INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KELOMPOK : MUSTAFA BALI ( ) AGILE JAUNTY CHRISTY ( ) BUS SMART SECURITY.
Advertisements

The real Hand phone. Fitri Dwi Ariyanti ( )
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
FERIYANTO MOHI Alamat: Perum Sleman Permai 2 Blok C No Kelas D 2009 Usang Joko : 2010 Ferry.
Grafika Komputer (TIZ10)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Pendahuluan IMK-M1.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Bina Sarana Informatika
By, Eva Tanriana Teknik Sistem Informasi Industri
Human Computer Interaction (Interaksi Manusia dan Komputer)
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Pengantar Komputer Grafik
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Human Computer Interaction (HCI)
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA
Pendahuluan.
Interaksi Manusia Dan Komputer
Human Computer Interaction (1)
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pendahuluan.
Pendahuluan.
Introduction to Human Computer Interaction
Human-Computer Interaction (HCI)
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPTER MOHAMAD HILMAN 2016.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
Human-Computer Interaction (HCI)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Pendahuluan.
SI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi.
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI.
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Akhmad Aris Tantowi,S.Kom

DEFINISI Suatu disiplin ilmu yang terdiri dari desain, evalusi dan implementasi dari sistem komputer interaftif untuk digunakan manusia dan belajar fenomenanya Interaksi antara sains, engineering, dan aspek desain

Perspektif dari ilmu komputer Fokus terhadap interaksi dan hubungan khusus antara satu atau banyak manusia dan satu atau banyak mesin komputer

Disiplin ilmu dalam HCI Ilmu komputer ( desain aplikasi & teknik human interface) Psikologi ( aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user) Sosiologi & antropologi ( interaksi antara teknologi, work, dan organisasi) Industrial design (produk interaktif) Teknik sipil ( infrastruktur fisik) Teknik Mesin ( robotika)

Point penting dalam HCI Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system Bagaimana menyajikan kepada user Bagaimana membangun sebuah system Bagaimana untuk menguji sebuah design

Pendekatan HCI Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa pemograman, dan bagaimana membangun environment yang relevan) Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design disipline, liguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human performance are relevant

Aspek – aspek dalam HCI Use and context of computers ( U) Human characteristic (H) Computer system and interface architectur (C) Development proses ( D)

Aspek – aspek dalam HCI

Use and context of computers ( U)

Social organization and work Dalam kegunaannya bagi manusia sebagai makhluk sosial dalam konteks kerja Contoh ; untuk mendukung kualitas dan kepuasan kerja

Application Areas Characteristic dalam area aplikasi Wilayah aplikasi tersebut digunakan ( individual atau group) Document oriented interfaces Comunication oriented interfaces Design environment Online tutorial system and help system Multimedia information kiosks Continues control system Embedded system

Human-Machine Fit and Adaptation Kesesuain antara manusia dengan mesin yang dibangun bisa dilihat dari; Waktu penyesuaian ( saat dibangun atau saat digunakan ) Apakah mesin atau manusianya yang berubah atau diubah Siapa yang membuat perubahan apakah pengguna atau sistemnya

Human Characteristics (H) Karakteristik pemroses informasi oleh manusia, bagaimana struktur prilaku manusia, pola alamiah dan prasyarat phisik dan fisiologis

Human Information Processing karakteristik manusia sebagai pemores informasi. Hal – hal yang penting diketahui atau dipelajari antara lain: Model – model arsitektur kognitif Teori tentang memori, persepsi, kemampuan motorik, motivasi, dll

Language, Communication and Interaction Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, aspek –aspek yang dipelajari: Sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena – fenomena dan bahasa

Ergonomics Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis dan kaitannya dengan kenyamanan kerja Beberapa parameter dan aspek yang diperhatikan antara lain: Antropometri manusia dalam kaitannya dengan lingkungan kerja. Masalah yang berkaitan dengan aspek kelelahan bagi manusia

Computer System and Interface Architecture (C)

Input and Output Devices Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer

Dialogue Techniques Arsitektur software dasar dan teknik – teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara – cara berinteraksi, dan masalah – masalah dalam dialog

Dialogue Genre Gaya / metode yang digunakan, antara lain: Penggunaan metafora Metode – metode yang relevan dengan media lain misal : film, grafis. Aspek estetika

Computer Graphics Konsep – konsep dasar dari tampilan komputer Aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi Transformasi linear Tampilan warna

Dialogue Architecture Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user Model- model referensi dialog pada sistem ( dialogue system reference models ) Model – model pencitraan pada layar (screen imaging models) Windows manager models Multi user interface architecture

Development Process (D)

Design Approaches Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain, antara lain: Ilmu tentang desain grafis Proses pengembangan system Teknik analisa kerja Desain industrial

Implementation Techniques and Tools Cara- cara dan peralatan implementasi Hubungan anatara desain, evaluasi, dan implementasi Independensi dan reusability, independensi aplikasi, independensi peralatan. Teknik prototype Peralatan dialogue Method berorientasi objek Representasi data dan algoritma

Evaluation Techniques Metode - metode spesifik untuk evaluasi Productivitas Aspek –aspek yang dievaluasi seperti waktu, error, kemudahan untuk dipelajari, desain, dll

Example Systems and Case Studies Command oriented PC DOS Airline check in Graphics- oriented Windows Apple macintosh Frame base hypercard