PENGANTAR KAJIAN SASTRA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEKNIK BERMAIN PERAN (DRAMA)
Advertisements

UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Tugas Praktikum 1 Dani Firdaus  1,12,23,34 Amanda  2,13,24,35 Dede  3,14,25,36 Gregorius  4,15,26,37 Mirza  5,16,27,38 M. Ari  6,17,28,39 Mughni.

Memahami pementasan drama
GELOMBANG MEKANIK Transversal Longitudinal.
CERPEN.
WORKSHOP INTERNAL SIM BOK
PENGERTIAN SASTRA DAN JENIS-JENIS SASTRA
PEMERINTAH KOTA PONTIANAK
HITUNG INTEGRAL INTEGRAL TAK TENTU.
Integral Lipat-Tiga.
Integrasi Numerik (Bag. 2)
Selamat Datang Dalam Kuliah Terbuka Ini
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
: : Sisa Waktu.
Luas Daerah ( Integral ).
PEMINDAHAN HAK DENGAN INBRENG
UNSUR EKSTRINSIK, NILAI MORAl & penulisan makalah sastra
Selamat Datang Dalam Kuliah Terbuka Ini
BERBAGAI PENDEKATAN DALAM PENGKAJIAN SASTRA
Membaca Ekspresif Naskah Drama
Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
KAJIAN DRAMA INDONESIA
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
NAMA : RAHMAT HIDAYAT AKKAS NIS : KELAS : XI IPA 1
Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 2 Andri Yogastari
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan jenis sastra dramatik
Hand Out Drama & teater.
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
PUISI.
USAHA DAN ENERGI ENTER Klik ENTER untuk mulai...
BEDAH KISI-KISI IPA UN SD/MI TAHUN 2013 GURU KELAS VI SD/MI KECAMATAN
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
Bersyukur.
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
BAB V TEMA, TOPIK DAN JUDUL.
UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA
PENDAFTARAN TANAH Pendaftaran Tanah (Pasal 1 angka 1 PP No.24 Th 1997)
Proposal Penyusunan perencanaan penelitian hukum perlu dijelaskan mengenai metode analisa yang akan diterapkan. Misalnya metode kualitatif atau metode.
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
MEMERANKANDRAMA.
SASTRA ANAK (1) PERTEMUAN KE-13 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
TEKS ANEKDOT.
SENI TEATER.
Unsur Instrinsik dan ekstrinsik Novel
Oleh : Dr.Hj.R.Ika Mustika,M.Pd R. Mekar Ismayani, M.Pd.
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
CERPEN Oleh Aqmarina.
Menganalisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
SASTRA.
UNSUR-UNSUR INTRINSIK PROSA CERITA
PENGERTIAN SASTRA DAN JENIS-JENIS SASTRA
 NAMA KELOMPOK : ANGGA NOFRIADY MUHAMMAD BAIHAQI XII IPA 1.
CERPEN -Novella Cathlin-.
Kompetensi Dasar Memahami struktur dan kaidah teks novel, baik melalui lisan maupun tulisan.
KELOMPOK VI NAMA : Farid M Z Hilman S Erlangga G Zulfahmi.
PEMBELAJARAN SASTRA ANAK-ANAK
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
KAWASAN SASTRA DAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN FIKSI
KELOMPOK 2 ANGGOTA: 1.Antares Alvian Dinosa Agaki (08) 2.Arif Fahmi Rizal (09) 3.Arya Mahendra Asmara (10) 4.Kristo Roy Martahan Pasaribu (22) 5.Vira Nur.
Kelompok 10: Sena aji wijaya Renu zikri ilyaasa Muamar Syahdan Ibnu
Pengertian Puisi, Ciri, Jenis-Jenis, Unsur & Struktur Puisi Lengkap
UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSK DRAMA SASTRA INDONESIA SMA NEGERI 1 SIKUR.
Transcript presentasi:

PENGANTAR KAJIAN SASTRA Hartono, M.Hum. -- PBSI FBS UNY Bahan Mata Kuliah PENGANTAR KAJIAN SASTRA

