Oleh: Achmad Zakki Falani Universitas Narotama Fakultas Ilmu Komputer Pertemuan III Topik Khusus 1 Oleh: Achmad Zakki Falani Universitas Narotama Fakultas Ilmu Komputer
Ruang Lingkup AI Topik Khusus 1 Ruang Lingkup penelitian dan pengembangan AI sekarang ini dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bidang, yaitu: Game Playing General Problem Solving Natural Language Recognition Speech Recognation Visual Recognation Robotics
Game Playing Topik Khusus 1 Game Playing merupakan bidang AI yang sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin yang mempunyai intelektual untuk berfikir. Contoh : Permainan Catur
General Problem Solving Topik Khusus 1 General Problem Solving Bidang AI ini berhubungan dengan pemecahan masalah terhadap suatu situasi yang akan diselesaikan komputer. Permasalahan diungkapkan dalam suatu cara sedemikian rupa sehingga komputer dapat mengerti.
Natural Language Recognation Topik Khusus 1 Natural Language Recognation Natural Language Recognation (Pengenalan Bahasa Ilmiah ) Studi mengenai AI mencoba agar komputer dapat mengerti bahasa alamiah yang di-inputkan melalui keyboard. Bahasa alamiah adalah bahasa sehari – hari yang dipergunakan orang untuk berkomunikasi
Speech Recognation Topik Khusus 1 Speech Recognation (Pengenalan Percakapan) Bidang ini masih dalam tahap pengembangan dan terus dilakukan penelitian. Jika bidang ini berhasil dengan baik dan sempurna, maka kita dapat berkomunikasi dengan komputer cukup hanya melalui percakapan tanpa harus mengetikkan perintah melalui keyboard
Topik Khusus 1 Robotics Robot adalah suatu mesin yang dapat diarahkan untuk mengerjakan bermacam – macam tugas tanpa campur tangan dari manusia. Secara ideal robot, diharapkan dapat melihat, mendengar, menganalisa lingkungannya dan dapat melakukan tindakan – tindakan yang terprogram.
Topik Khusus 1 Summary Kecerdasan buatan terdiri dari knowledge base dan motor inference Digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan manusia Kecerdasan buatan mengalami perkembangan terus menerus sampai saat ini Semakin banyak objek yang mampu diselesaikan oleh Kecerdasan buatan
Topik Khusus 1 Tugas Cari contoh aplikasi kecerdasan buatan (AI), dan jelaskan fungsi dari aplikasi tersebut di masyarakat ! Presentasikan, 1 Kelompok 2 Orang