SISTEM MENANGKAP PENGETAHUAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Model Heuristik Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT. Materi Kuliah [8]:
Advertisements

Capturing & Codification of Knowledge
Sistem Pendukung Keputusan
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
Sistem Pakar.
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
SOLUSI MANAJEMEN PENGETAHUAN (MP)
SISTEM MEMBAGI PENGETAHUAN
DASAR-DASAR MANAJEMEN PENGETAHUAN
Arsitektur Sistem Pakar
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
SISTEM MENANGKAP PENGETAHUAN
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
DASAR MANAJEMEN PENGETAHUAN
User Support.
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan III “Sistem Pakar”
Perbedaan SIM ,DSS dan ES
SISTEM PAKAR (expert system)
SISTEM PAKAR DAN SPK.
PENGANTAR SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM)
Penyebaran, Pengiriman, dan Berbagi Knowledge
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
Pertemuan 3 MKP Sistem Pakar
EXPERT SYSTEM By Daniel Damaris NS.
Representasi & penalaran
PERTEMUAN 4 SISTEM PAKAR
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
Sistem pakar By Serdiwansyah N. A..
Penanganan Kesalahan Dan Help Dokumentasi
MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI DAN INOVASI
Model Manajemen Pengetahuan
BASIS PENGETAHUAN DAN METODE INFERENSI
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
Pengkodean Pengetahuan
Model Heuristik Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT. Materi Kuliah [8]:
MATERI Decision Support System
Mata Kuliah Manajemen Pelatihan dan Pengembangan
Model Manajemen Pengetahuan
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Penangkapan dan Kodifikasi Pengetahuan
Sistem pakar.
Pengelolaan Organisasi Bisnis
Pengembangan Sistem Pakar
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
PERBANDINGAN SISTEM KONVENSIONAL
Sistem Berbasis Pengetahuan Pertemuan ke - 2
Pertemuan 9 PENGANTAR SISTEM PAKAR
4 Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System) 2 SKS
VI. PERILAKU KELOMPOK Kelompok adalah dua individu atau lebih, yang berinteraksi dan saling bergantung yang saling bergabung untuk mencapai sasaran tertentu.
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
TEKNIK RISET OPERASI MUH.AFDAN SYAKUR CHAPTER.2
Kecerdasan Buatan Pokok Bahasan Pendahuluan Definisi Kecerdasan Buatan
Konsep Sistem dan Prosedur Konsep Informasi Konsep Sistem Informasi
Pertemuan 11 PENGANTAR SISTEM PAKAR
Mesin Cerdas 17/9/2015 Kode MK : MK :.
DASAR-DASAR SISTEM PAKAR
Pengenalan Sistem Pakar
Knowledge Management Solution
Model Manajemen Pengetahuan
Knowledge Management Week 12 – Knowledge Capture System: Systems that Preserve and Formalize Knowledge Oleh: Chaerul Anwar, MTI.
GUNAWAN Materi Kuliah [8]: (Sistem Pendukung Keputusan)
Penangkapan dan Kodifikasi Pengetahuan
Model Manajemen Pengetahuan
Model Manajemen Pengetahuan
Penangkapan dan Kodifikasi Pengetahuan
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
SISTEM PAKAR (expert system). Kepakaran (Expertise) Kepakaran merupakan suatu pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan, membaca dan pengalaman. Kepakaran.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Transcript presentasi:

SISTEM MENANGKAP PENGETAHUAN

pendahuluan Sistem menangkap pengetahuan dirancang untuk membantu mendapatkan dan menyimpan pengetahuan, baik tacit maupun eksplisit, sehingga pengetahuan itu dapat dibagi dan digunakan yang lain. Sistem menangkap pengetahuan mengandalkan mekanisme dan teknologi yang mendukung eksternalisasi dan internalisasi. Contoh mekanisme eksternalisasi : membuat model atau prototypes dan bercerita (the articulation of stories) Contoh teknologi mendukung eksternalisasi : teknologi kecerdasan seperti sistem pakar dan case-based reasoning system. Contoh mekanisme internalisasi : learning by observation dan face-to-face meeting Contoh teknologi mendukung internalisasi : computer-based communication dan computer-based simulation

