PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman JAVA (TIB09)
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Membuat class sendiri.
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Other OOP Basic Viska Mutiawani, M.Sc. Konsep penting Method overloading Encapsulation this keyword final static.
Object Oriented Programming
Inheritance (Pewarisan) As’ad Djamalilleil
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING in JAVA
Pemrograman JAVA (TIB09)
Pemograman beorientasi objek
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
MINGGU 5 Java Programming (MKB614C)
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Pemrograman Berorientasi Objek
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Object Oriented Struktur Data.
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
07 Advanced Class Features
OOP Java 06 Polymorphism.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
CLASS, OBJECT METHOD, PROPERTIES Object Oriented Programming
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
MEMBUAT CLASS & KONSEP ENCAPSULATION
Class & Object Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
OBJEK dan KELAS Sutrisno PTIIK-UB.
Access Modifier.
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Method & Constructor METHOD.
MODIFIER JAVA.
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
KONSEP OOP INHERITANCE (PEWARISAN) Encapsulation (enkapsulasi)
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
KELAS & OBJEK SUSSI.
JAVA FUNDAMENTAL (Object Oriented Programming)
Membuat Kelas.
1.3 Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.
Konsep Object Oriented
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
MEMBUAT CLASS & KONSEP ENCAPSULATION
Membuat Class Sendiri.
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Object Oriented Programming
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Object
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Pemrograman Berorientasi Object
OOP ENKAPSULASI SMKN 2 SINGOSARI Kelas XI RPL.
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding Pemrograman.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Pemrograman Berorientasi Objek
- PERTEMUAN 1- CLASS Mustazzihim Suhaidi,M.Kom
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

PBO - PERTEMUAN 1- CLASS

Apa sih OOP itu ? Pemrograman Berorientasi Object (OOP) adalah model pemrograman yang paling banyak dipakai saat ini. OOP telah menggantikan teknik pemrograman prosedural yang telah dipakai sejak tahun 1970-an Java adalah bahasa yang berorientasi objek, karena itu Anda harus paham OOP agar dapat produktif menggunakan Java. Program yang Berorientasi Objek akan terdiri dari objek- objek. Objek-objek ini seringkali merepresentasikan apa yang ada di dunia nyata.

Istilah-istilah baru di OOP Class Object Relationship (antar class) Dependence Aggregation Inheritance Encapsulation Instantiation & Instance Instance Variable Method (mutator & accessor method)

Di pabrik Mobil Sebelum seseorang mengendarai mobil, tentu Anda harus membuat mobil tersebut terlebih dahulu.

Bagaimana cara membuat mobil ? Langkah 1 : Menggambar desain mobil. Langkah 2 : Menambahkan detil mobil tersebut, misal : Desain pedal gas untuk maju Desain rem untuk berhenti Desain setir untuk belok kiri/kanan, dll. Langkah 3 : Proses pembuatan mobil dimulai.

Bagaimana pedal gas bekerja ? Apayang sebenarnya terjadi di dalam mesin pada saat pedal gas diinjak? Apakah Anda sebagai pengendara perlu tahu, bagaimana cara kerja detil dari pedal gas? Tentu tidak. Yang perlu Anda ketahui hanyalah bahwa kalau pedal gas diinjak akan mempercepat laju mobil! Artinya, detil dan cara kerja pedal disembunyikan dari penggunanya. Anda cukup tahu aturan dan fungsinya saja: Injak pedal gas sebelah tengah maka mobil akan melaju

Desain Mobil  Objek Mobil Jadi kesimpulannya, sebelum Anda membuat objek mobil, seseorang harus merancang terlebih dahulu. Di dalam rancangan tersebut, semua detil cara kerja mobil disembunyikan dari para penggunanya kelak. Setelah desain mobil dibuat, maka kita dapat mulai membuat berbagai objek mobil yang diinginkan.

Apa hubungannya dengan OOP ? Sama halnya dengan penyembunyian detil PEDAL pada sebuah MOBIL, di OOP kita menyembunyikan detil pemrograman di dalam sebuah METHOD (FUNGSI) METHOD-METHOD ini dibuat dan disimpan bersama-sama di dalam suatu desain yang disebut dengan CLASS. METHOD  injak gas, injak rem, belok kiri, belok kanan, dll CLASS  rancangan mobil

Class & Object CLASS adalah suatu template/blueprint/rancangan dari object yang akan dibuat. OBJECT adalah sesuatu yang diciptakan dari Class. Analogi lain : Class = cetakan kue Object = kue-nya

Merancang Aplikasi Program Berbasis OOP Sekarang, Anda diminta merancang suatu program untuk sebuah BANK: Di aplikasi BANK, pasti ada yang namanya REKENING Dengan menggunakan konsep yang sama: Anda dapat mendesain sebuah CLASS yang merepresentasikan REKENING. REKENING tersebut didesain sedemikian rupa sehingga memiliki 3 METHOD, yaitu: METHOD untuk menyimpan uang (tabung) METHOD untuk mengambil uang (tarik) METHOD untuk memeriksa saldo (cek)

Analogi Pabrik MOBIL & Program BANK

Membuat Class di Java Class Rekening.java public class Rekening { }//end class Rekening Note:class selalu diawali dengan huruf KAPITAL

CLASS Rekening + Method public class Rekening{ // Method untuk mengecek saldo public void cekSaldo() { System.out.println("Selamat Datang di Rekening Anda!" ); System.out.println("Saldo Anda adalah" + 150000); } // end method cekSaldo } // end class Rekening NOTE: class REKENING hanya bisa di-compile, tidak bisa di-run Hal ini dikarenakan class Rekening bukanlah program aplikasi (tidak memiliki main method)

Catatan Tambahan Objek  sebuah representasi/abstraksi dari sebuah entitas Contoh : car, soda machine, ATM machine Class, terdiri dari : Data/Attribute Methods/behaviour Contoh : Remote tv sebagai objek Data/attribute : channel, volume, menu, switch on/off Methods/behaviour : memperbesar volume, mengecilkan volume, menghidupkan, mematikan

Catatan Tambahan Package Class Name Object Name Class JFrame myWindow = new JFrame() Objek Data Argument Attrib

Catatan Tambahan Pembuatan Kelas : Nama Kelas  Nama Benda Diawali dengan huruf Kapital : Mahasiswa Mobil Barang Access Modifier 4P : Public Private Package Protected Body of class : Attribute : Variabel, Contstanta, Field Methods

Catatan Tambahan Cara Penulisan Attribute (bagian terkecil dari class) Nama Benda : nim nama alamat Huruf kecil  Camel Case : namaBarang nilaiMaksimum Access Modifier 4P private int nilai; private string nim; public static final int max=100;

Catatan Tambahan Cara penulisan Operations : Sebuah proses/kata kerja : hitung cari Huruf kecil  camel case : pendaftaranNasabahBaru(); deleteCustomer(); Access Modifier 4P