PENGERTIAN SASTRA Rene Wellek dan Austin Warren segala sesuatu yang tertulis atau tercetak dibatasi pada mahakarya (great books) yaitu buku-buku yang dianggap menonjol karena bentuk dan ekspresi sastranya karya imajinatif

PENGERTIAN SASTRA (lanjutan) Luxemburg dkk. teks-teks yang tidak melulu disusun atau dipakai untuk suatu tujuan komunikatif yang praktis dan yang hanya berlangsung untuk sementara waktu saja unsur fiksionalitas diolah secara istimewa dapat dibaca menurut tahap-tahap arti yang berbeda-beda

PENGERTIAN SASTRA (lanjutan) Abrams Teori objektif ---- karya seni yang otonom, berdiri sendiri, bebas dari pengarang, realitas, maupun pembaca Teori mimetik ---- tiruan alam atau kehidupan Teori ekspresif ---- ekspresi sastrawan sebagai curahan atau luapan perasaan dan pikiran sastrawan sebagai produk imajinasi sastrawan yang bekerja dengan persepsi-persepsi, pikiran-pikiran, atau perasaan-perasaannya Teori pragmatik ---- sarana untuk menyampaikan tujuan tertentu, misalnya nilai-nilai atau ajaran kepada pembaca

SASTRA: ANTARA KONVENSI DAN INOVASI KONVENSI : Aturan yang sudah disepakati, diterima banyak orang, dan sudah menjadi tradisi. Artinya, kebiasaan itu dilakukan orang secara terus menerus dari waktu ke waktu. INOVASI : Pembaharuan dari sesuatu yang telah ada sebelumnya TEEUW : Perkembangan karya sastra selalu berada dalam ketegangan antara konvensi dan pembaharuan, antara keterikatan pada genre, konvensi, dan kebebasan mencipta.

JENIS SATRA NARATIF / PROSA DRAMATIK Adalah cabang teori sastra yang membahas teks naratif, maka disebut juga naratologi atau teori fiksi DRAMATIK Berbentuk drama dengan dialog sebagai ciri khasnya PUISI Berbentuk puisi dengan tipografi sebagai ciri khasnya

JENIS PROSA NARATIF

Unsur Fiksi tokoh alur latar judul Gaya dan nada tema Sudut pandang FAKTA CERITA tokoh alur latar SARANA CERITA judul Sudut pandang Gaya dan nada tema

1. T O K O H Para pelaku yang terdapat dalam sebuah fiksi 3 dimensi tokoh : dimensi fisiologis : usia, jenis kelamin, keadaan tubuh, ciri muka, dan sebagainya dimensi sosiologis : status sosial, pekerjaan, jabatan, peranan dalam masyarakat, pendidikan, agama, pandangan hidup, ideologi, aktivitas sosial, organisasi, hobi, bangsa, suku, keturunan dimensi psikologis : mentalitas, ukuran moral, keinginan dan perasaan pribadi, sikap dan kelakuan (temperamen), intelektual (IQ)

Pembagian tokoh Berdasar keterlibatannya dalam cerita : Tokoh utama (sentral) : paling terlibat dengan makna atau tema, paling banyak berhubungan dengan tokoh lain, paling banyak memerlukan waktu penceritaan Tokoh tambahan (periferal) Berdasar watak tokoh : Tokoh sederhana : tokoh yang kurang mewakili keutuhan personalitas manusia dan hanya ditonjolkan satu sisi karakternya saja Tokoh kompleks : menggambarkan keutuhan personalitas manusia yang mempunyai sisi baik dan buruk secara dinamis

Pembagian Tokoh Berdasarkan sifatnya Tokoh protagonis : tokoh yang baik Tokoh antagonis : tokoh yang jahat

Penokohan (cara menggambarkan tokoh) Langsung (telling, analitik) Tidak langsung (showing, dramatik)

Penokohan Tidak langsung penamaan tokoh (naming) cakapan penggambaran pikiran tokoh arus kesadaran (steam of consciousness) pelukisan perasaan tokoh perbuatan tokoh sikap tokoh pandangan seorang atau banyak tokoh terhadap tokoh tertentu pelukisan fisik pelukisan latar

