1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI
2 Preface IMK berkaitan dengan aspek-aspek interaksi antara manusia dan komputer sehingga dapat mencapai kondisi yang senyaman mungkin ketika pengguna bekerja di depan komputer untuk selang waktu yang lama.
3 Apa itu Interaksi Manusia Komputer? Interaksi Manusia-Komputer (IMK) adalah: “Hal-hal yang berkaitan dengan desain, penilaian dan implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia serta kajian tentang fenomena yang terlibat dengannya” (ACM SIGCHI, 1992, p.6)
4 Apa itu Interaksi Manusia Komputer? Kajian tentang: –Manusia bagaimana manusia menerima dan memproses informasi, apakah keterbatasan dan kelebihan manusia –Komputer teknologi komputer yang dapat digunakan untuk menerima, memproses, dan mempersembahkan informasi, keterbatasandan kelebihannya –Interaksi di antara kedua elemen di atas
5 Evolusi Antaramuka 50an – Antaramuka pada level hardware untuk teknik – switch panel 60-70an – Antaramuka pada level pemrograman – COBOL, FORTRAN 70-90an – Antaramuka pada level instruksi 80an – Antaramuka pada level dialog interaksi – GUI, multimedia 90an – Antaramuka pada level lingkungan kerja – sistem network, groupware 00an - Antaramuka berkembang dengan luas – mobile devices, consumer electronics, interactive screens,. etc
6 Dari IMM kepada IMK Interaksi manusia-mesin (IMM) atau MMI mengkaji tentang desain antaramuka mesin-mesin yang digunakan di rumah dan tempat kerja Interaksi manusia-komputer (IMK) atau HCI mengkaji tentang desain, penilaian, dan implementasi sistem interaktif
7 Contoh Masalah (1)
8 Contoh Masalah (2)
9 Contoh Masalah (3)
10 Indikator IMK Ramah dengan pengguna (user friendly) –Menunjuk kepada kemampuan yang dimiliki oleh perangkat yang mudah dioperasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan perangkat tersebut. WYSIWYG (what you see is what you get) Senjata andalan penjual perangkat Syarat yang ditetapkan pengguna perangkat
11 Apa kepentingan IMK? Sudut pasaran: Manusia menggunakan komputer setiap hari, dan manusia tiada masa untuk belajar: –Komputer (peralatan) seharusnya mudah digunakan –Sistem harus mempunyai desain yang baik –Latihan yang minimum –Pengguna yang pelbagai Jika sesuatu produk sukar digunakan, pengguna akan beralih ke produk yang lain
12 Apa kepentingan IMK? Sudut kemanusiaan: –Manusia mempunyai kelemahan –Kesilapan / ralat mengakibatkan: Kehilangan masa Kehilangan wang Kehilangan nyawa jika melibatkan sistem yang kritikal Kehilangan semangat
13 Apa kepentingan IMK? Sudut sosial: –Komputer memberi sumbangan yang besar dalam kehidupan manusia, tidak dapat diabaikan: Pembelajaran anak-anak Memberi nasihat ahli berdasarkan informasi /sejarah mengontrol lalu lintas dan lintasan udara mengontrol kilang bahan kimia/nuklear mengontrol misi angkasa luar dll
14 Tujuan IMK Membangunkan produk yang reliable –‘reliable’ bermaksud mudah dipelajari, berkesan jika digunakan dan memberikan kepuasan dan pengalaman yang menyenangkan Melibatkan pengguna dalam proses mendesain
15 Apa kepentingan IMK? Sudut pasar: Manusia menggunakan komputer setiap hari, dan manusia tiada masa untuk belajar: –Komputer (peralatan) seharusnya mudah digunakan –Sistem harus mempunyai desain yang baik –Latihan yang minimum –Pengguna yang pelbagai Jika sesuatu produk sukar digunakan, pengguna akan beralih ke produk yang lain
16 Apa kepentingan IMK? Sudut kemanusiaan: –Manusia mempunyai kelemahan –Kesalahan / ralat mengakibatkan: Kehilangan waktu Kehilangan uang Kehilangan nyawa jika melibatkan sistem yang kritikal Kehilangan semangat
