PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BEBASIS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PORTAL) http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Advertisements

Pembuatan Aplikasi Pembelajaran History of Football Menggunakan Adriyanto Eka Putra, for further detail, please visit
LANDASAN Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif , menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik.
Rancang Bangun APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN dengan metode blended learning (studi kasus: LABORATORIUM KOMPUTER stikom surabaya) Edo Yonatan.
PEMBUATAN SITUS PEMESANAN GITAR ONLINE MENGGUNAKAN Arieci Maulana
Aplikasi E-Learning Mikroorganisme berbasis Web Menggunakan PHP, My Nony Fitriani Mahasis Putri for further detail, please visit
LIMA PILAR BELAJAR GUNA MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL
PHP, MYSQL, DAN MACROMEDIA DREAMWEAVER 8
Aplikasi Pengenalan Pahlawan Indonesia Menggunakan Macromedia Flash 8 Fina Rahmadianti, for further detail, please visit
PEMBUATAN Muhamar Ikhsan, for further detail, please visit
UNJ MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL
MOODLE DI LINUX. PEMBUATAN E - LEARNING BIOLOGI SMA KELAS 1 MENGGUNAKAN for further detail, please visit
for further detail, please visit
PENGEMBANGAN APLIKASI PENYEWAAN BUKU BERBASIS WEB Maria Ulfah
Berbasis Komputer (Studi Kasus pada Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BERBASIS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM PEMBELAJARAN)
PEMBUATAN WEBSITE MOBIL – MOBIL KUNO MENGGUNAKAN PHP DAN Kenny Alam Fauzi for further detail, please visit
PEMBUATAN WEBSITE KOMUNITAS “SECURITY ISSUE AND LEARNING Achmy Fanzi
PEMBUATAN WEBSITE SMA NEGERI 1 LEUWILIANG BOGOR Rudy hartono for further detail, please visit
PEMBUATAN WEB E-LEARNING MICROSOFT WORD DAN MICROSOFT EXCEL Nursabrina
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX
APLIKASI E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MOODLE PADA Mochammad Bay Sabat
WEBSITE PENJUALAN HANDPHONE MENGGUNAKAN JOOMLA Eri Purwarini
PEMBUATAN WEBSITE BENGKEL DAGE MOTOR Hendra Saputra
Menggunakan Macromedia Dreamweaver MX Dan Macromedia Flash MX Pembuatan Website Objek Wisata Pergunungan Daerah Jawa Barat Dengan for further detail, please.
DAN MYSQL SITUS WEB SDN KRAMATJATI 13 PAGI DENGAN MENGGUNAKAN PHP for further detail, please visit
PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK Endang Dwi Lestari for further detail, please visit
PEMBUATAN VIRTUAL LAB LOGIKA DAN ALGORITMA ONLINE Tri Rahmayanti
APLIKASI CUTI KARYAWAN ONLINE PADA ELLIPS ENERGY Acmy Gemmy Dessi Erta
APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH Arief Fathulah,
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS JEJARING SOSIAL Husnul Fachmi for further detail, please visit
Rencana Pelaksanaan Pembalajaran (RPP)
BERBASIS LABORATORIUM
(Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses)
UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA
Standar Isi dan Standar Proses
STRATEGI PEMBELAJARAN
PAKEM Disampaikan pada Diklat Pengembangan Program Pakem
PEMBELAJARAN PAKEM DI SEKOLAH DASAR
Berbasis Komputer (Studi Kasus: Mata Kuliah Sistem Keamanan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan for further.
for further detail, please visit
PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN
ASP.NET 3.5 PENGEMBANGAN SITUS PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DENGAN
”Pembuatan User Interface E-Learning Fisika Mekanika menggunakan CSS” Muhammad Ilham Syafaat, for further detail, please visit
PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF dan Irfan Tri Atmojo
Perancangan Web E-Learning Mata Pelajaran Sejarah Menggunakan Joomla
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
MEMBUAT VIRTUAL CLASS BERBASIS WEB Suci Pratiwi
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
Guru Profesional dan Standarisasi Pendidikan Nasional
K T S P (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Oleh Moh
PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG Rizal Subagja,
PENGEMBANGAN WEBSITE E-LEARNING PEMBELAJARAN BIOLOGI Sary Suryadewi
PROSES PEMBELAJARAN Implementasi Kurikulum
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
Belajar Aktif LAMUNARA, SE lamunara.wordpress.com.
STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS)
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
LPKS-Maimun Abdul Hanan
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
PETUNJUK TEKNIS PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
LESSON STUDY Sebuah model pembinaan dan pelatihan guru.
LANDASAN YURIDIS & PSIKOLOGIS PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING)
Konsep Dasar Kurikulum
Website Sekretariat Kunjungan, pameran, dan Bulan Lomba Universitas Rian Verdianto, for further detail, please visit
PHP DAN MYSQL PEMBUATAN WEB E-LEARNING ROUTER DENGAN MENGGUNAKAN
(MASYARAKAT EKONOMI ASIA) (TARGET) Implementasi LAYANAN BK MENGHADAPI MEA Created by AMDANI SARJUN.
KURIKULUM 2013 CREATED BY; SRI MARYATI, M.Pd.. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikulum tingkat.
UNIVERSITAS GUNADARMA 2010
Transcript presentasi:

