Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Advertisements

Pertemuan 4 Behavioral Modeling 1 – Use Case
Bab 8 collaboration diagram
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Sistem Informasi Perpustakaan
Unified Modelling Language (UML)
Interaction Diagram.
SEQUENCE DIAGRAM.
Analisa dan Perancangan Sistem
Architecture dan design
Sequence diagram.
Interaksi Objek.
Sequence dan Collaboration
Diagram Interaksi - Sequen Diagram
SEQUENCE DIAGRAM.
SEQUENCE DIAGRAM Kelompok V Ferdy Widjaja ( )
Diagram UML Studi Kasus : Sisfo Perpustakaan
Use Case (Part 1) Pertemuan 5 Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
Metode Perancangan Program
PERTEMUAN KE-6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Part 2)
CLASS DIAGRAM.
Soal Kuis I PSBO.
Object-Oriented Design (OOD)
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
LATIHAN PSBO Total : 35 PG.
Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM
Soal latihan psbo.
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
SEQUENCE DIAGRAM.
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Sequence Diagram Level Design
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Robustness Diagram dan Sequence Diagram
UML mendukung pengembangan aplikasi
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
Object oriented analyst and design
Citra N., S.Si, MT Sisfo - UNIKOM
OOAD – TI S1 Defri Kurniawan UDINUS
Collaboration Diagram and Sequence Diagram
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
PEMODELAN SISTEM METODE TERSTRUKTUR
Ujian Akhir Semester (UAS)
PEMODEAN SISTEM INFORMASI – PERTEMUAN 5
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Pemodelan Sistem Bisnis
Pertemuan 10 UML Diagram Sequential
Waktu : 2 menit 30 detik/slide
REVIEW UML.
SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan
Unified Modelling Languange (UML)
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
Rekayasa Perangkat Lunak Part 7
Bab 5 activity diagram.
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
SEQUENCE DIAGRAM.
Suplemen collaboration diagram component diagram
SEQUENCE DIAGRAM. Materi : Pendahuluan Tujuan Komponen Simbol Istilah Jenis-jenis SD Contoh Study Kasus.
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
Sequence Diagram & Collaboration Diagram
Perancangan Berorientasi Objek (UML lanjutan)
- CONTEXT DIAGRAM - DATA FLOW DIAGRAM
-IDENTIFIKASI DATA DAN INFORMASI -FLOW OF DOCUMENT -FLOW OF SYSTEM
Universitas Indraprasta PGRI
Object oriented analyst and design
Transcript presentasi:

Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi

Materi : Pendahuluan Tujuan Komponen Simbol Istilah Jenis-jenis SD Contoh Study Kasus

Pendahuluan Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display/form) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atas dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan. Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use case diagram dan memperlihatkan tahap demi tahap apa yang seharusnya terjadi untuk menghasilkan sesuatu di dalam use case

Tujuan Digunakan untuk memperlihatkan interaksi antar obyek dalam perintah yang berurut. Tujuan utama adalah mendefinisikan urutan kejadian yang dapat menghasilkan output yang diinginkan Mirip dengan activity diagram Menggambarkan alur kejadian sebuah aktivitas Lebih detail dalam menggambarkan aliran data, termasuk data atau behaviour yang dikirimkan atau diterima Namun kurang mampu menjelaskan detail dari sebuah algoritma (loop, branching)

Komponen Actor Interface (Boundary) Proses pembacaan (Control) Nama table (Entity)

Simbol

Partisipan : obyek atau entitas yang bertindak dalam sequence diagram Message : komunikasi antar obyek partisipan Terdapat 2 tipe garis yaitu vertikal dan horisontal Vertikal : waktu  maju berdasarkan waktu Horisontal : obyek mana yang beraksi Nama Object / Class name bersifat optional boxes berupa object diberikan tanda garis bawah object yang tidak bernama disebut anonymous objects boxes berupa actor dapat juga digambar dengan stick figure

Daftar Istilah Participant Obyek yang terkait dengan sebuah urutan proses Lifeline Menggambarkan daur hidup sebuah obyek Activation Suatu titik waktu dimana sebuah obyek mulai berpartisipasi didalam sebuah sequence Ditandai dengan sebuah bar Time Elemen penting dalam sequence diagram Konteksnya adalah urutan, bukan durasi Return Suatu hasil kembalian sebuah operasi Operasi mengembalikan hasil, tetapi boleh tidak ditulis jika tidak ada perbedaan dengan Getternya

Detil SD

Jenis-jenis SD Distributed Control Pemrosesan dipecah pada beberapa participant Lokalisasi efek perubahan Mampu menawarkan polymorphism Centralized Control Satu participant melakukan semua pemrosesan Participant lain hanya menyediakan data Lebih sederhana (pemrosesan terpusat) Kurang fleksibel, untuk perhitungan setiap barang harus menggunakan conditional logic (if else) Tidak memanfaatkan konsep polymorphism

System Level depicts a UML sequence diagram for the Enroll in University use case

Service Level

Hubungan Class diagram dan Sequence diagram Contoh : Pembatalan Order

Class Diagram

Potential Objects

Finally

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3 Form

Sequence Diagram

Contoh 4

Contoh 5

Loop

Alternate (if..else)

End of Chapter Materi minggu depan : Collaboration Diagram

Study Kasus 1

Study Kasus 2 : Perpustakaan

Gambar di atas menggambarkan Aplikasi mempunyai satu Actor/user yaitu Pustakawan dan 7 use case. Hal ini menjelaskan bahwa dalam aplikasi, pustakawan bisa Menambah Anggota, Mencetak Kartu Anggota, Menambah Buku, Mencetak Stiker Kode Buku, Melihat Katalog, Meminjam Buku, dan Mengembalikan Buku. Mungkin ada kebingungan, mengapa yang meminjam dan mengembalikan buku adalah Pustakawan, bukan anggota perpustakaan. Kalau kita lihat  Business Process atau Activity Diagram , terlihat bahwa yang berinteraksi langsung dengan aplikasi adalah Pustakawan, bukan anggota. Anggota meminjam dan mengembalikan buku kepada Pustakawan, selanjutnya Pustakawan lah yang menginput ke aplikasi.

Activity Diagram

Diagram di atas menggambarkan 3 Activity utama di dalam perpustakaan,yaitu: Menambah anggota/member perpustakaan. Anggota meminjam buku. Anggota mengembalikan buku. Walaupun mungkin masih banyak activity-activity lain yang terkait dengan perpustakaan tetapi bukan merupakan business process yang utama dari perpustakaan.

Sequence Diagram Sequence Diagram menggambarkan urutan interaksi antar objek ketika satu Use Case dieksekusi/dilakukan, sehingga Sequence Diagram (sebaiknya) sebanyak Use Case nya. Dalam membuat Sequence Diagram ini memakai metode programming MVC (Model-View-Controller) atau dalam istilah lain Model=Entity, View=Boundary, dan Controller=Control. View/Boundary adalah class yang berinteraksi langsung dengan Actor. Controller/Control adalah class interaksi perantara antara View/Boundary dan Mode/Entity. sedang Model/Entity adalah class yang menyimpan data.

Menambah anggota Ada dua class Boundary yaitu MenuUtama dan FormPendaftaran Anggota, satu class Control yaitu ProsesPendaftaranAnggota, dan satu class Entity yaitu Member.

MencetakKartuAnggota

Tugas Lanjutkan menggambar sequence diagram untuk : Menambah Buku, Mencetak Stiker Kode Buku, Melihat Katalog, Meminjam Buku, dan Mengembalikan Buku.