REPRESENTASI PENGETAHUAN – JARINGAN SEMANTIK DAN SKEMA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala
Advertisements

Contoh Identifikasi Masalah
STAF PENGAJAR FISIKA DEPT. FISIKA, FMIPA, IPB
Produksi Media Cetak GAMBAR
1 suhariyuwanto bppls reg.3 © 2007 – tugas pokok tutor: ● menyusun rencana pembelajaran ● mengampu proses pembelajaran ● menyusun bahan ajar*)3 ● mengevaluasi.
PERANGKAT LUNAK PENGGAJIAN PEGAWAI TIDAK TETAP
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Informasi Pelaksanaan Ujian nasional.
REPRESENTASI PENGETAHUAN - 2
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
UJI KOMPETENSI LOGIKA MATEMATIKA.
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
KETENTUAN SOAL - Untuk soal no. 1 s/d 15, pilihlah salah satu
Mendiagnisis dan menangani kelesuan manajerial Jawablan semua pertanyaan di bawah ini : 0 = sangat jarang atau tidak pernah 1 = jarang 2 = terkadang 3.
Circle (LINGkaRan) Enggar Fathia Ch*Fuji Lestari*Ni Made Ratna W*Ria Oktavia*
Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan
STANDARD PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DASAR (SPM)
LUAS DAERAH LINGKARAN LANGKAH-LANGKAH :
Floor Plan Pertemuan Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010.
ENTREPRENEURSHIP KEWIRAUSAHAAN Oleh : Zaenal Abidin MK SE 1.
Fungsi Invers Oleh: FadjarShadiq, WI PPPG Matematika
disajikan oleh : Machmud SYAM
Topik 09 Exam Skill 1 Prepared by Kunaifi © 2010 The Department of Electrical Engineering UIN Suska Riau. All rights reserved.
Induksi Matematik TIN2204 Struktur Diskrit.
Rancangan Program Materi Pertemuan 13 Sumber : Slide Inayatullah,M.Si.
Identifikasi Kebutuhan Sistem Komputerisasi
Luas Daerah ( Integral ).
Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya.
SILABUS KOMUNIKASI BISNIS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
VISKA ARMALINA S.T.,M.ENG REPRESENTASI PENGETAHUAN-3.
TEKNIK PENJADUALAN UNTUK MENENTUKAN WAKTU YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGEMBANGKAN SUATU SISTEM, ANALIS SERING MENGGUAKAN SUATU TEKNIK KUANTITATIF YANG DISEBUT.
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
Menggambar perspektif
Representasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN
KONVOLUSI DISKRIT.
RANCANGAN PROGRAM.
Mengelola isi halaman web
Kompleksitas Algoritma
PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA
PENYELESAIAN PERSAMAAN KUADRAT
REPRESENTASI PENGETAHUAN.
1 Pertemuan 4 Menggunakan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Kompetitif.
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
Analisa & Perancangan Sistem Informasi
JARINGAN SEMANTIK PERTEMUAN MINGGU KE-7.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Representasi Pengetahuan II.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Pertemuan 4 Representasi Pengetahuan
Representasi Pengetahuan lanjut
RP-Script Mirip dengan frame, merepresentasikan pengetahuan berdasarkan pengalaman-pengalaman Frame menggambarkan obyek, sedangkan script menggambarkan.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Akuisisi dan Representasi Pengetahuan
REPRESENTASI PENGETAHUAN – JARINGAN SEMANTIK DAN SKEMA
Script 17/9/2015 Kode MK : MK :.
Sistem Berbasis Pengetahuan
RP-Script Mirip dengan frame, merepresentasikan pengetahuan berdasarkan pengalaman-pengalaman Frame menggambarkan obyek, sedangkan script menggambarkan.
KNOWLEDGE REPRESENTATION
Representasi Pengetahuan II
REPRESENTASI PENGETAHUAN
Representasi Pengetahuan
Kecerdasan Buatan Pertemuan 02 Reperentasi Pengetahuan.
Transcript presentasi:

REPRESENTASI PENGETAHUAN – JARINGAN SEMANTIK DAN SKEMA

JARINGAN SEMANTIK Jaringan semantik merupakan penggambaran grafis dari pengetahuan yang melibatkan hubungan antara obyek-obyek. Obyek direpesentasikan sebagai simpul (node) pada suatu grafik berbentuk lingkaran dan hubungan antara obyek-obyek dan faktor deskriptif dinyatakan oleh garis penghubung (link) atau garis lengkung (arch) berlabel.

JARINGAN SEMANTIK Obyek dapat berupa jenis fisik, seperti: buku, mobil, meja, atau bahkan orang; merupakan pikiran, seperti: hukum Ohm; suatu peristiwa/kejadian, seperti: piknik atau suatu pemilihan; atau tindakan, seperti: membuat rumah atau menulis buku. Atribut obyek, seperti: ukuran, warna, kelas, umur, asal-usul, atau karakteristik lainnya bisa digunakan sebagai node. Dalam hal ini, informasi rinci tentang sesuatu obyek bisa ditampilkan dengan baik.

