Grafik 3D.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

INTERAKTIF INTERAKTIF
SOAL-SOAL RESPONSI 5 TIM PENGAJAR FISIKA.
Alam Aby Bashit  Merupakan aplikasi pengolah grafis komputer 3D  Dapat digunakan untuk membuat film animasi, visual efek, aplikasi 3D interaktif.
Pertemuan 03: Grafika Komputer: Windows dan Viewport
Aritmatika Sosial.
Dwi Retno Andriani, SP.,MP
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Translasi Rotasi Refleksi Dilatasi
Program Linier Program linier model optimasi persamaan linier yang berkenaan dengan masalah- masalah pertidaksamaan linier .Masalah program berarti masalah.
Y = SIN X 2. Y = COS X 3. Y = TG X GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI.
PROGRAM LINEAR.
LATIHAN SOAL-SOAL 1. Himpunan 2. Aritmatika Sosial 3. Persamaan GL.
KOMPUTER GRAFIS I PENGENALAN AUTOCAD 3D
Latihan Soal Persamaan Linier Dua Variabel.
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Membuat Gambar Potongan Sesuai Standar Iso Pada Model 3D
BAB i BILANGAN BULAT Oleh : Bapak Hartono, SPd.
Polinom dan Bangun Geometris.
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Tugas: Power Point Nama : cici indah sari NIM : DOSEN : suartin marzuki.
Transformasi geometri.  Pemindahan objek (titik, garis, bidang datar) pada bidang.  Perubahan yang (mungkin) terjadi: Kedudukan / letak Arah Ukuran.
PENYUSUNAN DAN PENGURAIAN GAYA SECARA GRAFIS
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
SEGI EMPAT 4/8/2017.
Sesi : 3.
B A N G U N R U A N G K U B U S B A L O K T A B U N G.
PENGENDALIAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT. BANK MANDIRI TBK KANTOR CABANG SUDIRMAN YOGYAKARTA CAHYADI Ekonomi Manajemen.
Praktikum Grafika Komputer
Grafika Komputer (TIZ10)
SEGI EMPAT 4/8/2017.
PERTAMUAN 6 DAN 7 hal 275 Hansen/Mowen
SEGI EMPAT Oleh : ROHMAD F.F., S.Pd..
Grafika Komputer (TIZ10)
PERSOALAN TRANSPORTASI TAK SEIMBANG
4. Zoom Zoom adalah command untuk memperbesar atau memperkecil tampilan tanpa merubah skala benda. Terdapat beberapa macam zoom: Zoom all, untuk melihat.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
Mata Pelajaran Kelas XI Semester 2
APLIKASI DALAM AKUNTASI
Objek Oriented Mengenal konsep Obyek di Processing
ANALISIS E.GOVERMENT KOTA SURABAYA (
Mata Pelajaran : Matematika Kelas : VIII Semester : 2
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Sesi 2: Primitive Drawing
02 |Introduction to OpenGL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER & OLAH CITRA
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pertemuan 11 Interaksi User Diadaptasi dari paint.c E. Angel.
TRANSFORMASI 2D.
Transformasi Geometri Sederhana
Transformasi Geometri Sederhana
Anna Dara Andriana, S.Kom., M.Kom
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
DEFINISI DAN FUNGSI KARTU GRAFIS
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
02 |Introduction to OpenGL
Transformasi 2D.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
TRANSFORMASI OBJEK (TRANSFORMASI AFFINE 2D DAN 3D)
02 |Introduction to OpenGL
PROCESSING OUTPUT PRIMITIVE.
02 |Introduction to OpenGL
ANALISIS ALGORITMA DALAM PENERAPAN GAMBAR
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Transformasi 3D Grafika Komputer Defiana Arnaldy, M.Si
Peta Konsep. Peta Konsep B. Transformasi pada Garis dan Kurva.
02 |Introduction to OpenGL
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Transcript presentasi:

Grafik 3D

3D Pada Grafik Komputer 3D pada layar yang 2D ? Perspektif + 2D = 3D ( terlihat 3D ) Data diolah secara 3D. namun ditampilkan dengan proyeksi perspektif menjadi 2D.

Sistem Koordinat 3D terdiri dari 3 sumbu x,y,z.

OpenGL

Apakah OpenGL ? OpenGL adalah Interface (library) untuk software dalam berinteraksi dengan graphic hardware.

