Faktor Pembentuk Kepuasan Tourist Shopper di Surabaya Adi Kusrianto
mata kuliah “Customers Behaviour” semester 4 – 2012, minggu ke 5 ruang 608
Berbelanja adalah kegiatan wisata yang disukai dan dapat menghasilkan pendapatan besar di dunia pariwisata serta turut menyumbang pembangunan ekonomi. Oleh karena itu Pusat perbelanjaan memperluas usahanya untuk menarik wisatawan (tourist) agar menaikkan jumlah uang yang didapatkan dari hasil pembelanjaan di mall sebagai tempat tujuan wisata.
Sebagian besar warga kota Surabaya memiliki perilaku yang konsumtif. Belanja menjadi alat pemuas keinginan mereka akan barang-barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan, akan tetapi karena pengaruh trend atau mode yang tengah berlaku, maka mereka menganggap suatu keharusan untuk membeli barang-barang tersebut.
Persentase Rata - Rata Pengeluaran Untuk Ritel Non - Food di Surabaya Dari Tahun 2004 – 2008 Tahun Jumlah (dalam jutaan Rp) Sumber: BPS, Distribusi Pengeluaran Rumah Tangga, 2009
Berbagai pusat perbelanjaan sengaja menciptakan suasana yang hedonis, dimaksudkan untuk menarik pengunjung dan membuat mereka puas sehingga betah berlama-lama di pusat perbelanjaan dan dapat membelanjakan uangnya.
Variabel Yang Dimiliki Pusat Pertokoan sesuai dengan segmentasinya ada 4 Macam
Variabel 1 terdiri dari a. Program acara yang bervariasi b. Karakteristik bangunan yang unik c. Maintenance tanpa mengganggu kenyamanan d. Variasi produk yang lengkap e. Pengkategorian outlet yang memudahkan konsumen mendapat produk Variabel ini dapat diberi nama sebagai Creative and Uniqueness.
Variabel 2 terdiri dari a. Komunikasi program yang dilakukan secara aktif b. Keramahan karyawan yang membuat konsumen merasa betah c. Reputasi shopping center yang mampu membangun kebanggan konsumen d. Kemampuan shopping center mewujudkan keinginan Sehingga variabel ini dapat diberi nama sebagai Excellent program and familiarity. Variabel 2 terdiri dari
Variabel 3 terdiri dari a. Kecepatan menanggapi keluhan pengunjung b. Kemampuan memecahkan masalah yang didapat pengunjung c. Jaminan kualitas yang membuat konsumen merasa tenang Sehingga variabel ini dapat diberi nama Emphaty and Good Performance. Variabel 3 terdiri dari
Variabel 4 terdiri dari a. Harga b. Fasilitas Sehingga variabel ini dapat diberi nama sebagai Equality Cost & Benefit Variabel 4 terdiri dari
Tugas: Anda adalah GM sebuah Mall di Surabaya: Siapkan suatu Even Promosi dalam satu Pekan Special dimana sasarannya adalah untuk menjaring Konsumen yang memiliki tipe: MOODY SHOPPER KELOMPOK 1 & 6: MOODY SHOPPER FASHION SHOPPER KELOMPOK 2: FASHION SHOPPER COMMUNITY SHOPPER KELOMPOK 3: COMMUNITY SHOPPER PRICE SENSITIVE SHOPPER KELOMPOK 4: PRICE SENSITIVE SHOPPER CHARITY SHOPPER KELOMPOK 5: CHARITY SHOPPER
Even meliputi: 1.THEMA DEKORASI 2.BARANG-BARANG YANG DIJUAL 3.ACARA-ACARA YANG DIGELAR 4.SARANA PROMOSI, TERMASUK PERUSAHAAN YANG DI RANGKUL SEBAGAI SPONSOR
1.Sebutkan Anda GM Mall apa ? 2.Eventnya diberi nama apa? 3.Kapan event itu diselenggarakan (Tanggal/ Hari/ Bulan)? selamat mengerjakan
Adi kusrianto adalah salah seorang penulis tetap pada Elex media komputindo, Gramedia publishers Jakarta untuk devisi buku komputer, grafis, manajemen dan humaniora. Penerbit Andi, Yogya untuk genre buku komputer, grafis dan humaniora. Associated editor, ghost writter dan literary agent beberapa tulisannya dapat dibaca pada: dapat dihubungi melalui