ALGORITME & PEMROGRAMAN Abdul Kudus, SSi., MSi., PhD. Senin, 6.30 – 9.00 Rabu, 12.00 – 14.00.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALGORITME & PEMROGRAMAN Abdul Kudus, SSi., MSi., PhD. Senin, 6.30 – 9.00 Rabu, –
Advertisements

PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PERULANGAN Pertemuan V
STRUKTUR PEMROGRAMAN DALAM R
ALGORITMA & PEMROGRAMAN Abdul Kudus, SSi., MSi., PhD. 1) 2) blog: abdulkudus.staff.unisba.ac.id.
ALGORITME & PEMROGRAMAN Abdul Kudus, SSi., MSi., PhD. Senin, 6.30 – 9.00 Rabu, –
ALGORITME & PEMROGRAMAN Abdul Kudus, SSi., MSi., PhD. Senin, 6.30 – 9.00 Rabu, 8.00 – Rabu, – Senin, 9.00 – Selasa, –
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
STRUKTUR PERULANGAN Perulangan adalah instruksi yang dapat mengulang sederetan Instruksi secara berulang-ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan. Struktur.
PENGULANGAN PROSES PADA VISUAL BASIC
Konsep Pemrograman Oleh Tita Karlita
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
Modul -7 : Java Script (2) 1 Mempelajari statemen loop for, loop while, konsep array, dan fungsi Java Script (2) Modul-7 :
Algoritma dan Struktur Data
Struktur Perulangan Week 4 & 5.
PERULANGAN Perulangan (loop) merupakan bentuk yang sering ditemui di dalam suatu program aplikasi. Di dalam bahasa Pascal, dikenal tiga macam perulangan,
Pemrograman JAVA (TIB09)
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
PERULANGAN Komang Kurniawan W., M.Cs.
Sumber Kepustakaan : yohananugraheni.files.wordpress.com/.../7_struktu... 1 Struktur Perulangan.
Pemrograman Terstruktur
Perintah Perulangan Pertemuan ::
Instruksi Runtutan Instruksi Pemilihan dan Instruksi Perulangan dalam Pascal Minggu XII.
PENDALAMAN LOOP DAN LOGIKA
Pemograman 1 Pertemuan 6.
Struktur Kendali Proses (Perulangan)
By Tenia Wahyuningrum, MT
PERULANGAN (LOOP) Proses yang mengerjakan satu atau lebih statemen secara berulang-ulang, yaitu semua statemen2 di antara statemen berpasangan : FOR-NEXT.
PERULANGAN 13 April DO…WHILE WHILE…DO FOR…NEXT #5 STIKOM.
Looping (Perulangan).
Pernyataan Pengulangan Proses
Alvano Yulian,MSi LOOPING (PERULANGAN) Perulangan digunakan untuk mengerjakan suatu perintah secara berulang-ulang sesuai dengan yang diinginkan. Perulangan.
PERULANGAN RISMAYUNI.
Pengulangan Bambang Irawan.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Prodi S1-Sistem Komputer, F Teknik Elektro
Perulangan pada Visual Basic 6.0
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Algoritma & Pemrograman
PERULANGAN C++.
STATEMENT PENGULANGAN
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
PERULANGAN WHILE.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Algoritma Pemrograman
PERTEMUAN 9-11 STATEMENT PENGULANGAN
Dasar – dasar Algoritma dan Pemrograman
Komputasi Statistika (C) (Wajib 3 SKS) Pertemuan ke-3/14
Looping (Perulangan).
Algoritma dan Pemrograman
BAB VI Pengulangan.
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
ALGORITME & PEMROGRAMAN
Pengulangan Bambang Irawan.
Struktur Perulangan Yohana Nugraheni.
STRUKTUR PERULANGAN.
Algoritma & Pemrograman 1
STATEMENT PENGULANGAN
PERULANGAN.
Percabangan dan Perulangan
ALGORITME & PEMROGRAMAN
Pertemuan 8 Looping Erna Sri Hartatik
Pemrograman Terstruktur
DASAR-DASAR ALGORITMA dan FLOW CHART
Algoritma dan Pemrograman
LN New 01 Istilah Struktur Dasar Teknik Puncak-Turun
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Dasar-Dasar Pemrograman
1 Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PERULANGAN. 2 JENIS-JENIS PERULANGAN 1.FOR-TO-DO / FOR-DOWNTO-DO 2.WHILE-DO 3.REPEAT-UNTIL.
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 4
Transcript presentasi:

