MEMAHAMI KOMIK Fitriana Puspita D.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FOTOGRAFI.
Advertisements

DASAR KOMPOSISI PADA FOTOGRAFI
PENULISAN NASKAH.
Gaya Belajar Disusun oleh : Rochmawati Pratamasiwi( ) Agustin Anggara Eni( ) Anis Saputri( ) Farah Maulida Rizkya( ) Tuyati( )
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
MENERAPKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI
CAMERA SET-UP.
keyakinan, kepercayaan, ketelitian, kehidupan.
Anggota : 1. Ratri Wahyuning Rahayu. ( ) 2. Riska Nurdianah
SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
Model Sheet Gaya gambar,Konsep verbal & Visual tokoh komik beserta atribut pendukung Minggu 2 Godham eko saputro, S.Sn, M.Ds.
Keterampilan Dasar Mengajar
PLACE : 22. CHANGE of LEVEL Perubahan dan Perbedaan Lantai
Dialog, Musik dan Sound Effect
Mutu Pertunjukan - Awalnya film seringkali menampilkan akting aktor secara full body. - Demi kepentingan penyajian cerita yang lebih menarik sudut pandang.
Stefanus T A. Ivan Lucky G
Perbedaan Siswa Dalam Kecerdasan Dan Gaya Belajar
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KOMUNIKASI NON VERBAL.
Komunikasi Non-Verbal
PESAN Pesan adalah sekumpulan simbol ( lambang) komunikasi yang mengandung arti yang disampaikan komunikator kepada komunikan Simbol ( lambang )
Storyboard.
TINJAUAN DKV Agus Setiawan, M.Sn
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
KOMUNIKASI NON VERBAL.
Unsur Instrinsik dan ekstrinsik Novel
Mengenal TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK)
KOMUNIKASI EFEKTIF.
Interaksi Manusia & Komputer
Audio visual Audio kompresi mekanikal atau gelombang
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
Komposisi di dalam Fotografi
PRAKTIK KETERAMPILAN BERBICARA
DISTORSI PESAN dalam KOMUNIKASI ORGANISASI Pertemuan 12
KOMUNIKASI EFEKTIF.
[deskripsi] Elemen Naskah AUDIO VISUAL.
Komik Minggu 1.
KOMUNIKASI EFEKTIF Dirangkum oleh: ANANG HERMAWAN.
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
Desain Komunikasi Visual UDINUS
KOMPOSISI MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH:BUDIYANTO
KOMUNIKASI TERAPEUTIK
Bahasa Indonesia Jurnalistik
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Pengertian Bahasa: Gorys Kerap: bahasa merupakan alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia Simbol.
Pengertian Bahasa: Gorys Kerap: bahasa merupakan alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia Simbol.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
RISET – OBSERVASI Pertemuan 5
PRAKTIK KETERAMPILAN BERBICARA
Bab 3 Visual Storytelling dan Storyboard
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
KOMUNIKASI EFEKTIF Dirangkum oleh: ANANG HERMAWAN.
Keterampilan Dasar Mengajar
FUNGSI TATA CAHAYA DAN SIFAT CAHAYA
SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
MENGENAL FOTOGRAFI Dr. Made Pramono, M.Hum..
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
PROSES PENGAMBILAN GAMBAR
Kesinambungan pesan yang dibangun melalui kaidah-kaidah sebuah film atau program televisi,sehingga pemaparannya menjadi logis Film yang baik adalah film.
Muhammad Nidzomuddin, S.Sos
Narrative Strategies.
Konseling gizi. Gema didalam/gaung/pantulan bunyi ◦ Gema adalah pikiran yang mungkin kita miliki ketika kita mendengarkan orang lain. ◦ Meskipun kita.
SARI KURNIAWATI.  Teknik ini biasa juga di sebut Very Long Shot atau Extra Long Shot.Teknik ini mencakup sudut pandang yang cukup luas.  Hal ini bertujuan.
PRINSIP-PRINSIP ANIMASI 12 Principles of Animation.
Transcript presentasi:

MEMAHAMI KOMIK Fitriana Puspita D

Definisi? Sejarah?