17 Apa kepentingan IMK? Sudut sosial: –Komputer memberi sumbangan yang besar dalam kehidupan manusia, tidak dapat diabaikan: Pembelajaran anak-anak Memberi nasihat ahli berdasarkan informasi /sejarah mengontrol lalu lintas dan lintasan udara mengontrol kilang bahan kimia/nuklear mengontrol misi angkasa luar dll
18 Tujuan IMK Membangunkan produk yang reliable –‘reliable’ bermaksud mudah dipelajari, berkesan jika digunakan dan memberikan kepuasan dan pengalaman yang menyenangkan Melibatkan pengguna dalam proses mendesain
19 Konfigurasi dasar komputer & Interaksi dengan manusia INPUTOUTPUTPROSES End User perintahhasil Umumnya, Interaksi Manusia dan Komputer (pengguna saling berinteraksi dengan komputer) dilakukan lewat masukan dan keluaran
20 Contoh IMK Input n :Input n : 5 Value of 5! Is 120 Input n : 5
21 Contoh IMK
22 BIdang-Bidang yang berkaitan dengan IMK Ilmu Komputer –Komponen utama = komputer Teknik Elektro –Sisi perangkat keras Psikologi –Sifat dan kebiasaan pengguna Perancangan Grafis –Tampilan Grafis Ergonomik –Lingkungan Antropologi –Ilmu tentang manusia Linguistik –Bahasa komunikasi Sosiologi –Kaitan dengan struktur sosial
23 Komponen Utama Program Aplikasi Bagian antarmuka –Berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dan komputer Bagian aplikasi –Berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma yang disyaratkan oleh aplikasi tersebut
24 Komponen Utama Program Aplikasi Myers (1989) –Penelitian pada berbagai aplikasi kecerdasan buatan menunjukkan bahwa 40-50% dari keseluruhan statemen program aplikasi dan memori yang ada diperuntukan bagi pengembangan antarmukanya. –Antarmuka menjadi bagian yang sangat penting.
25 Definisi lain IMK Seringkali, IMK di definisikan sebagai studi dan pengembangan antarmuka berbasis komputer dengan tujuan membuat suatu aplikasi lebih mudah dipergunakan oleh manusia.
26 Strategi Pengembangan Antarmuka Secara garis besar, pengembangan bagian antarmuka perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: –Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer –Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog –Penggunaan prototipe yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara (calon) pengguna dan perancang sistem –Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah dilakukan.
27 Pentingnya Perancangan Antarmuka Pengguna yang Baik Mengurangi biaya penulisan program –Dalam pemrograman antarmuka pengguna grafis, rata-rata 70% penulisan program berkaitan dengan antarmuka. Mempermudah penjualan produk –Suatu produk dilihat pertama kali dari tampilannya, apabila tampilannya menarik biasanya akan menarik minat orang untuk menggunakan aplikasi tersebut. Meningkatkan kegunaan komputer pada organisasi. –Dengan antarmuka yang menarik, biasanya pengguna akan tertarik untuk menggunakan suatu aplikasi komputer.
28 Dampak Antarmuka Pengguna yang Baik Peningkatan produktivitas Mengurangi biaya pelatihan pegawai Mencegah pengambil alihan pegawai Kepuasan pengguna Produksi hasil dengan kualitas yang lebih baik.
29 Penyebab adanya antarmuka yang kurang baik Kurangnya pendidikan / pelatihan yang berkaitan dengan perancangan antarmuka. Penyebaran pengetahuan yang diperlukan untuk merancang antarmuka pengguna yang baik. Perkembangan teknologi yang sangat cepat. Koordinasi yang kurang baik dalam pengembangan aplikasi
30 Bidang Kerja Dalam IMK Designer interaksi – mereka yang terlibat dalam mendesain semua aspek interaktif sesuatu produk Designer web – mereka yang membangun dan mencipta desain laman web Arsitek Infromasi – mereka yang mencetuskan idea tentang bagaimana untuk merancang produk interaktif User experience designers – mereka yang membuat kesemua di atas termasuk menjalankan kajian tentang desain produk