A Knowledge-based Scenario Framework to Support Intelligent Planning Characters Perencanaan karakter cerdas menggunakan skenario framework berbasis pengetahuan
Abstrak Teknologi agen telah di berhasil diterapkan untuk pembentukan karakter pada skenario interaktip. Teknologi agen telah di berhasil diterapkan untuk pembentukan karakter pada skenario interaktip. Makalah ini mengusulkan sebuah kerangka kerja berbasis pengetahuan untuk pembangunan agen berbasis skenario Makalah ini mengusulkan sebuah kerangka kerja berbasis pengetahuan untuk pembangunan agen berbasis skenario Dengan dukungan ontologie menunjukan karakter yang lebih baik yang beradaptasi dan memanfaatkan lingungan lebih kreatif. Dengan dukungan ontologie menunjukan karakter yang lebih baik yang beradaptasi dan memanfaatkan lingungan lebih kreatif.
Contoh pembentukan karakter dengan framework Mengatasi rasa takut pada ruang yang gelap
penjelasan gambar Model framework menggunakan 3 layer: Layar 1 : Layar pola fikir manusia Rasa takut Intensitas cahaya Rasa takut yang berlebihan Layer 2 : Penyebab ketakutan Tingkat keheningan Api Sumber cahaya Kegelapan Faktor pemicu Layer 3 : Realiti model Tingkat keheningan (desible) Temperatur Tingkat intensitas chaya (candela) Titik api (burning poin) Pemantik (batu api + baja)
layer 3(model reality) akan diterjemahkan kedalam basis pengetahuan, adapun model representasinya dapat mempergunakan beberapa model diantaranya frame (bingkai), jaring semantic, kaidah produksi (production rule), OWL (Ontology Web Language).
OWL
Konsep model inferensi tahap pertama
Pertanyaan Bagaimana cara menyisipkan sistem agen cerdas pada sebuah game yang dibentuk dengan menggunakan game maker?