Pengertian Algoritma dan Flowchart Minggu II Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Pengertian Algoritma Algoritma adalah kumpulan instruksi-instruksi/ perintah–perintah/langkah-langkah yang berhingga jumlahnya yang digunakan untuk menyelesaikan masalah/persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer . Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Tahap-Tahap Pemrograman Fase Problem Solving Fase Implementasi Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Fase Problem Solving Hal-hal yang harus diketahui dalam analisis masalah : 1. Kondisi awal 2. Kondisi akhir 3. Data lain yang tersedia 4. Operator yang tersedia 5. Syarat / kendala yang harus dipenuhi Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Fase Problem Solving Ciri-ciri algoritma yang baik : 1. Precise 2. Jumlah langkah/step berhingga dan tertentu 3. Efektif 4. Harus terminate 5. Output yang dihasilkan tepat Test Dipilih data-data yang bisa, dan juga yang ekstrem Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Fase Implementation 1. Pembuatan Program 2. Dokumentasi Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Penyajian Algoritma Algoritma disajikan dengan tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu dan pseudocode, sedangkan yang disajikan dengan gambar, misalnya dengan flowchart. Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Penyajian Algoritma Algoritma untuk mencari rata-rata dari 3 bilangan yang diinputkan a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia 1. Baca bilangan a, b, dan c 2. Jumlahkan ketiga bilangan tersebut 3. Bagi jumlahnya dengan 3 4. Tulis hasilnya b. Algoritma dengan pseudocode Input (a,b,c) Jml = a+b+c Rerata = Jml/3 Output (Rerata) c. Algoritma dengan flowchart Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Penyajian Algoritma Algoritma untuk mencari luas lingkaran a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia 1. Beri nilai phi dengan 3.14 2. Masukkan jari-jari lingkaran 3. Kalikan phi dengan kuadrat dari jari-jarinya 4. Tulis hasilnya b. Algoritma dengan pseudocode phi = 3.14 Input (R) L = phi * R^2 Output (L) c. Algoritma dengan flowchart Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Flowchart Flowchart (bagan alir) adalah suatu bagan yang menggambarkan/mempresentasikan suatu algoritma/prosedur untuk menyelesaikan masalah. Flowchart ada dua macam : Flowchart System Flowchart Program Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Flowchart System Yaitu bagan yang menggambarkan suatu prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file dalam media yang lain dalam suatu sistem data. Simbol yang digunakan : Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I preparation Input/ output Terminal Flowchart Program processing decision Yaitu bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah. Simbol yang digunakan : : menunjukkan awal dan akhir dari program : memberikan niai awal pada suatu variabel atau counter : menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data : menunjukkan proses input atau output : untuk mewakili operasi perbandingan logika proses yang ditulis sebagai sub program, yaitu prosedur/ fungsi : penghubung pada halaman yang sama : penghubung pada halaman yang berbeda connector Predefined Process Off page connector Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Struktur Dasar Algoritma Struktur dasar algoritma ada tiga, yaitu : 1. Sequence Structure (struktur runtunan) Digunakan untuk program yang instruksinya sequential/urutan. 2. Selection Structure (struktur percabangan) Digunakan untuk program yang menggunakan pilihan/penyeleksian kondisi. 3. Repetition Structure (struktur perulangan) Digunakan untuk program yang instruksinya akan dieksekusi berulang-ulang. Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I
Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I Tugas Buatlah flowchart dan program (uji coba masing), untuk : a. Menghitung rata-rata dari lima bilangan yang diinputkan (10) b. Mengkonversi suhu derajat Celcius ke dalam derajat Kelvin (10). c. Mengkonversi suhu derajat Kelvin ke dalam derajat Celcius (10). d. Mengkonversi Jam ke dalam menit (10), e. Jam ke detik (10) f. Detik ke Jam (10) g. Detik ke Menit (10) h. Menghitung luas segitiga (10) i. Menghitung jumlah deret : 1+2+3+4+…..+N (20) misalnya jika N=2 maka jumlah deret = 1+2 = 3 atau jika N=4 maka jumlah deret = 1+2+3+4 Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I