2. ALUR (PLOT) Adalah (rangkaian peristiwa yang disusun berdasar hubungan kausalitas) Pembagian alur : awal (eksposisi yang mengandung instabilitas dan konflik) tengah (klimaks) akhir (denoument atau penyelesaian)

Kaidah alur 1. plausibilitas (kemasukakalan) jika tokoh-tokoh cerita dan dunianya dapat diimajinasikan (imajinable) jika memiliki kebenaran untuk dirinya sendiri deus ex machina (dewa dari langit) 2. suspense membangkitkan rasa ingin tahu ketidaktentuan harapan atau perasaan kurang pasti terhadap peristiwa yang akan terjadi

Kaidah alur 3. surprise (kejutan) jika sesuatu yang dikisahkan atau kejadian-kejadian yang ditampilkan menyimpang atau bahkan bertentangan dengan harapan pembaca memperlambat ataumempercepat klimaks 4. unity (keutuhan) seluruh aspek cerita berhubungan membentuk satu kesatuan yang utuh dan padu

Jenis alur 1. Berdasar penyusunan peristiwa: 2. Berdasar kualitasnya: alur progresif/kronologis/ maju: alur yang peristiwa-peristiwanya disusun secara kronologis alur regresif/flash back/sorot balik/mundur: alur yang peristiwa-peristiwanya disusun secara tidak kronologis alur campuran: alur yang merupakan perpaduan alur progresif dan regresif 2. Berdasar kualitasnya: alur rapat: alur yang alur utamanya tidak dapat disisipi alur lain alur longgar: alur yang alur utamanya masih dapat disisipi alur lain

Jenis alur 3. Berdasar akhir cerita: alur terbuka: alur yang memiliki penyelesaian yang tidak jelas atau menggantung alur tertutup: alur yang memiliki penyelesaian yang jelas 4. Berdasar kuantitasnya: alur tunggal: alur yang rangkaian peristiwanya mengandung satu peristiwa primer alur jamak: alur yang rangkaian peristiwanya mengandung beberapa peristiwa primer

3. LATAR (SETTING) Adalah unsur fiksi sesuatu yang mengacu pada tempat, hubungan waktu, dan kondisi sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.

3. LATAR (SETTING) Dilihat dari kedetilannya dalam cerita: Latar netral: latar yang disebutkan secara tidak detil (misalnya hanya menyebut nama tempat saja) Latar tipikal: latar yang dideskripsikan secara detil, memiliki dan menonjolkan sifat khas latar tertentu, baik yang menyangkut latar tempat, waktu, maupun sosial

Unsur latar latar tempat: latar yang mengacu pada tempat atau lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi latar waktu: latar yang mengacu pada waktu kapan terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi latar sosial: latar yang mengacu pada kondisi sosial masyarakat yang diceritakan dalam karya fiksi

4. J U D U L Judul menjadi daya tarik pertama bagi pembaca. Kriteria judul: singkat (agar mudah diingat) menarik (bersifat eye-catching atau menangkap mata begitu orang memandangnya menggambarkan isi bersifat konotatif (bukan denotatif) mampu menggugah pembaca terhadap keinginannya mencari makna dari cerita yang dibacanya/memunculkan rasa ingin tahu

J U D U L (lanjutan) Judul yang berhasil banyak ditentukan oleh sensitivitas pengarang terhadap kekuatan kata-katanya atau kepekaan rasa bahasa. Judul mengacu pada tokoh (misalnya Siti Nurbaya, Saman, Larung), latar (Senja di Jakarta), tema (Jalan Menikung, Belenggu, Ziarah), atau kombinasi dari beberapa unsur tersebut.

5. SUDUT PANDANG (POINT OF VIEW) Adalah cara dan pandangan yang dipergunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita dalam sebuah cerita fiksi lepada pembaca, atau unsur fiksi yang mempersoalkan siapa yang menceritakan atau dari posisi mana (siapa) peristiwa atau tindakan itu dilihat.