MEKANISME UNTUK MENANGKAP PENGETAHUAN Mekanisme untuk menangkap pengetahuan : menggunakan organizational stories (cerita organisasi). Pengertian organizational stories (cerita organisasi) : Narasi detail mengenai tindakan manajemen di masa lalu, interaksi karyawan atau kejadian-kejadian di dalam atau di luar organisasi yang dikomunikasikan secara informal di dalam organisasi (Swap et. al. 2001) Contoh : Perusahaan 3M menggunakan mekanisme cerita sebagai bagian dari business planning untuk menentukan tahapan-tahapan business, mencari penyelesaian dan keputusan atas konflik dan tantangan yang dihadapi perusahaan serta membangun gairah dan komitmen semua anggota organisasi.

MEKANISME UNTUK MENANGKAP PENGETAHUAN Cerita organisasi (organizational stories) berasal dari dalam organisasi dan menggambarkan norma, nilai dan budaya organisasi. Cerita adalah mekanisme ideal untuk menangkap pengetahuan tacit karena cerita membuat informasi lebih jelas, menghibur dan berkenaan dengan pengalaman pribadi serta memiliki detail kontekstual di dalamnya. Menurut Phoel (2006), berikut 8 langkah agar berhasil dalam organizational storytelling : Memiliki tujuan yang jelas. Menentukan dan memberikan contoh perubahan yang berhasil dilakukan. Menceritakan kebenaran. Katakan siapa, apa dan kapan. Ringkas detail Garisbawahi biaya yang ditanggung karena kegagalan. Akhiri dengan catatan positif. Ajak audiens anda untuk bermimpi.

MERANCANG SISTEM MENANGKAP PENGETAHUAN Teknologi untuk menangkap pengetahuan pakar (expert) yaitu : Sistem pertama dengan menggunakan peta konsep sebagai tool permodelan pengetahuan (cocok untuk mendukung pendidikan). Sistem kedua dengan menggunakan context-based reasoning (CxBR) untuk mensimulasi tingkah laku manusia (cocok untuk menangkap pengetahuan taktis/pengetahuan yang berkenaan dengan posisi organisasi dalam jangka pendek.

PETA KONSEP Peta konsep, dikembangkan oleh Novak (Novak 1998; Novak dan Canas 2008; Novak dan Gowin 1984), bertujuan untuk merepresentasikan pengetahuan melalui konsep yang digambarkan dalam lingkaran atau kotak, yang dihubungkan melalui garis terhubung atau proposisi.

CONTOH PETA KONSEP

SISTEM MENANGKAP PENGETAHUAN BERDASARKAN PETA KONSEP Tujuan CmapTools/ brower berdasarkan peta konsep adalah untuk menangkap pengetahuan pakar (expert). CmapTools menyediakan aplikasi praktis yang menggunakan peta konsep untuk menangkap dan membakukan pengetahuan dalam bentuk model representasi pengetahuan yang dapat dilihat dan dibagi melalui internet.

Sistem menangkap pengetahuan berdasarkan context-based reasoning Sistem yang kedua ini digunakan untuk menangkap pengetahuan taktis yang bersifat jangka pendek dalam organisasi Pengetahuan taktis berkenaan dengan kemampuan manusia yang berkaitan dengan keahlian dalam menilai situas yang dihadapi, diantara banyak sekali masukan dapat memilih mana perencanaan yang terbaik dan melaksanakannya. Context-based Reasoning (CxBR) membantu memodelkan tingkah laku manusia. Contoh sistem menangkap pengetahuan berdasarkan context-based reasoning yaitu CITKA (context-based intelligent tactical knowledge acquisition), yang menggunakan knowledge base (ada 2 jenis knowledge base yaitu fakta/ situasi atau teori dan heuristics atau rule-rule) untuk menyusun query kecerdasan yang digunakan untuk menangkap pengetahuan taktis pakar (expert).