Tujuan OpenGL Powerfull. Multiplatform. Wide hardware support. Low level graphic.

Sejarah OpenGL Dikembangkan pertama oleh Silicon Graphic Inc. dengan nama IRIS GL. Diperkenalkan pertama ke publik dengan nama OpenGL, 1 Juli 1992, dengan versi 1.1

Siapakah Yang Bertanggung Jawab Terhadap OpenGL ? ARB (Architectural Review Board) Terdiri dari Kalangan industri, organisasi, dan perorangan yang berkepentingan terhadap OpenGL, seperti NVIDIA, ATi, Intel, HP, IBM, Sun, 3DLabs, dll.

Contoh Aplikasi yang Menggunakan OpenGL ? Hampir semua game 2D/3D modern mendukung OpenGL. 3DMax, Anim8or, Maya, Blender, dan banyak Aplikasi editing dan animasi 3D.

- glfw - Library tambahan yang menjambatani antara platform (OS) dengan OpenGL. Bukan bagian resmi dari OpenGL! Multiplatform.

OpenGL sebagai Mesin State OpenGL mengikuti arsitektur mesin state. Dilakukan dengan menyalakan (enable) dan mematikan (disable) sesuatu fitur yang diinginkan, misal lighting, texture, dll.

Kemampuan OpenGL Geometrik : point, line, polygon. Citra/Image : bitmaps, Texture mapping Rendering kondisi : Warna, Lighting, Material.

Bentuk Geometrik OpenGL

Format command OpenGL

Menggambar Bentuk Geometrik dimulai dengan glBegin(nama bentuk); diakhiri dengan glEnd(); Contoh : glBegin( GL_LINES ); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 1.0f ); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 1.0f ); glEnd();

Warna glColor3f( r, g, b ); glColor3ub( r, g, b ); Contoh : glBegin( GL_LINES ); glColor3f( 1.0, 0.0, 0.0 ); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 1.0f ); glColor3f( 0.0, 1.0, 0.0 ); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 1.0f ); glEnd();

Perpindahan (Translasi) glTranslatef( x, y, z ) glTranslated( x, y, z ) Contoh : glTranslatef( 1.0f, 0.0f, 0.0f ); glBegin( GL_LINES ); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 1.0f ); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 1.0f ); glEnd();

Penskalaan (Scale) glScalef( xf, yf, zf ); Contoh : glScalef( 2.0f, 2.0f, 0.0f ); glBegin(GL_QUADS); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex3f( 1.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 0.0f); glVertex3f(-1.0f,-1.0f, 0.0f); glEnd();

Rotasi (Rotate) glRotatef( sudut, sx, sy, sz ); Contoh : glRotatef( 45.0f, 0.0f, 0.0f, 1.0f ); glBegin(GL_QUADS); glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex3f( 1.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex3f( 1.0f,-1.0f, 0.0f); glVertex3f(-1.0f,-1.0f, 0.0f); glEnd();

CONTOH PROGRAM Membuat Garis pada OpenGL int main() { mulaimodegrafik("..\\BGI\\"); buatKotak(600,400,30,100,10); buatKotak(100,330,30,160,10); buatKotak(70,300,30,190,10); buatKotak(600,160,530,330,10); buatKotak(600,190,560,300,10); buatGaris(312,100,312,400,10); buatLingkaran(310,250,60,20); buatLingkaran(312,250,5,20); buatGaris(370,80,600,80,35); buatGaris(30,80,250,80,30); getch(); tutupmodegrafik(); return 0; }

CONTOH PROGRAM Membuat Lingkaran, Garis pada OpenGL int main() { mulaimodegrafik("..\\BGI\\"); buatKotak(420,400,200,150,30); buatKotak(415,395,205,155,20); buatKotak(370,250,255,150,30); buatKotak(300,240,270,160,10); buatLingkaran(312,300,30,15); buatLingkaran(312,300,28,15); getch(); tutupmodegrafik(); return 0; }

PROGRAM TRANSFORMASI 2D Membuat Persegi (GL_QUADS) Menggunakan scala, rotate, translasi

PROGRAM TRANSFORMASI 3D Membuat Kubus dengan 6buah sisi (GL_QUADS) Menggunakan scala, rotasi, translasi

BERSAMBUNG Thank you