Jenis-jenis sudut pandang Sudut pandang orang pertama “aku” first person central atau akuan sertaan : pencerita adalah “aku” tokoh utama first person peripheral atau aguan taksertaan : pencerita adalah “aku” tokoh tambahan Sudut pandang orang ketiga “dia” third person omniscient atau diaan maha tahu : pencerita berada di luar cerita dan menjadi pengamat yang mengetahui banyak hal tentang tokoh-tokoh lain third person limited atau diaan terbatas : pencerita hanya tahu dan menceritakan tokoh yang menjadi tumpuan cerita saja

Jenis-jenis sudut pandang 2. Sudut pandang orang pertama “aku” first person central atau akuan sertaan : pencerita adalah “aku” tokoh utama first person peripheral atau aguan taksertaan : pencerita adalah “aku” tokoh tambahan

7. GAYA DAN NADA Gaya (gaya bahasa) : cara pengungkapan seorang yang khas bagi seorang pengarang, meliputi penggunaan diksi (pilihan kata), imajeri (citraan), dan sintaksis (pilihan pola kalimat) Nada berhubungan dengan pilihan gaya untuk mengekspresikan sikap tertentu.

8. T E M A Tema disebut juga ide utama (central idea) dan tujuan utama (central purpose). Tema merupakan makna cerita atau pokok masalah sebuah cerita.

Penggolongan tema menurut Shipley tema jasmaniyah atau fisik, yaitu tema yang lebih menonjolkan aktivitas fisik atau jasmaniyah tema organik, yaitu tema yang berkaitan dengan moral manusia (termasuk di dalamnya masalah seksual) tema sosial, yaitu tema yang berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat, termasuk di dalamnya masalah politik, ekonomi, pendidikan, kebudayaan, perjuangan, cinta, hubungan manusia, dan sebagainya

Penggolongan tema menurut Shipley 4. tema egoik, yaitu tema yang berhubungan dengan reaksi-reaksi pribadi (individualitas) yang pada umumnya menentang pengaruh sosial 5. tema ketuhanan, yaitu tema yang berhubungan dengan masalah spiritual atau kekuatan yang lebih tinggi di luar manusia

Cara menafsirkan tema (Stanton) mempertimbangkan tiap detil cerita yang dikedepankan tidak bertentangan dengan tiap detil cerita tidak mendasarkan diri pada bukti-bukti yang tidak dinyatakan, baik secara langsung maupun tidak langsung mendasarkan pada bukti yang secara langsung ada atau yang disyaratkan dalam cerita

JENIS DRAMATIK

JENIS DRAMATIK Yang membedakan jenis dramatik dengan yang lainnya adalah dialog. Teks drama dimaksudkan untuk dipentaskan. Pementasan ini merupakan penafsiran kedua. Penafsiran pertama dilakukan oleh sang sutradara. Penafsiran kedua dilakukan oleh penonton pementasan.

Unsur Drama alur latar lakuan cakapan Tema dan amanat Penokohan karakterisasi latar cakapan lakuan

1. TEMA DAN AMANAT Tema merupakan rumusan intisari cerita sebagai landasan idiil dalam menentukan arah tujuan cerita. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau penonton

2. ALUR (PLOT) Dalam teks drama, alur tidak diceritakan, tetapi akan divisualkan dalam panggung. Bagian terpenting dari sebuah alur drama adalah dialog dan lakuan. Penyajian alur dalam drama diwujudkan dalam urutan babak (bagian terbesar dalam sebuah lakon) dan adegan (bagian dari babak yang menggambarkan satu suasana). Pergantian babak ditandai dengan layar yang diturunkan atau ditutup, atau lampu panggung dimatikan sejenak. Pergantian babak biasanya menandai pergantian latar, baik latar tempat, ruang, maupun waktu.

