RPG Report Program Generator

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Suparno Blog : Penterjemahan Data (Compiler – Interpreter) Pengenalan Pengelolahan Data Elektronik.
Advertisements

Pseudocode & Flowchart
KONSEP PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Teknik Pemrograman Terstruktur
Pengertian Algoritma dan Flowchart
1 Output Specification Untuk mendefinisikan tampilan output dan semua record-record dan file-file yang digunakan dalam program. Diantaranya mencakup informasi.
PENGENALAN CODING RPG Coding pada RPG diimplementasikan pada lembar kode (coding sheet) yang mempunyai 80 kolom Dikenal 8 jenis Coding Sheet - Header Spec. -
1 Calculation Specification untuk mendefinisikan seluruh kalkulasi yang dibutuhkan dalam program termasuk logika dan proses,dapat juga digunalan sebagai.
Input Specification1 untuk mendefinisikan semua file input yang digunakan dalam program (file yang akan digunakan telah didefinisikan pada coding F), mencakup.
OPERATION CODE Operation code dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian : Arithmatic OperationADDSUBMULT DIVMVRZ-ADD Z-SUB Move OperationMOVEMOVEL Compare.
Teknik Kompilasi Febuari 2013.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Pseudocode Dengan Modularisasi
Introduksi PLC Februari 2006 by Usman Effendi.
Pengantar Teknik Kompilasi
TEKNIK KOMPILASI.
MINGGU Ke Tigabelas Pemrograman Visual
Perkembangan Bahasa.
Konsep Dasar Pemrograman COBOL
ARSITEKTUR SET INSTRUKSI
Algoritma Umum untuk Masalah Bisnis
Pertemuan 1 Dasar Pemrograman Triana Elizabeth S. Kom Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
Langkah Awal Modularisasi
Praktikum Dasar-Dasar Pemrograman
Review Modularisasi, Algoritma Bisnis, dan Object Oriented
REPORT Bentuk Laporan Untuk memahami cara membuat laporan (report) di Visual Foxpro, kita harus memahami bentuk laporan (layout), yaitu sebagi berikut.
TEKNIK PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR 1
Pengantar Teknik Kompilasi
Lingkungan MS Access Pertemuan 2
Dasar Pemrograman.. Program  Program adalah sekumpulan langkah-langkah instruksi bertahap yang ditujukan untuk komputer agar melakukan pekerjaan yang.
MERANCANG PROGRAM DAN PSEUDOCODE 1 Metode Perancang Program.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Diagram Alur (Flowhart)
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Pengenalan Pemograman Komputer
PENGANTAR TEKNIK KOMPILASI
Teknik Kompilasi “Translator”
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Metode Perancang Program
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
Pengantar Pemrograman
Wahyu Cahyani Faradilah Artian Ningsih Siti khodijah FLOWCHART
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
Pengantar Teknik Kompilasi
Flowchart.
Konsep Dasar Pemrograman COBOL
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A
MATERI PERKULIAHAN TEKNIK KOMPILASI
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Keterampilan komputer 1AB
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
Pemrograman, Bahasa C dan Jenis Data Utama
MASUKAN KOMPUTER KELUARAN DATA INFORMASI PROGRAM SKEMA SISTEM KOMPUTER.
MASUKAN KOMPUTER KELUARAN DATA INFORMASI PROGRAM SKEMA SISTEM KOMPUTER.
Teknik Kompilasi Abdul Wahid, ST, M.Kom
KOMPONEN DASAR KOMPUTER
Pengantar Teknik Kompilasi
Teknik Pemrograman Terstruktur
Pengantar Teknik Kompilasi
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Diagram Alur (Flowhart)
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #1 - 2
Transcript presentasi:

RPG Report Program Generator Bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan translator compiler yang dirancang untuk mempermudah dalam mendesain dan mencetak laporan (report)

Hal–hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari RPG Kemampuan menganalisa masalah Memahami RPG Logic Cycle Memahami coding specification RPG

Langkah-langkah Penyusunan Program RPG Analisa Masalah, Mendefinisikan I-P-O 1 Logika RPG Program Cycle 2 CODING (penulisan program) 3 PUNCH (pengetikan source code) 4 COMPILE (translate code) 5 DEBUG (pencarian kesalahan) 6 EXECUTE (menjalankan program) 7 DOKUMENTASI 8 Langkah-langkah Penyusunan program RPG

1. Analisa Masalah untuk mengetahui input apa yang harus disediakan, bagaimana prosesnya dan ouput apa yang ingin dihasilkan Analisa Input Tabel dan field apa saja yang digunakan karakteristik dari masing-masing field proses pengambilan data Analisa Proses Kapan data harus dibaca operasi –operasi yang dilakukan kapan ouput akan dicetak Analisa Output Darimana data (field) akan dicetak Kapan data akan dicetak Pada device apa data akan dicetak

2. Logika RPG Program Cycle START Heading & detail output Set off record identifying indicator First cycle Read a record LR indicator On ? Set on record identify indicator More rec. to input /Process area Perform detail calculation Set off 1P indicator Total calculation Total output STOP Step-1 Step-2 Step-8 Step-3 Step-9 Step-7 Step-6 Step-5 Step-4 Step-10 Step-11 Y

3. Coding Penulisan program RPG dilakukan pada coding form (coding sheet) sebelum program diketikkan ke dalam sistem komputer.Coding form memiliki jumlah kolom 80  dengan fungsi yang berbeda Ada 8 coding form yang digunakan pada pembuatan program RPG : H : Header specification F : File specification E : Extention specification L : Line counter specification T : Telecommunication specification I : Input specification C : Calculation specification O : Output specification

4. Punch Setelah program ditulis pada coding form, maka program tersebut dapat diketikkan pada sistem komputer. Dan disimpan sebagai source program file. Source program inilah yang nantinya akan dimasukkan kedalam media translator compiler. 5. Compile Proses penterjemahan instruksi agar dapat dimengerti oleh sistem komputer Pada proses Kompilasi akan menghasilkan 2 buah file yaitu : 1. Object File Program yang siap untuk dijalankan 2. Listing File Hasil keluaran dari kompilator mengenai status program dan kesalahan yang ada  

6. Debug 7. Execute 8. Dokumentasi proses pencarian kesalahan yang ada pada program. Debugging akan dilakukan jika terjadi kesalahan dalam operasi, urutan instruksi, sintaksis, maupun kesalahan logika program. 7. Execute Bila object program sudah tidak ada kesalahan dalam proses compile – debug, maka program dapat dijalankan. Ouput program dapat dianalisa apakah telah sesuai atau masih diperlukan perbaikan 8. Dokumentasi 1. Listing source code 4. Field name function 2. Flowchart 5. Subroutine function 3. Indicator function 6. Error Handling

Indicator pada Program RPG Fungsi indicator pada RPG untuk menyatakan kondisi record dan field untuk control level untuk menentukan pelaksanaan suatu instruksi / pencetakan record pada output, apakah akan dilaksanakan pada saat indicator tsb ON atau OFF untuk memberitahukan status RPG program cycle Beberapa indicator pada RPG : Numerical indicator (01 - 99) First page indicator (1P) Level zero indicator (LO) Control level indicator (L1 – L9) Last record indicator (LR) Overflow indicator (OA – OG, OV)