JARINGAN SEMANTIK Contoh penerapan jaringan semantik yang mudah ditemui adalah struktur kepegawaian dan garis keturunan

Skema (Scheme) Skema adalah metoda pengorganisasian, presentasi dan penggunaan pengetahuan tiruan (stereotype) agar komputer bisa menalar. Pengetahuan tiruan merupakan pengetahuan yang sudah pasti dan sudah dikenal dengan baik. Hal ini didasarkan kepada berbagai penampilan, situasi, dan obyek-obyek khusus, seperti: pengalaman biasa yang konvensional dan proses yang tak bervariasi. Kita representasikan pengetahuan semacam itu ke dalam sistem skema. Ada dua jenis skema: skema kerangka / bingkai (frame), dan skema naskah (script).

Skema Bingkai (Frame) Bingkai adalah blok-blok atau potongan-potongan yang berisi pengetahuan mengenai obyek-obyek khusus, kejadian, lokasi, situasi ataupun elemen-elemen lainnya dengan ukuran yang relatif besar. Blok-blok ini menggambarkan obyek-obyek tersebut dengan sangat rinci. Detail diberikan dalam bentuk rak (slot) yang menggambarkan berbagai atribut (attribute) dan karakteristik dari obyek tersebut.

Skema Bingkai (Frame) Sebuah slot dapat berisi nilai default, yaitu nilai yang sudah melekat dan menjadi ciri dari suatu obyek. Misalnya bingkai pengetahuan slot mobil sedan, memiliki nilai untuk slot jumlah ban otomatis 4 buah. Sebuah slot juga dapat mempunyai nilai procedural attachment, yaitu suatu nilai yang besarnya relatif. Akselerasi mesin misalnya, mempunyai nilai yang relatif terhadap waktu. Contohnya akselerasi suatu mesin memiliki nilai 0 – 60 km/jam dalam waktu 4 detik. Dalam waktu 2 detik, mesin tersebut memilki akselerasi yang berbeda.

Skema Bingkai (Frame) Sebuah slot dapat berisi bingkai, dimana bingkai ini juga tersusun atas slot-slot. Misalnya slot mesin berisi sebuah bingkai mesin yang terdiri atas slot-slot rasio kompresi, sistem pengapian, besarnya daya dan besarnya torsi.

Skema Bingkai (Frame) BINGKAI MOBIL Kelas Transportasi Pabrik Audi Negara asal Jerman Model 5000 Turbo Tipe Sedan Berat 3300 lb Jumlah roda 4 BINGKAI MESIN Ukuran Silinder 3.19 inch Rasio Kompresi 7.9 – 1 Tenaga 140 HP

Naskah (Script) Naskah menggambarkan urutan peristiwa. Naskah biasanya direpresentasikan ke dalam konteks tertentu. Dalam menggambarkan urutan peristiwa, naskah menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, obyek, dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa. Beberapa elemen naskah yang tipikal meliputi: kondisi masukan, pendukung (prop), peran (role) dan adegan (scene).

Naskah (Script) Kondisi masukan menggambarkan situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi atau berlaku suatu peristiwa yang ada dalam naskah. Prop mengacu kepada obyek yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi. Role mengacu kepada orang-orang terlibat dalam naskah. Hasilnya adalah kondisi yang ada sesudah peristiwa dalam naskah berlangsung. Jalur (track) mengacu kepada variasi yang mungkin terjadi dalam naskah tertentu. Dan akhirnya, scene menggambarkan urutan peristiwa aktual yang terjadi

NASKAH RESTORAN Jalur : Restoran swalayan (fast food) Peran : Tamu, Pelayan Pendukung : Counter, baki, makanan, uang, serbet, garam, merica, kecap, sedotan, dll. Kondisi Masukan : Tamu lapar – Tamu punya uang.

Adegan_1 : Masuk Tamu parkir mobil Tamu masuk restoran Tamu antri Tamu baca menu dan mengambil keputusan tentang apa yang dipesan

Adegan_2 : Pesanan Tamu memberikan pesanan kepada pelayan Pelayan mengambil pesanan dan meletakkan makanan di atas baki Tamu membayar

Adegan_3 : Makan Tamu mengambil serbet, sedotan, garam, dll. Tamu membawa baki makanan ke meja kosong Tamu makan dengan cepat Adegan_3a (option) : Membawa pulang Tamu membawa makanan dan pulang

Adegan_4 : Pulang Tamu membereskan meja Tamu membuang sampah Tamu meninggalkan restoran Tamu naik mobil dan pulang

Hasilnya Tamu merasa kenyang Uang tamu jadi berkurang Tamu senang Tamu kecewa Tamu sakit perut

Naskah (Script) Tampak bahwa, naskah dapat menggambarkan dengan akurat situsasi yang terjadi di hampir semua restoran swalayan (cepat saji / fast food). Adegan-adegan merupakan naskah mini yang ada di dalam naskah utama yang melukiskan berbagai upa-bagian dari seluruh proses.

Naskah (Script) Naskah sangat baik untuk meramalkan apa yang akan terjadi dalam situasi tertentu. Walaupun peristiwa itu tidak pernah diobservasi terlebih dahulu, tapi naskah dapat memberikan kemungkinan kepada komputer untuk meramalkan apa yang akan terjadi, kepada siapa dan kapan. Bila komputer bisa ‘menembak’ naskah, maka pertanyaan apapun bisa diajukan dan jawaban akurat akan keluar, walaupun komputer hanya diberi sedikit input pengetahuan orisinil atau sama sekali tidak diberi input apapun.

The end and 10_Q