Penggantian perintah yang diketik dengan tindakan menunjuk keobjekyang diinginkan.

Aspek kognitif pada manipulasi langsung Hutchin (1985) bahwa dalam antar muka manipulasi langsung, ide tentang directness sangat penting untuk dipahami, meripakan gagasan tentang arah. Manipulasi langsung adalah kesan atau perasaan tentang antarmuka, yang terbagi menjadi duaaspek : - aspek jarak : directness menunjukan jarak antara yang dipikirkan oleh pengguna dengan kebutuhan fisik sistem yang digunakan. - keterlibatan : berurusan dengan perasaan keterlibatan secara kualitatif

Manipulasi program versus manipulasi isi Manipulasi program adalah cara pengguna menggunakan program aplikasi untuk menyelesaikan suatu tugas. Terdiri dari tindakan seperti : menekan tombol, menggulung dan dapat diakses secara seragam oleh semua pengguna. fokus pada pengelolaan program itusendiri dengan antarmukanya.

Manipulasi isi lebih menunjuk ke data yang diolah oleh program aplikasi tersebut. - tindakan yang menyangkut pembentukan, modifikasi, dan pemindahan data atau objekyang nampakdilayarsecara manual dan angsug menggunakan peranti penunjuk.

Fase Proses manipulasi langsung Antarmuka manipulasi langsung menyediakan sejumlah fitur sebagai berikutn: Kenampakan objek yang menjadi perhatian Penggantian bahasa yang rumit dengan tindakan yang memanipulasi objek yang nampak secara langsung Tindakan bertahap pada antarmuka dengan umpan balik segera untuk semua tindakan yang diambil. - Kebenaran sintaksis untuk semuatindaka, sehingga semua tindakan penggunamerupahkan langkah yang sah. - Untuk tindakan dapat dibatalkan, sehingga pengguna dirangsang untuk menjelajah suatu produk tanpa takut konsekkuensi karena berbuat kesalahan

Proses manipulasi langsung terbagitiga fase berbeda : Fase bebas : fase sebelum pengguna melakukan suatu tindakan. Fase aktivitas : fase ketikapengguna mulaimelakukanpenggeseran. Fase penghentuan: fase setelah penggunamelepas tombol ketikus.

UMPAN BALIK VISUAL Kunci keberhasilan manipulasi langsung adalah adanya umpan balikvisual yang lengkap, Tergantung pada fase mana anda berada, Contoh : penggunaan bentuk kursor aktivitas Misal tombol Ctrl atau Ctrl-shift

Peranti Penunjuk Tetikus sebagai salah satu peranti interaktif yang paling banyak digunakan sebagai peranti penunjuk (pointing device) Contoh : - Tetikus mekanis - Tetikus optis

Menggunakan Tetikus Penyediaan tetikus dengan beberapa tombol Macinthos : tetikusnya mempunyai sebuah tombol. Microsoft menggunakan duabuah tombol Komunitas unix menggunakan tiga buah tombol 1. tombol kiri : untuk melakukan fungsi manipulasi spt memilih, menggambar dll 2. tombol kanan : untuk akses langsung ke properti dan tindakan berdasarkan koteks pada objek dan fungsi. 3. tombol tengah : dimanfaatkan untuk tombol singkat, misal mengatur drivernya, mewakili klik ganda pada tombol kiri

Penerapan Manipulasi langsung Selain diterapkan pada game dan program spreadsheet Contoh : Kontrol proses Exm : Editor Teks Simulator Kontrol Lalulintas penerbangan Perancangan terbantu komputer

Keuntungan dan kerugian penggunaan manipulasi langsung Pengguna yang antusias melaporkan perasaan positif sebagai berikut : Mengenal secaramendalam antarmukayang digunakan Mampumenyelsaikan tugas yang diberikan Mudah dalam hal mempelajari dan mengasimilasi fitur-fitur yang lain Lebih percaya diri Merasa gembira ketika menggunakan antarmuka Keinginan yang sangat besar untuk pamer kepadapengguna lain terutama penguna mula, dan Keinginan untuk menggali aspek yang lebih canggih

Faktor-faktornya : Kenampakan objekdantindakan yang dilakukan pengguna Cepat, dapatdibalik/dibatalkan, tindakan meningkat dan Penggantian perintah berbasis bahasaalami yangharus diketik dengan tindakan menunjuk ke objek yang diinginkan.

Keuntungan dan kerugian penggunaan manipulasi langsung Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan yang nyata. 2. Mengurangi waktu pembelajaran 3. Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yangnyata 4. Penampilan visualisasi yangbagus 5. Mudah dioperasikan 6. Tersedianyaberbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar 2. Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi 3. Memerlukan perantimasukan seperti tetikus, trakball 4. Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.