ALGORITME & PEMROGRAMAN Abdul Kudus, SSi., MSi., PhD. Senin, 6.30 – 9.00 Rabu, – 14.00

INSTRUKSI PERULANGAN (LOOP) Instruksi perulangan adalah instruksi yang dapat mengulang pelaksanaan sederetan instruksi-instruksi lainnya berulang- ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan. Struktur instruksi perulangan pada dasarnya terdiri atas: Syarat perulangan: suatu syarat yang harus dipenuhi agar perulangan dapat terjadi. Bagian perulangan: deretan instruksi yang akan diulang-ulang pengerjaannya. Pencacah (counter) perulangan: suatu variabel yang nilainya harus berubah agar dapat terjadi dan pada akhirnya membatasi banyaknya perulangan yang dapat dikerjakan. Ada 3 macam bentuk instruksi perulangan yang biasa ditemukan dalam program, yaitu for, while dan repeat. STRUKTUR PEMROGRAMAN DALAM R

1. Perulangan for Bentuk umum for (variabel in vektornilai) { instruksi_instruksi } awal:akhir Maknanya adalah ulangi instruksi-instruksi tersebut berdasarkan variabel perulangan mulai nilai awal hingga nilai akhir. for (i in 1:10) { cat("Halo...","\n") } Contoh:

x <- c(4,1,5,7,2,3) n <- length(x) akumulasi <- 0 for(i in 1:n) { akumulasi <- akumulasi + x[i] } rata <- akumulasi/n for(cacah in 10:1) { cat(cacah,"\n") } cat("lariiii...","\n")

Loop Menggunakan for() Perintah R for (i in nilai_nilai_i) { Perintah-perintah R } Contoh for (i in 1:10) { print(i) } for (i in c(3,2,9,6)) { print(i^2) } angkutan <- c("mobil", "bis", "kereta","sepeda") for (kendaraan in angkutan) { print(kendaraan) } jika banyaknya pengulangan diketahui

Fibo <- rep(0,times=12) Fibo[1] <- 1 Fibo[2] <- 1 for (i in 3:12) { Fibo[i] <- Fibo[i-2] + Fibo[i-1] }

Perulangan while while (syarat) { Instruksi_instruksi } Maknanya adalah ulangi instruksi-instruksi selama syarat yang diberikan masih terpenuhi Perhatikan: 1.Harus ada instruksi yang berkaitan dengan syarat sebelum masuk ke while sehingga syarat ini terpenuhi dan pengulangan bisa dilaksanakan. Bila tidak, maka instruksi while tidak bisa dijalankan. 2.Ada satu instruksi di antara instruksi-instruksi yang diulang agar pada satu saat syarat perulangan tidak terpenuhi, sehingga perulang bisa berhenti.

Contoh: Algoritma berikut menggunakan while untuk menampilkan angka 1 hingga 10 secara berurutan. angka <- 1 while(angka < 11) { cat("angka= ",angka,"\n") angka <- angka + 1 } kondisi awal instruksi yg bisa mengubah syarat sehingga tidak terpenuhi pd saat angka  11

Loop Menggunakan while () Perintah R while (syarat) { Perintah-perintah R } Contoh: Hitung jumlah dari bilangan 1,2,3,… sampai jumlahnya > 1000 n <- 1 jumlah <- 0 while (jumlah <= 1000) { jumlah <- jumlah + n n <- n + 1 } Banyaknya pengulangan tidak diketahuiDiulang selagi masih terpenuhinya syarat

Misal kita ingin membuat barisan bilangan Fibonacci yang kurang dari 300. Kita tidak tahu berapa banyaknya bilangan-bilangan ini. Oleh karena itu kita tak tahu bagaimana menghentikan loop menggunakan for(), tetapi loop while() bisa. Fib1 <- 1 Fib2 <- 1 Fibo <- c(Fib1,Fib2) while (Fib2 < 300) { Fibo <- c(Fibo, Fib2) Fib2.lama <- Fib2 Fib2 <- Fib1 + Fib2 Fib1 <- Fib2.lama }

Perulangan repeat dan break repeat { Instruksi_instruksi if(syarat) break } Makna: ulangi pelaksanaan instruksi_instruksi hingga syarat terpenuhi. Perhatikan: 1.Instruksi-instruksi akan diulang hanya apabila syarat TIDAK terpenuhi, dan ketika syarat terpenuhi maka perulangan berhenti. 2.Instruksi-instruksi dikerjakan terlebih dahulu sebelum syarat diperiksa. 3.Harus ada satu instruksi yg mendahului repeat agar syarat tidak terpenuhi sehingga perulangan bisa berlangsung. 4.Harus ada instruksi yang menyebabkan syarat terpenuhi dan perulangan berhenti.

Contoh: Algoritma berikut menampilkan “ Halo… ” sebanyak 5 kali, dengan menggunakan repeat. cacah <- 1 repeat { cat("Halo...","\n") cacah <- cacah + 1 if(cacah > 5) break } Contoh: Menggunakan repeat untuk menghitung jumlah x1+x2+x3+…+xn dan rata-ratanya x <- c(4,1,5,7,2,3) n <- length(x) akumulasi <- 0 i <- 1 repeat { akumulasi <- akumulasi + x[i] i <- i + 1 if (i > n) break } rata <- akumulasi/n

Break juga bisa dipakai di dalam pengulangan while selain di dalam pengulangan repeat > i <- 1 > while (i <= 10) + { + i <- i+4 + } > i [1] 13 > i <- 1 > while(TRUE) + { # pengulangan yg sama + i <- i+4 + if (i > 10) break + } > i [1] 13 > i <- 1 > repeat + { # pengulangan yg sama juga + i <- i+4 + if (i > 10) break + } > i [1] 13 break digunakan utk keluar dr pengulangan (loop) break juga dpt digunakan dlm pengulangan for

Perintah next akan melewatkan perintah di bawahnya dan langsung melompat pada iterasi berikutnya. > x <- c(3,1,5,NA,6,9,NA,2) > jml <- 0 > for (unsur in x) + { + if (is.na(unsur)) next + jml <- jml + unsur + } > jml [1] 26 Ket: is.na(x) adalah TRUE jika x merupakan data missing (NA)

Pengulangan terhadap himpunan bukan vektor Perintah get() akan menjadikan karakter/string dr suatu obyek sebagai input, dan akan mengeluarkan obyeknya sebagai outputnya. > P <- matrix(c(2,4,1,3),2,2) > Q <- matrix(c(1,4,2,3),2,2) > for (M in c("P","Q")) + { + matrikku <- get(M) + print(det(matrikku)) + } [1] 2 [1] -5

INSTRUKSI PEMILIHAN dengan Perintah if() Instruksi pemilihan adalah instruksi yang dipakai untuk memilih satu aksi dari beberapa kemungkinan aksi berdasarkan suatu persyaratan. Bentuk 1 kasus if (syarat) { aksi } Apabila syarat dipenuhi, maka “aksi” dijalankan. Contoh: Jika x lebih besar dr 100, maka nilainya akan ditambah 5 if (x >100) { x <- x + 5 } Ya Tidak

Bentuk 2 kasus Apabila syarat dipenuhi, maka “aksi_1” dijalankan. Tetapi jika tidak terpenuhi maka “aksi_2” yg dijalankan. if (syarat) { aksi_1 } else { aksi_2 }

if (x >0) { cat("bilangan ini positif","\n") } else { cat("bilangan ini negatif","\n") } Contoh: Jika x lebih besar dr 0, maka ditampilkan “bilangan ini positif”. Selain itu akan ditampilkan “bilangan ini negatif”.

Bentuk Bersusun (Lebih dari 1 Syarat) if (syarat_1) { Aksi_1 } else { if (syarat_2) { Aksi_2 } else { Aksi_3 }

Contoh: Penentuan nilai akhir: nilai <- function(skor) { if (skor >= 80) { nilai <- "A" } else { if (skor >= 60) { nilai <- "B" } else { nilai <- "C" } return(nilai) }

Terjemahkan ke dalam R !

Operator Aritmetik dan Boolean (Logika) serta Nilainya

> x <- c(TRUE,FALSE,TRUE) > y <- c(TRUE,TRUE,FALSE) > x & y [1] TRUE FALSE FALSE > x[1] && y[1] [1] TRUE > x && y # hanya memeriksa unsur pertama [1] TRUE > if (x[1] && y[1]) print("keduanya TRUE") [1] "keduanya TRUE" > if (x && y) print("keduanya TRUE") [1] "keduanya TRUE" > if (x & y) print("keduanya TRUE") [1] "keduanya TRUE" Warning message: In if (x & y) print("keduanya TRUE") : the condition has length > 1 and only the first element will be used

> 1 < 2 [1] TRUE > (1 < 2) * (3 < 4) [1] 1 > (1 < 2) * (3 < 4) * (5 < 1) [1] 0 > (1 < 2) == TRUE [1] TRUE > (1 < 2) == 1 [1] TRUE

Membuat Fungsi R Sendiri Kita bisa membuat fungsi baru untuk tujuan tertentu, misalnya untuk menghitung rumus tertentu yang belum ada dalam fungsi bawaan dari R. Fungsi mempunyai input dan output Semua variabel yang dibuat di dalam suatu fungsi hanya dikenal secara internal untuk fungsi itu saja. Bentuk Umum Fungsi dalam R nama_fungsi <- function(input) { badan_dari_fungsi (perintah-perintah) return(output) }

Contoh: Berikut ini adalah fungsi untuk menghitung pangkat tiga dari suatu input bilangan. > kubik <- function(x) + { + y <- x^3 + return(y) + } nama_fungsi input perintah R output Jalankan fungsi yang baru tersebut. > kubik(2) [1] 8

Atau inputnya berupa vektor. > dataku <- 1:5 > kubik(dataku) [1] > kubik(dataku/2) [1] Bisa juga dipanggil secara rekursif. > kubik(kubik(dataku)) [1]

Suatu fungsi bisa punya lebih dari satu input. > bagi <- function(x,y) + { + z <- x/y + return(z) + } Contoh: > bagi(15,3) [1] 5

Nilai Default bagi Input (Argumen) suatu Fungsi "Exam 1" "Exam 2" Quiz c:/ujian.txt > dataujian <- read.table("c:/ujian.txt",header=TRUE) > head(dataujian) Exam.1 Exam.2 Quiz Ingat lagi contoh fungsi read.table utk membaca eksternal data. input header=TRUE menunjukkan bhw file data mempunyai baris judul, sehingga datanya mulai baris kedua.

lihat input (argumen) lengkap dari read.table > read.table function (file, header = FALSE, sep = "", quote = "\"'", dec = ".", row.names, col.names, as.is = !stringsAsFactors, na.strings = "NA", colClasses = NA, nrows = -1, skip = 0, check.names = TRUE, fill = !blank.lines.skip, strip.white = FALSE, blank.lines.skip = TRUE, comment.char = "#", allowEscapes = FALSE, flush = FALSE, stringsAsFactors = default.stringsAsFactors(), fileEncoding = "", encoding = "unknown") { if (is.character(file)) { file <- if (nzchar(fileEncoding)) file(file, "rt", encoding = fileEncoding) else file(file, "rt") on.exit(close(file))... dan seterusnya

Output dari suatu Fungsi oddcount <- function(x) { k <- 0 for (n in x) { if (n % 2 == 1) k <- k+1 } return(k) } oddcount <- function(x) { k <- 0 for (n in x) { if (n % 2 == 1) k <- k+1 } k } Output adalah: -obyek yg di-return -obyek pada perintah terakhir