Membuat class sendiri.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman JAVA (TIB09)
Advertisements

Bekerja dengan Java class library
KONSEP OBJECT ORIENTED PROGRAMING (OOP)
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Workshop SCS: Java Game Programming
Java array.
Pemrograman Berorientasi Objek
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
INHERITANCE.
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Inheritance (Pewarisan)
POLIMORFISM Ery Setiyawan Jullev A.
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
MINGGU 5 Java Programming (MKB614C)
Mendapatkan input dari keyboard
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
INHERITANCE, POLYMORPHISM, DAN INTERFACE
Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
METHOD Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012.
Membuat Class Sendiri Sebelum menulis class Anda, pertama pertimbangkan dimana Anda akan menggunakan class dan bagaimana class tersebut akan digunakan.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING YANES HARDIANTO SUI Politeknik Manufaktur Astra 2011.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
07 Advanced Class Features
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
MEMBUAT CLASS SENDIRI. Pada akhir pembahasan, peserta diharapkan mampu untuk :  Membuat class  Mendeklarasikan atribut dan method untuk class  Menggunakan.
Bekerja dengan Java class library
OOP Java 06 Polymorphism.
Dasar pemrograman.
Inheritance, polymorphism, dan interface
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Algoritma &Pemrograman 1
METHODS Matakuliah: T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun: 2008 Versi: 1/0.
Kelas A dapat memiliki referensi ke obyek dari kelas- kelas lain sebagai anggota. Kadang-kadang disebut sebagai hubungan “has-a”. Sebagai contoh, sebuah.
MEMBUAT KELAS SENDIRI Dewi Sartika, M.Kom.
MEMBUAT CLASS & KONSEP ENCAPSULATION
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
JAVA ARRAY.
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
METHODS Mr. Yasri Object Oriented Program.
Java array.
Algoritma & Pemrograman 1
Method & Constructor METHOD.
Java array.
MODIFIER JAVA.
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Membuat Class Sendiri Sebelum menulis class Anda, pertama pertimbangkan dimana Anda akan menggunakan class dan bagaimana class tersebut akan digunakan.
Java array.
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Algoritma &Pemrograman 1
Java array.
Algoritma &Pemrograman 1
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
MEMBUAT CLASS & KONSEP ENCAPSULATION
Membuat Class Sendiri.
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
Membuat class sendiri.
Java array.
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Java array.
Pemrograman Berorientasi Objek
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

Membuat class sendiri

Outline Class Object Methods

tujuan Pada akhir pembahasan, peserta diharapkan mampu untuk : Membuat class Mendeklarasikan atribut dan method untuk class Menggunakan reference this untuk mengakses data instance

Mendefinisikan class Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat pendefinisian sintaks : * bahwa boleh ada 0 atau lebih kejadian dari baris tersebut yang menggunakannya juga <description> menandakan bahwa Anda harus mensubtitusikan nilai sebenarnya pada bagian ini daripada mengurangi penulisannya [ ] menandakan bahwa bagian ini hanya pilihan

Mendefinisikan class Untuk mendefinisikan sebuah class, kita tuliskan : <modifier> class <name> { <attributeDeclaration>* <constructorDeclaration>* <methodDeclaration>* } <modifier> adalah sebuah modifier bertipe access yang dapat dikombinasikan dengan modifier bertipe lainnya.

contoh public class StudentRecord { //kita akan tambahkan kode di sini nantinya } public – digunakan supaya class dapat diakses oleh class-class lain di luar package class – merupakan keyword yang digunakan untuk membuat class dalam Java StudentRecord – merupakan identifier untuk mendeskripsikan class

Petunjuk penulisan program Gunakan nama yang sesuai untuk penamaan class. Disarankan untuk tidak menggunakan XYZ sebagai nama class atau nama asal-asalan lainnya. Nama class harus diawali dengan huruf KAPITAL. Penamaan file harus tepat sama dengan nama yang digunakan oleh class ber-modifier public.

Mendeklarasikan atribut Pendeklarasian atribut dapat ditulis dengan menggunakan sintaks berikut ini, <modifier> <type> <name> [= <default_value>];

Instance variable public class StudentRecord { private String name; private String address; private int age; private double mathGrade; private double englishGrade; private double scienceGrade; private double average; //kita akan tambahkan kode di sini } private digunakan supaya variabel hanya dapat diakses dalam class. Object lain tidak dapat mengakses variabel ini secara langsung.

Petunjuk penulisan program Semua instance variable dideklarasikan pada deklarasi class. Deklarasikan satu variabel untuk setiap baris. Instance variable, seperti variabel lainnya, penamaannya harus dimulai dengan huruf kecil. Gunakan tipe data yang sesuai untuk setiap variabel yang dideklarasikan. Deklarasikan instance variable sebagai private sehingga hanya class method yang dapat mengaksesnya secara langsung.

