Bagian 3 Bahasa Kompilasi, Virtual Machine, Berbasis XML Pemrograman Multimedia Bertalya Universitas Gunadarma 2006.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman XML Introducing XML Salhazan Nasution, S.Kom.
Advertisements

CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Memahami Etimologi Multimedia
Komponen Dan Model Sistem Informasi
1 Pengantar Teknologi Informasi 1. Gambaran Umum.
Desain Sistem Informasi Bab:Kebutuhan Hardware Dan Kebutuhan Software
IT603 Ramos Somya.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan komputasi mobile dan aplikasinya.
Struktur Sistem Komputer
Review C/C++ & Intro to Java Pemrograman Berorientasi Obyek IT209.
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
Server Create by Amirullah.
H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME.
Pengantar Teknologi Mobile 7 Antonius Rachmat C, S.Kom Wireless Markup Language.
Elemen multimedia User interface.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
Desain Sistem Informasi Bab : Proses Bisnis
PEMROGRAMAN CLIENT/SERVER Riyanto, S.Kom 1.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Pemrograman Internet Basis Java
} Program Aplikasi Perkembangan Komputer Grafik
- PERTEMUAN 1 - PENGANTAR DAN INSTALASI JAVA BAHASA PEMROGRAMAN.
Teknologi Informasi Multimedia
PEMBUATAN APLIKASI INFORMASI ZAKAT PADA PERANGKAT Muhammad Abdulah
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Abstract windowing toolkit & swing
Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan.
PERTEMUAN 3 PEMROGRAMAN API Java API mudafiqriyan.com.
Pengembangan Siklus Pengolahan Data
RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27
Nama : Dwi Nur Aini NPM Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
© 2007 Cisco Systems, Inc. All rights reserved.Cisco Public 1 Berkomunikasi melalui Jaringan Network Fundamentals – Chapter 2.
Administrasi Data dan Basis data
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
J2ME, Configuration & Profile
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
Pemrograman Multimedia
Mobile Device & J2ME Oleh : Oman Somantri, S.Kom
By Dwija Wisnu Brata Your Incrediable J2ME. J2ME ? Java 2 Micro Edition adalah pengembangan bahasa Java yang disesuaikan agar mampu berjalan di perangkat.
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Teknologi Internet dan Web
SUMBER DAYA SISTEM INFORMASI
PEMROSESAN DOKUMEN FILE DOKUMEN
Teknologi Internet dan Web
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Struktur Sistem Operasi
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pendahuluan Android Sekilas tentang Android.
Pengantar Teknologi Mobile
Oleh : Rofifah Durrotul Hikmah
SISTEM BASIS DATA *** Anggia Meisesari, S.T., M.T., MOS. ***
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengembangan Aplikasi Mobile
Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra.
SOFTWARE DAN BRAINWARE
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Sistem Operasi. Pendahuluan Sistem Operasi Arsitektur Sistem Komputer Hardware Operating System (OS) Programming Language (e.g. PASCAL) Application Programs.
JAVA.
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Pemrograman Multimedia
Blackberry, Windows Phone, Ios , android
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Hardware Merupakan komponen-komponen fisik peralatan yang membentuk suatu sistem komputer, serta peralatan- peralatan lain yang mendukung komputer dalam.
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
Transcript presentasi:

Bagian 3 Bahasa Kompilasi, Virtual Machine, Berbasis XML Pemrograman Multimedia Bertalya Universitas Gunadarma 2006

2 Taxonomy Dari Format Content Kebutuhannya : Tipe media yang disupport: audio, video, teks, grafis & animasi susunan: spatial & temporal Interaksi: pasif, reaktif, proaktif, & reciprocal Kesulitan penggunaan (threshold) Kekuatan ekspresi (i.e., ceiling) Safety of Distribution Interoperability

3 Compiled Languages Biasanya digunakan untuk software sistem (cth, sistem operasi) & servis yg membutuhkan sumber daya: C, C++ Pro –Pendekatan yang efisien –Kekuatan dalam ekspresi (mendekati hardware) Con –Interoperability (setiap servis harus dikompilasi ke device target) –Keamanan dalam distribusi rendah (terdapat kode yg merusak)

4 Compiled Languages : System Software ”User Interface Software Tools” (1995, Myers) mendefinisikan sebuah model bertingkat Aplikasi diimplementasikan menggunakan perangkat tingkat tinggi Toolkit: library of widget yg digunakan aplikasi Windowing System: menolong pemakai utk memonitor & mengontrol konteks yg berbeda (fungsionalitas input & output)

5 Compiled Languages : Toolkits Toolkits menyediakan – Interaksi: utk menangani input pemakai – Operasi kanvas: rendering area, kanvas, & primitif grafis – Set of Widgets: elemen2 interface pemakai yg didefinisikan sebelumnya (cth, Button) – Layout grafis: mengontrol lokasi widgets Contoh: QT, GTK Virtual Toolkit – Toolkit yg tidak bergantung pada device – Dipetakan ke Toolkit aktual pada device – Contoh: AWT