Alur dramatik Protais (permulaan): dijelaskan peran dan motif lakon Epitasio (jalinan kejadian) Catastasis (klimaks): peristiwa mencapai titik kulminasi Catastrophe (penutup)

3. PENOKOHAN Cara mengemukakan watak di dalam drama lebih banyak bersifat tidak langsung, yaitu melalui dialog (yang diucapkan sendiri oleh tokoh yang bersangkutan ataupun tokoh lain) dan lakuan (action)

4. LATAR (SETTING) Dalam teks drama, latar terlihat pada keterangan tempat, waktu, dan suasana yang terdapat pada teks samping atau teks nondialog. Pada pementasan, latar terlihat pada penataan panggung

5. CAKAPAN (DIALOG) 1. Dialog : cakapan dua orang atau lebih tokoh 2. Monolog : cakapan satu orang tokoh dengan dirinya sendiri Monolog yang membicarakan hal-hal yang sudah lampau Soliloqui yang membicarakan hal-hal yang akan datang Aside (sampingan) untuk menyebut percakapan seorang diri yang ditujukan kepada penonton (audience)

6. LAKUAN (ACTION) Lakuan harus berhubungan dengan plot dan watak tokoh Lakuan badaniah (melalui gerak-gerik tubuh) dan batiniah (melalui dialog yang menggambarkan suasana emosinya)

JENIS PUISI

UNSUR PUISI diksi bunyi citraan makna Bahasa kias Sarana retorika STRUKTUR FISIK bunyi diksi Bahasa kias citraan Sarana retorika Wujud visual STRUKTUR BATIN makna

1. BUNYI Peran unsur bunyi dalam puisi : Agar puisi itu merdu Pendukung arti atau makna tertentu Mencapai nilai estetis

Klasifikasi unsur bunyi Dilihat dari bunyi : sajak sempurna : ulangan bunyi yang timbul sebagai akibat ulangan kata tertentu sajak paruh : ulangan bunyi yang terdapat pada sebagian baris dan kata-kata tertentu asonansi : persamaan bunyi berupa vokal yang berjarak dekat aliterasi : persamaan bunyi berupa konsonan yang berjarak dekat

Klasifikasi unsur bunyi Dilihat dari perannya sebagai pendukung makna : Efoni : kombinasi vokal-konsonan yang merdu, yang mendukung suasana yang menyenangkan Kakofoni : kombinasi bunyi-bunyi konsonan yang tidak merdu, yang menggambarkan suasana yang muram dan tidak menyenangkan

Klasifikasi unsur bunyi Dilihat dari posisi kata yang mendukungnya : Sajak awal (anafora) : ulangan pola bunyi di awal baris Sajak tengah : persamaan bunyi yang terdapat di tengah baris pada baris yang berbeda (berupa kata atau suku kata) Sajak dalam : persamaan bunyi kata yang terdapat dalam satu baris Sajak akhir : persamaan bunyi di akhir baris

Klasifikasi unsur bunyi Dilihat dari hubungan antarbaris dalam tiap bait : sajak merata (terus) : ulangan bunyi a-a-a-a sajak berselang : ulangan bunyi a-b-a-b sajak berangkai : ulangan bunyi a-a-b-b sajak berpeluk : ulangan bunyi a-b-b-a

2. DIKSI Fungsí diksi dalam puisi : sarana yang menghubungkan pembaca dengan gagasan penyair dan dunia intuisi penyair menciptakan kesan hidup dalam puisi Setiap penyair memiliki ciri khas dalam diksi yang dipilihnya.

3. BAHASA KIAS Bahasa kias = figurative language = majas Menurut Abrams, bahasa kias adalah penyimpangan dari pemakaian bahasa yang biasa, yang makna katanya atau rangkaian katanya digunakan dengan tujuan untuk mencapai efek tertentu

Macam-macam bahasa kias (menurut Alternbernd) simile-metafora (pembandingan) simile : membandingkan satu hal dengan hal lain dengan kata-kata pembanding, yaitu seperti, bagai, laksana, semisal,seumpama, sepantun, sebagai, serupa, bak, dan sebagainya. metafora : menyatakan sesuatu sebagai hal yang sebanding dengan hal lain yang sesungguhnya tidak sama secara implisit metonimi-sinekdok (penggantian) metonimi : pemindahan istilah atau nama suatu hal atau benda ke suatu hal atau benda lainnya yang mempunyai kaitan rapat, dengan dasar kaitan yaitu hubungan kausal, logika, hubungan dalam waktu dan ruang, atau pemanfaatan ciri atau sifat suatu hal yang erat hubungannya sinekdok : bahasa viguratif yang menyebutkan suatu bagian penting dari suatu benda atau hal itu sendiri. Ada 2: pars prototo (penyebutan sebagian dari suatu hal untuk menyebutkan keseluruhan) dan totum pro parte (penyebutan keseluruhan dari suatu benda atau hal untuk sebagiannya) personifikasi (pemanusiaan) mempersamakan benda atau hal dengan manusia

