Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak HARJANTO SUTEDJO 8/19/20141HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BEBERAPA SEGI TENTANG HUKUM EKSEKUSI HARIFIN A
Advertisements

DIKLAT MANAJEMEN PROYEK
Proses-proses Perangkat Lunak
OPERASI & PEMELIHARAAN SISTEM DISTRIBUSI
M A T R I K S Budi Murtiyasa Jur. Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta Juli /08/20141design by budi murtiyasa 2008.
Rapid software development
Pemrograman Generasi Ke 4
Algoritma & Pemrograman 2 B M1 1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B Created by.Winda Widya A.
SOSIALISASI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
9/11/20141 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional 9/11/20141 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.
Oleh Ardian M. Prastiawan 9/12/2014 2:00:42 PM1. Materi 9/12/2014 2:00:42 PM2 1. Mangenal Delphi – 2 x Pertemuan 2. Mengenal IDE – 3 x Pertemuan 3. Object.
Interaksi Manusia dan Komputer
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
PELAKSANAAN PENGAWASAN REGULER
BEBERAPA SEGI TENTANG HUKUM EKSEKUSI HARIFIN A
RELASI DAN FUNGSI Oleh : Watik Purnomo S A /7/2017.
12/15/ Kelompok  Dua orang atau lebih secara bebas dengan norma, tujuan, dan identitas yang sama.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
12/18/20141 MANAJEMEN KINERJA SDM Oleh: Dr. Mustika Lukman Arief, SE, MM PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN STIE HAS BUKITTINGGI, 2013.
Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak
CITRA BINER Kuliah ke 11 4/7/2017.
Sistem Dan Teknologi Informasi
Rekayasa Web Ch. 5 Pendekatan Pengembangan Aplikasi Web
MetLit Kuantitatif 15 Des 2014
Protyping IMK-M5.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
Pengertian Microsoft Access
Nama Kelompok JUNIAR AJI SAPUTRA IFANKA AJI SAPUTRO HABIBUL hAKIM.
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan.
06/10/2014 Course : Rekayasa Perangkat Lunak, Aetthea, Elektro Unsoed,
Perancangan Perangkat Lunak
Tim Biologi Dasar Departemen Biologi FST -UA
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
KEBUTUHAN APLIKASI WEB
Spesifikasi Perangkat Lunak
Interaksi Manusia Dan Komputer
Perangkat Lunak 1.
Model Proses Perangkat Lunak
proses PERANGKAT LUNAK
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
PERANCANGAN INTERFACE USER
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Prescriptive Process Models
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1 B
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Pemrograman Generasi Ke 4
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN GENERASI KEEMPAT
Pemrograman Generasi Ke 4
Pengenalan Borland Delphi 7.0
PERANCANGAN TRANSAKSI APLIKASI PENJUALAN PONSEL Khendrik
REKAYASA WEB Development Process
Pertemuan Kedelapan Proses desain
Dwi apri wahyu prayogo NIM ;
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
SAPUTRA MAY SANDI TANDIALI  4GT INI ADALAH METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK GENERASI KEEMPAT.  PERANGKAT SOFTWARE YANG DAPAT MEMPERMUDAH.