Komik muncul pertama kali dari sebuah manuscript di Colombia tahun 1519, juga muncul dari Hieroglyph di Mesir. Jika di Jepang, manga berasal dari ukiyo-e yang muncul pada era Edo

Komik : The world of Icon Semiotik

Kenapa Komik lebih diterima daripada reality  gambar ≠ icon universalitas, topeng diri, pemaknaan

5 Komponen penting dalam komik Momen Bingkai (frame) Citra Kata Alur

Momen Momen pada Komik terlihat melalui transisi antara panel 1 ke panel lainnya Setiap panel menunjukan sebuah aksi yang lengkap karena berasal dari sebuah plot yang berkaitan secara keseluruhan Transisi dari panel ke panel terdiri dari : 1. moment ke moment , aksi ke aksi, subjek ke subjek, adegan ke adegan, aspek ke aspek, dan tidak berurutan.

Transisi Panel ke panel Aksi ke aksi = menunjukkan progres, menjaga alur Momen ke momen

Scene ke Scene = Menghubungkan jarak tertentu antara waktu dan tempat Subjek ke subjek (dalam 1 ide cerita/scene)= yang bekerja adalah keterlibatan pembaca dalam pemahaman sehingga gambar tersebut bermakna. Mengubah sudut pandang pembaca Scene ke Scene = Menghubungkan jarak tertentu antara waktu dan tempat

Aspek ke aspek  Menggambarkan keadaan sekeliling seolah-olah pembaca mengedarkan pandangannya ke sekeliling untuk aspek berbeda seperti tempat, ide atau gerakan. Kerap dipakai di manga, utk merangkai narasi juga utk lompatan situasi serta berguna menciptakan penekanan suasana hati & tempat yang kuat Non Sequence (tidak berurutan) , sama sekali tidak berhubungan antar panelnya, tapi tetap ada maknanya.

Transisi pada komik Jepang Dalam komik Jepang, yang mendominasi biasanya transisi aspek ke aspek, dan aksi ke aksi, karena bertujuan untuk membangun mood dan nuansa suatu tempat, waktu yang seolah terhenti dan keheningan dengan kombinasi aspek-aspek yang kontemplatif

Citra Citra berfungsi membawa dunia cerita ke bentuk yang terlihat hidup. Menurut McCloud, citra terbagi : A. Jiwa => mendalami pikiran karakter, riwayat tokoh (untuk melihat cara melihat & menyikapi dunia) B. Pembedaan rupa => bentuk tubuh, wajah, gaya pakaian. Mata dalam manga, lebar dan bulat => polos, berjiwa muda ; mata sedang dan oval => karakter baik ; mata sipit dan juling =>sadis & jahat, irisnya berbentuk lebar => karakter pahlawan, irisnya kecil => bersifat buruk, mata lebar dan penuh bintang => sangat polos C. Ekspresif => ekspresi pada komik ditekankan pada mata. Ada 6 ekspresi primer : marah, jijik, takut, senang, sedih, terkejut.

Bingkai (Frame) Pada Komik, bingkai adalah alat untuk mengerahkan pembaca ke titik yang benar. Frame pada komik = camera angle pada film atau fotografi, bedanya frame komik bentuk dan ukurannya variatif. Establishing shot : panel panjang besar di awal di cerita Untuk membangun ketegangan : panel-panel kecil dulu

Bingkai Biasanya subyek penting ada di tengah, tapi titik tengah juga bisa menunjukkan gerak sebuah obyek, jarak ditempuh, tujuan yang tercapai dll Mangaka biasanya menunjukkan masalah di tengah, serpihan panel lainnnya untuk detil Dalam manga tidak selalu menggunakan panel, biasanya memakai garis tipis atau tidak bergaris sama sekali Pada Shojo Manga menggunakan bunga atau sayap pada bagian break-up page, untuk mendramatisir