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BEBASIS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PORTAL) http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

PENDAHULUAN Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi Situs yang menyediakan informasi Pembelajaran Jarak Jauh 1.PAKEM ??? 2.Jejaring Sosial ??? 3.Portal Internet ??? 4.E-learning ??? http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

PP 19 BAB IV STANDAR PROSES PASAL 19 yang berisi : “Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat , dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.” PERMEN NO.22 TH 2006 TENTANG STANDAR ISI. Yang berisi : Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu:(a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

PAKEM E-learning Jejaring Sosial Portal Internet http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

Tujuan dan Batasan Masalah Tujuan dari penelitian adalah merancang dan membangun system pembelajaran berbasis web yang bersifat aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan berbasis jejaring sosial (studi kasus perancangan dan pembuatan portal) Pembuatan halaman portal yang berisi modul video, agenda, news, dan course list sebagai halaman awal dalam sistem pembelajaran elektronik berbasis web dengan menggunakan strategi PAKEM

Konsep dan Teori Pembelajaran PAKEM Teori Pembelajaran Aktif ??? Kreatif ??? Efektif ??? Menyenangkan ??? Teori behaviorisme Teori belajar kognitif menurut Piaget Teori pemrosesan informasi dari Gagne Teori belajar gestalt http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

Analisis dan Pembahasan Struktur Navigasi User Struktur Navigasi Admin http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

Storyboard Halaman User Storyboard Halaman Admin http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

Uninfied Modelling Language Sequence Halaman Portal User http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

Sequence Halaman Portal Admin http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

Kesimpulan dan Saran Kesimpulan Dalam pembuatan suatu situs pembelajaran elektronik dibutuhkan suatu pengetahuan dalam memahami bagaimana manusia berinteraksi dalam suatu proses pembelajaran Dibutuhkan suatu media yang dapat membuat pengguna suatu situs pembelajaran elektronik merasa berinteraksi dengan materi yang dipelajarinya Suatu antar muka pengguna yang baik akan menjadikan pengalaman belajar pengguna menjadi lebih baik, hal tersebut sudah dapat dicapai pada situs yang dikembangkan Portal bisa dijadikan sarana penyampaian informasi pada e-learning http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork

Saran Untuk para peneliti dan pengembang : bagaimana suatu situs pembelajaran elektronik dibuat dengan memperhatikan kebutuhan pengguna, dan tidak hanya memenuhi kebutuhan peneliti dan pengembang, dalam artian perhatikan kebutuhan pengguna lebih baik dibandingkan memperhatikan teknologi dan alat pengembangan yang digunakan. Serta memperhatikan seluruh aspek yang ada dalam proses pembelajaran dan dunia internet, seperti interaksi, inteaktifitas, dan keamanan. Sehingga suatu situs pembelajaran elektronik yang baik dan berorientasi pengguna dapat dikembangkan dengan efektif. http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/ug-learningnetwork