E-PAYMENT SYSTEM m-Payment System Wildan S – Narotama Surabaya Surabaya, 14 Januari 2010.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teknologi Komunikasi Bergerak
Advertisements

Topik – Topik Lanjutan Sistem Informasi
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
GPRS Y.Yohakim M, S.Kom., M.Cs..
Kurnia Rahman Agus, S.S.T Modul KKPI Kelas XII SMK Labor Pekanbaru
Pertemuan Pertama Mobile Network
MODEM DAN JARINGAN.
APLIKASI PEMESANAN TIKET MASKAPAI PENERBANGAN Nur Sa’adah
e-payment system Micropayment System
E-Payment System Prodi : Sistem Informasi / sem :VII Wildan Suharso 10 September 2009.
MODUL 13 WIRELESS APPLICATION PROTOCOL
Evolusi Teknologi Selular
Enhanced Data Rates for GSM Evolution
Keamanan Sistem Wireless
 Atau disebut dengan M-Commerce dan M- business  Pada dasarnya merupakan segala kegiatan e- commerce dan e-bisnis yang dilakukan di lingkungan wireless,
Komputasi bergerak, Nirkabel, dan Pervasif
INTERNET, TEKNOLOGI DAN PENGARUHNYA
Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET
APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET KERETA BERBASIS Yohanes Sefrianto Laga Keraf for further detail, please visit
Jaringan Telekomunikasi dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi
Electronic Payment Systems
Slide 1 ~ Wireless Overview. Course Objective Wireless Overview. Wireless dan Wireline. Revolusi Selular. Pembagian kelompok.
Network Sillabus Konsep Jaringan Administrasi Jaringan
EDGE ( ENHANCED DATA RATE FOR GSM EVOLUTION ) Onny Agung Pambudi M
APLIKASI PENGISIAN KRS DENGAN TEKNOLOGI WAP MELALUI Dede Agustina Muhajirin for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI PENGISIAN KRS (Kartu Rencana Studi) VIA MOBILE Sri Wahyudi for further detail, please visit
ASALAMUALAIKUM WR.WB Nama : Faisal Falah Kelas : IX A No abs : 10
MATERI 4 PENGENALAN MODEM
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11.
KONEKSI INTERNET SERVER 3 SERVER 4 SERVER 1 SERVER 2 Client SERVER 5.
Cellular network standards (Evolution)
Pengantarmukaan Periferal Komputer
Teknologi Seluler Pertemuan XIV.
Keamanan Sistem Wireless
GLOBAL SISTEM FOR MOBILE COMMUNICATION (GSM)
MATERI 11 PENGENALAN MODEM
PENGENALAN INTERNET.
Dasar-dasar Telekomunikasi
MOBILE INTERNET KELOMPOK 8 : Angga Septa S ( )
INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Electronic Payment Systems
Komunikasi data, adalah komunikasi dimana source adalah data.
Teknologi Perbankan.
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
KECEPATAN AKSES INTERNET
UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET
Sistem Pembayaran Elektronik
Electronic Payment Systems
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra.
A. KECEPATAN AKSES INTERNET
GPRS (General Packet Radio Service)
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
PENGENALAN INTERNET.
General Packet Radio Station ( GPRS )
Developer : Vike Dita A. Adviser : Selamet Hariadi,S
MEKANISME KONEKSI GPRS PADA GSM
Presentation 2G Peng. SisTel (X Class) By: Ginanjar Theonata
JENIS dan Tingkatan AKSES KECEPATAN INTERNET
Adviser. : Fajrul Fallah Developer. : Selamet Hariadi S. Kom Kelas
MOBILE COMPUTING.
UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET
Pengenalan Internet.
Pengenalan Internet.
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Sistem Komunikasi Bergerak “Jaringan Seluler 2G dan 3G” By Feony Syafthalini
Transcript presentasi:

E-PAYMENT SYSTEM m-Payment System Wildan S – Narotama Surabaya Surabaya, 14 Januari 2010

Latar Belakang m-payment Macro / Konvensional Micropayment Selular = Barang Mewah Selular = Kebutuhan m-payment

Latar Belakang m-payment...  Revolusi pengguna selular dari barang mewah menjadi barang kebutuhan  Pada awalnya Scandinavia dengan 50% penduduk menggunakan selular, disusul oleh Eropa dan Jepang dan Amerika  Adanya kemajuan teknologi  Realtime  Mobile  2002 = rata-rata pengguna seluler

m-payment  Merupakan salah satu alternatif pembayaran elektronik, yang secara pelan tapi pasti berpindah ke metode ini, terutama di asia dan eropa  Menggunakan mobile elektronik  Berupa cash, check dan credit card  Pembayaran melaluli mobile phone  Music, video, ringtones, online game  Buku, majalah  Tiket, parkir

Conventional e-commerce VS m-commerce  Kebutuhan berbeda  Lebih menggunakan mobile  Menggunakan Global System for Mobiles (GSM) terisi dengan Subscriber Identity Module (SIM)

Model m-payment  Mobile Internet Architecture  Industry Consortia  Mobile Network Operator as Banker  Third-party Account-based Mobile Payment Systems  Paybox  Credit Card-based Systems

Mobile Internet Architecture  Service Internet untuk pengguna dapat melalui berbagai form  LAN  Bluetooth  Sejak awal menggunakan Short Messaging Service (SMS)  Service yang disebut General Packet Radio Service (GPRS)

General Packet Radio Service (GPRS)  Cikal bakal Mobile Internet Architecture  Dengan konsep “always on”  Mengijinkan relatively high peak data rates  Setiap slot di channel hingga 14.4 Kbps dan jika jumlah yang digunakan adalah maksimal (8), kecepatan hingga 115 Kbps  Dalam prakteknya dibatasi 1 (14.4 Kbps) slot atau 2 (28.8 Kbps) slot

Wireless Application Protocol (WAP)  Eropa  1997 – manufaktur mobile phone membangun service transfer data menggunakan teknologi wireless  Sebelumnya semua vendor telah membangun tetapi memiliki banyak perbedaan  Sehingga diputuskan membuat standarisasi, yaitu WAP

WAP  WAP tidak mendukung konfigurasi internet menggunakan SSL  Sehingga dibangun protokol baru yaitu, Wireless Transport Layer Security (WTLS)  Modifikasi tetap dibutuhkan pada WTLS karena tidak mendukung koneksi dengan bandwith kecil

WAP Architecture

Paybox

Kisi UAS  e-payment, e-commerce, e-business  Konsep e-payment pada e-business  Kryptograph  Check elektronik  Credit Card  Micropayment dan macropayment  Mobile payment