Class(static) variable public class StudentRecord { //variabel instance yang telah kita deklarasikan private static int studentCount; //kita tambahkan kode di sini } keyword static digunakan untuk menandai suatu static variable

Mendeklarasikan method Pendeklarasian method dapat ditulis dengan menggunakan sintaks seperti di bawah ini, <modifier> <returnType> <name>(<parameter>*) { <statement>* } <modifier> modifier yang digunakan dapat berbeda- beda <returnType> dapat berupa tipe data (termasuk void) <name> dapat berupa identifier yang valid <parameter> ::= <parameter_type> <parameter_name>[,]

Method accessor Method Accessor digunakan untuk membaca value dari class (instance/static) variable ditulis dengan menggunakan sintaks berikut: get<NameOfInstanceVariable> dapat me-return value.

Contoh 1 public class StudentRecord { private String name; : public String getName(){ return name; } public – method dapat dipanggil oleh object-object di luar class String – return type dari method. method harus me-return value dengan tipe String getName – nama method () – method tidak memiliki parameter

Contoh 2 public class StudentRecord { private String name; : public double getAverage(){ double result = 0; result=(mathGrade+englishGrade+scienceGrade)/3; return result; }

Method mutator Method Mutator digunakan untuk menulis atau mengubah value dari class(instance/static) variable Ditulis dengan menggunakan sintaks berikut: set<NameOfInstanceVariable>

contoh public class StudentRecord { private String name; : public void setName( String temp ){ name = temp; } public – method dapat dipanggil oleh object-object di luar class void – method tidak me-return value setName - nama method (String temp) – parameter yang digunakan di dalam method

Multiple return statement multiple return statement dapat digunakan dalam sebuah method selama tidak berada pada block yang sama. konstanta dapat digunakan untuk me-return value sebuah variabel

contoh public String getNumberInWords( int num ){ String defaultNum = "zero"; if( num == 1 ){ return "one"; //return a constant } else if( num == 2){ return "two"; //return a constant //return a variable return defaultNum;

Method static public class StudentRecord { private static int studentCount; public static int getStudentCount(){ return studentCount; } public – dapat dipanggil oleh object-object di luar class static – method dapat dipanggil melalui sintaks : [ClassName].[methodName] Sebagai contoh, pada program, kita dapat memanggil method dengan sintaks : StudentRecord.getStudentCount() int – return type dari method. Method harus me-return value dengan tipe int getStudentCount – nama method () - method tidak mempunyai parameter

Petunjuk penulisan program Nama method harus diawali dengan huruf kecil. Nama method harus berupa kata kerja. Disarankan untuk selalu menyediakan dokumentasi sebelum deklarasi method. Anda dapat menggunakan style pada javadoc.

Source code untuk class StudentRecord public class StudentRecord { private String name; private String address; private int age; private double mathGrade; private double englishGrade; private double scienceGrade; private double average; private static int studentCount;

Source code untuk class StudentRecord /** * Me-return nama student */ public String getName(){ return name; } * mengubah nama student public void setName( String temp ){ name = temp;

Source code untuk class StudentRecord /** * Menghitung nilai rata-rata dari bahasa inggris, * matematika, dan sains */ public double getAverage(){ double result = 0; result = ( mathGrade+englishGrade+scienceGrade )/3; return result; } * Me-return jumlah instance dari StudentRecords public static int getStudentCount(){ return studentCount;

Contoh Source Code Penggunaan StudentRecord Public class StudentRecordExample{ public static void main(String args[]){ //Membuat tiga object untuk record Student StudentRecord annaRecord = new StudentRecord(); StudentRecord beahRecord = new StudentRecord(); StudentRecord crisRecord = new StudentRecord(); //Mengubah nama Student annaRecord.setName(“Anna”); beahRecord.setName(“Beah”); crisRecord.setName(“Cris”); //Mencetak nama Anna System.out.println(annaRecord.getName()); //Mencetak jumlah siswa Sistem.out.println(“Count=” +StudentRecord.getStudentCount()); }

Output program Anna Student Count = 0

Reference ‘this’ this digunakan untuk mengakses instance variable yang dibayangi oleh parameter Reference ‘this’, dapat ditulis dengan menggunakan sintaks berikut ini, this.<namaInstanceVariable> catatan : Reference ‘this’ hanya dapat digunakan untuk instance variable ,bukan untuk static atau class variable

contoh public void setAge( int age ){ this.age = age; }

constructor Constructor sangat penting dalam meng-instatiate sebuah object. Constructor merupakan sebuah method yang digunakan untuk menempatkan semua penginisialisasian. Constructor memiliki properti-properti, sbb: Sebuah constructor seperti method yang lain, bagaimanapun hanya informasi berikut yang dapat ditempatkan dalam kepala constructor, lingkup atau kemampuan identifier mengakses (seperti public...), nama constructor dan parameter. Constructor tidak memiliki return value. Constructor tidak dapat dipanggil langsung. Constructor hanya dapat dipanggil dengan menggunakan operator new pada saat class instantiation.

constructor Constructor dapat dideklarasikan dengan menggunakan sintaks berikut ini, <modifier> <className> (<parameter>*) { <statement>* }

Default constructor Default Constructor merupakan constructor tanpa parameter. default constructor secara implisit ada, jika class tidak mendeklarasikan constructor apapun.

contoh public StudentRecord() { //source code disini }

SOURCE CODE EXAMPLE Bisa di download di alfafsuni.com