Macam-macam bahasa kias (menurut Alternbernd) simile-metafora (pembandingan) simile : membandingkan satu hal dengan hal lain dengan kata-kata pembanding, yaitu seperti, bagai, laksana, semisal,seumpama, sepantun, sebagai, serupa, bak, dan sebagainya. metafora : menyatakan sesuatu sebagai hal yang sebanding dengan hal lain yang sesungguhnya tidak sama secara implisit personifikasi (pemanusiaan) mempersamakan benda atau hal dengan manusia

Macam-macam bahasa kias (menurut Alternbernd) metonimi-sinekdok (penggantian) metonimi : pemindahan istilah atau nama suatu hal atau benda ke suatu hal atau benda lainnya yang mempunyai kaitan rapat, dengan dasar kaitan yaitu hubungan kausal, logika, hubungan dalam waktu dan ruang, atau pemanfaatan ciri atau sifat suatu hal yang erat hubungannya sinekdok : bahasa viguratif yang menyebutkan suatu bagian penting dari suatu benda atau hal itu sendiri. Ada 2: pars prototo (penyebutan sebagian dari suatu hal untuk menyebutkan keseluruhan) dan totum pro parte (penyebutan keseluruhan dari suatu benda atau hal untuk sebagiannya)

4. CITRAAN Yaitu rangkaian kata yang mampu menggugah pengalaman keindraan (membentuk gambaran angan-angan)

Jenis-jenis citraan Citraan visual (visual imagery) ---- berhubungan dengan indera penglihatan Citraan auditif (auditory imagery) ---- berhubungan dengan indera pendengaran Citraan kinestetik/gerak (kinaesthetic/movement imagery) ---- berhubungan dengan indera gerak Citraan peraba (thermal imagery) ---- berhubungan dengan indera peraba Citraan penciuman ---- berhubungan dengan indera penciuman Citraan pencecapan ---- berhubungan dengan indera pencecapan

5. SARANA RETORIKA Sarana kepuitisan yang berupa muslihat pikiran untuk memunculkan ketegangan puitis karena pembaca harus memikirkan efek apa yang ditimbulkan dan dimaksudkan oleh penyairnya

Jenis sarana retorika (menurut Altenbernd dan Lewis) 1. hiperbola : gaya bahasa yang menyatakan sesuatu secara berlebihan 2. ironi : bentuk pengucapan kata-kata yang bertentangan dengan maksud sebenarnya, dan biasanya dimaksudkan untuk menyindiri atau mengejek 3. ambiguitas : pernyataan yang mengandung makna ganda (ambigú)

Jenis sarana retorika (menurut Altenbernd dan Lewis) 4. paradoks : sarana retorik yang mengungkapkan sesuatu secara berlawanan 5. litotes : pernyataan yang menganggap sesuatu lebih kecil dari realitas yang ada (kebalikan dari hiperbola) 6. elipsis : pernyataan yang tidak diselesaikan, tetapi ditandai dengan … (titik-titik)

6. WUJUD VISUAL tipografi (bentuk visual puisi yang berupa tata hubungan dan tata baris, atau disebut juga ukiran bentuk) susunan baris (pembaitan) enjambement (perloncatan baris) pungtuasi (penggunaan tanda baca)

7. MAKNA Makna merupakan wilayah isi sebuah puisi yang bisa dipahami setelah pembaca mampu mengungkap unsur-unsur puisi yang mendukungnya. Dapat dipahami setelah pembaca mampu membongkar unsur-unsur fisik yang ada dalam puisi

Selamat Belajar …. !!!! selamat Anda menjadi orang yang SMART Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan! Hapuskan kata tidak mungkin dari pikiran anda! Pikirkan sesuatu yang istimewa! Berpikirlah ke depan lebih baik! Ingatlah: tidak ada yang tumbuh di dalam es!