Transcript presentasi:

Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak HARJANTO SUTEDJO 8/19/20141HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Prototipe mendukung dua kegiatan proses rekayasa persyaratan  Elisitasi persyaratan: user bereksperimen untuk melihat bagaimana sistem dapat mendukung pekerjaan mereka dan memberikan usulan atau ide-ide baru.  Validasi persyaratan: Prototipe dapat menunjukkan kesalahan- kesalahan atau ketidak-sesuaian yang mungkin terjadi. 8/19/20142HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Keuntungan Prototipe  Mengurangi kesalahpahaman antara pengembang dan user  Menemukan persyaratan yang tidak lengkap  Sudah dapat ditunjukkan bahwa sistem sudah bekerja  Digunakan sebagai dasar penulisan spesifikasi untuk kualitas produksi 8/19/20143HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Proses Pengembangan Prototipe Tentukan Tujuan Prototipe Tentukan Tujuan Prototipe Definisi Fungsionalitas Prototipe Definisi Fungsionalitas Prototipe Pengembangan Prototipe Pengembangan Prototipe Evaluasi Prototipe Evaluasi Prototipe Rencana Pembuatan Prototipe Rencana Pembuatan Prototipe Definisi Outline Definisi Outline Prototipe Yang Dapat Digunakan Prototipe Yang Dapat Digunakan Laporan Evaluasi Laporan Evaluasi 8/19/20144HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Prototipe Pada Proses Perangkat Lunak Persyaratan Outline Persyaratan Outline Pembuatan Prototipe Evolusioner Pembuatan Prototipe Evolusioner Pembuatan Prototipe Throw-Away Pembuatan Prototipe Throw-Away System yang diserahkan System yang diserahkan Prototipe yang dapat dijalankan + spesifikasi sistem Prototipe yang dapat dijalankan + spesifikasi sistem 8/19/20145HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Tujuan Pemrograman Evolusioner dan Throw-away  Evolusioner:  Menyerahkan sistem kepada user untuk menjalankan semua prioritas utama.  Throw-Away:  Mem-validasi dan menurunkan persyaratan sistem. 8/19/20146HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Pembuatan Prototipe Evolusioner Pengembangan Spesifikasi Abstrak Pengembangan Spesifikasi Abstrak Pembuatan Sistem Prototipe Pembuatan Sistem Prototipe Penggunaan Sistem Prototipe Penggunaan Sistem Prototipe Sistem Memenuhi Syarat? Sistem Memenuhi Syarat? Penyerahan Sistem Penyerahan Sistem YA TIDAK 8/19/20147HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Keuntungan Prototipe Evolusioner  Penyerahan sistem yang dipercepat, sehingga dapat diantisipasi keterlambatan karena perubahan sistem.  Keterlibatan user dengan sistem lebih awal dan lebih lama, sehingga menumbuhkan kepercayaan user. 8/19/20148HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Spesifikasi Prototipe Evolusioner  Proses spesifikasi, perancangan dan implementasi yang tumpang tindih.  Sistem dikembangkan dalam inkremental  Teknik-teknik pengembangan sistem yang cepat  User Interface dikembangkan menggunakan pengembangan interaktif. 8/19/20149HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Masalah Utama Dalam Pembuatan Prototipe Evolusioner  Masalah manajemen, khususnya dalam ketersediaan tenaga  Masalah pemeliharaan menjadi lebih sulit  Masalah kontrak. 8/19/201410HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Pembuatan Prototipe Throw-Away Persyaratan Outline Persyaratan Outline Pengembangan Prototipe Pengembangan Prototipe Evaluasi Prototipe Evaluasi Prototipe Spesifikasi Sistem Spesifikasi Sistem Pengembangan Perangkat lunak Pengembangan Perangkat lunak Validasi Sistem Validasi Sistem Penyerahan Sistem Perangkat Lunak Penyerahan Sistem Perangkat Lunak Komponen yang dapat dipakai 8/19/201411HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Masalah Dalam Pembuatan Prototipe Throw-away  Fitur-fitur penting bisa dihilangkan dari prototipe untuk menyederhanakan implementasi yang cepat  Implementasi tidak mempunyai kedudukan legal sebagai kontrak  Persyaratan non-fungsional seperti keandalan, ketahanan dan keselamatan tidak dapat diuji dengan memadai. 8/19/201412HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Manfaat lain dari Prototipe Throw-away  Prototipe tidak harus perangkat lunak yang dapat berguna pada proses rekayasa persyaratan  Tiruan interface user dari sistem menggunakan kertas terbukti membantu user menyempurnakan desain interface dan skenario pemakaian (Rettig, 1994).  