Kata; pada komik kata dan gambar harus bekerja sama membentuk cerita utuh dan berkesinambungan McCloud membagi 7 cara gabungan kata Kata-spesifik => kata menyediakan semua yg perlu diketahui, gbr mengilustrasikan aspek yang diceritakan Gambar-spesifik => gbr menyediakan yg pembaca perlu ketahui, kata menguatkan aspek adegan yang ditampilkan Duo-spesifik => kata-gambar bersama-sama menyampaikan pesan

Intersecting (Berpotongan), kata dan gambar bekerja sama sambil memberikan info masing-masing Interdependent (saling bergantung), kata dan gambar bergabung untuk melukiskan gagasan yang tidak dapat dijelaskan hanya dengan kata ataupun gambar Paralel, kata dan gambar mengikuti jalur beririringan tanpa saling memotong Montas, kata dan gambar bergabung dalam satu citra

Alur Alur berguna untuk menuntun pembaca menyusuri panel dan menciptakan pengalaman membaca yang transparan dan intuitif Pada komik barat, pembaca akan dituntun dari kiri ke kanan, sebaliknya di komik Jepang dari kanan ke kiri.

Waktu pada Komik 1 panel = 1 moment 1 panel  banyak moment

Jeda pada komik Untuk memberikan “Jeda” atau lama waktu pada gambar antar panel adalah dengan cara memperbanyak gambar Cara lainnya adalah dengan hanya menggunakan 1 panel tapi jaraknya diperlebar atau tanpa border

Waktu pada panel Waktu pada panel bisa dikontrol lewat isi panel, jumlah panel dan jarak antara panel, atau bentuk panel itu sendiri Panel adalah guide dalam kajian komik Ketika isi dan komposisi sebuah panel diam tidak menawarkan clue apa-apa tentang durasinya, maka ia akan memberikan nuansa “ketiadaan waktu” Teknik seperti ini sering di komik Jepang

Keterangan Waktu Untuk komik, keterangan waktu ditunjukkan dengan panel. “Sekarang” adalah panel yang saat ini dibaca, “masa lalu” adalah panel sebelum sekarang, “masa depan” adalah panel berikutnya. Tapi di komik, masa lalu, saat ini dan masa depan terlihat sejajar tidak seperti film atau media visualnya (kelebihan komik)

Gerakan dalam komik Gambar bergerak dalam komik digambarkan dengan pergerakan objek, efek blur pada latar belakang (seperti di fotografi),

Khusus Komik Jepang, Punya cara sendiri untuk menggambarkan objek bergerak dimana melibatkan pembaca sebagai sudut pandangnya dan bagaimana pembaca menjadi objek itu sendiri

Bunyi dan gerak Diwakili oleh : balon kata dan efek suara (onomatopei). Balon kata tidak selalu oval, ketika bingung => bentuk gerigi, atau ketika berpikir => tidak ada balon sama sekali Sementara gerak pada komik berupa hubungan antar panel dan gerakan dalam panel Emosi juga bisa terlihat pada komik, emosi pada gambar dimulai sejak lukisan Van Gogh Pada komik, emosi berbicara lewat garis

Garis pada komik Kaku, konservatif Bangga, kuat Keras, bengis Pasif Dinamis, berubah Lemah, tidak stabil mematikan

Latihan

Garis sebagai metafor visual, simbol Garis sebagai metafor visual  simbol, bau sampah, asap, blushing Untuk memahami komik  universalitas (sehingga bisa mengerti dalam sekali lihat) Untuk komik jepang , harus memahami budayanya dulu baru bisa mengerti

Background dan warna sebagai sisi psikologis komik Variasi pada balon kata, isi dalam balon juga bisa verbal atau non verbal Warna juga berperan penting ; mengekspresikan mood yang dominan, tones menambahkan nuansa kedalaman, warna sebagai sensasi, warna sebagai lingkungan dll