KoTA-203 Amalia Nuryamin ( ) Ihsan Helmi Faisal ( ) Rozi Kapara Dista ( )
Latar Belakang
Perumusan Masalah Membuat data pemesanan barang dengan mempertimbangkan lokasi barang Membuat sistem untuk menggerakan troli Membuat visualisasi sistem pergerakan troli sesuai pesanan dan rute dengan memanfaatkan kemampuan pada poin dua. Memperluas kemampuan sistem, dari satu server menjadi beberapa server o Membuat sistem yang berfungsi untuk mengkomunikasikan proses yang ada di satu server ke sistem yang ada di server lain o Membuat sistem yang dapat menjalankan proses secara paralel
Ruang Lingkup
DEMO “Sistem Pengambilan Barang Sesuai Pesanan dari Rak Secara Otomatis pada Supermaket”
Alur PROSES Penerimaan Data Barang Konversi Data Barang ke Alamat Barang Penentuan Rute Perjalanan Troli Monitor Resolusi Deadlock Visualisasi
Konversi Data Barang ke Alamat
Penentuan Rute
Perjalanan & Visualisasi
Arsitektur
Petri Net Model
Komunikasi Antar Server Client – Server 1 Keterkaitan : Server 1 menerima data alamat barang per order dari Client. Send(listAlamatB arang) Receive(listAlam atBarang) CLIENT SERVER 1
Komunikasi Antar Server Server 2 – Server 3 Keterkaitan : Server 2 controller mengirim no order ke server 3 maupun server 2, Server 2 pemilik Semaphore troli. Send(Troli, Path) Receive(Troli, Path) SERVER 1 SERVER 2
Parallel (Demo Contoh)
Parallel Implementasi Path listTujuan = new Path(); for||(int i : itemS.size()) listTujuan.addPath(itemS.get(i).getVertex()[0]); for||(int i : listTujuan.getPaths().size()) System.out.print(listTujuan.getPaths().get(i).getNmVertex());
DEMO “Aplikasi visualisasi sistem perjalanan troli secara otomatis untuk pengambilan barang dari rak sesuai pesanan dengan sistem terdistribusi”
Kesimpulan Membuat button generate order untuk membuat data pemesanan secara random (acak) tanpa adanya penanganan data pemesanan (yang dapat terjadi secara concurrent, juga permasalahan stok). Pembuatan peta yang menggunakan graf yang disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi, yaitu kebutuhan untuk pengalamatan lokasi barang dan kebutuhan bergeraknya troli pada peta. Penentuan rute perjalanan untuk setiap troli yang akan berjalan mengambil barang pesanan dan kemudian menuju ke kasir. Pergerakan perjalanan troli dari stasiun menuju kasir.
Saran Fungsi Generate Order untuk keperluan simulasi dapat dikembangkan lebih jauh dengan memanfaatkan data histori pemesanan yang ada untuk dilakukan simulasi dengan peluang distribusi data tertentu, untuk pembuatan sistem nyatanya fungsi ini dapat digantikan dengan form pemesanan barang seperti sistem sebelumnya namun diharapkan dengan tampilan yang lebih baik. Adanya penanganan data pemesanan (yang dapat terjadi secara concurrent, juga permasalahan stok) Pergerakan troli memiliki pengaturan kecepatan sehingga dapat sesuai dengan keadaan nyata. Aplikasi dapat menangani perubahan peta sehingga peta dapat disesuaikan dengan keinginan. Dapat mendeteksi deadlock yang terjadi dan melakukan resolusi terhadap deadlock yang terjadi Penentuan rute dan pergerakan perjalanan diharapkan dapat sampai kembali ke stasiun lagi
Terima Kasih Atas Perhatiannya