Perluasan dari teknik ini adalah prototipe “Wizard of Oz” (Sommervile & Sawyer 1997). 8/19/201413HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Teknik Pembuatan Prototipe Yang Cepat  Pemrograman Database  Pengembangan bahasa tingkat tinggi dinamik (Java dan.NET mengarah ke sini).  Perakitan komponen dan aplikasi 8/19/201414HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Pengembangan Bahasa Tingkat Tinggi Dinamik  Bahasa pemrograman yang mencakup fasilitas manajemen data run-time yang sangat ampuh.  Penggunaan bahasa campuran (lebih dari satu bahasa pemrograman) terkadang dibutuhkan untuk sistem yang besar. 8/19/201415HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Pertanyaan-pertanyaan Dalam Memilih Bahasa Pemrograman  Apa domain aplikasi yang akan dibangun? (Object Oriented, Logic. List Based, Database…)  Interaksi User apa yang dibutuhkan? (teks based, graphics based, aplikasi windows, aplikasi web …)  Lingkungan pendukung apa yang disediakan dengan bahasa tersebut? (komponen, object/class, library …) 8/19/201416HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Pemrograman Database  Semua sistem manajemen komersial menggunakan pemrograman database.  Pemrograman database beserta pendukungnya dikenal dengan istilah bahasa generasi keempat (4GL) 8/19/201417HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Komponen Pemrograman Database Bahasa Pemrograman Database Bahasa Pemrograman Database Generator Interface Generator Interface Spreadsheet Generator Laporan Generator Laporan Sistem Manajemen Database 8/19/201418HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Alat Bantu Dalam Bahasa Pemrograman Database  SQL sebagai bahasa query  Generator interface untuk membuat form  Spreadsheet untuk analisis dan manipulasi informasi  Generator laporan untuk membuat laporan 8/19/201419HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Perakitan Komponen dan Aplikasi  Salah satu hal penting di dalam melakukan rekayasa perangkat lunak adalah ketersediaan komponen yang memadai.  Prototipe dapat dibangun dengan cepat bila tersedia komponen dan aplikasi yang dibutuhkan.  Komponen dan aplikasi dibuat untuk bisa dipakai ulang 8/19/201420HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Komposisi Komponen Yang Bisa Dipakai Ulang Komponen yang bisa dipakai ulang Kerangka Kerja Komposisi Komponen Prototipe yang dapat dijalankan Kode kontrol dan integrasi 8/19/201421HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Dua hal penting pengembangan prototipe dengan pemakaian ulang  Tingkat aplikasi, dimana seluruh sistem diintegrasikan dengan prototipe sehingga fungsionalitasnya dapat dipakai bersama.  Tingkat komponen, dimana komponen-komponen secara individu diintegrasikan dalam kerangka kerja standard untuk implementasi sistem 8/19/201422HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Contoh Pentingnya komponen Buatlah form berikut ini: Bila Anda harus memilih, bahasa pemrograman apa yang Anda pilih dari bahasa pemrograman C++, Java, Visual Basic, Borland Delphi atau PHP agar prototipe dapat dibuat dengan cepat? Jelaskan mengapa anda memilih bahasa tersebut (selain karena Anda lebih menguasai salah satu bahasa tersebut) ? 8/19/201423HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Jawaban  Komponen dasar seperti form generator, report generator dan koneksi database  Pembuatan form yang mudah dan cepat  Komponen-komponen yang dapat diintegrasikan dengan mudah  Aplikasi dapat dengan mudah diproduksi. Pilihan bahasa pemrograman yang Anda sudah pilih memiliki hal-hal berikut ini: 8/19/201424HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Pemrograman Visual Dengan Pemakaian Ulang File Edit View Layout Option Help General Index 12 th January 2005 Komponen tanggal 3,875 Skrip Pemeriksaan range Komponen Gambar Kanvas Komponen Display Hypertext Komponen Display tree Komponen Prompt User + script 8/19/201425HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA

Question? End of Session 8/19/201426HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA