ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengenalan Kecerdasan Buatan Oleh : Saatul Ihsan.
Advertisements

SISTEM PAKAR Ari Eko Wardoyo, ST.
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
Sistem Pengambil Keputusan
BAB 13. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Sistem Pendikung Keputusan (Decision Support System) atau DSS adalah sustu sistem yang digunakan oleh para manajer.
Topik Khusus 1 Pertemuan I Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom, M.Kom.
ARTIFICIAL INTELLEGENT
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan I “Inteligensia Semu” (IS)
SISTEM CERDAS SISWO WARDOYO, S.T., M.Eng. Jurusan Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 1SISTEM CERDAS7 Sept 2009 Tlp:
TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DALAM BISNIS
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
DATA, INFORMASI, KNOWLEDGE DAN KEPUTUSAN
Pengenalan Sistem Pakar
Kecerdasan Buatan (AI)
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
PENGANTAR INTELEGENSIA BUATAN (IB) M. Ezar Al Rivan.
Kuliah Sistem Fuzzy Pertemuan 1 “ Inteligensia Semu ” (IS)
Sistem Informasi Manajemen
MANAGEMENT SUPPORT SYSTEM (MSS)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
Teknologi terkini D. Sinaga, M.Kom.
KOMPUTASI KECERDASAN BUATAN
Support System IT Putri Taqwa Prasetyaningrum,S.T.,M.T.
Information Processing Theory
Intelegensia Buatan Silabus Perkembangan AI
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Kecerdasan buatan.
Sejarah Psikologi Kognitif Sains
Artificial Intelligence
Pengantar Psikologi Kognitif Sains
Information Processing Theory
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence)
Fakultas Ilmu Komputer
I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi, S.Kom
Artificial Intelegence
Praktikum pengantar kecerdasan buatan (pkb)
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pertemuan 1 Konsep Umum Pengetahuan
Sejarah Psikologi Kognitif Sains
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN.
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELEGENCE
Introduction to Soft computing
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
KOMPUTASI KECERDASAN BUATAN
Enhancing Decision Making
KECERDASAN BUATAN By Serdiwansyah N. A..
Kecerdasan Buatan oleh : Syaifudin Ramadhani, S.Kom
SISTEM PAKAR.
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Konsep Kecerdasan Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Transcript presentasi:

ARTIFICIAL INTELLIGENCE Introduction & Review at Glance

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah: suatu ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan pada disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi, psikologi, ilmu bahasa, matematika dan teknik. merupakan salah satu bidang dari ilmu komputer yang membahas tentang kemungkinan komputer untuk dapat berlaku secara intelligen seperti halnya manusia

Tujuan AI menciptakan komputer-komputer yang dapat berfikir (dan juga) dapat melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan pengembangan fungsi normal komputer yang digabungkan dengan kecerdasan manusia, seperti memberi alasan, menarik kesimpulan, belajar dan memecahkan masalah.

Apakah perkembangan komputer sejauh ini belum memperlihatkan prilaku intelijen tersebut ? ……………………………………… ……………………………………… ………………………………………

Teknik-teknik AI Teknik-teknik AI terutama digunakan untuk mengatasi masalah yang bersifat non Algoritmik Contoh teknik AI : General Problem Solving Fuzzy Logic Neural Network Neural Fuzzy Genetic algorithm ………

Beberapa bidang yang telah digarap AI : Game Playing Robotic Natural Language Processing Pattern (Vision/Speech )Recognition Expert System Proyek Penelitian di Jepang : Komputer Biologis

Mungkinkah komputer dapat berpikir mandiri Mungkinkah komputer dapat berpikir mandiri ? (Berpikir sebagai salah satu kriteria cerdas) ………………………………………..…………………………………..……………………………………………..

Credit Card Purchase Approval One of the first successful applications of artificial intelligence in a business setting was the "Authorisor's Assistant," developed for American Express. The system allows the approval of most transactions without human intervention. Summarized in the system are a number of rules that relate to the approval of purchases. The system uses those rules and the unique profile that the user establishes by their pattern of purchases to ensure that the purchase is appropriate

AI on Wall Street Perhaps the biggest return on AI is potentially on Wall Street. Substantial attention has been has been given to the development of automated trading systems, integrating AI into capital management, and using AI in capital planning. However, information about such systems is generally limited, since disclosure of successful approaches could lead to the loss of competitive advantage, and large sums of money. One activity that appears to be generating the greatest interest on Wall Street is that of data mining, using approaches such as neural networks.

Task Domains of Artificial Intelligence Bidang lain yang berkaitan erat dengan bidang Artificial Intelligence Filsafat, Psikologi, Bahasa, …

Jantung riset modern di bidang pemrograman AI : Hipotesis Sistem Symbol Newel dan Simon mengemukakan aktivitas/mesin cerdas (intelligence) dapat dicapai melalui : Pola-pola simbol untuk merepresentasikan problem Operasi-operasi untuk menghasilkan berbagai solusi yang mungkin Proses pencarian (searching) untuk memilih solusi terbaik Asumsi Representasi Pengetahuan Searching

Dasar Teknik Pemrograman AI: Algoritma:  Searching: Logika/Logika formal/predikat kalkulus backtracking Data:  Representasi Pengetahuan: List/Graf Database

Bahasa Pemrograman AI: Prolog Lisp Shell C C++ Kenapa harus menggunakan bahasa pemrograman/tool khusus ? …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Aplikasi Artificial Intelligence (AI)

Sistem Pemrosesan Informasi Manusia Aliran proses informasi manusia dimulai dari ditangkapnya stimulus atau rangsangan dari lingkungan sekitar oleh indera kita (mata, kulit, dll) yang kemudian dikirim ke otak. Di dalam otak semua stimulus ini diproses yang kemudian menghasilkan berbagai keluaran seperti membuat keputusan.

Sistem Pemrosesan Informasi pada Manusia

Short Term Memory (STM) atau Memori Jangka Pendek Short Term Memory (STM) dapat menyimpan beberapa unit atau chuck informasi dalam beberapa detik. Chuck ini dapat berupa simbol seperti kata-kata, angka, atau gambar. Short Term Memory (STM) merupakan unit processor yang digunakan unutk mendukung proses input atau output. Short Term Memory (STM) juga berhubungan dengan kemampuan kita untuk bekerja lebih dari satu tugas dalam satu waktu.

Long Term Memory (LTM) atau Memori Jangka Panjang Long Term Memory (LTM) memiliki kapasitas yang hampir tidak terbatas untuk menyimpan informasi. Hanya dibutuhkan sepersekian detik untuk memanggil satu unit informasi dari Long Term Memory (LTM), akan tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk menyimpan atau mengingat informasi

Expert Systems (Sistem Pakar) Sistem pakar (expert systems) merupakan suatu pengembangan dari Decision Support Systems (DSS), yang memiliki fungsi sebagai konsultan. Sistem pakar merupakan salah satu aplikasi dari Artificial Inteligence (AI) yang banyak dimanfaatkan dalam dunia bisnis

Perbedaan antara Sistem Pakar dan Decision Support Systems Karakteristik DSS ES Fungsi Mencerminkan gaya dan kemampuan manajer untuk memecahkan masalah Membuat keputusan melebihi kemampuan manajer Alur Penalaran Tidak terperinci Terperinci dengan jelas Kemampuan memberikan alasan Tidak ada Ada, terbatas Kemampuan menjelaskan Terbatas Ada Pengambil Keputusan Manusia dan/atau sistem Sistem Metode manipulasi data Numerik Simbolik