6 Compiled Languages : Media Providers Audio/Video : Xine, MPlayer Televisi : linuxtv Game : SDL Bahasa lain : Contohnya libflash 3D graphics : –OpenGL –OpenGL ES Platform media : LIMMBO, MythTV

7 VM Languages VM (Virtual Machine) merupakan suatu abstraksi dari lingkungan yang terkomputerisasi JVM (Java Virtual Machine) + API (Application Programming Interface) Pro –Platform mandiri –Aman untuk didistribusikan –Kekuatan dalam ekspresi (bahasa pemrograman) –API terdokumentasi dg baik Con –Pengaplikasiannya berat (karena konsep VM) –Sulit digunakan (bahasa pemrograman) –Kekuatan kurang dibandingkan compiled language

8 VM Languages:Java Overview Edisi: –Java 2 Enterprise Edition (J2EE): utk server & komputer enterprise – Java 2 Standard Edition (J2SE): utk server & PC – Java 2 Micro Edition (J2ME): utk device yg disisipkan, PDA, mobile phone, & televisi digital – Java Card: utk smart card Profil – kebutuhan utk pasar device vertikal (kumpulan API) Konfigurasi – platform min utk group device (VM + jantung API)

9 VM Languages:Multimedia Pengembangan interface user (AWT/Swing) – Layout: Grid, North-South-East-West, Flow – Set of Widgets: Button, TextArea – Interaksi user: awt.ui.* (Mouse, Keyboard…) Video/Audio & Synchronization (JMF) – Manager, Player, Data Source, & Controller 3D Graphics – Java3D – Java wrappers for OpenGL Device2 berbeda – Television: MHP/OCAP/ACAP/ARIB -> GEM – Handheld: MIDP

10 VM Languages : User Interface Development

11 VM Languages : JMF (1/2)

12 VM Languages : JMF (2/2) Unrealised: jika tidak mempunyai semua informasi utk memperoleh sbr daya yg dibutuhkan Realised: jika mempunyai semua informasi utk memperoleh sbr daya Prefetched: jika sudah mempunyai semua sbr daya yg dibutuhkan, & sudah mempunyai media data yg cukup prefetched utk segera dimainkan Started: jika media benar2 telah dimainkan

13 VM Languages : 3D Graphics Java3D – API baru utk aplikasi 3D graphics stand-alone – dapat menggunakan arsitektur apa saja (Direct-X, OpenGL...) – mungkin bukan pendekatan yg efisien – para pengembang harus mempelajari terlebih dahulu API baru Java wrappers of OpenGL – Functionality from OpenGL – Developers knows the API already – Only wrappers: uses Java Native Interface (JNI) – Much intercommunication between layers (Java -> C) – API is not standardised yet (Java Specification Requests) JSR 231: OpenGL JSR 239: OpenGL ES

14 VM Languages : J2ME Defines two Configurations: – CDC: High end consumer devices RAM Java Memory: around 2MB ROM Java Memory: around 2.5MB – CLDC: Low end consumer devices Processor:16 bit/16 MHz or higher Java total memory: KB CDC (Connected Device) – Personal Profile Adds support for lightweight AWT – Foundation Profile Basic application APIs (no GUI) CLDC (Connected Limited Device) – Mobile Information Device Profile (MDIP) Application APIs + GUI APIs

15 XML Based Languages Merupakan bahasa pemrograman deklaratif (apa yang harus dikerjakan, bukan bagaimana). Kontributor utama adalah W3C. Pro –Mudah dalam penggunaan (dapat menggunakan text editor) –Interoperability (hanya butuh sebuah compatible browser) –Keamanan dalam distribusi Con –Kuat dalam ekspresi (sangat terbatas, bukan bahasa pemrograman!) –Menggunakan skrip untuk logika aplikasi (atau tidak!) –Membutuhkan browser

16 XML Based Languages : HTML & XHTML HTML HTML 4.01: (24 Dec. 1999) W3C Recommendation Lingua franca for publishing hypertext on the WWW. Non-proprietary Can be created by a wide range of tools:– Text editors– Authoring tools All kind of features (mixed together):– UI components– Fonts– Lists XHTML XHTML 1.0 (26 Jan. 2000, revised 1Aug. 2002) W3C Recommendation XHTML 2.0: (22 July 2004) W3C Working Draft Reformulation of HTML 4 in XML Intention – To only describe the structure of thedocument (CSS formatting) XHTML 1.0 XHTML 2.0 – Well formed documents_ No backwards compatible – Proper nesting– Reduces scripting –...– Includes XForms and XML Events

17 XML Based Languages

18 XML Based Languages

19 XML Based Languages

20 XML Based Languages

21 XML Based Languages

22 XML Based Languages

23 XML Based Languages

24 XML Based Languages

25 XML Based Languages

26 XML Based Languages